Pekerjaan Yang menjanjikan Berkat Artificial Intelligent

Dalam 10 hingga 20 tahun mendatang, diperkirakan bahwa beraneka pekerjaan yang ada sekarang dapat dilakukan secara otomatis dan pekerjaan tersebut tak akan lagi menjadi pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Di masa depan, orang-orang dengan kemampuan seperti apa yang sanggup melakukan pekerjaan yang tak dapat digantikan oleh AI?

AI (kecerdasan buatan) secara bertahap mulai masuk ke dalam kehidupan kita. Belakangan ini AI juga sudah berhasil mengalahkan pemain aktif catur dan pemain igo. Apakah sebelumnya sudah ada profesi yang akan menghilang atau diubah oleh AI? Berikut dirangkum pekerjaan-pekerjaan yang akan terus ada dan pekerjaan yang akan diambil alih oleh kemajuan AI.

Daftar Isi

Benarkah akan ada pekerjaan yang hilang dan diambil alih oleh AI?

5 atau 10 tahun dari sekarang, AI (kecerdasan buatan) akan masuk ke mana-mana di dunia bisnis dan menghancurkan semua ‘akal sehat’ yang sudah ada sejauh ini. Hal tersebut tentunya akan bermanfaat bagi semua dunia, akan tetapi dikatakan bahwa 10 hingga 15 tahun dari sekarang pengangguran yang besar akan muncul karena akibat dari AI. Menurut salah satu teori, tampaknya setengah dari pekerjaan akan digantikan oleh kecerdasan buatan dan robot. Dikatakan bahwa jika Anda melakukan perhitungan sederhana terhadap hal tersebut, setengah dari populasi akan menganggur di masa tersebut.

Profesor Michael Osborne dari Universitas Oxford mengumumkan pada tahun 2013 perihal pekerjaan yang akan hilang karena AI. Sesudah itu, ada banyak diskusi di internet perihal ‘pekerjaan mana yang akan hilang?’ berdasarkan peringkat tersebut.

Pekerjaan yang hilang karena mesin atau kecerdasan buatan

Pekerjaan yang menggunakan mesin dan dioperasikan secara manual dipastikan akan berubah menjadi otomatis di masa depan. Penjualan tiket otomatis dan gerbang tiket otomatis sudah dipakai sejak lama, dan bahkan Anda dapat menggunakan tempat penitipan barang di bandara tanpa bantuan orang lain.

Di masa depan, ada kemungkinan bahwa mesin atau kecerdasan buatan akan menggantikan pekerjaan manusia seperti pada kasir di cabang-cabang restoran cepat saji. Ada juga perusahaan yang sudah menggunakan robot untuk mengemas barang dan bongkar muat barang seperti ASKUL. Mengingat bahwa kabar mobil yang dapat dikemudikan secara otomatis sedang dalam pengembangan sudah tersebar luas, mungkin akan datang hari saat AI juga mengambil alih area pekerjaan supir taksi dan supir truk.

Pekerjaan yang tak dapat disebut sebagai usaha yang menjanjikan di masa depan

Sesungguhnya, apakah ada profesi yang sangat hilang karena perkembangan teknologi AI? Berikut ialah pertimbangan dari tiap kemungkinan terhadap apa yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan diambil alih oleh alternatif dari teknologi kecerdasan buatan (AI).

Apakah programmer ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Pekerjaan pemrograman pada dasarnya sederhana, sehingga sering kali dikatakan bahwa pekerjaan ini ialah pekerjaan yang paling mudah diambil alih oleh AI. Menurut data yang dikeluarkan oleh lembaga penelitian di Amerika Serikat, persentase kemungkinan programmer kehilangan pekerjaan karena akibat AI dalam 20 tahun ialah 48,1%. Nampaknya pekerjaan ini memiliki kemungkinan yang paling besar sebagai pekerjaan yang akan hilang karena akibat AI. Mungkin sudah saatnya untuk menyerahkan metode pemrograman ke AI dan meningkatkan sumber energi manusia untuk pengembangan software yang lebih efisien dan kreatif.

Apakah akuntan pajak ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Perhitungan tarif pajak yang kompleks diperlukan untuk laporan yang berhubungan dengan pajak ialah pekerjaan yang dapat dengan baik dijalankan oleh teknologi AI. Di masa depang akan ada cukup kemungkinan bahwa AI akan dipakai dalam pekerjaan akuntan pajak dan akuntan.

Misalnya, jika Anda melakukan perusahaan, selain langkah-langkah penghematan pajak, Anda juga dapat mempertimbangkan psikologi karyawan yang berprofesi di perusahaan dan menyampaikan Anda perihal keputusan gaji dan kompensasi eksekutif.

Melainkan, pekerjaan akuntan pajak tak cuma sebatas pada perhitungan sederhana. Misalnya, jika Anda melakukan perusahaan, selain langkah-langkah penghematan pajak, Anda juga perlu memberikan saran perihal keputusan gaji dan kompensasi, dengan mempertimbangkan situasi psikologi karyawan yang berprofesi di perusahaan Anda. AI diperkirakan tak pantas untuk pekerjaan seperti itu karena unsur penilaian dapat berubah secara signifikan tergantung pada situasi. Berdasarkan situasi tersebut, diperkirakan bahwa akuntan pajak bukanlah profesi yang akan segera menghilang karena penggunaan AI.

Apakah pengajar/guru ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Belakangan ini sudah terbentuk aplikasi seperti ‘pengajar AI’ yang dipakai sebagai media pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan efisiensi pelajaran di sekolah dengan dukungan AI sedang dijalankan di Amerika Serikat, Cina, dan Korea Selatan. Tentu saja, jika ada kekurangan staf pengajar, AI dapat menjadi dukungan yang kuat untuk meningkatkan pemahaman tiap siswa.

Melainkan, sulit bagi AI untuk menjadi tempat berkonsultasi terhadap keadaan sulit anak-anak yang memiliki kepribadian yang berbeda atau menengahi perkelahian yang tiba-tiba terjadi. Oleh karena itu, AI perlu dipakai dalam bidang pengajaran yang memiliki kekurangan sumber energi manusia yang sudah sangat kronis, sehingga guru dapat memiliki lebih banyak waktu untuk menghadapi siswa, sehingga manusia dan teknologi AI dapat hidup berdampingan dengan seimbang.

Apakah ‘bisnis jual-beli’ ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Seandainya cuma berupa usaha ‘menjual barang’, saat ini sudah hadir budaya baru yang membuat Anda dapat membeli barang yang dinginkan melewati internet. Artinya, dapat dikatakan bahwa AI sudah ‘memakan’ sebagian dari bisnis jual-beli.

Melainkan, dalam operasi bisnis jual-beli, ada komponen di mana pekerja perlu membuat ide yang paling tepat untuk pelanggan dengan memahami keperluan mereka secara detail. Ini tak akan menjadi pekerjaan yang akan hilang kecuali masyarakat tak perlu lagi berkomunikasi dengan satu sama lain.

Apakah dokter ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Dalam bidang medis di Amerika Serikat, kabar perihal teknologi AI yang berhasil mendeteksi kemudian menyembuhkan penyakit yang sulit untuk disembuhkan dengan mengubah metode pengobatan dan memulangkan pasien dengan selamat menjadi populer. Amat mungkin bahwa teknologi AI yang sanggup menganalisis data nilai numerik dan statistik data historis dalam jumlah besar, akan meningkatkan jumlah pekerjaan yang dapat ditangani di bidang medis.

Melainkan, penyakit manusia tidaklah sederhana. Misalnya, meskipun Anda cuma mengalami sakit punggung, penyebab sakitnya pun berjenis-jenis. Walaupun AI dapat mendeteksi keadaan sulit seperti organ dalam dan tulang punggung/otot, sulit bagi AI untuk mendeteksi penyebab stres yang berasal dari lingkungan rumah dan lain-lain. Pekerjaan dokter tak akan hilang oleh teknologi AI, tetapi diperkirakan bahwa AI bertugas untuk komponen administrasi dan mekanik, sehingga dapar mewujudkan perawatan medis yang lebih dekat pasien.

Apakah penerjemahan ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Tingkat akurasi terjemahan oleh kecerdasan buatan sudah meningkat. Di masa lalu, parafrasa terjemahan dongeng oleh software terjemahan cuma dianggap sebagai lelucon, namun hal itu sudah menjadi cerita di masa lalu.

Ketika ini, metode terjemahan Google Neural Network Translation (GNMT) yang disediakan oleh Google Inc. ialah metode terjemahan yang dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan menggunakan fungsi deep learning yang dimiliki AI. Kecuali itu, KDDI juga mulai menawarkan layanan aplikasi terjemahan secara real-time ialah ‘Terjemahan AI KDDI’ yang menggunakan AI untuk badan hukum. Dalam dunia penerjemahan, AI sudah membuat kemajuan yang cukup stabil.

Melainkan, kata-kata ialah hal yang diciptakan oleh kombinasi emosi, situasi, budaya, dan sejarah orang yang menggunakannya. Walaupun AI dapat menerjemahkan kata dan konteks secara akurat, cuma manusia yang dapat menerjemahkannya dengan nuansa yang lembut. Untuk mengubah ‘Love in the Afternoon’ menjadi ‘Percintaan di Siang Hari’ tidaklah cuma memerlukan pengetahuan kata-kata tetapi juga memerlukan perasaan. Mungkin orang umum akan dapat bepergian ke luar negeri serta berdialog dalam bahasa asing dengan mudah dan melakukannya secara sukarela, tetapi seorang penerjemah tak akan kehilangan pekerjaan mereka.

Apakah pengurus rumah tangga ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Di masa depan, dikatakan bahwa jumlah pekerjaan rumah tangga yang dapat dijalankan cuma dengan mesin akan kian meningkat. Pekerjaan sebagai pengurus rumah tangga yang berkunjung dan berprofesi di rumah saat penghuni tak ada kemungkinan akan hilang karena akibat robot yang dapat melakukan pekerjaan rumah. Melainkan, pengurus rumah tangga yang juga berfungsi sebagai pengasuh anak tak akan hilang di masa depan. AI tak dapat menjadi teman untuk anak-anak.

Pekerjaan yang memiliki kemungkinan besar digantikan oleh robot atau AI
Pegawai komponen input dataPegawai lazim
Pegawai kesehatanPegawai transportasi dan pengumpulan limbah industri
Pegawai komponen resepsionisPabrik pembuatan kertas
Pabrik pembuatan alat komunikasi dan audio visualPabrik pembuatan mobil otomatis
Pabrik pengecoran logamPabrik pengecatan mobil otomatis
Pabrik penggilingan NCAgen pengantaran dan pengiriman
Operator mesin bubut NCPekerja pengumpul sampah
Auditor akuntansiPegawai HR (sumber energi manusia)
Pabrik pembuatan kertas olahanPengiriman surat berita
Pegawai komponen peminjamanManajer info medis
Pegawai sekolahPegawai supermarket
Pabrik pembuatan kameraPegawai tempat produksi
Mesin pengolah kayuPabrik penggilingan
Operator CADOperator penyuling minyak bumi
Juru masak kantinOperator produksi semen
Pegawai pengajaran atau pelatihanPekerja gudang
Petugas administrasi (negara)Pabrik pembuatan hidangan sampingan
Teller bankPetugas lapangan/proyek
Pabrik pengolahan dan inspeksi produk logamPenjual lotre
Pegawai laundrySupir taksi
Perakit instrumenKurir pengiriman
Petugas keamananPenjaga tempat parkir
Pegawai akutansiPegawai resepsionis penjualan melewati pos
Pegawai inspeksi dan pengecekkan barangPetugas pembersih bangunan
Pekerja konstruksiPegawai asuransi
Pegawai kamar hotelPegawai pos
Teknisi telekomunikasiPabrik mesin jahit
Pabrik pembuatan komponen elektronikPegawai kasir
Petugas patroli jalanPegawai penyewaan mobil
Pegawai toko keperluan sehari-hariSupir bus
Pegawai pengirim barang dengan sepeda motorTeknisi manajemen fasilitas gedung

Usaha yang menjanjikan di masa depan

Pekerjaan sederhana, perhitungan kompleks, analisis data/pekerjaan statistik dan lain-lain ialah hal-hal yang dapat dijalankan oleh AI. Sementara itu, sulit bagi AI untuk menjadi pengganti pekerjaan kreatif yang memerlukan ide yang cepat atau kepribadian yang unik, pekerjaan yang menghadapi perasaan seseorang yang tak dapat dilihat sebagai sebuah data numerik, dan pekerjaan yang memerlukan keterampilan komunikasi dengan orang-orang.

Pekerjaan yang bersifat ‘manusiawi’ tampaknya tak sesuai dengan AI.

Apakah pekerja sosial/pengacara ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Walaupun AI mungkin menanggung sebagian dari pekerjaan manusia, yang mengambil keputusan terakhir dalam pekerjaan seperti berkonsultasi dengan orang yang memiliki keadaan sulit, memahami lingkungan sosial yang mengelilingi orang tersebut dan berprofesi sama dengan orang sekitar, lalu memikirkan jalan terbaik, tetaplah seorang manusia.

Kecuali itu, pengacara ialah pekerjaan yang memerlukan rasa simpati dan empati terhadap klien. Telah tentu tak ada orang yang ingin berkonsultasi perihal perceraian dengan pengacara seperti robot. Jumlah orang yang menerima keberadaan AI sebagai alasan untuk mengurangi beraneka operasi yang kompleks lebih banyak dibandingkan mereka yang khawatir kehilangan pekerjaan karena kemajuan AI.

Apakah pengasuh anak ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Itu yang sudah dibuktikan pada komponen pengajar di atas, kemungkinan jumlah orang tua yang ingin membiarkan robot menjadi lawan main anak-anaknya tak akan mengalami peningkatan drastis di masa depan. Anak-anak sering kali melakukan hal-hal aneh. Arahan-arahan yang bersifat logis tak akan berlaku terhadap mereka. Walaupun robot dapat mengajar atau melakukan sesuatu, robot akan sulit untuk melakukan arahan karen tindakan yang tiba-tiba. Walaupun hewan peliharaan dan maskot yang dilengkapi kecerdasan buatan dapat direalisasikan, robot tak akan dapat memainkan peran sebagai pengajar yang dapat membimbing dengan tegas dan dengan kasih sayang. Pekerjaan ini kemungkinan tak akan hilang karena akibat AI.

Apakah terapis/penasihat ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Kemungkinan sulit bagi AI untuk berprofesi sebagai pekerja yang memerlukan hubungan erat dengan pikiran manusia. Terapis dan penasihat yang hebat kadang-kadang membaca perasaan dan latar belakang yang hakekatnya tak sanggup diungkapkan oleh klien berdasarkan reaksi dan sikap mereka terhadap pertanyaan yang diberikan. Kecuali itu, komponen manusiawi dari terapis/penasihat itu sendiri sering kali mengarah pada penyembuhan klien. Ini ialah salah satu bidang di mana AI sulit untuk berkembang dan sulit untuk diperkirakan bahwa pekerjaan ini akan hilang karena akibat AI.

Apakah pemandu wisata ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Petugas pemandu fasilitas dinaikkan ke peringkat atas sebagai ‘pekerjaan yang diambil alih oleh mesin’. Komponen yang dapat ditangani sesuai dengan panduan memang tak akan menjadi halangan bagi metode otomatis. Melainkan, bidang khusus seperti pemandu wisata, yang diperlukan untuk memenuhi keperluan pelanggan dan memerlukan jiwa melayani cuma dapat dijalankan oleh manusia. AI tak dapat melakukan teknik seperti membuat kejutan untuk pelanggan, dsb. Pekerjaan ini memang dikatakan akan diambil alih perannya oleh AI, tetapi pekerjaan ini tak dapat tergantikan secepat itu.

Apakah bartender ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Ini memang cuma contoh saja, tetapi keramahan terhadap orang lain ialah hasil dari kehangatan hati yang dimiliki manusia. Kecuali mengingat selera para pelanggan yang pernah datang sebelumnya, juga memerlukan pengalaman dan pelatihan dalam hubungannya dengan orang-orang yang ikut serta dalam hal-hal tersebut. Ada sebagian hotel dan bisnis lainnya yang sudah memanfaatkan robot untuk melakukan pekerjaan resepsionis, tetapi sulit untuk membayangkan bahwa keberadaan manusia menjadi tak diperlukan di tempat yang perlu untuk menampakkan keramahan terhadap pelanggannya.

Apakah ahli gizi/koordinator konsumsi ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Pekerjaan memasak memang berada di peringkat tinggi pekerjaan yang kemungkinan akan digantikan oleh AI, tetapi pekerjaan seorang ahli gizi/koordinator konsumsi yang perlu menyeimbangkan secara keseluruhan dan unsur-unsur yang tak terukur seperti ‘kesukaan’ atau ‘rasa’ kemungkinan akan terus ada. Tidak peduli seberapa majunya perkembangan teknologi, masyarakat pasti masih ingin merasakan kehangatan orang-orang dari meja makan.

Apakah pelukis/fotografer/desainer ialah pekerjaan atau usaha yang menjanjikan di masa depan?

Bisa dikatakan bahwa ini ialah pekerjaan yang paling tak mungkin menjadi pekerjaan yang akan hilang karena keberadaan AI. Tetapi tak dapat dikatakan bahwa AI tak akan berperan sepenuhnya. Sebab kecerdasan buatan sudah dibuat agar berupaya untuk menggambar lukisan ‘seperti’ buatan pelukis. Kemudian walaupun lukisan yang digambar oleh AI kemungkinan akan muncul suatu hari nanti, AI tak akan dapat membuat lukisan menggunakan tumpukan warna yang tak berarti dan dapat mencerminkan hati seseorang, atau mengambil gambar dari suatu momen yang dapat mencerminkan cerita yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, karena hal tersebut memerlukan kreativitas manusia. Tidak dapat dibayangkan keadaan dimana pekerjaan ini akan hilang karena AI.

Apakah penulis/penyair ialah usaha yang menjanjikan di masa depan?

Pekerjaan ini juga sama dengan penerjemahan. Kata-kata ialah gambaran dari sejarah dan budaya masyarakat. Dengan menambahkan perasaan unik yang berbeda-beda, tak lain akan melahirkan cerita dan puisi. Hal ini juga berlaku pada haiku dan tanka (puisi kuno Jepang). Akan ada kemungkinan untuk membuat kecerdasan buatan dalam membuat karya sastra, tetapi walaupun AI ‘mungkin’ dapat membuat hal yang seperti itu, masih memerlukan waktu yang sangat lama untuk AI membuat karya yang dapat menyentuh hati masyarakat. Pekerjaan ini tak dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang akan hilang karena akibat AI.

Pekerjaan yang memiliki kemungkinan kecil digantikan oleh robot atau AI
Penata artistikDokter gigi
Instruktur outdoorPekerja badan kesejahteraan anak
PenyiarPenulis skenario
AromaterapisPeneliti sosiologis
Pelatih anjingDirektur pengajaran sosial
Pekerja sosial bidang medisPekerja fasilitas perawatan kesejahteraan sosial
Desainer interiorDokter hewan
Kameramen filmTerapis judo
Sutradara filmDesainer perhiasan
EkonomGuru SD
Instruktur kelas musikFotografer komersial
Kurator (petugas museum)Dokter anak
Penasihat sekolahStaf pengembangan produk
Pemandu bus wisataBidan
Konselor pengajaranPeneliti psikologis
Musisi klasikAntropolog
Desainer grafisStylist
Manajer perawatanInstruktur olahraga
Konsultan manajemenPenulis olahraga
Manajer pertunjukanPenyanyi
Pembuat gamePsikiater
Ahli bedahSommelier (Ahli wine)
Pakar pendengaran bahasaStaf pengajar universitas S1 atau D3
Desainer industriGuru SMP
Direktur periklananKonsultan perusahaan kecil atau menengah
Pakar kerjasama internasionalKondektur wisata
CopywriterDisjoki
Terapis okupasiDesainer tampilan
Penulis laguPemeriksa naskah
KomposerKameramen televisi
Editor majalahArtis televisi
Konselor industriEditor buku
Dokter penyakit dalamPenulis bebas
Guru bahasa JepangProduser
Seniman kukuManager rumah sewa
BartenderPenjaga anak
AktorReporter siaran
Ahli akupunkturDirektur siaran
Penata rambutKameramen kabar
KritikusInstruktur hukum
Perancang busanaPeneliti pemasaran
Koordinator makananKomikus
Sutradara panggungMusisi
Artis panggungPenata rias
Perangkai bungaGuru sekolah perawat tunanetra dan tunarungu
Staf counter agen perjalananGuru TK
Produser rekamanTerapis fisik
Manajer restoranPeneliti masakan

Masa depan yang diberikan oleh AI

Ketika Anda akan menemukan beraneka tipe argument-argumen perihal ‘AI akan merebut pekerjaan manusia?’ di internet, tetapi apakah perkembangan teknologi AI akan membawa masa depan yang negatif seperti merebut pekerjaan yang dapat dijalankan manusia?

Tentu saja akan ada pekerjaan yang hilang karena diambil alih oleh AI, tetapi hal tersebut akan menghasilkan sesuatu di masa depan.

“4 Tahap Revolusi Industri” yang disebabkan oleh mekanisasi

Transformasi masyarakat oleh AI dan robot disebut sebagai ‘4 Tahap Revolusi Industri’. Ini tak cuma mengacu pada pekerjaan yang hilang tetapi juga perubahan besar dalam struktur masyarakat secara keseluruhan.

Dalam tahap pertama revolusi industri, mesin uap ditemukan di Inggris pada pertengahan abad ke-18, pekerjaan pabrik yang dilakukan dengan tangan diganti satu demi satu dengan mesin. Begitu ialah suatu peristiwa yang membuat metode kerja berubah 180° dan membawa perubahan yang sangat berdampak bagi masyarakat waktu itu. Konten pekerjaan orang pada saat itu juga sangat berubah. Sebab revolusi AI dan robot dikatakan sebagai tahap keempat revolusi industri, wajar jika ada pekerjaan yang akan hilang. Tidak cuma pekerjaan yang hilang, pekerjaan-pekerjaan baru juga akan muncul.

Tidak perlu takut dengan “pekerjaan yang akan hilang”

Dengan masuknya AI, dapat dipastikan pekerjaan yang selama ini dilakukan manusia akan dilakukan oleh teknologi AI. Tidak diragukan lagi bahwa jumlah dan ruang lingkup pekerjaan yang dapat dijalankan AI akan meningkat. Jadi, dapat dikatakan bahwa kemungkinan akan ada ‘pekerjaan yang hilang’.

Melainkan, dengan berbagi pekerjaan yang ‘juga’ dapat dijalankan oleh mesin, beban pada manusia akan berkurang. Terkadang orang-orang mengatakan ‘teliti seperti mesin’ untuk menggambarkan keterampilan mengukir, ketelitian yang seperti mesin ini lebih baik diserahkan terhadap mesin. Skor pekerjaan seseorang ada setelah itu.

Pekerjaan sederhana dan pekerjaan yang memerlukan daya dapat menjadi tekanan besar bagi manusia dan juga dapat menjadi penyebab tekanan pada kehidupan mereka. Ini akan menjadi salah satu alasan untuk menyampaikan AI secara positif bahwa orang akan dapat melakukan lebih banyak pekerjaan kreatif dan manusiawi dengan memanfaatkan mesin untuk melakukan pekerjaan yang sederhana dan memerlukan daya.

Bahkan dalam pekerjaan seperti kedokteran dan pengajaran yang pada dasarnya melibatkan hubungan dengan orang lain, ada banyak kasus di mana pekerjaan mereka yang hakekatnya belum dapat diselesaikan karena dikejar oleh pekerjaan administrasi. Keberadaan AI dapat menjadi pendukung yang baik bagi orang-orang itu dan dapat meningkatkan jumlah tempat yang memiliki kehangatan secara manusiawi.

Kecuali itu, tak cuma pekerjaan yang hilang, pekerjaan-pekerjaan baru juga akan muncul karena kemajuan AI. Ketimbang menderita karena khawatir kehilangan pekerjaan yang ada saat ini, mungkin lebih baik untuk memperoleh keterampilan dan kualifikasi baru untuk masa depan. AI tentu saja membawa perubahan di tempat kerja.

Akan ada pekerjaan di mana isi pekerjaan akan mengalami perubahan besar karena akibat AI. Metode berprofesi yang dikatakan ‘biasa’ dalam masyarakat mungkin akan menjadi berbeda dari apa yang sudah kita lakukan sebelumnya. Mereka yang tak dapat menanggapi perubahan di masa depan secara fleksibel dan terikat oleh nilai-nilai masa lalu mungkin akan tertinggal.

Rumusan

AI cuma sebatas ‘alat’. Fakta bahwa yang menggunakannya ialah manusia tak akan berubah. Keinginan masyarakat bukan cuma mengejar hal-hal yang praktis.

Sesuatu yang tak dapat dievaluasi, seperti ‘kehangatan’ atau ‘kasih sayang’ diperlukan dalam kehidupan manusia.

Mari kita lihat dan perhatikan ke arah apa AI akan berkembang di masa depan dan bagaimana AI akan mengubah masyarakat.