Teknologi Komputer | Pengertian dan Perkembangannya

Orang-orang pada zaman dahulu biasa menghitung untuk mengumpulkan data dengan menggunakan sempoa atau mungkin yang lebih modern dengan menggunakan kalkulator. Namun, kedua macam alat hitung itu tidak cukup tepat sasaran dan cepat dalam menjalankan proses hitung-menghitung. Apalagi bila proses itu ada dalam situasi pekerjaan yang formal.

Dengan banyaknya data yang seharusnya dikalkulasi dan dievaluasi, tentunya akan memakan banyak waktu bila segala itu dijalankan secara manual. Oleh karena itu, ilmuwan pada zaman dahulu kala, Charles Babbage pada tahun 1946-an membuat sebuah evolusi teknologi yang canggih yang kita ketahui kini ini dengan komputer.

Salah satu teknologi komputer yang mungkin bisa kamu ketahui seperti komputer merek Asus, MAC Book, Acer, Toshiba, HP, Dell dan lain-lain. Tetapi, jangan membayangkan bahwa komputer pada zaman dahulu itu bentuknya seperti komputer yang kini ini, yah.

Memiliki format yang kecil, portable dan gampang untuk digunakan. Komputer dahulu bentuknya tidak semenarik itu, bahkan akan sulit untuk dibawa kemanapun. Lantas seperti apa kira-kira perkembangan teknologi komputer dari generasi ke generasi?

Tanpa perlu menunggu lama, sebaiknya kita langsung saja membahas seputar teknologi komputer, sejarah, dan perkembangannya hingga ketika ini. Ulasannya bisa kamu baca di bawah ini.

Teknologi Komputer : Pengertiannya

computer

Pengertian seputar komputer ada banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Di antaranya pengertian komputer menurut Robert H Blissmer, merupakan alat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk menerima banyak tugas mulai dari menerima input, memproses input layak perintah, menyimpan perintah-perintah hal yang demikian dan merubahnya menjadi output dalam format informasi.

Peneliti V.C Hamacher juga mendefinisikan demikian, perbedaannya menurut Hamacher, komputer seperti alat hitung elektronik yang cepat yang bisa menerima input berupa komputerisasi, lalu akan memprosesnya berdasarkan pada program yang tersimpan dalam komputer dan mengeluarkannya dalam format output berupa informasi.

Perlu juga kamu ketahui bahwa kata ‘komputer’ sebetulnya berasal dari bahasa Latin, yakni computare yang artinya merupakan menghitung. Dan bila kita ambil kesimpulan dari dua pengertian komputer menurut para ahli di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa definisi sederhana dari komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk menerima perintah berupa input yang mana nanti inputnya ini akan diproses dalam sistem komputer yang menghasilkan output berupa informasi kepada penggunanya.

Teknologi Komputer : Sejarah

sejarah komputer

Telah disinggung di permulaan bahwa, komputer yang kini ini ada tidak ujug-ujung berbentuk portable seperti layaknya notebook yang ada di sekitar kita.

Komputer dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan layak dengan generasinya. Dan kini teknologi komputer telah memasuki generasi ke lima.

Teknologi Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama dikenal dengan istilah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC dirancang sejak 1942 oleh dua orang ahli komputer yaitu Presper Eckert dan Dr John W Mauchly di Universitas Pennsylvania. Projek ini rampung pada tahun 1946.

Bisa dibilang ENIAC merupakan komputer dengan format yang benar-benar besar dari generasi lainnya. Masalahnya untuk membuat sebuah program ENIAC membutuhkan luas ruangan lebih dari 500 meter persegi. Ini karena ENIAC menggunakan setidaknya 70 ribu resistor, 75 ribu relay dan saklar, 18 ribu tabung hampa udara dan 10 ribu kapasitor. Serta untuk menyalakan sebuah ENIAC membutuhkan daya listrik yang benar-benar besar sekitar 140 kilowatt.

Keunikan lainnya dari komputer macam ENIAC merupakan hanya bisa menjalankan satu intruksi saja dengan menggunakan program kode-biner. Selain itu, ENIAC juga cepat panas sehingga selalu membutuhkan pendingin serta bekerja cukup lama. CPU (Central Processing Unit) telah ada sejak komputer generasi pertama, dan sistem programnya bernama machine language.

Teknologi Komputer Generasi Kedua (1959- 1964)

Komputer generasi pertama dirasa masih kurang sempurna, sebab itu para ilmuwan kemudian memaksimalkan kembali komputer generasi kedua. Salah satu penemuan hebat di era ini merupakan ditemukannya teknologi transistor yang menggantikan fungsi tabung vakum hampa udara.

Dengan menggunakan transistor komputer generasi kedua menjadi lebih kecil dibanding generasi pertama. Keistimewaan lainnya merupakan tidak banyak menyedot aliran listrik, dan biaya produksinya relatif murah.

Bahasa pemrograman dalam generasi ini tidak lagi menggunakan bahasa mesin, tetapi mulai beralih menjadi bahasa assembly dan bahasa simbolik. Memungkinkan untuk memberikan intruksi dalam format kata-kata.

Komputer pertama yang diciptakan menggunakan teknologi terbaru ini merupakan super komputer. Lalu perusahaan komputer IBM terus memaksimalkan produknya membuat beberapa varian lain seperti Strech, Sprery Rand dan LARC.

Atas kepopulerannya, komputer generasi kedua pun banyak diminati oleh beragam macam industri seperti industri kesehatan, pendidikan, keuangan, dll. Di masa ini pula, komputer telah bisa menggunakan perangkat luar seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Tetapi kekurangan di teknologi komputer generasi kedua ini terletak di perangkat kerasnya yang gampang panas. Sehingga berpotensi merusak bagian dalam komputer yakni quart rock (batu kuarsa).

Teknologi Komputer Generasi Ketiga (1965-1971)

Teknologi komputer generasi ketiga ditandai dengan adanya Integrated Circuit (ICs atau IC). Teknologi ini ditemukan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang mendapatkan Nobel karena temuannya ini. Kilby merasa bahwa penggunaan transistor masih kurang tepat sasaran untuk komputer.

Transistor membuat performa komputer menjadi cepat panas. Oleh karena itu, Kilby memaksimalkan Integrated Circuit (IC) namun tetap memakai transistor tetapi dalam format yang lebih kecil. Transistor hal yang demikian diletakkan di dalam IC bersama dengan resistor dan kapasitor. Pun penemuannya itu, masih digunakan untuk macam komputer di era kini.

Adapun komputer yang diciptakan di generasi ini kebanyakan dibuat oleh perusahaan Digital Equipment Corporation. Mereka menjual komputer dengan beragam macam semisal PDP-11, CDC 6000, CDC 3000, GE-600, NCR Century, dan masih banyak lagi macam komputer lainnya.

Bila dirunut ciri dari komputer generasi tiga yaitu hemat listrik, software semakin berkembang dan mengalami peningkatan, mempunyai kapasitas memori yang lebih besar, performa komputer menjadi lebih cepat karena memanfaatkan teknologi IC, format lebih kecil, harga relatif murah, cakap berkomunikasi antar komputer dan bisa menjalankan perintah multitasking dan processing, tersedia hardware penyimpanan luar berupa disket dan menjadi komputer generasi pertama yang bisa menggunakan keyboard.

Teknologi Komputer Generasi Keempat (1971 – Hingga Sekarang)

Pada generasi ini perkembangan komputer semakin tidak terbendung. Ditandai dengan banyaknya perusahaan yang timbul dan membuat gebrakan dari teknologi komputer. Sebut saja seperti kemunculan perusahaan Intel yang menciptakan Chip Microprocessor.

Chip sendiri terdiri dari ribuan transistor, IC dan faktor sirkuit yang dipadatkan dalam faktor yang berbentuk persegi empat. Fungsi Chip ini menjadi otak serta memori internal dari satu komputer.

Di tahun 1972 perusahaan Intel menciptakan mikrokomputer 4 bit, dilengkapi dengan chip prosesor 4004 yang mempunyai 230 transistor dan bisa menjalankan eksekusi perintah dengan 60 ribu operasi dalam satu detik. Oleh sebab itu, di generasi ini pula mulai timbul komputer mikro atau yang lebih dikenal komputer jinjing atau notebook.

Sementara perusahaan lain seperti IBM pada 1971 fokus untuk membuat komputer bagi kalangan perumahan. Dan pada 1984 perusahaan Apple membuat produk Macintosh disingkat menjadi MAC yang kini banyak dikenal.

Selain kemunculan banyaknya perusahaan baru, di generasi ini juga mouse untuk pertama kalinya bisa digunakan, tampilan komputer mulai memperhatikan Graphic User Interface, serta para ilmuwan mulai berpikir untuk membuat jaringan komputer serta menyambungkannya dengan internet.

Dengan segala perkembangan yang dialami oleh komputer, pengaruhnya sampai bisa dirasakan oleh kita kini ini. Ditambah kini penggunaan komputer tidak hanya untuk kalangan bisnis atau perumahan saja. Lebih dari itu, pangsa pasar komputer mulai merambah perseorangan. Sehingga kita mengenalnya dengan PC (Personal Computer).

Teknologi Komputer Generasi kelima (Sekarang – Masa Depan)

Seiring berkembangnya teknologi Artificial Intelligence (AI), para ilmuwan di bidang komputer juga tengah menggarap pembuatan komputer yang canggih dan pintar. Nantinya komputer yang masih dalam masa pembuatan ini diinginkan bisa dioperasikan berdasarkan bahasa manusia serta bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Komputer di masa depan akan dibangun dengan memaksimalkan komputer kuantum, molekular dan kecanggihan teknologi nano. Melalui segala kecanggihan teknologi itu, komputer di masa depan bisa mengimbangi kecerdasan manusia. Komputer yang bisa mendengar, mengamati berdiskusi bahkan membuat kesimpulan layaknya pikiran manusia.

Teknologi Komputer : Bagian-Bagiannya

bagian komputer

Setelah mengetahui seputar pengertian dan sejarah komputer, kini saatnya kamu mengetahui juga seputar bagian-bagian dari perangkat komputer yang meliputi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Perangkat lunak (software) merupakan program komputer yang menjalankan perintah intruksi yang mana intruksi itu diterima oleh perangkat keras (hardware) lalu diteruskan dan diproses oleh perangkat lunak (software). Salah satu contoh dari perangkat lunak merupakan sistem operasi yang bisa berupa Linux, Windows dan Mac OS.

Perangkat lunak inilah komputer menerjemahkan segala intruksi yang diberikan oleh pengguna kepada perangkat keras (hardware), menghasilkan suatu output di komputer berupa pengolahan kata, web browser, tampilan gambar, suara, video dan lain sebagainya.

Padahal perangkat keras (hardware) merupakan bagian dari bagian komputer yang mempunyai format fisik. Jenis hardware beragam seperti CPU (Central Processing Unit), RAM, Hard Drive, perangkat masukan seperti keyboard, mouse, perangkat keluaran seperti speaker, monitor, printer, dan proyektor.

Dari pembahasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa bagian dasar dari sebuah komputer lazimnya terdiri dari beberapa hal berikut ini.

  • Case komputer, berbentuk kotak cukup besar. Di dalamnya berisi CPU, motherboard, dan suply daya.
  • Monitor, perangkat keras yang akan menampilkan output seperti gambar, tulisan. Bentuk monitor kini ini lazimnya lebih ramping dengan desain layar LCD atau LED. Tetapi di zaman dahulu format monitor menyerupai format Tv dengan tabung udara.
  • Keyboard, perangkat keras yang berfungsi memasukan perintah pengetikan atau intruksi lainnya dilayar komputer.
  • Mouse, mempunyai format seperti tikus. Itulah mengapa disebut mouse. Meski bentuknya mungil, tetapi perangkat ini mempunyai fungsi yang penting sebagai media pointer (penunjuk) bagi objek di monitor. Biasanya mouse mempunyai mata (optikal) untuk mendeteksi gerakan.
  • Perangkat keras lainnya yang bisa disambungkan dengan komputer yakni speaker, kamera web, printer, scanner, handphone, joystick, flashdisk, dll.

Itulah bagian dasar dari komputer desktop. Adapun bagian dasar dari notebook bentuknya lebih sederhana lagi yakni sebagai berikut.

  • Monitor berbentuk LCD dan telah menyatu dengan bagian keyboard. Disatukan menggunakan engsel.
  • Keyboard pada umumnya.
  • Touchpad, papan sentuh yang mempunyai fungsi seperti mouse.
  • Hard disk, perangkat komputer untuk menyimpan data.
  • Casing, bagian terluar dari notebook yang melindungi bagian-bagian penting notebook.
  • Motherboard, perangkat keras seperti untuk memasang chipset atau prosesor.
  • Prosesor, otak dari notebook supaya bisa berjalan dengan normal.
  • RAM, perangkat untuk menyimpan data sementara.
  • DVD, perangkat untuk membaca intruksi berupa file CD.
  • Wireless Card, merupakan perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menangkap jaringan internet wifi tanpa adanya bantuan kabel.
  • Baterai, perangkat keras untuk menyimpan daya listrik. Sehingga notebook bisa tetap digunakan meski tidak tersambung dengan listrik.
  • Kipas, perangkat keras yang berfungsi untuk mendinginkan perangkat yang berada di dalam notebook, seperti prosesor. Dengan adanya kipas bisa meredam suhu panas ketika notebook sedang dioperasikan.
  • Speaker, perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mengeluarkan output suara.

Teknologi Komputer : Macam-Macam Bentuknya

komputer

Seiring perkembangan zaman, teknologi komputer juga semakin maju. Ini dibuktikan dengan banyaknya ragam komputer yang ada di kehidupan sehari-hari, diantaranya berikut ini.

Komputer desktop

Komputer ini lazimnya digunakan di rumah, sekolah ataupun tempat kerja. Bentuk dari komputer ini tidak gampang untuk dibawa karena mempunyai perangkat keras yang terpisah-pisah seperti case komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer notebook

Ini merupakan macam komputer yang mempunyai sifat berkebalikan dari komputer desktop. Banyak orang menyebutnya dengan komputer jinjing lantaran kamu bisa membawanya ke manapun dan kapanpun kamu mau. Biasanya komputer macam ini bersifat personal, hanya digunakan oleh perseorangan.

Komputer tablet

Komputer tablet, merupakan komputer yang hampir mirip dengan smartphone yang banyak dipasaran. Hanya saja bentuknya lebih besar di bagian layarnya. Contoh dari komputer tablet merupakan iPad.

Komputer genggam

Komputer genggam (palmtop) merupakan komputer yang mempunyai ukuran kecil dan saking kecilnya bisa masuk ke saku kamu. Komputer ini dikembangkan oleh IBM.

Komputer server

Komputer server, merupakan komputer yang dipakai untuk menyimpan data-data penting dengan menghubungkan dengan jaringan komputer. Biasanya komputer server ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai macam usaha perangkat lunak, di mana perusahaan ini seharusnya menyimpan data dari para kustomernya.

Dengan banyaknya ragam format komputer, program yang ada pada komputer akhirnya banyak disadur pada benda-benda teknologi lainnya seperti pada penggunaan sistem smartphone, konsol, Tv dan wearables.

Manfaat Teknologi Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengetahui segala hal seputar komputer. Dari mulai perkembangannya dari dahulu hingga ketika ini. Sampai dengan format komputer dan bagian di dalamnya. Tentu, teknologi yang canggih ini mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia di antaranya:

Komputer sebagai alat berkomunikasi

Dengan adanya komputer dan jaringan internet, manusia akan gampang menjalankan komunikasi jarak jauh dengan manusia lainnya. kamu mungkin bisa menggunakan layanan videocall, Skype, Email, Podcast, dll. Pun sosial media yang terdapat di internet bisa membuat manusia saling mengetahui satu dengan yang lainnya.

Komputer sebagai sarana informasi

Melalui teknologi komputer yang terhubung dengan internet. kamu bisa menemukan beragam informasi di dalamnya. kamu bisa membuka berita, bahkan menonton tayangan televisi dan radio.

Komputer menolong pekerjaan

Fungsi komputer akan benar-benar dirasakan sekali oleh para pekerja. Lantaran hampir segala sektor bisnis menggunakan komputer untuk mempermudah mereka mengolah data, berkirim informasi, berbagi dokumen, mencetak dokumen bahkan menjalankan komunikasi antar divisi.

Komputer sebagai sarana pendidikan

Adanya komputer menjadi salah satu perangkat penunjang kemampuan siswa untuk bisa bersaing dengan dunia luar. Khususnya bagi siswa yang berpikiran untuk bisa cepat bekerja.

Selain itu, dengan adanya komputer juga membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih seru dan inovatif. Seorang pendidik bisa memberikan presentasi supaya suasana belajar tidak monoton.

Komputer sebagai sarana berbisnis

Kepiawaian untuk mengamati kesempatan diera komputerisasi ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Lewat perangkat komputer dan sambungan internet, kamu telah bisa membangun sebuah usaha di media online.

Bentuknya mungkin bisa beragam seperti mendaftar di market place, membuka web usaha sendiri, atau membuka online shop di beragam kanal sosial media.