Teknologi Adalah : Sejarah Perkembangan, Jenis dan Fungsi Teknologi

Di zaman kini, pastinya kita telah tidak asing lagi dengan teknologi, bahkan teknologi telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi umat manusia. Berbeda sekali dengan kehidupan di zaman lampau, seluruh kesibukan atau kegiatan dijalankan secara manual, tanpa bantuan teknologi sekalipun.

Sebagai contoh, ketika mengirim informasi dari satu tempat ke tempat lain, seseorang menggunakan surat dan mengirimnya melalui kantor pos sehingga membutuhkan waktu yang betul-betul lama, hingga berminggu-minggu. Tetapi kini teknologi telah berkembang pesat, telah terdapat bermacam macam smartphone yang bisa digunakan untuk mengirim informasi dari satu tempat ke tempat lain, hanya membutuhkan hitungan beberapa menit bahkan detik saja. Bukan hanya dalam kasus ini saja, banyak sekali teknologi yang mempermudah manusia di dunia ini, baik dalam hal kemudahan bertransaksi atau beraktivitas.

Berdasarkan gambaran hal yang demikian, tentu saja teknologi mempunyai arti yang betul-betul dalam bagi umat manusia dan tentunya informasi mengenai teknologi semakin menarik untuk disimak melalui tulisan ini! Artikel ini akan memperdalam wawasan kamu mengenai beberapa hal, seperti definisi dari teknologi, perkembangan teknologi, macam teknologi hingga fungsi dari teknologi itu sendiri!

Definisi Teknologi

definisi-teknologi

Teknologi yaitu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin-mesin yang diciptakan demi mempermudah manusia untuk mengatasi bermacam macam masalah atau pekerjaan yang terdapat di dunia ini. Penggunaan teknologi dalam dunia manusia, bermula dari adanya proses pengubahan sumber daya alam menjadi bermacam macam alat sederhana.

Asal mula kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata, yaitu techne dan logos. Techne berarti keterampilan sementara logos berarti ilmu. Atau dalam bahasa Yunani, teknologi artinya ilmu yang mempelajari seputar keterampilan. Sementara penggunaan istilah teknologi yaitu penggunaan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris, yaitu technology. Hal ini terjadi sejak abad ke-20, bersamaan dengan berakhirnya Revolusi Industri Kedua.

Selain itu, terdapat definisi teknologi menurut beberapa ahli, sebagai contoh, Poerbahwadja Harahap. Menurut Poerbahwadja Harahap, teknologi yaitu ilmu pengetahuan yang tugas untuk menyelidiki cara-cara kerja di bidang teknik, dan cara-cara hal yang demikian lebih tertuju pada ilmu pengetahuan yang bisa dipergunakan dalam suatu pabrik atau industri tertentu.

Berdasarkan hal hal yang demikian, bisa ditarik kesimpulan pengertian teknologi yaitu sebuah ilmu atau keterampilan yang diciptakan untuk mengubah sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana untuk mempermudah kesibukan atau pekerjaan manusia. Ilmu atau keterampilan dalam proses pengubahan sumber daya alam hal yang demikian lebih mengacu pada penyelidikan cara kerja di bidang teknik atau pengetahuan yang dipergunakan dalam pabrik atau industri tertentu.

Dikarenakan lamanya sebuah teknologi mulai diciptakan, tentunya terdapat sejarah atau perkembangan teknologi. Berikut ini akan dibahas sejarah atau perkembangan teknologi!

Sejarah Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yaitu perubahan yang terjadi secara sistematis kepada suatu teknologi dan sejak beribu-ribu tahun lalu manusia telah mengetahui teknologi. Tetapi tentunya format teknologi zaman dahulu tidak secanggih teknologi yang kita temukan ketika ini. Adapun sejarah perkembangan teknologi yaitu sebagai berikut.

Masa Pra-Sejarah

Di masa ini, teknologi yang digunakan yaitu hal-hal sederhana yang terbuat dari batu, perunggu sekaligus besi. Lebih tepatnya, teknologi di zaman ini yaitu pedang, kapak genggam dan bejana perunggu dan semuanya terbuat dari batu, perunggu, dan besi.

Teknologi Zaman Kuno

Di masa ini, teknologi telah berkembang ke arah konstruksi, maritim atau kelautan, pertanian, hingga alat-alat untuk tulis menulis. Manusia di zaman ini telah mengetahui bagaimana caranya membangun sebuah konstruksi bangunan sampai pada tahap yang paling kompleks. Sebagai contoh, di zaman ini, yang tergolong teknologi yaitu piramid, kapal, mercusuar dan jam matahari.

Teknologi Abad Pertengahan hingga Era Modern

Di masa ini, teknologi yang dipergunakan oleh manusia telah mengalami bermacam kemajuan. Inovasi teknologi terus berkembang dengan penemuan sutra, tali kerah kuda, sekaligus ladam. Semuanya terjadi dalam beberapa ratus tahun pertama setelah jatuhnya kekaisaran romawi.

Teknologi di abad pertengahan, banyak menggunakan mesin-mesin sederhana seperti tuas, baut dan katrol yang dikombinasikan sehingga bisa membentuk peralatan lain yang lebih kompleks. Pada zaman ini, teknologi yang digunakan telah mulai mengalami kemajuan, khususnya di bidang astronomi, medis, matematika, militer, hingga ilmu kartografi. Gerobak dorong, kincir angin dan jam dinding yaitu contoh teknologi di zaman ini. Selain itu terdapat penemuan di bidang busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.

Di zaman Renaisans, sebuah mesin cetak telah diciptakan. Mesin cetak ini memungkinkan manusia di zaman ini melaksanakan kegiatan dokumentasi ilmu pengetahuan yang lebih luas dan teknologi di zaman ini semakin menunjukkan keterkaitannya dengan sains. Kemajuan teknologi yaitu hal stabil di abad ini sehingga seseorang bisa membuat cadangan makanan dan barang menjadi lebih stabil juga.

Teknologi Era Revolusi Industri

Perkembangan teknologi yaitu hal yang terlihat jelas di zaman ini, yaitu pada abad ke delapan belas. Banyak penemuan teknologi-teknologi baru di masa ini, seperti di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan transportasi yang semakin digerakkan oleh penemuan tenaga uap. Berbagai macam mesin dihasilkan yang kemudian pada akhirnya menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini yaitu cikal bakal dari perkembangan teknologi di masa kini.

Contoh teknologi yaitu mobil generasi permulaan, telegraf, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.  Kemajuan di bidang sains disertai penemuan bermacam konsep memungkinkan adanya perkembangan teknologi ke arah yang lebih maju sekaligus setingkat lebih tinggi dari zaman sebelumnya, lebih tepatnya teknologi naik ke babak berikutnya melalui revolusi industri kedua dengan adanya penemuan mengenai listrik dan diversifikasi penemuannya seperti motor listrik, dan lampu pijar.

Kemajuan sekaligus penemuan konsep baru juga memungkinkan adanya penerbangan dan kemajuan di bidang kedokteran, kimia, fisika dan yang terakhir teknik. Selain itu juga, terdapat pembangunan gedung pencakar langit dan kawasan urban atau perkotaan yang penduduknya mayoritas bergantung pada motor sebagai transportasi.

Penemuan mengenai telegraf, telepon, radio dan televisi yaitu bukti penemuan di bidang ini, tepatnya teknologi di bidang ini. Di akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke 20, teknologi di bidang transportasi berkembang pesat sehingga ditemukan pesawat dan mobil dan kereta api.

Teknologi Abad 20

Di abad ke dua puluh, semakin banyak penemuan baru. Sebagai contoh, di bidang Fisika, ditemukan fisi nuklir dimana teknologi ini memicu penemuan mengenai senjata nuklir sekaligus tenaga nuklir. Komputer juga ditemukan di abad ini sekaligus semakin mengecil ukurannya, berkat adanya transitor dan sirkuit terintegrasi.

Transitor yang menjadi cikal bakal komputer berukuran kecil kini ini juga telah ditemukan di zaman ini. Teknologi informasi di zaman ini mengarah pada penemuan internet sehingga pada zaman ini dikenal dengan Era Informasi. Pada abad ini, tepatnya pada akhir abad ini, internet mulai diperkenalkan untuk biasa dan komersil.

Selain itu, manusia di zaman ini juga bisa menjelajah ruang angkasa dengan menggunakan satelit (yang pada akhirnya digunakan untuk telekomunikasi) sekaligus mempunyai misi mengirim manusia ke bulan. Sebagai contoh, pada masa ini terdapat manusia yang kapabel mendarat di bulan untuk pertama kalinya, yaitu Neil Amstrong.

Di samping itu diciptakan penemuan di bidang militer, yaitu bom atom. Sementara di bidang kedokteran, ditemukan prosedur kesehatan, sebagai contoh, prosedur kesehatan khusus operasi jantung, terapi sel induk, hingga penemuan bermacam obat-obat baru. Contoh teknologi lainnya di abad ke dua puluh yaitu, kulkas, teknologi vaksinasi, hingga microwave.

Teknologi Abad 21

Di abad ini, bermacam macam teknologi telah mulai dikembangkan. Teknologi-teknologi yang berkembang hal yang demikian terdapat dalam bermacam bidang, seperti rumah tangga, pendidikan sosial, teknologi informasi dan sebagainya.

Khusus teknologi informasi, berkembang betul-betul pesat di abad ke-21 ini, ditandai dengan ditemukannya internet yang me-reformasi total media-media informasi. Teknik manufaktur dan konstruksi yang kompleks betul-betul dibutuhkan untuk membuat sekaligus menjaga seluruh teknologi-teknologi terbaru ini.

Kemudian, terdapat kewajiban untuk menyokong sekaligus memaksimalkan generasi-generasi terbaru sehingga menyebabkan munculnya bermacam macam alat-alat di bidang teknologi yang tentunya lebih kompleks. Selain itu, teknologi modern betul-betul bergantung pada pelatihan sekaligus pendidikan, bahkan seringkali membutuhkan pengetahuan sekaligus pelatihan tertentu dari user atau pemakainya.

Jenis Teknologi

macam-teknologi

Teknologi dibedakan menjadi beberapa macam, layak dengan bidangnya masing-masing. Adapun macam-macam teknologi yaitu sebagai berikut.

Teknologi Ekonomi

Kemajuan teknologi di bidang ekonomi yaitu berupa perkembangan kepada sistem keuangan yang digunakan. Pada zaman dahulu, orang-orang melaksanakan transaksi secara nyata atau real atau berhadapan secara langsung antara penjual dengan pembeli. Namun kini semuanya telah beralih secara online. Selain itu, kini sistem keuangan berubah menjadi e-money.

Teknologi Pangan

Sistem pertanian yang ada ketika ini tentunya berbeda dengan dahulu, dimulai dari bibir, sistem tanam serta teknik menanamnya. Sebagai contoh, di zaman kini dikenal istilah tanaman organik, teknik cangkok, serta teknik-teknik penanaman lainnya. Selain itu, teknologi-teknologi di bidang bercocok tanam telah berkembang, sebagai contoh traktor yang bisa menggemburkan atau mencangkul tanah dengan luas beberapa puluh ribu hektar.

Teknologi Informasi

Kebanyakan masyarakat memanfaatkan teknologi informasi yang juga dibarengi dengan teknologi komunikasi. Di zaman kini, masyarakat bisa dengan gampang mendapatkan informasi dengan memanfaatkan teknologi internet yang dihubungkan dengan bermacam perangkat teknologi yang ada.

Teknologi Komunikasi

Kemajuan teknologi di bidang komunikasi ditandai dengan mudahnya seseorang atau kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain, walaupun jaraknya begitu jauh. Dengan teknologi komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain dalam hitungan menit maupun detik.

Teknologi Transportasi

Kemajuan teknologi di bidang transportasi ditandai dengan munculnya bermacam macam alat transportasi modern yang bisa mempermudah kamu untuk mengangkut barang atau berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain.

Teknologi Medis

Kemajuan teknologi di bidang medis tentunya telah tidak diragukan lagi, manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh orang yang berkecimpung di bidang kedokteran atau orang-orang yang menderita penyakit tertentu. Sebagai contoh, alat bernama EKG atau Elektrokardiograf, bisa memperlihatkan detak jantung seorang pasien supaya bisa dipantau oleh dokter atau tenaga medis secara langsung. Di samping itu, terdapat bermacam macam penemuan mengenai vaksin yang berfungsi untuk mencegah bermacam macam penyakit yang berbahaya.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan yang bisa kita rasakan sekali keberadaannya yaitu kursus-kursus secara online melalui Youtube. Kursus-kursus online ini tentunya bisa memberikan informasi dan pengetahuan sebagai pembelajaran, tanpa membuat penontonnya atau subscriber-nya berpindah tempat alias bisa diakses dimana saja dan kapan saja dalam hitungan menit, bahkan detik.

Teknologi Pendidikan

Teknologi komputerisasi yaitu teknologi dimana suatu alat tidak lagi membutuhkan tenaga manusia atau manual, tetapi lebih ke arah sistem pengoperasian secara otomatis, yang menggunakan sistem komputerisasi atau sistem format yang bisa dengan gampang dibaca oleh komputer.

Pada dasarnya hanyalah sebuah sistem penghitung yang cara kerjanya betul-betul cepat, yang memproses seluruh format informasi menjadi sebagai nilai-nilai numerik. Informasi yang diproses yaitu berupa kode komputerisasi. Sebelum diproses, dibutuhak sebuah sensor yang berfungsi untuk mengubah informasi-informasi nyata menjadi kode komputerisasi.

Contoh dari hal ini yaitu kamera komputerisasi. Kode komputerisasi yang dikirim oleh sensor baru akan diolah oleh komputer (mikroporsesor) dimana di tiap-tiap alat komputerisasi pasti ada. Dari hasil pengolahan data-data komputerisasi hal yang demikian, informasi baru akan bisa ditampilkan di layar.

Fungsi dan Manfaat Teknologi

fungsi-dan-manfaat-teknologi

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penangkap (Capture)

Fungsi ini digunakan mengkompilasikan atau menggabungkan catatan-catatan rinci yang berasal dari kesibukan untuk kesibukan. Contohnya yaitu menerima input dari keyboard, scanner, dan sebagainya.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing)

Fungsi teknologi yang satu ini berfungsi untuk mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi sebuah informasi. Pengolah atau pemrosesan suatu data bisa berupa beberapa versi, yaitu konversi (pengubahan data untuk menjadi format lain), analisis yaitu analisis situasi, perhitungan atau kalkulasi, sintesis yang berarti penggabungan segala format data sekaligus informasi.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating)

Fungsi teknologi yang satu ini yaitu untuk menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam format-format yang bermanfaat, seperti laporan, tabel, grafik, dan sebagainya.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (Storage)

Fungsi teknologi yang satu ini yaitu untuk merekam sekaligus menyimpan data sekaligus informasi dalam suatu media yang bisa digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Sebagai contoh, disimpan di hardisk, tape, disket, CD atau Compact disc, dan sebagainya.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrifal)

Fungsi teknologi yang satu ini yaitu untuk menelusuri sekaligus mendapatkan kembali informasi atau penyalinan data sekaligus informasi yang telah tersimpan, misalnya dalam hal mencari supplier yang telah ditandai “lunas”, dan sebagainya.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission)

Fungsi teknologi yang satu ini bisa dikatakan sederhana, yaitu mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lainnya melalui jaringan komputer. Sebagai contoh, mengirimkan data penjualan dari suatu tempat ke tempat lainna, atau dari seorang user ke user lainnya.

Demikian informasi-informasi mengenai teknologi yang tentunya bermanfaat untuk kamu sekaligus bisa memperdalam pengetahuan kamu mengenai teknologi. Tentunya melalui tulisan ini, kamu bisa memahami teknologi beserta sejarahnya sejak masa lampau, bukan hanya teknologi modern di zaman ini saja.