Switch Adalah: Cara Kerja, Fungsi dan Manfaatnya

Switch merupakan sebuah perangkat penyalur jaringan pada beberapa topologi, biasa disebut dengan konsentrator yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim data dari komputer induk kepada komputer tujuan.

Dalam tulisan ini dibahas secara mendalam mengenai pengertian switch, fungsi, manfaat dan cara kerjanya. Switch merupakan perangkat jaringan yang terdapat pada lapisan kedua dari OSI Layer yaitu berupa data link.

Pengertian Switch Adalah

komputer-client

Switch merupakan perangkat jaringan yang mentransfer data hanya kepada host dimana ia ditangani. Ia memeriksa alamat tujuan untuk merutekan paket dengan tepat. Selain itu switch juga dijabarkan seperti berikut :

Pengertian switch merupakan bagian dari sirkuit fisik bagian yang mengatur sinyal arus. Memiliki switch memungkinkan koneksi dibuka atau ditutup.

Saat dibuka, switch memungkinkan sinyal atau daya mengalir melalui koneksi. Ketika ditutup, Switch menghentikan aliran dan memutus koneksi rangkaian. Komputer permulaan, seperti altair , menggunakan switch sebagai wujud input untuk komputer.

Pada jaringan, switch merupakan perangkat keras yang memfilter dan mentransmisikan kedalam paket jaringan, tetapi seringkali tidak cakap mengerjakan lebih dari itu.

Perangkat jaringan pertama yang ditambahkan kepada internet merupakan switch, yang disebut IMP, yang menolong mengirim pesan pertama pada tanggal 29 Oktober 1969 . Switch jaringan lebih maju dari hub , tetapi tidak semaju router.

Pengertian switch merupakan tombol atau tuas yang bisa diaktifkan untuk menghidupkan atau mematikan perangkat.

Pada keyboard komputer, switch merupakan apa yang ada dibawah tiap-tiap tombol, yang memberi respons tombol dikala ditekan. Sebagai contoh, scissor switch yaitu macam switch yang digunakan dengan komputer dan notebook.

Saat merujuk pada perintah. Perintah switch merupakan opsi yang tersedia yang bisa digunakan dengan perintah. Sebagai contoh, perintah “fdisk” bisa digunakan dengan tombol atau MBR. Menggunakan “FDISK atau MBR” akan memungkinkan pengguna untuk membuat ulang rekaman boot master.

Fitur Switch Jaringan

  • Switch beroperasi pada layer-2 (layer data link).
  • Switch tersedia dalam bermacam-macam konfigurasi dan pantas kecepatan transfer data seperti 10/100/1000 Mbps atau 10/100 Gbps.
  • Beroperasi dalam mode dupleks penuh.
  • Tabrakan paket dihindari karena port keport pengiriman data.

Manfaat Switch

switch

Berikut ini manfaat switch sebagai berikut:

  • Membantu mengurangi beban kerja pada masing-masing PC host.
  • Membantu meningkatkan performa jaringan.
  • Jaringan yang menggunakan switch akan mempunyai lebih sedikit benturan frame. Disebabkan oleh fakta bahwa switch membuat collision domain untuk tiap-tiap koneksi.
  • Switch bisa dihubungkan langsung ke workstation.

Kelemahan Switch

Berikut ini kelemahan switch merupakan sebagai berikut :

  • Switch lebih mahal dibandingkan dengan jembatan jaringan.
  • Masalah konektivitas jaringan sulit ditelusuri melalui switch jaringan.
  • Traffic lalu lintas siaran mungkin merepotkan.
  • Bila switch berada dalam mode promiscuous, switch rentan kepada serangan keamanan misalnya spoofing alamat IP atau pengambilan frame ethernet.
  • Desain dan konfigurasi yang tepat dibutuhkan untuk menangani paket multicast.
  • Sementara membatasi siaran, switch tidak sebagus router.

Fungsi Switch

Berikut ini fungsi dan peran switch yang akan kami sajikan:

Address Learning

Switch ethernet mengontrol transmisi frame antara port switch yang terhubung kekabel ethernet menggunakan aturan penerusan lalu lintas yang dijelaskan dalam standar bridging IEEE 802.1D.

Penerusan lalu lintas didasarkan pada pembelajaran alamat. Switch membuat keputusan penerusan lalu lintas berdasarkan alamat 48bit media access control yang sering digunakan dalam standar LAN, termasuk ethernet.

Untuk mengerjakan ini, switch mempelajari perangkat mana, yang disebut stasiun dalam standar, yang merupakan segmen jaringan dengan memperhatikan alamat sumber disemua frame yang diterimanya. Ketika perangkat ethernet mengirim frame, ia menempatkan dua alamat dalam frame.

Kedua alamat ini merupakan alamat tujuan dari perangkat yang mengirim frame, dan alamat sumber, yang merupakan alamat perangkat yang mengirim frame.

Cara switch “belajar” cukup sederhana, seperti segala antarmuka ethernet, tiap-tiap port pada switch mempunyai alamat MAC khusus pabrik. Namun, tidak seperti perangkat ethernet normal yang hanya menerima frame yang diarahkan langsung kepadanya, antarmuka ethernet yang terletak disetiap port switch berjalan dalam mode promiscuous.

Dalam mode ini, antarmuka diprogram untuk menerima segala frame yang dilihat diport itu, bukan hanya frame yang dikirim kepada alamat MAC antarmuka ethernet pada port switch itu.

Karena tiap-tiap frame diterima pada masing port, perangkat lunak switching memperhatikan alamat sumber frame dan menambahkan alamat sumber kedaftar alamat yang dipertahankan oleh switch. Ini merupakan bagaimana Switch secara otomatis menemukan stasiun mana yang bisa dijangkau pada port mana.

Forwarding And Filtering

Forwarding pada switch merupakan proses melewatkan lalu lintas jaringan suatu perangkat yang terhubung ke satu port dari network switch keperangkat lain yang terhubung keport lain pada switch.

Ketika frame ethernet layer 2 mencapai port pada network switch, switch membaca sumber alamat MAC dari frame ethernet sebagai bagian dari fungsi pembelajaran, dan itu juga membaca alamat MAC tujuan juga sebagai bagian dari fungsi penerusan.

Alamat MAC tujuan penting untuk menentukan nomor port yang terhubung dengan perangkat tujuan. Bila alamat MAC tujuan ditemukan pada tabel alamat MAC, switch meneruskan frame ethernet melalui port yang pantas dari alamat MAC. Bila alamat MAC tujuan tidak ditemukan pada tabel alamat MAC, switch meneruskan frame ethernet melalui segala portnya kecuali port sumber dikenal sebagai flood.

Biasanya flood terjadi ketika switch jaringan memulai. Flood mencegah hilangnya lalu lintas dikala learning switch. Ketika perangkat tujuan menerima frame Ethernet dan mengirim frame balasan keperangkat sumber.

Switch membaca alamat MAC dari perangkat tujuan dan menambahkannya ke tabel alamat MAC, yang merupakan fungsi dari proses pembelajaran. Bila alamat MAC sumber sama dengan alamat MAC tujuan, switch akan menjatuhkan frame ethernet ini dikenal sebagai penyaringan.

Loop Avoidance

Dalam jaringan area lokal yang praktis, tautan redundan dibuat untuk menghindari kegagalan jaringan sepenuhnya jikalau terjadi kegagalan dalam satu tautan. Tautan redundan bisa mengakibatkan loop switching 2 layer dan menyiarkan badai.

Ini merupakan fungsi dari switch jaringan untuk mencegah loop switching layer 2 dan menyiarkan badai. Spanning tree protocol (STP)  digunakan untuk menghentikan loop jaringan sementara masih mengizinkan redundansi.

Spanning tree protocol dirancang untuk mengerjakan transisi keadaan port untuk mengurangi loop switching dan memungkinkan jalur primer atau yang disukai aktif.

Cara Kerja Switch

Cara-Kerja-Switch

Cara kerja switch yaitu mengerjakan penerimaan dan kemudian menganalisa seluruh isi paket yang telah diterima sebelum kemudian meneruskan kekomputer tujuan. Switch mengelola paket yang diterima untuk kemudian diperiksa apakah ada kerusakan atau tidak, sehingga mencegah jaringan terganggu.

Switch mengerjakan jatah bandwidth secara full kesetiap port miliknya. Switch bekerja pada lapisan data link sehingga tiap-tiap port mempunyai domain collison sendiri.

Limit Switch

Limit switch merupakan perangkat sensor posisi atau keberadaan yang awam digunakan dalam sistem otomasi industri. Biasanya, switch ini dioperasikan secara elektromekanis, sehingga aktif ketika suatu objek mengerjakan kontak fisik dengan aktuator, yang seringkali bisa disetel.

Switch jaringan menghubungkan perangkat (seperti komputer, printer, titik jalan masuk nirkabel) dalam jaringan satu sama lain, dan memungkinkan mereka untuk ‘mengobrol’ dengan bertukar paket data. Switch bisa berupa perangkat keras yang mengelola jaringan fisik, serta perangkat virtual berbasis perangkat lunak.