Surat Keterangan Usaha | Pengertian, dan Contohnya

Surat Keterangan Usaha yaitu surat yang dibuat oleh aparatur sipil yang memiliki wewenang, dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha ini dibuat oleh Kelurahan atau Kepala Desa, hal ini untuk memberikan keterangan lewat surat tersebut bahwa yang bersangkutan memiliki tempat tinggal di wilayah RT dan RW tersebut serta memiliki sebuah usaha.

Untuk memulai sebuah usaha tak cuma modal yang diperlukan, ada pula sebagian dokumen yang mesti dipersiapkan jika Anda ingin memulai sebuah usaha. Salah satu dokumen penting itu merupakan Surat Keterangan Usaha atau yang lazim disebut SKU. Dokumen ini mesti dimiliki jika Anda hendak mengajukan pinjaman modal usaha ke bank maupun lembaga keuangan yang lain.

Kecuali sebagai salah satu persyaratan mesti untuk mengajukan pinjaman modal. Dengan adanya Surat Keterangan Usaha tentunya usaha Anda akan diketahui oleh pihak berwenang sehingga mereka dapat menjamin kebenaran dan keabsahan usaha Anda. Kecuali itu memberikan kemudahan bagi Anda jika ingin mengubah golongan tarif listrik hingga pembuatan NPWP Usaha.

Seandainya Anda bermaksud untuk mengajukan pinjaman modal ke bank maupun keperluan lainnya dan belum memiliki SKU, simak berikut tahapan dan persyaratan pembuatan Surat Keterangan Usaha.

Manfaat Adanya Surat Keterangan Usaha

manfaat-surat-keterangan-usaha

Surat Keterangan Usaha ini memiliki sebagian manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya. Berikut manfaat yang akan diperoleh :

  1. Menjadi pembuktian bahwa usaha yang dikerjakan yaitu nyata dan legal
  2. Sebagai salah satu syarat peminjaman uang ke bank maupun lembaga keuangan lain
  3. Syarat mesti dikala usaha Anda akan mengikuti lelang maupun tender
  4. Syarat untuk pembuatan NPWP pribadi bagi wirausahawan
  5. Syarat untuk mengerjakan perubahan golongan tarif listrik dari rumah ke bisnis

Persyaratan Surat Keterangan Usaha

Untuk membuat Surat Keterangan Usaha, ada sebagian dokumen pendukung yang mesti Anda persiapkan yang nantinya akan dijadikan acuan pembuatan surat tersebut. Berikut dokumen-dokumen yang mesti dipersiapkan :

  1. Surat Pengantar dari RT dan RW
  2. Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) yang masih berlaku berupa asli dan fotokopi
  3. Kartu Keluarga (KK) berupa fotokopi
  4. Surat Pernyataan atau Surat Permohonan

Persyaratan di atas pastinya akan diminta oleh pengurus SKU Anda dan pastikan Anda mesti menyiapkan sedini mungkin. Namun persyaratan ini dapat saja berubah tergantung dari aturan wilayah Anda tinggal. Jadi ada baiknya Anda juga mencari isu ke kantor kelurahan maupun kecamatan terkait persyaratan yang diperlukan di wilayah tempat tinggal Anda

Tahapan serta Tata Metode Pembuatan Surat Keterangan Usaha

Seandainya dokumen pendukung sudah Anda persiapkan layak dengan persyaratan pembuatan SKU, Anda dapat mengikuti tahapan biasa berikut pembuatan Surat Keterangan Usaha :

Mengajukan Pembuatan Surat Pengantar RT atau RW

Untuk mengurus surat pengantar RT atau RW dapat dikatakan cukup mudah. Sebab Anda cuma perlu mendatangi pengurus RT atau RW dan meminta untuk dibuatkan surat pengantar.

Umumnya pengurus RT atau RW akan meminta KTP dan KK milik Anda. Surat pengantar ini nantinya akan ditandatangani dan disahkan oleh ketua RT atau RW. Umumnya untuk pengajuan surat pengantar ini Anda tak akan dipungut biaya. Sesudah pembuatan surat pengantar ini, Anda dapat langsung mendatangi kantor Kelurahan.

Mengurus Surat Keterangan Usaha Ke Kantor Kelurahan

Bawalah semua dokumen persyaratan ke Kantor Kelurahan. Dan sesampainya di sana Anda akan diberikan formulir pembuatan Surat Keterangan Usaha. Isi data dalam formulir tersebut dengan iya dan lengkap, hal ini bertujuan untuk menghindari ketidak sesuaian data Surat Keterangan Usaha di kemudian hari.

Sesudah Anda mengisi semua data dalam formulir, berikan dokumen pendukung yang sudah Anda persiapkan sebelumnya terhadap petugas Kantor Kelurahan. Waktu pembuatan Surat Keterangan Usaha tergantung dari kebijakan Kantor Kelurahan di wilayah Anda, jadi Anda perlu untuk menanyakan lama pembuatan Surat Keterangan Usaha terhadap petugas yang bersangkutan. Biasanya pembuatan SKU ini tak dipungut biaya.

Datangi Kantor Kecamatan

Sesudah Surat Keterangan Usaha selesai, maka hal selanjutnya yang mesti Anda lakukan yaitu mendatangi Kantor Kecamatan untuk mengerjakan pengesahan. SKU Anda akan diberikan tanda pengesahan berupa stempel dari Kecamatan. SKU yang sudah disahkan akan memiliki masa berlaku setahun sejak SKU tersebut dikeluarkan.

Contoh Surat Keterangan Usaha

contoh-surat-keterangan-usaha

Agar Anda mendapat sedikit gambaran mengenai SKU, berikut contoh bentuk Surat Keterangan Usaha yang dikeluarkan oleh Kantor Kelurahan atau Kepala Desa:

[ Kop Surat Kepala Desa/Kepala Kelurahan]

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : ………………………………….

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa atau Kelurahan [Nama Desa/Kelurahan], Kecamatan [Nama Kecamatan], Kabupaten/Kota [Nama Kabupaten/Kota], dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : [Nama cocok KTP]
NIK : [Nomor Induk Kependudukan cocok KTP]
Tipe Kelamin : [Jenis Kelamin cocok KTP]
Tempat/Tgl. Lahir : [Tempat dan tanggal lahir cocok KTP kamu]
Agama : [Agama kamu cocok KTP]
Pekerjaan : [Pekerjaan kamu ketika ini]
Alamat : [Alamat tempat tinggal kamu]
Ialah iya penduduk yang berdomisili di Desa atau Kelurahan [Nama Desa/Kelurahan], Kecamatan [Nama Kecamatan], Kabupaten/Kota [Nama Kabupaten/Kota].
Bisa saya nyatakan bahwa nama tersebut di atas yaitu iya memiliki usaha [Jenis usaha kamu] dengan nama [Nama usaha kamu] di wilayah Desa/Kelurahan [Nama Desa/Kelurahan].
Adapun Surat Keterangan ini dibuat untuk kelengkapan persyaratan [Jenis kebutuhan yang hendak kamu lakukan, misalnya Pengajuan Pinjaman ke Bank].
Itu Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat diaplikasikan sebagaimana mestinya dan bagi instansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.

Dikeluarkan di : [Nama Desa/Kelurahan]
Pada Tanggal : [Tanggal SKU diterbitkan]
Kepala Desa atau Kelurahan [Nama Desa/Kelurahan], Kecamatan [Nama Kecamatan], Kabupaten/Kota [Nama Kabupaten/Kota]

([Nama Kepala Desa/Kelurahan])

Bagaimana Gampang bukan pembuatan Surat Keterangan Usaha? Seandainya SKU sudah Anda miliki, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan usaha yang Anda miliki. Dengan adanya SKU akan menambah kelegalan usaha Anda sehingga jika ada situasi sulit yang melibatkan usaha Anda, maka surat tersebut dapat menjadi dokumen pendukung yang sah, seperti pengajuan pinjaman modal terhadap pihak bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Adanya SKU ini nantinya akan memperkuat jaminan Anda untuk mengajukan pinjaman dana ke pihak penyedia layanan kredit. Wajar jika pihak bank maupun lembaga keuangan lainnya memerlukan jaminan sebagai antisipasi jika kredit yang diambil nasabahnya mengalami macet. Dan tentunya dengan ini prospek usaha Anda akan terjamin dan tak perlu khawatir lagi dengan usaha yang akan Anda jalankan.