Perusahaan Manufaktur : Definisi, Contoh dan Sistemnya

Perusahaan manufaktur yaitu mereka yang terlibat dalam transformasi barang, bahan atau zat menjadi produk baru. Proses transformasi bisa berupa fisik, kimia atau mekanis. Perusahaan manufaktur mempunyai pabrik yang menghasilkan barang untuk konsumsi publik. Mesin dan peralatan umumnya digunakan dalam proses pembuatan.

Meskipun, dalam beberapa kasus, barang bisa diproduksi dengan tangan. Contohnya yaitu barang yang dipanggang, perhiasan buatan tangan, kerajinan tangan dan seni lainnya. Perusahaan manufaktur yaitu sebuah perusahaan atau badan usaha yang mengelola bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Ini dia beberapa contoh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia, komplit dengan sistem yang mereka gunakan.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

manufaktur-1

Produsen membuat barang fisik. Bagaimana barang-barang ini dibuat, itu bervariasi tergantung pada perusahaan dan industri tertentu. Namun, beberapa besar menggunakan mesin dan peralatan industri untuk menghasilkan barang untuk konsumsi publik. Proses pembuatan menciptakan nilai. Artinya perusahaan bisa membebankan premi untuk apa yang mereka buat. Sebagai contoh, karet tidak terlalu berharga dengan sendirinya. Tetapi ketika disusun menjadi ban mobil, ia mempunyai nilai yang jauh lebih tinggi. Jadi, dalam hal ini, proses pembuatan yang memungkinkan karet ditransformasikan menjadi bagian mobil yang dibutuhkan menambah nilai.

Ada beberapa perusahaan manufaktur besar, termasuk makanan, minuman, tembakau, tekstil, pakaian jadi, kulit, kertas, minyak dan batubara, plastik dan karet, logam, mesin, komputer,  elektronik, transportasi, furnitur, dan lainnya.

Banyak pekerja dipekerjakan di pelbagai perusahaan manufaktur. Selanjutnya, jutaan lainnya dipekerjakan secara tidak langsung. Manufaktur amat penting bagi ekonomi, yang merupakan persentase besar dari produk domestik bruto (PDB) negara itu. Perusahaan manufaktur yaitu industri yang bertanggung jawab atas barang dalam perekonomian kita, atau produk fisik yang kita beli dan gunakan tiap hari.

Sebelum Revolusi Industri, beberapa besar barang dibuat dengan tangan. Sejak Revolusi Industri, manufaktur telah tumbuh semakin penting, dengan banyak barang diproduksi secara massal. Produksi massal berarti bahwa barang bisa diproduksi jauh lebih cepat dan dengan lebih presisi. Ini menurunkan harga dan membuat banyak barang konsumen lebih murah, harganya relatif murah oleh masyarakat lazim. Ketika jalur perakitan diperkenalkan ke manufaktur, produksi terus melejit.

Kemajuan teknologi komputer ketika ini memungkinkan perusahaan manufaktur untuk berbuat lebih banyak dengan waktu lebih sedikit. Sekarang, ribuan barang bisa diproduksi dalam waktu beberapa menit. Teknologi komputer bisa digunakan untuk merakit, menguji dan melacak produksi. Setiap tahun, teknologi terus membuat manufaktur semakin efisien, lebih cepat, dan lebih hemat biaya. Namun, otomatisasi juga menghilangkan banyak pekerjaan manufaktur, meninggalkan karyawan yang terampil tanpa pekerjaan.

Dengan mengetahui seputar pengertian perusahaan manufaktur, kita ikuti juga contoh dan sistem beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia.

Contoh Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

manufaktur-2

Ada banyak perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mencatatkan saham di BEI. Ini biasa juga disebut dengan Bursa Efek Jakarta (BEJ). Diklasifikasikan ke dalam sembilan sektor di BEI.

Pertanian (Agriculture)

Mencakup usaha di bidang pertanian dan tanaman pangan, seperti peternakan, perkebunan, perikanan, serta kehutanan. Juga, seluruh yang berkaitan langsung dengan bidang ini. Contoh perusahaan manufaktur di bidang ini yaitu Sampoerna Agro Tbk.

Pertambangan (Mining)

Mencakup pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, biji logam, penggalian batu-batuan, tanah liat, pasir, penambangan dan penggalian garam. Juga pertambangan mineral, bahan kimia, dan bahan pupuk, serta penambangan gips, aspal dan gamping. Daftar perusahaan manufaktur di bidang ini seperti Tambang Batubara Bukit Asam Tbk.

Industri dasar dan kimia (Basic industry & chemicals)

Perusahaan manufaktur ini mencakup usaha pengubahan material dasar menjadi barang setengah jadi. Bisa juga menjadi barang jadi yang masih akan diproses di sektor perekonomian selanjutnya. Mencakup usaha pengolahan bahan-bahan yang terkait dengan kimia dasar. Salah satu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu Semen Gresik (Persero) Tbk.

Aneka industri ( Miscellaneous industry)

Perusahaan manufaktur untuk pembuatan mesin-mesin berat dan juga ringan. Ini juga termasuk dengan bagian penunjangnya dari mesin-mesin hal yang demikian. Astra International Tbk sebagai salah satu contoh perusahaan manufaktur untuk sektor ini.

Industri barang konsumsi (Consumer goods industry)

Usaha ini mengubah bahan dasar maupun setengah jadi menjadi barang jadi. Biasanya barang hal yang demikian bisa dikonsumsi untuk sektor pribadi atau rumah tangga. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk dan Gudang Garam Tbk masuk ke dalam daftar perusahaan manufaktur untuk sektor ini.

Properti, real estate, dan konsutruksi bangunan (Property, real estate, and building construction)

Agung Podomoro Land Tbk merupakan salah satu contoh perusahaan manufaktur untuk sektor ini. Sektor ini meliputi usaha pembuatan, perbaikan, pembongkaran rumah dan pelbagai variasi gedung. Pembelian, penjualan, persewaan, dan pengoperasian pelbagai macam bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, termasuk dalam sub sektor real estate.

Infrastruktur, utilitas dan transportasi (Infrastructure, utility, and transportation)

Mencakup seputar penyediaan kekuatan, sarana transportasi dan telekomunikasi. Jasa Marga (Persero) Tbk juga Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk termasuk dalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ini juga melingkupi bangunan infrasruktur dan jasa-jasa penunjangnya, dengan bangunan non gedung dan rumah.

Finansial (Finance)

Bank, lembaga keuangan, asuransi, investasi, hingga pembiayaan dan sekuritas termasuk dalam daftar perusahaan manufaktur untuk sektor ini. Lippo General Insurance Tbk maupun Bank Central Asia Tbk yaitu contoh perusahaan manufaktur yang terdaftar di sektor ini.

Perdagangan, jasa dan investasi (Trade, service, and investment )

Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk sektor ini yaitu Ace Hardware Indonesia Tbk dan juga Dua Putra Utama Makmur Tbk. Ini meliputi perdagangan partai besar maupun kecil dan eceran. Terkait sektor jasa, Panorama Sentrawisata Tbk masuk ke dalam daftar perusahaan manukfaktur sketor ini. Contoh perusahaan manufaktur lainnya yaitu hotel, restoran, komputer dan perangkatnya. Juga termasuk bidang periklanan dan media serta industri percetakan.

Pentingnya Perusahaan Manufaktur

manufaktur-3

Ada beberapa alasan yang membuar perusahaan manufaktur penting. Manufaktur yaitu salah satu dari sedikit industri di mana seorang pekerja tanpa gelar yang lebih tinggi bisa memperoleh upah layak. Karena ini yaitu salah satu sektor pekerjaan terbesar di negara ini, banyak keluarga bergantung pada perusahaan manufaktur. Sektor industri juga mendorong banyak industri sekunder.

Perusahaan variasi ini juga memacu investasi dan mendorong pembangunan infrastruktur. Ada beberapa bidang ekonomi yang tidak disentuh industri manufaktur. Banyak industri lain berkontribusi secara langsung dan tidak langsung ke manufaktur.

Banyak perusahaan akan berhenti tanpa manufaktur, karena mereka tidak akan mempunyai produk untuk dijual. Pada akhirnya, industri manufaktur amat terjerat dalam ekonomi dunia. Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Namun, yang tetap jelas yaitu bahwa untuk ketika ini, manufaktur mempunyai peran penting dalam ekonomi dan tenaga kerja.

    Write a comment