Perencanaan Karir yang Tertata | Kaum Milenial Wajib Tahu!

Setiap orang pasti ingin mempunyai sebuah pekerjaan yang baik dan merupakan hobi atau hal yang disukai. Namun, tidak sedikit orang yang kemudian bekerja tetapi pada bidang yang tidak disukainya, dengan terpaksa karena kemungkinan tidak mendapatkan kesempatan.

Akhirnya banyak orang yang kemudian mengalami stress karena pekerjaan mereka. Hal seperti ini semestinya dihadapi sebaik mungkin, dengan cara mempersiapkan diri, khususnya bagi kamu, kamu anak milenial.

kamu semestinya cakap memahami diri kamu, lingkungan sekitar, dan juga kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk menyiapkan karir kamu. Yuk terus ikuti tulisan yang satu ini hingga akhir untuk menemukan informasi seputar karir!

Pengertian Karir

pengertian

Karir ialah suatu rangkaian perilaku yang mempunyai keterkaitan dengan pengalaman atau kegiatan kerja dalam rentang waktu kehidupan seseorang dan juga rangkaian kegiatan kerja dengan sifat berkelanjutan. Dalam definisi lain, pengertian karir ialah segala jabatan ataupun pekerjaan yang dipegang atau dimiliki selama masa kehidupan pekerja seseorang.

Karir bisa menjadi hal yang menunjukkan sebuah peningkatan status kepegawaian kamu dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan cocok pekerjaan yang telah ditentukan dalam organisasi atau perusahaan hal yang demikian.

Dengan begitu, berarti karir bisa menunjukkan perkembangan karir seseorang atau individu pada suatu jenjang yang telah diraih selama kerja pada sebuah organisasi. Untuk mendapatkan perkembangan karir yang baik, tentunya kamu semestinya mempunyai perencanaan karir yang matang.

Perencanaan karir ialah sebuah perencanaan yang dibuat seseorang terkait kemungkinan untuk menitih proses kenaikan pangkat ataupun jabatan cocok dengan syarat serta kemampuan yang dimiliki.

Mengapa Perencanaan Karir Penting?

Perencanaan karir merupakan hal yang amat penting dan semestinya kamu lakukan karena akan berpengaruh pada perkembangan karir kamu nanti. Perkembangan karir ialah peningkatan pribadi yang dijalankan seorang individu guna meraih suatu peningkatan dari departemen untuk meraih sebuah rencana kerja cocok dengan jalur atau jenjang pada suatu organisasi.

Dengan mempunyai rencana karir yang matang maka kamu telah mempunyai peta yang akan membawa kamu untuk mencapai perkembangan karir yang telah kamu rencanakan. Memiliki perencanaan karir yang matang juga akan menjadikan kamu termotivasi dalam bekerja supaya menjalankan hal terbaik sebab kamu telah mempunyai target semestinya segera diwujudkan.

5 Tips Menemukan Karir

Tips-Menemukan-Karir

Memilih dan menentukan pekerjaan yang tepat memang merupakan hal paling mendasar dan merupakan langkah pertama untuk membuat perencanaan karir. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menemukan karir yang tepat.

Pelajari Pilihan Karir

Hal pertama yang semestinya kamu lakukan untuk menemukan karir ialah dengan berinisiatif untuk mencari beragam hal terkait pekerjaan yang kamu minati dan menjadi pilihan kamu. Temukan dan tentukan beberapa pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi kamu dan juga besaran gaji yang akan kamu terima untuk pekerjaan hal yang demikian.

kamu juga bisa mengeksplor lebih jauh mengenai pekerjaan yang menjadi incaran kamu dengan mengikuti pekerjaan magang atapun paruh waktu. Semakin banyak perencanaan karir yang kamu lakukan, semakin baik persiapan kamu menemukan pekerjaan pertama.

Prioritaskan Karir yang Akan kamu Lakukan

Setelah kamu menjalankan tips pertama, maka kamu tentu telah mempunyai beberapa preferensi untuk pekerjaan yang ingin kamu lakukan. Penting untuk kemudian mengetahui dan memahami diri sendiri, dengan begitu kamu bisa menentukan pekerjaan apa yang paling cocok untuk kamu dan akan membuat pekerjaan hal yang demikian gampang dijalankan.

Pertimbangkan Hobi

Berhubungan dengan tips sebelumnya yaitu memahami diri kamu, hobi merupakan pertimbangan yang tidak boleh kamu abaikan. Tulislah beragam hobi yang senang kamu lakukan, buatlah catatan apa yang membuat kamu senang menjalankan hobi hal yang demikian.

Hubungkan dengan Mimpi kamu

Setiap orang mempunyai mimpi untuk masa depan dan ingin diwujudkan. Coba ingat kembali mimpi kamu, apa yang kamu sukai dan ingin kamu wujudkan suatu hari nanti bisa menjadi motivasi tersendiri bagi kamu dalam menjalankan sebuah pekerjaan.

Keluar dari Zona Nyaman

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman kamu dan mulailah mencoba hal baru. Merasa tidak nyaman ialah proses untuk sebuah pertumbuhan yang semestinya kamu coba.

kamu tidak akan tumbuh menjadi pribadi lebih baik seandainya terus berada pada zona nyaman. Tantanglah diri sendiri untuk menjalankan sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya.

Kalau sebelumnya kamu selalu memperdulikan kritikan orang lain, cobalah untuk membuat keputusan sendiri dan menjalankan tanpa semestinya terpengaruh orang lain dan beragam hal lainnya.

Membuat Perencanaan Jenjang Karir

Perencanaan-Jenjang-Karir

Berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai membuat perencanaan jenjang karir kamu.

Tentukan Visi kamu

Awali langkah perencanaan jenjang karir ialah dengan menentukan visi kamu. Kalau belum, coba tanyakan kepada diri kamu apa yang kamu ingin capai dimasa mendatang. Bayangkan akan menjadi apa diri kamu 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun kedepan. Setelah mengetahui visi hal yang demikian, ujilah dengan cara bertanya pada diri sendiri, apakah kamu serius menginginkannya?

Kenali Kelebihan dan Kelemahan diri

Langkah berikutnya dalam perencanaan jenjang karir ialah mengetahui diri kamu, khususnya kelebihan dan kelemahan kamu. Mungkin gampang mengetahui kelebihan diri, namun akan sulit mengetahui kekurangan diri. kamu bisa mengatasinya dengan bertanya kepada beberapa orang terdekat kamu untuk mendapatkan penilaian objektif.

Review Pencapaian kamu

Kadang orang luput untuk mencatat prestasi yang pernah mereka raih. Padahal mencatat dan menyimpan catatan hal yang demikian tidak hanya bermanfaat pada ketika membuat CV nantinya, tapi juga untuk pencapaian karir kamu. Ini akan menjadi gambaran masa lalu dan juga masa kini yang akan bermanfaat untuk membuat perencaan masa depan kamu.

Catat Keterampilan kamu

Rangkumlah apa saja keterampilan yang kamu miliki. Dengan mempunyai rangkuman hal yang demikian, kamu tidak semestinya fokus pada satu ragam pekerjaan saja, kamu bisa memilih pekerjaan lain cocok kemampuan kamu. Jadi tidak perlu terus melamar dan ditolak pada satu ragam pekerjaan, sementara ada pekerjaan lain yang peluangnya besar.

Analisa Tren dan Peluang

Meski telah mempunyai keterampilan baik dan CV yang menarik, tetap saja kamu semestinya mencari lowongan kerja yang cocok dengan kemampuan kamu. Dengan mempunyai pengetahuan terkait tren dan peluang karir, maka kamu telah memulai langkan mencapai kesuksesan.

Hal ini amat penting untuk mengetahui pertumbuhan pekerjaan, khususnya yang peminatnya amat banyak. Ini juga amat bermanfaat supaya kamu bisa menyesuaikan dan memperkuat posisi kamu dengan mempunyai pengetahuan hal yang kamu butuhkan untuk pekerjaan hal yang demikian.

Cerdas Merencanakan Karir

Langkah ini ialah point utama, seandainya perencanaan jenjang karir ialah jangka pendek, maka buatlah rencana 2 sampai 3 tahun kedepan. Mulailah membuat rencana tahunan atau  6 bulanan kamu.

Gunakan kriteria SMART (specific, measureable, achievable, realistic, and time-bound) untuk tiap rencana yang kamu buat. Penting dari tahapan ini ialah menjalankan atau bertindak cocok dengan apa yang kamu rencanakan. Karena tanpa eksekusi, sebagus apapun rencana kamu, itu hanyalah sekedar rencana, yang tidak berarti.

Evaluasi

Langkah terakhir dalam perencanaan jenjang karir ialah menjalankan evaluasi perencanaan karir hal yang demikian. Lakukanlah evaluasi tiap tahun secara rutin.

Ini amat bermanfaat untuk mengontrol dan memperbaiki beragam hal yang mungkin terjadi diluar rencana kamu. Dengan menjalankan evaluasi, kamu bisa menemukan cara baru yang lebih tepat sasaran untuk mewujudkan rencana kamu.

Misalnya dengan meningkatkan keterampilan dan pendidikan kamu. Dua hal ini merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dijalankan karena, karyawan yang berkualitas ialah kebutuhan untuk beragam perusahaan lakukan evaluasi dan upgrade kualitas diri kamu. Sekian tulisan kali ini, sampai berjumpa diartikel berikutnya. Semoga menolong!