Perencanaan dan Implementasi Information Security Management System

Information Security Management Metode  atau yang awam disingkat ISMS yakni sebuah cara  keamanan yang dipakai untuk melindungi berita rahasia. ISMS sangat dapat diandalkan dalam menjaga kerahasiaan suatu berita Lembaga agar tak disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Metode Keamanan Rendah Penyebab Kebocoran Data

Kasus kebocoran data memang menjadi hal yang paling diantisipasi oleh sebuah Lembaga. Kebocoran data membuat berita internal seseorang akan tersebar dan dapat saja disalah gunakan. FDI (Komputerisasi Forensik Indonesia) mengungkapkan setidaknya 7,5 miliar berita personal pengguna internet aktif global diretas orang ketiga dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Dari angka tersebut termasuk didalamnya pengakses internet yang berasal dari Indonesia. Data-data yang diretas ini disinyalir diperjualbelikan di dark situs dan deep situs oleh orang ketiga. Penjualan data pribadi ini dilakukan secara diam-diam dan menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayarannya.

Data pribadi yang diretas meliputi semua berita rahasia dari pengguna internet. Mulai dari nama lengkap, nomor hp, alamat, kata sandi, surat elektronik bahkan alamat IP. Kebocoran data ini bukan cuma dari e-commerce saja, namun layanan sosial speerti Google, Yahoo!, hingga Jobstreet yang dapat dibilang memiliki keamanan yang baik.

Bukan cuma data pribadi yang menjadi incaran peretasan, data-data nasional pun tak lepas dari incaran para oknum tak bertanggung jawab. Sekiranya data-data pribadi saja dapat dijual, apalagi data nasional yang tentunya menjadi incaran para petinggi-petinggi negara lain. untuk itu perlu perlindungan lebih terhadap berita, penerapan ISMS yakni salah satu solusinya.

Bisnis yang berdasar atas kepercayaan pasti akan terganggu dengan kebocoran data. Hal ini karena cara keamanan belum dapat melindungi data dengan baik. Kerahasiaan data dan keamanan data internal yakni prioritas dalam berbisnis. ISMS yakni salah satu cara yang dapat dipakai untuk perlindungan dan keamanan data.

ISMS yakni?

Metode manajemen keamanan berita atau ISMS yakni kebijakan serta prosedur dalam pengolahan data internal sebuah Lembaga atau organisasi secara sistematis. Dari pengertian ini dapat dilihat fungsi dari cara manajemen keamanan berita ini dalam hal menjaga keamanan sebuah berita. Dengan adanya ISMS data-data akan lebih terlindungi dari pihak luar.

Tujuan ISMS yakni untuk memperkecil kemungkinan kegagalan serta memastikan keberlangsungan bisnis dengan aktif membatasi resiko pelanggaran terhadap keamanan berita. Dalam pembahasannya, Information Security Management Metode  meliputi perilaku dan progres pekerja beserta keseluruhan data dan teknologi. Pembahasannya dapat dikontrol dalam macam tertentu seperti data customer beserta data lain.

ISMS yakni cara  keamanan yang yakni sebuah metodologi yang memastikan tingkat keamanan data atau berita. Metodologi ini dilakukan via progres yang sudah ditetapkan dan di praktikkan dengan baik. Dalam konteks ISO/IEC, orang dapat menganggap ISMS sebagai standar yang bertanggung jawab terhadap praktik keamanan.

Hubungan Antara ISMS Dengan ISO 27001

ISO yakni tolak ukur yang dipakai dalam pembuatan Information Security Management Metode . Tidak ada tindakan spesifik yang dilakukan, tetapi termasuk didalamnya saran untuk dokumentasi, tindakan korektif dan prefentif, peningkatan berkelanjutan dan audit internal.

Menurut International Organization for Standardization, ISO/IEC yakni sertifikasi ISMS. Jadi ISO/IEC mengemukakan bahwa ISMS yakni standarisasi yang diciptakan untuk memastikan tingkat keamanan berita dalam sebuah layanan, produk dan progres teknologi. ISMS dijadikan sebagai cara perlindungan berita agar konsisten terjaga kerahasiaannya dari public.

Tujuan akhir ISO yakni melindungi berita atau data pada suatu organisasi. Padahal begitu, ISO memiliki beraneka faktor inti yang melampaui tujuan tersebut. Bukan cuma sebagai perlindungan berita secara digital, ISO juga melindungi pedoman struktural dan organisasi dari pihak-pihak yang mengancam keberlangsungan bisnis.

Manfaat ISO Untuk Organisasi

Sepanjang tahun 2018 lalu, tercatat setidaknya ada lebih dari 1 miliar data pribadi pengguna internet terekspos dalam sebagian pelanggaran keamanan data berskala besar. Pada sertifikasi ISO terdapat materai sebagai bentuk persetujuan mengenai kesediaan suatu organisasi mematuhi praktik keamanan berita. Persetujuan ini sudah dilindungi dari pelbagai potensi ancaman.

Seperti pula dengan suatu organisasi yang berada pada titik terlemah. Tim-tim yang ikut andil dalam sertifikasi ISO berprofesi dengan keyakinan yang besar. Mereka meyakini bahwa integritas data yang mereka miliki sangat baik dan dapat menjaga keamanannya.

Mereka yang ikut serta dalam sertifikasi ISO akan memperoleh sebagian manfaat untuk keberlangsungan organisasinya. Begitu penurunan jumlah kasus yang berkaitan dengan phising serta peningkatan kemampuan dalam melindungi data-data organisasi. Kecuali itu, via sertifikasi ini juga dapat membuat suatu organisasi mempromosikan budaya standarisasi keamanan data.

Memperhatikan hal tersebut, dirasa sangat penting untuk menerapkan cara keamanan untuk berita internal organisasi. Manfaat lain yang dapat didapat jika menerapkan ISO sebagai standar keamanan berita suatu organisasi yakni sebagai berikut.

  • Menolong suatu organisasi dalam menyesuaikan standar keamanan berita yang sudah teruji kualitasnya,
  • Berpengaruh positif terhadap citra organisasi, serta presepsi yang baik dari pihak luar,
  • Memastikan sebuah organisasi memiliki kendali atas keamanan berita dalam bisnisnya yang dapat saja menimbulkan gangguan,
  • Meningkatkan efektivitas dan keandalan terhadap pengamanan berita organisasi,
  • Menampilkan pengelolaan yang baik dalam hal penanganan berita internal organisasi,
  • Bisa mengukur sejauh mana efektivitas control keamanan berita organsasi.

Metode Mendapatkan Sertifikasi ISO

Untuk memperoleh manfaat-manfaat seperti yang dipaparkan di atas, suatu organisasi sepatutnya mendapatkan sertifikasi ISO terutama dulu. Mendapatkan sertifikasi ISO dapat dikatakan cukup mudah. Sebagai acuan tambahan, simak metode memperoleh sertifikasi berikut ini.

Berkomitmen

Sebelum mendapatkan sertifikasi, organisasi sepatutnya memastikan standar ISO yang sudah dipilih sebelumnya yakni standar yang tepat. Untuk memiliki sertifikasi, suatu organisasi sudah beroperasi sekurang-kurangnya dalam waktu 3 bulan untuk memperoleh penilaian yang baik dari konsultan ISO.

Membentuk Tim ISO

Suatu organisasi sepatutnya menetapkan sumber tenaga manusianya menjadi anggota dalam pengerjaan sertifikasi ISO. Tim ini terdiri atas ketua tim dan divisi lain yang sekurang-kurangnya memiliki anggota 2 orang tiap-tiap divisi.

Menjalankan Training ISO

Sesudah pembentukan tim, tahap selanjutnya yakni pembuatan jadwal pengerjaan untuk training ISO yang dikomunikasikan dengan konsultan ISO. Training ini sangat berguna dalam membangkitkan rasa percaya diri anggota organisasi serta menambah wawasan mengenai sertifikasi ISO.

Memilih Badan Sertifikasi ISO

Untuk mengoptimalkan cara keamanan diperlukan konsultan ISO. Bersama konsultan ISO, pimpinan organisasi akan menjalin kerjasama dengan badan sertifikasi ISO. Lazimnya, standar ISO dijalankan dalam waktu 3 tahun, namum sebagian melaksanakannya dalam waktu 6 bulan.

Mengerjakan Analisis GAP dan Membuat Dokumen ISO

Analisa GAP yang dimaksud yakni membandingkan cara manajemen yang dipakai di organisasi sebelumnya dengan standar ISO. Analisa apa yang belum pernah dipakai lalu buat kebijakan rinci mengenai job desk dan sebagainya untuk setiap departemen dalam organisasi.

Implementasi Metode ISO

Pemeliharaan terhadap cara ISO yang dimiliki yakni hal yang terberat bagi suatu organisasi. Tiap-tiap orang dalam organisasi sepatutnya diberlakukan komunikasi dan training secara teratur agar pemahaman mengenai budaya kesadaran dapat dipahami dengan baik. Kecuali itu, audit internal sepatutnya dilakukan untuk memandang apakah syarat standar ISO sudah terpenuhi atau tak.

Nah itulah berita mengenai Information Security Management Metode yang menjadi pembahasan kali ini. ISMS yakni standarisasi yang dipakai ISO sebagai cara keamanan berita suatu organisasi. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan pembaca.