Pengertian Target Pasar, Manfaat dan Faktor yang Harus Diperhatikan

Tiap pebisnis pasti menginginkan agar usaha yang tengah ia jalankan diterima oleh masyarakat agar dapat berkembang sesuai harapan. Untuk menempuh hal tersebut tentu hal yang sungguh-sungguh penting untuk dilakukan yaitu memasarkan produk terhadap konsumen dengan tujuan agar produk yang diproduksi perusahaan dikenal oleh masyarakat sehingga alhasil dilakukan pembelian. Pemasaran yang dilakukan sepatutnya tepat dan efektif, salah satu hal terpenting yaitu dalam menentukan target pasar. Tujuannya yakni membuat segmentasi (pengelompokan) konsumen berdasarkan sifat yang sama. Mengapa segmentenasi konsumen sepatutnya dilakukan? Oleh karena itu kali ini saya mempersembahkan kabar terkait target pasar, manfaat, unsur penentu, serta contohnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Sasaran Pasar

pengertian-target-pasar

Sasaran pasar yaitu suatu kelompok konsumen atau pembeli yang menjadi target pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang perusahaan tawarkan. Sederhananya yakni kelompok yang akan perusahaan Anda layani sebagai konsumen. Biasanya digolongankan berdasarkan umur, tempat, keperluan yang sama, serta tingkat ekonomi.

Penentuan ini yakni hal yang sungguh-sungguh penting karena perusahaan tak akan dapat melayani atau menyediakan beragamnya keperluan dan keinginan konsumen di pasar. Dengan demikian, perlu melaksanakan identifikasi komponen pasar mana yang akan perusahaan Anda layani sebagai target pasar Anda.

Manfaat Sasaran Pasar

Sesudah menentukan dan menerapkan target pasar, perusahaan akan dapat mengembangkan produknya serta strategi marketing untuk setiap target yang dipilih. Lebih lanjut, berikut manfaatnya :

Mempermudah Penyesuaian

Akan memudahkan Anda melaksanakan penyesuaian produk serta strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang perusahaan Anda lakukan. Dengan begitu konsumen dapat dilayani dengan baik dan efektif sehingga produk Anda memiliki posisi baik di pasar.

Mengantisipasi Pesaing

Anda akan mengenal apabila pesaing seperti apa yang akan Anda hadapi sehingga Anda dapat menyediakan strategi terbaik sehingga para pesaing yang bermunculan dapat Anda atasi. Atau sekurang-kurangnya Anda tak terjatuh dan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.

Efektifitas Sumber Energi

Kalau sumber energi yang dimiliki perusahaan Anda terbatas, dengan menetapkan sasaran pasar maka Anda dapat memanfaatkan sumber energi yang terbatas ini secara efektif dan efisien.

Menciptakan Energi Tarik Pemasaran

Dengan mengenal keperluan konsumen serta mengenal ragam dan sifat konsumen Anda, Anda dapat menerapkan strategi pasar terbaik yang akan menarik bagi konsumen. Tentunya ini akan menjadi energi tarik perusahaan Anda terlebih dalam pemasaran produk.

Menemukan dan Membandingkan Kesempatan Pasar

Dengan melaksanakan identifikasi, analisa pasar, serta pengelompokan konsumen, Anda akan mengenal kelompok mana yang apabila sesuai untuk menjadi sasaran pasar dari produk yang perusahaan Anda produksi. Kalau ada sebagian kelompok potensial, Anda dapat melaksanakan perbandingan kelompok mana yang paling memberikan peluang dan kesempatan lebih besar.

Meningkatkan Kualitas Produk

Anda dapat melaksanakan evaluasi produk baik dengan meminta ulasan dari konsumen Anda terkait produk. Dengan mengenal kelebihan dan kekurangan produk serta produk seperti apa yang diperlukan dan diharapkan konsumen, Anda dapat melaksanakan koreksi serta meingkatkan kualitas produk Anda.

Memposisikan Perusahaan Lebih Baik

Kalau konsumen Anda terpuaskan atas pelayanan yang Anda berikan, maka dengan sendirinya perusahaan Anda akan memiliki posisi atau tempat tersendiri di hati para konsumen. Dengan begitu posisi perusahaan Anda kian kuat yang ditandai dengan banyaknya konsumen, baik konsumen lama maupun konsumen baru yang terus berdatangan karena kepercayaan konsumen.

Elemen Penentu

Sebelum menentukan segmen yang akan Anda tuju untuk menentukan target pasar, berikut faktor-faktor yang sepatutnya Anda kenal.

Ukuran Segmen

Apakah perusahaan Anda yakni perusahaan baru dan masih kecil? Atau perusahaan Anda yakni perusahaan besar dan sudah berkembang? Kalau perusahaan Anda masih dalam tahap pengembangan atau baru maka tuju lah segmen pasar kecil, sebaliknya jikalau perusahaan Anda sudah berkembang maka tujulah segmen pasar yang besar. Penentuan ukuran segmen ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan sasaran pasar dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan.

Pertumbuhan Segmen

Menjalankan analisis pertumbuhan segmen sepatutnya Anda lakukan sebelum penentuan target pasar. Dengan melihat pertumbuhan segmen yang dituju bertujuan melihat kemungkinan bisnis Anda akan berkembang di masa mendatang. Sedangkan awalnya ukuran segmen sungguh-sungguh kecil, tak menutup kemungkinan akan berkembang menjadi besar di masa yang akan datang. Sesungguhnya, segmen kecil yakni segmen pasar yang potensial.

Analisis Dilema

Anda sepatutnya melaksanakan analisa kondisi dengan teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar yang dituju. Ini berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor yang dapat dilakukan menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weaknesses, Opportunities, and Threats).

Sumber Energi Perusahaan

Memerhatikan kemampuan atau sumber energi perusahaan yang diperoleh perusahaan, penting Anda perhatikan. Terutama jika sumber energi perusahaan Anda dapatkan dari kerja sama dengan pihak luar, karena profit dan risiko yang mungkin Anda dapat akan ditanggung bersama.

Dana yang Tersedia

Perhatikan dana yang dimiliki perusahaan Anda, bila dana yang dimiliki terbatas jangan ambil risiko dengan menetapkan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana yang dimiliki dengan sasaran pasar yang menjadi sasaran perusahaan.

Tujuan yang Cocok

Sesudah menetapkan segmen pasar, perusahaan sebaiknya konsisten konsentrasi pada segmen tersebut. Usahakan juga tak beralih ke segmen pasar lain yang memang tak Anda rencanakan sebelumnya. Ini untuk menghindari resiko kerugian perusahaan.

Metode Tepat sasaran Menentukan Sasaran Pasar

menentukan-target-pasar

Sesudah mempelajari pengertian, manfaat, serta unsur yang mempengaruhi sasaran pasar, selanjutnya yaitu mengenal bagaimana menentukan sasaran pasar tersebut.

Tentukan Konsumen Anda

Sesudah memiliki produk yang akan ditawarkan, tentukan konsumen berdasarkan segementasi geografi, demografi, dan psikologi. Geografi yakni segmentasi pasar berdasarkan lokasi atau tempat konsumen Anda berada dengan harapan setiap daerah berbeda keperluannya sehingga dapat dicocokkan dengan karakteristik tertentu. Demografi yaitu segemntasi pasar berdasarkan ragam kelamin, usia, tingkat Pengajaran, serta pendapatan. Ini bertujuan mengenal apakah produk sesuai dengan klasifikasi tersebut atau tak. Lalu segmentasi psikologi, yang yakni pembagian pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian, serta kebiasaan gaya hidup. Segmentasi ini berdasarkan teori bahwa pilihan dibuat seseorang ketika akan membeli produk yakni cerminan dari preferensi gaua hidup atau sosio ekonomi

Mengenal Keperluan

Sesudah menentukan konsumen, Anda sepatutnya mengenal keinginan dan keperluan mereka. Ini dapat Anda lakukan dengan tes produk. Anda dapat mengikut bazar untuk melakukannya sebagai media pengenalan produk.

Evaluasi

Evaluasi keperluan dan minat konsumen perlu Anda lakukan terhadap produk yang Anda pasarkan. Ini penting untuk menentukan langkah strategis berikutnya apakah akan melanjutkan dan mengembangkan usaha atau tak. Jangan sampai setelah memulai bisnis namun ternyata penentuan konsumennya salah.

Taktik Pasar

Lakukan strategi yang tepat dalam pemasaran produk karena setiap segmentasi pasar yang Anda pilih memiliki sifat dan gaya berbeda sehingga strategi yang Anda terapkan juga sepatutnya berbeda antara segmentasi satu dengan yang lainnya.

Evaluasi Respon Pasar

Metode terakhir yaitu dengan mengevaluasi respon pasar terkait strategi yang Anda terapkan apakah berjalan efektif atau tak. Kalau tak, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk. Ini dapat Anda lakukan bila penjualan mulai berjalan serta sudah menghasilkan. Ini bertujuan mempertahankan dan meningkatkan penjualan.

Contoh Sasaran Pasar

Pakaian Anak-anak

Produk yang dijual: pakaian anak-anak yang dijual online

Sasaran tempat: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau Jawa yang dapat dijangkau kurir maksimal dalam 4 hari pengiriman

Sasaran Demografi: Ibu rumah tangga berusia 23-40 tahun yang memiliki anak kecil usia 3-10 tahun. Berpenghasilan 3-5 juta sebulan.

Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet, komputer, dan sosial media. Meniru trend fashion anak dan hobi membaca majalah anak.

Pakaian Wanita

Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual online

Sasaran lokasi: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Palembang, dan lainnya. Yang dapat dijangkau kurir dengan lama pengiriman maksimal 3 hari.

Sasaran demografi: wanita usia 17-35 tahun dengan penghasilan 2-3 juta sebulan

Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet dan sosial media serta mengikuti perkembangan trend fashion.

Produk Kecantikan

Produk yang dijual: Produk kecantikan wanita yang dijual online dan offline

Sasaran lokasi: di kota tempat perusahaan berlokasi serta kota-kota besar potensial seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain yang dapat dijangkau dengan waktu maksimal pengiriman 4 hari

Sasaran demografi: wanita berusia 17-30 tahun dengan penghasilan 2-4 juta sebulan

Karakter psikologi pelanggan: melihat kesehatan dan kecantikan diri, terbiasa menggunakan internet, dan aktif di sosial media serta mengikuti trend kecantikan terbaru.

Sekian kabar terkait target pasar yang sepatutnya Anda kenal sebelum memulai bisnis atau tengah mengembangkan bisnis. Ini penting untuk Anda kenal untuk mengenal sasaran konsumen produk Anda. Kecuali itu, penting untuk selalu melihat perubahan dan perkembangan sasaran pasar Anda untuk menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan. Lakukan segmentasi pasar secara tepat agar sasaran pasar yang Anda tuju dapat memberikan profit maksimal bagi perusahaan Anda. Jangan lupa untuk terus konsentrasi pada segmen yang sudah Anda pilih dan jangan mudah mengubahnya agar usaha Anda tak mengalami kerugian karena kesalahan yang tak sepatutnya dilakukan. Semangat mencari dan semoga berhasil.