Pengertian Remote Access, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Dunia IT adalah sebuah dunia dengan banyak hal rumit di dalamnya. Bukan cuma sekedar perangkat keras, semua system dalam perangkat juga masuk ke dalam elemen penting yang tak dapat di hilangkan kehadirannya, seperti contohnya remote access. Ada yang pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Remote access yaitu suatu system yang betul-betul penting dalam dunia IT dan pengoperasian PC. Istilah remote access ini bukan lagi menjadi hal yang baru dalam dunia teknologi, terlebih jaringan. Bahkan sebagian instansi pemerintah maupun perusahaan swasta sudah menerapkan teknologi remote access atau awam juga disebut dengan remote desktop.

Pihak yang mengimplementasikan teknologi jaringan ini untuk mengelola jaringan dan juga administrasi jaringan dengan lebih praktis, lebih baik meskipun dari jarak jauh. Gambaran atau contoh penerapan dari remote access ini yaitu dalam lingkup kantor. Pastinya tiap-tiap kantor memiliki computer server yang terletak dalam ruang atau gedung khusus dan tentunya letaknya terpisah. Nah, biasanya server ini tak dilengkapi dengan keyboard maupun monitor. Untuk itulah dalam mengendalikan server tersebut, perlu menggunakan teknologi seperti remote access ini.

Pada tulisan kali ini,  akan membahas tuntas semua hal mengenai remote access, seperti apa pengertian, tipe-tipe, serta membahas lebih mendalam apa saja fungsinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini sampai selesai agar pembaca dapat memahami sepenuhnya mengenai remote access dalam perangkat PC ini.

Pengertian Remote Access

Pengertian

Remote access yaitu sebuah kemampuan yang dimiliki perangkat untuk dapat tersambung dengan resource pada satu network atau jaringan dari satu tempat tertentu. Hal ini menandakan adanya penggunaan perangkat dan modem pada satu tempat tertentu, lewat sambungan kabel telepon lalu terhubung ke suatu perangkat atau server pada network utama dalam suatu perusahaan. Utomo, dkk (2010) mendefinisikan remote access sebagai system yang dapat diterapkan dalam mengendalikan satu manajmen jaringan tertentu. Dalam pengoperasiannya, administrator dapat dengan mudah mengontrol serta mengawasi computer client ataupun server, membackup data-data, kesibukan atau interaksi dengan para user, dan pelbagai kesibukan lainnya. Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010) mendefinisikan remote access yaitu sebuah kemampuan untuk dapat tersambung pada sambungan network dalam lokasi atau tempat tertentu. Terpenting menyeluruh, adanya remote access ini untuk alat untuk mengendalikan computer lain. Dalam remote access, sedikitnya ada sekitar 5 teknologi yang awam dikenal di dalamnya, diantaranya meliputi.

  •  FTP
  • VPN atau Virtual Private Network
  • 1x
  • IPsec
  • Telnet (Telecomunications Network Protocol)

Ragam-Ragam Remote Access

tipe-tipe

Sesudah mengenal sebagian pengertian dan definisi dari para ahli mengenai remote access, sekarang saatnya mengulas satu persatu mengenai tipe-tipe remote access. Terdapat dua ragam remote access, berikut ini tipe-jenisnya.

  1. Mode Desktop/GUI
    Ragam remote access pertama yaitu mode desktop atau GUI (Grapichal User Interface). Contoh dari ragam remote access satu ini yaitu VNC, remote desktop, dan juga redmin. Segala contoh ini tentunya memiliki fungsinya sendiri-sendiri.
  2. Mode Teks
    Untuk ragam remote access yang kedua yaitu mode teks. Adapun contoh dari remote teks ini yaitu ssh, telnet, Rlogin, raw, dan juga serial. Mempunyai fungsi yang sama dengan ragam remote access yang pertama, bedanya cuma terlihat dari spesifikasinya saja.

Fungsi Dari Remote Access

Dirangkum dari buku Sistem Jitu Pengelolaan Jaringan Windows karya Wahana dan Andi (2010), ada sebagian fungsi dan kegunaan remote access.

  1. Mengendalikan Komputer Lain
    Kegunaan atau fungsi yang pertama dari remote access yaitu sebagai alat untuk mengendalikan computer lain dari lokasi yang berbeda. Contohnya dalam mengakses software computer lain yang ada di divisi lain dalam suatu perusahaan. Kesibukan ini biasanya dilakukan oleh seorang technical support sebuah perusahaan.
  2. Menghidupkan Ulang Komputer
    Dengan mengandalkan teknologi jaringan, adanya remote access yaitu cakap menghidupkan atau pun restart ulang computer meskipun dari jarak yang jauh. Tentunya ini dapat dilakukan selama server baik atau sudah dilakukan setting sebelumnya pada perangkat yang diterapkan saat ini.
  3. Memodifikasi Setting Registry Komputer Lain
    Remote access ini memang betul-betul penting dalam dunia isu teknologi. Fungsi lain dari remote access yaitu kemampuan untuk memodifikasi setting registry dari computer lain. Kemampuan mengawasi perangkat computer lain juga menjadi salah satu fungsi utama dari remote access ini.
  4. Alat bantu Pemecah Persoalan Pada PC
    Berikutnya yaitu fungsi lain dari remote access yang betul-betul memudahkan kesibukan yaitu dapat membantu pengguna lain dalam mengatasi persoalan dari pengguna. Pengerjaan pemecahan ini dapat dihandle dalam jarak jauh oleh pengguna lain. Kecuali itu juga dapat menjadi alat pemeliharaan computer dari jarak jauh dan dapat dikontrol di mana pun selama tersambung ke server.
  5. Sharing Resource
    Sharing resource atau berbagi jaringan dalam digital juga menjadi salah satu fungsi dari adanya remote access ini. Dengan adanya sharing resource akan kian memberikan system keamanan dan juga administrasi jaringan yang lebih baik lagi ke depannya. Tak cuma itu, adanya sharing resource juga kecepatan akses juga menjadi lebih tinggi.
    Industri Yang Memerlukan Teknologi Remote Access
    Tentunya teknologi jaringan satu ini betul-betul diperlukan dalam mendorong kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan jaringan dan sejenisnya. Di bawah ini sebagian instansi atau bidang industry yang memerlukan remote access ini dalam beroperasi.
  • Provider Internet
  • Perusahaan Telekomunikasi
  • Keamanan Finansial
  • Akuntansi
  • Arsitektur
  • Real Estate
  • Dunia medis, terlebih rumah sakit serta system isu medis
  • Perusahaan pengankutan dan pengiriman barang
  • Perusahaan Asuransi

Sistem Yang Diaplikasikan Remote Access Dalam Beroperasi

test

Dalam pengoperasiannya, ada sebagian sistem yang diaplikasikan. Di bawah ini sebagian sistem yang biasanya diaplikasikan oleh remote access yaitu sebagai berikut.

  • Aplikasi khusus, untuk satu pelaksanaan aplikasi. Dipakai untuk pengguna remote yang dilengkapi versi khusus dan didesain untuk penggunaan dial-in.
  • Remote control, untuk mengendalikan PC dalam jaringan suatu perusahaan.
  • Server remote control, adalah sebuah board yang meliputi banyak sekali CPU untuk menyokong multi antar mukaserial dan bank modem.
  • Remote node, beroperasi dalam memberi simulasi sambungan secara langsung satu node padan sebuah jaringan local.
  • Pendekatan integrasi, adalah gabungan dari pelbagai sistem diatas. para user dapat menggunakan satu telepon trampil dan dan akses file, aplikasi, atau apapun yang diperlukan tanpa diskoneksi.

Telah tahu kan bagaimana peran remote access ini? Memang setelah mengenal remote access yaitu teknologi penting dalam jaringan sehingga pertumbuhannya juga betul-betul cepat di masa sekarang. Dapat dilihat bagaimana pertumbuhan laptop sudah betul-betul banyak dengan kecanggihan teknologi di dalamnya, sehingga tak heran jikalau banyak orang yang kemudian lebih memilih berada untuk mengakses ke luar network.
Sekian ulasan seputar remote access, mulai dari pengertian remote access yaitu apa, bagaimana fungsinya, sistem, dan juga instansi yang memerlukan remote access ini sebagai penunjang kesibukan instansi. Semoga dapat menjadi sumber bacaan yang berguna dan menjadi rujukan yang lengkap untuk pembaca sekaligus.