Pengertian Purchase Order, Tujuan, Ciri Dan Fungsinya

Apa itu PO? Mungkin untuk Anda yang kerap kali berbelanja via online sudah tak asing mendengar kata ini. Seiring juga dengan meningkatnya permintaan sebuah produk, pengerjaan bisnis pun sekarang kian menjadi rumit.

Apabila dulunya Anda memesan sebuah barang dengan menghubungi supplier lewat telepon atau email. Sekarang penyuplaian sebuah barang sudah mulai kian sulit untuk dikelola dikarenakan meningkatnya tingkat peminat dalam perbelanjaan secara online.

Disinilah peran penting dari adanya sitem PO dalam dunia bisnis online ialah istilah yang memiliki banyak arti. Apa saja pengertian PO dalam dunia bisnis online? Berikut akan saya jelaskan secara lengkap mulai dari definisi, pengertian sampai contoh dalam online shop, yuk simak selengkapnya!

Definisi Purchase Order

Apakah Anda pernah mendengar istilah Purchase Order atau PO? Apakah Anda mengenal artinya? Istilah PO tak jarang kita dengar apalagi dalam dunia berbisnis online. Meskipun tak asing lagi seandainya mendengar istilah PO, namun pada nyatanya masih banyak masyarakat diluar sana yang belum mengerti arti dari PO tersebut.

Nah, agar Anda mengerti dan memahami lebih dalam mengenai istilah PO ialah, alangkah baiknya seandainya Anda mempelajari sembari memahaminya dari awal terutama dulu, sampai Anda mengerti dan tak kebingungan lagi seandainya Anda ingin membeli barang dengan menggunakan cara PO.

Hal pertama yang perlu Anda kenal terutama dulu perihal PO ialah pengertiannya. Sebelum Anda melangkah lebih jauh untuk mengerti perihal sistemnya. PO ialah sebuah dokumen yang dibuat oleh pihak penjual dengan bertujuan untuk memesan barang apa yang diharapkan oleh pihak pembeli. Kecuali itu, PO ialah sebuah kontrak kesepakatan sebelum pengiriman barang, yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Tapi, dalam bisnis online pengertian PO ini dibagi menjadi 3 komponen, yakni pay out, pre order, dan purchase order. Berikut pengertian lebih lengkapnya.

Pay Out

Pay out atau PO ialah sebuah istilah yang ada di dalam dunia bisnis online. Pay out ini berfokus terhadap program periklanan, dan bisnis afiliasi. Sederhananya pay out ialah sebuah pembayaran komisi yang di dapatkan oleh para member lewat hasil pemasaran yang di dapatkan.

Pre Order

pre-order

Berikutnya pre order ialah dalam usaha online ialah transaksi online dengan sistem kerja, si pembeli seharusnya melaksanakan sebuah pemesanan, lalu langsung melaksanakan pembayaran. Lazimnya pembeli cuma membayar biaya uang muka (DP) saja oleh pihak produsen, setelah barang sampai barulah pembayaran full dilakukan.

Lazimnya pre order dilakukan karena jumlah stok barang yang tak banyak tersedia. Produk yang menggunakan cara pre order ini ialah produk yang memiliki banyak permintaan dari para pembeli.

Kelebihan Pre Order

  • Harga barang yang jauh lebih murah ketimbang harga pasaran.
  • Tidak memerlukan namanya stok, serta para pembeli juga dapat bebas memilih produk, model yang cocok dengan keinginan tanpa seharusnya takut dengan permasalahan kehabisan stok barang.

Kekurangan Pre Order

  • Pembeli seharusnya bersabar untuk menunggu dengan waktu yang cukup lama karena barang seharusnya dipesan terutama dulu.
  • Kemungkinan juga seandainya Anda tak akan mendapatkan barang yang Anda inginkan secara cepat karena barang sudah habis dan seharusnya di pesan lagi.

Purchase Order

purchase-order

Terakhir purchase order yang disingkat juga PO ialah sebuah dokumen yang dibuat oleh pihak pembeli dengan tujuan untuk menunjukan barang yang ingin dibeli terhadap pihak penjual. Atau dengan kata lainnya, yakni puchase order ialah sebuah kontrak kesepakatan sebelum pengiriman barang terjadi yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Lazimnya cara purchase order ini akan terdapat identitas perusahaan yang terlibat dalam pemesanan, tanggal pemesanan, dan juga berisikan rincian soal barang seperti merk, nama brand, harga dan juga informasinya lainnya.

Saat PO sudah dikirimkan oleh pihak pembeli terhadap pihak penjual maka dari pihak penjual akan menghubungi pembeli apakah barang tersebut diterima atau tak. Apabila barang sudah diterima maka si penjual pun akan mengeluarkan yang namanya invoice bagi pihak pembeli berdasarkan dengan pesanan yang sudah dibuat oleh pembeli.

PO dalam online shop yang satu ini memang sungguh-sungguh kompleks seandainya dibayangkan. Tapi pengerjaan jual beli dengan menggunakan cara PO memiliki nilai lebih, terlebih permasalahan keamanan terhadap tindakan penipuan.

Fungsi PO

Sebetulnya fungsi dari ketiga PO ialah cuma memiliki satu arti saja, yakni “sistem atau pengerjaan pengiriman” namun sistem atau prosesnya ini dibagi menjadi 3 komponen. Ialah pay out, pre order, dan purchase order akan tetapi 3 macam PO tersebut memiliki pengertiannya masing-masing, seandainya kita konsentrasi terhadap fungsi utama dari 3 komponen tersebut fungsinya tetaplah menjadi satu yakni “sistem atau pengerjaan pengiriman”.

Contoh Pay Out

Apabila Anda mengikuti sebuah program afiliasi dengan perusahaan A lalu Anda melaksanakan pemasaran via link afiliasi lewat websitenya. Kemudian, sebagian hari terjadi sebuah pembelian via link afiliasi milik Anda dan komisinya sudah menempuh target dari pay out. Maka Anda akan diberikan pay out oleh perusahaan tempat Anda berprofesi. Jadi kesimpulannya, pay out tersebut ialah pembayaran komisi.

Contoh Pre Order

Apabila Anda membeli sebuah baju branded di sebuah toko olshop, namun toko tersebut sudah kehabisan barang yang cocok dengan keinginan Anda. Apabila Anda ingin mendapatkan baju branded ditoko tersebut, maka Anda seharusnya melaksanakan pengerjaan yang namanya pre-order.

Anda seharusnya melaksanakan pembayaran uang muka (DP) terhadap pihak produsen terutama dulu, lalu setelah Anda selesai melaksanakan transaksi tersebut Anda seharusnya menunggu sampai tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak produsen.

Contoh Purchase Order

Contoh yang terakhir ialah purchase order. Kita ambil contoh saja si A pembeli yang ingin memasok barang terhadap pihak penjual, lewat sebuah dokumen yang berisikan secara detail perihal nama produk yang dipesan, harga setiap produk, tanggal serta nomor purchase order.

Semoga tulisan ini berguna dan sanggup membantu Anda untuk menambah wawasan ilmu Anda mengenai bisnis, terimakasih!