Pengertian Promosi, Tujuan, dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Promosi merupakan kata yang sudah tak asing lagi Anda dengar atau lihat. Terutama bagi Anda yang memiliki usaha atau karyawan suatu bidang usaha. Ini juga berlaku bagi Anda yang kerap membaca blog seperti Markey.id, tentunya sudah sangat kerap melihat kata yang satu ini. Tetapi apakah Anda sudah betul-betul memahami pengertian promosi?

Meski sudah kerap didengar atau dilihat dalam bermacam-macam kesempatan seperti pada saat berbincang dengan teman atau saudara, media cetak, papan-papan reklame di jalan, saat Anda mendengar radio, menonton televisi, sampai internet dan banyak lainnnya masih banyak orang yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang promosi.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, saya akan membahas bermacam-macam info terkait pengertian promosi, jenisnya, serta tujuan promosi. Ini semua perlu kita pelajari karena promosi merupakan hal yang sangat penting sebagai upaya pengembangan usaha bisnis Anda.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

promosi

Harper Boyd

Menurut pria yang adalah ahli pemasaran ini, promosi merupakan upaya membujuk seseorang untuk mau menerima produk, konsep, dan gagasan.

Sistaningrum

Menurut Sistaningrum, Promosi merupakan upaya atau aktivitas suatu perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual ataupun konsumen potensial dengan tujuan agar mereka mau menjalankan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan baik saat ini atau dimasa mendatang.

Boone dan Kurtz

Menurut mereka, pengertian promosi merupakan suatu pengerjaan memberikan info, membujuk, dan mempengaruhi keputusan pembelian seseorang.

Rambat Lupiyonoadi

Menurutnya promosi merupakan salah satu variable di dalam bauran pemasaran yang sangat penting untuk dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk berupa jasa. Promosi bukan saja aktivitas yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan perusahaan, melainkan juga sebagai alat mempengaruhi konsumen dalam pembelian atau pemakaian jasa layak keinginan dan keperluan konsumen.

Stanton

Menurut Stanto promosi merupakan aktivitas untuk memberikan info terhadap kosumen guna memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.

Sebenarnya banyak sekali pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli di semua dunia,namun intinya konsisten sama. Dari bermacam-macam pendapat ahli dapat di ambil ikhtisar pengertian promosi merupakan aktivitas menyebarkan info produk atau jasa terhadap calon konsumen atau target pasar dengan tujuan agar calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan atau badan usaha.

Tujuan Promosi

promotion

Memberikan Berita

Promosi yang Anda lakukan akan dapat menambah nilai suatu barang dengan memberikan info teraik akan produk Anda terkait harga, kelebihan, manfaat serta situasi lainnya terhadap konsumen. Tanpa adanya penyampaian info ini, orang akan segan membeli produk Anda karena tak mengenal seperti apa produk Anda.

Komunikasi tentu adalah jalan yang iya untuk memperkenalkan info antara penjual dan pembeli. Manfaat promosi sebagai penyampai info ini akan memperkenalkan apa yang diperlukan dan diharapkan oleh kedua pihak. Dengan mengenal keperluan dan keinginan masing-masing maka akan terjadi pertukaran atau pembelian yang memuaskan sehingga sama-sama menguntungkan.

Membujuk dan Mempengaruhi

Kecuali berguna sebagai media penyampaian info, manfaat promosi juga yakni untuk membujuk calon konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan menguraikan bermacam-macam kelebihan produk Anda disbanding produk lainnya, maka akan mempengaruhi calon pelanggan agar yakin untuk memilih produk Anda sebagai jawaban keperluan mereka.

Menciptakan Image

Manfaat promosi yang Anda lakukan berikutnya yakni memberikan image atau kesan tersendiri terhadap calon pembeli. Oleh karena komponen pemasaran Anda wajib mampu menciptakan strategi pemasaran yang menarik dan menciptakan image tersebut. Begitu misalnya dengan menggunakan warna, ilustrasi, dan bentuk yang menarik. Juga dengan memiliki jargon-jargon yang unik. Ini akan membuat pelanggan Anda mengenali produk perusahaan Anda.

Alat Menempuh Tujuan

Manfaat promosi yakni dipakai sebagai metode untuk menapai tujuan, yakni agar terjadi pertukaran atau pmebelian yang dilakukan pelanggan sehingga memberikan profit bagi perusahaan. Dalam hal ini, komunikasi menjadi metode yang dapat memperlihatkan bagaimana pertukaran itu saling memuaskan anatara pelanggan dan penjual yang dalam hal ini perusahaan.

Ragam-Ragam Promosi

promosi-2

1. Periklanan atau Advertising

Periklanan atau advertising adalah bentuk promosi non personal yang dilakukan dengan menggunakan media yang ditujukan untuk merangsang pelanggan menjalankan pembelian. Periklanan bermanfaat menawarkan produk terhadap pelanggan dengan memberikan bermacam-macam alasan logis mengapa produk yang ditawarkan merupakan pilihan tepat bagi pelanggan.

2. Personal Selling

Penjualan tatap muka atau personal selling termasuk dalam ragam-ragam promosi di mana promosi dilakukan secara personal dengan presentasi secara lisan dalam suatu percakapan bersama calon pembeli dengan tujuan merangsang pembelian. Ini juga dapat diartikan sebagai aktivitas mempromosikan produk dengan metode mendatangi langsung tempat konsumen berada yang dilakukan oleh seorang wiraniaga atau salesperson. Dengan terjadinya kontak langsung ini maka akan terjalin komunikasi dua arah sehingga baik pelanggan maupun salesperson mengenal keinginan masing-masing.

Adapaun tugas seorang wiraniaga atau salesperson merupakan:

  1. Memberikan info terkait produk pada konsumen
  2. Menjelaskan manfaat serta bermacam-macam hal terkait produk pada konsumen
  3. Mejawab argumentasi atau pertanyaan yang diajukan konsumen
  4. Mengarahkan konsumen untuk menjalankan transaksi
  5. Memberikan layanan purna jual

Adapun sifat penjualan tatap muka yakni:

  1. Dikerjakan secara personal atau terjadinya kontak langsung dengan konsumen
  2. Tanggapan diberikan secara langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
  3. Mempererat hubungan antara konsumen dengan perusahaan, tentunya kalau layanan diberikan dengan memuaskan.

3. Publicity

Yang termasuk dalam ragam-ragam promosi berikutnya yakni publicity atau publisitas yang adalah bentuk promosi non personal terkait pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas bermacam-macam info mengenai produk yang pada biasanya bersifat ilmiah. Juga adalah usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk dengan metode non personal yang bersifat komersial.

Produk akan diiklankan via media cetak dan media elektronik serta hasil wawancara yang ditampilkan via media terkait. Metode ini sangat tepat sebagai ajang memberi tahu perusahaan atau produk yang dihasilkan. Ini karena publisitas dapat menempuh pembeli potensial yang tak dapat dicapai cuma dengan advertising dan personal selling.

4. Sales Promotion

Ragam-ragam promosi yang dilakukan di luar selanjutnya yakni promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan atau sales promotion menjalankan penawaran produk dengan memberikan perangsang agar terjadi pembelian. Perangsang ini dapat berupa uang, barang, ataupun pelayanan tambahan lain yang umumnya tak disertakan bersama produk tersebut.

Lazimnya sales promotion dilakukan untuk:

Meluncurkan Produk Baru Perusahaan

Metode promosi dengan memberikan insentif jangka pendek dapat Anda gunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang ada sebelumnya. Ini bermanfaat untuk memberi efek jangka panjang, produk yang diluncurkan wajib menjanjikan manfaat yang menguntungkan konsumen, kalau tak demikian pembelian ulang tak akan terjadi.

Membangun Pola Belanja

Dengan membujuk para pembeli pertama menjalankan pembelian ulang, keberhasilan terletak dan bergantung pada produk. Kian menguntungkan profit produk yang dijanjikan, maka kian besar promosi yang dilakukan akan membuat terjadinya pembelian ulang produk. Dengan sendirinya pola belanja konsumen terbentuk atas produk tersebut.

Meningkatkan Penjualan Produk Pengiring

Sales promotion tak cuma bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk utama, tapi juga produk pendukungdari produk utama tersebut. Misalnya saat menjalankan promosi produk roti dan terjadi peningkatan penjualan, maka selai sebagai produk pendukung juga akan mengalami peningkatan.

Meningkatkan Penerapan Produk

Menyajikan penggunaan produk baru atau tambahan produk yang ada via promosi penjualan, maka akan membuat pemakaian dapat mengalami peningkatan.

Menetralisir Promosi Pesaing

Promosi penjualan juga dapat dilakukan sebagai metode mengimbangi aktivitas promosi yang dilakukan pesaing, khsusunya pesaing yang menggunakan kampenye efektif. Tujuan aktivitas ini merupakan memelihara konsumen yang ada saat ini. Perusahaan market leader memiliki kepentingan untuk melindungi market share terhadap serangan dari luar, ini dilakukan dengan menggunakan promosi penjualan dengan metode ini.

Itulah bermacam-macam info terkait promosi yang wajib Anda kenal untuk memasarkan produk Anda. bermacam-macam ragam-ragam promosi di atas dapat Anda terapkan agar manfaat promosi dapat Anda rasakan karena promosi merupakan metode utama untuk menjalankan penjualan. Semoga beruntung!