Pengertian Pemasaran, Fungsi, Dan Jenis Pemasaran Dalam Bisnis

Apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing)? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Anda perlu mengenal seputar pasar terutama dulu. Pemasaran dan pasar merupakan dua kata yang memiliki arti berbeda dengan tujuan yang sama.

Pemasaran merupakan suatu kesibukan atau kesibukan menyeluruh yang menyangkut seputar perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Meskipun pasar sendiri didefinisikan sebagai tempat terjadinya pengerjaan jual-beli.

Pasar dan Pemasaran

Sebelum mengenal secara mendalam seputar apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing), perlu diketahui terutama dulu mengenai pasar. Pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Keduanya seringkali membuat rancu orang-orang dalam mendefinisikannya. Berikut ini sebagian hal terkait dengan pasar itu sendiri.

Pasar sudah ada dan berdiri dari zaman dulu kala. Dulunya, pengerjaan jual beli di pasar menggunakan metode barter, merupakan saling tukar menukar barang yang berbeda format, namun memiliki nilai atau harga yang sama. Seiring berjalannya waktu dan peradaban, saat ini uang diterapkan sebagai alat penukaran dalam pengerjaan jual beli di pasar.

Pada dasarnya sebuah pasar dapat muncul secara spontan atau memang sengaja dibangun sebagai pusat dilakukannya kesibukan jual-beli. Dalam prosesnya, pasar terbagi menjadi sebagian komponen, sehingga antara pasar yang satu dengan pasar yang lain terdapat perbedaan. Ragam-tipe pasar dibedakan berdasarkan hal berikut.

Klasifikasi Pasar

Berdasarkan klasifikasi, pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya antara satu orang dengan orang yang lain secara langsung dan ditandai dengan adanya transaksi untuk menempuh kesepakatan harga.

Pasar Modern

Pasar modern tak berbeda jauh dengan pasar tradisional, cuma saja pembeli dan penjual tak bertemu secara langsung. Pembeli dapat mengenal harga pada label harga yang tertera.

Klasifikasi Pasar Berdasarkan pada Luas Jangkauan

Pasar Daerah

Pasar daerah pada pasar ini pengerjaan jual beli atau tawar menawar suatu produk cuma terjadi pada satu atau daerah tertentu saja.

Pasar Lokal

Pasar lokal pada pasar ini jual beli produk terjadi di satu kota dimana produk tersebut dibuat dan dihasilkan.

Pasar Nasional

Pasar nasional pada pasar nasional transaksi jual beli terjadi dan dilaksanakan di sebuah negara dimana produk yang diminati dihasilkan.

Pasar Internasional

Pasar internasional tawar-menawar pada pasar ini dapat terjadi di satu negara dimana produk itu dihasilkan atau dapat terjadi jual beli di negara lainnya dimana produk itu dipasarkan.

Klasifikasi Pasar Menurut Wujudnya

Pasar Konkret

Pasar konkret merupakan pasar dimana penjual dan pembelinya bertemu secara langsung. contohnya merupakan toko-toko, atau kios-kios yang ada.

Pasar Abstrak

Pasar abstrak merupakan pasar yang tak memiliki format. pasar ini biasanya terjadi via internet, brosur, atau telepon.

Klasifikasi Pasar Menurut Barang yang Diperjual-Belikan

Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi, pasar ini merupakan pasar yang pada biasanya memperjualbelikan barang-barang yang berkaitan dengan keperluan rumah tangga. misalnya sembako, sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian dan lain sebagainya.

Pasar Barang Produksi

Pasar barang produksi merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang produksi. pada pasar ini juga diperjualbelikan sumber kekuatan produksi. Barang-barang yang dijual pada pasar ini seperti mesin, pasar uang, pasar energi kerja dan yang lainnya.

Klasifikasi Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan

Pasar Harian

Pasar harian merupakan pasar yang pengerjaan transaksinya terjadi setiap hari, biasanya pada suatu desa atau kota.

Pasar Mingguan

Pasar mingguan merupakan pasar yang kesibukan jual beli barangnya cuma terjadi satu kali dalam seminggu. Misalnya pasar pagi yang diadakan pada hari Minggu saat car free day.

Pasar Bulanan

Pasar bulanan merupakan pasar yang aktivitasnya terjadi cuma pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya pasar hewan.

Pasar Tahunan

Pasar tahunan merupakan pasar yang pengerjaan kegiatannya cuma dapat terjadi satu kali dalam satu tahun. Misalnya merupakan Pekan Raya Jakarta.

Pasar Temporer

Pasar temporer yakni pasar yang diselenggarakan oleh sebuah instansi atau organisasi pada sebuah acara tertentu. Pasar ini biasanya diadakan pada event-event tertentu saja.

Klasifikasi Pasar Menurut Strukturnya

Jikalau dilihat dari strukturnya pasar dapat diklasifikasikan dan dibagi menjadi sebagian format pasar.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar dimana penjual dan pembeli sama-sama sudah mengenal situasi dari sebuah pasar. Barang-barang yang diperjual-belikan di pasar ini cuma sejenis saja atau bersifat homogen. Penjual dan pembeli di pasar ini tak bebas menentukan harga karena sudah ditentukan oleh mekanisme pasar itu sendiri.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tak sempurna merupakan pasar dimana antara penjual dan pembelinya sangatlah bebas untuk menentukan jumlah dan harga dari produk yang dijual. Kecuali itu ragam dan sifat dari produk yang diperjualbelikan bersifat lebih dari satu ragam atau heterogen.

Pasar persaingan tak sempurna sendiri dapat dibedakan dan dibentuk menjadi tiga kelompok pasar merupakan.

Pasar monopoli dan pasar monopsoni

Pada pasar monopoli cuma terdapat satu penjual untuk satu ragam produk. Meskipun, pasar monopsoni merupakan pasar yang dikendalikan oleh satu pembeli untuk satu ragam produk yang bersifat mendunia.

Pasar persaingan monopolistik

Pasar ini merupakan pasar yang di dalamnya terdapat banyak sekali penjual dan pembeli. Penjual bebas menjalankan monopoli atas keunggulan dari produk-produk yang ditawarkan, dan pembeli benar-benar diberi kebebasan untuk menentukan produk-produk yang ingin mereka beli.

Pasar oligopoli dan pasar oligopsoni

Pasar oligopoli merupakan pasar yang di dalamnya cuma terdapat sebagian penjual saja. Jumlah penjual yang ada di dalam pasar ini tak terlalu banyak. Hal ini menyebabkan dampak dari penjual sangatlah kecil.

Kebalikan dari pasar oligopoli, pada pasar oligopsoni cuma terdapat sebagian pembeli saja. Pada pasar ini dampak dari penjual cukup besar.

Tentunya berjenis-jenis format pasar sangatlah mempengaruhi kesibukan dan kesibukan yang terjadi baik antara penjual dan pembeli. Pasar sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pasar juga memiliki banyak manfaat bagi setiap orang yang benar-benar mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Manfaat yang dapat dinikmati dari pasar merupakan memudahkan dalam mencari barang konsumsi, merasakan manfaat dari barang atau produk yang dibeli, memberikan kesempatan untuk berinvestasi, serta dapat menambah lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran (Marketing)?

Sesudah mengenal penjelasan mengenai pasar, maka perlu diketahui pula seputar pemasaran. Begitu yang sudah diterangkan bahwa pemasaran merupakan kesibukan menyeluruh seputar perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Pemasaran menjadi komponen yang benar-benar penting dalam sebuah pasar. Keduanya benar-benar berhubungan erat.

Sejarah pemasaran sudah terjadi pada masa peradaban Yunani dan Romawi Kuno, serta pada negara-negara lainnya. Tapi, pemasaran modern yang dikenal hingga sekarang terjadi pada revolusi industri atau lebih tepatnya ada abad ke-18 hingga abad ke-19. Pemasaran modern muncul dengan ditandainya perubahan-perubahan sosial pada masyarakat dikarenakan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Pemasaran modern muncul seiring dengan dibangunnya industri-industri yang menghasilkan barang konsumsi secara besar-besaran. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh moda transportasi dan datangnya media massa yang menyebabkan produsen untuk dapat menemukan sebuah metode mengelola distribusi dari sebuah produk.

Dikala revolusi industri, produk-produk barang konsumsi masih terbilang cukup langka, sehingga produsen dapat dengan leluasa memasarkan produknya terhadap tiap-tiap konsumen, selama konsumen tersebut cakap membelinya. Sebab elemen itulah, industri pada jaman itu berpusat pada pengembangan produksi dan pendistribusian dengan menekan biaya seminimal mungkin.

Hal ini juga benar-benar mempengaruhi pada ilmu pemasaran yang berpusat pada efisiensi biaya distribusinya sendiri. Dari awal abad 20 hingga pada masa akhir perang dunia kedua, persaingan dari bisnis benar-benar meningkat dan tujuan utama dari ilmu pemasaran mulai beralih produksi ke pemasaran secara langsung. Komunikasi, merek, hingga iklan menjadi komponen penting bagi perusahaan dalam memasarkan produk mereka.

Sebagian ahli juga memiliki pandangan dan pendapat tersendiri mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran, sebagai berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Philip Kotler

Menurut philip kotler pemasaran merupakan sebuah kesibukan sosial yang dilaksanakan individu atau orang lain untuk mendapatkan tujuan mereka via metode membuat dan memasarkan sebuah produk, serta menukarnya dengan nilai tertentu terhadap pihak-pihak yang lain.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut John Westwood

Menurut John Westwood, pemasaran merupakan usaha yang terpadu untuk memenuhi keperluan konsumen, serta memberi profit terhadap sebuah perusahaan yang membuat produk.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Tung Desem Waringin

Menurut Waringin, pemasaran merupakan sebuah media yang diterapkan untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah dari sebuah produk yang lebih tinggi lagi.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Jay Abraham

Menurut Jay Abraham, apa yang dimaksud dengan pemasaran merupakan sebuah tempat yang dapat diterapkan untuk menempuh sebuah kesuksesan dengan metode memberikan pelayanan yang terbaik terhadap setiap konsumennya.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut William J. Stanton

Menurut William, pemasaran merupakan sebuah metode dari usaha atau kesibukan bisnis dan ditujukan untuk merancang, dan menentukan harga dari sebuah produk barang atau jasa kemudian menjalankan promosi, distribusi dan memberikan kepuasan terhadap konsumen.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hair dan Mc. Daniel

Menurut Hair dan Mc. Daniel, pemasaran sendiri merupakan kesibukan perencanaan dalam mengelola sebuah produk barang atau jasa, penetapan dari harga produk tersebut, perancangan promosi dan pendistribusian barang, demi memuaskan konsumen dan agar dapat tercapai tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hani dan Basu

Menurut Hani dan Basu, pemasaran merupakan suatu kesibukan yang membuat perencanaan barang dan jasa hingga sampai pada promosi dan distribusi dari sebuah produk. Dimana nantinya hasil dari semuanya memiliki tujuan untuk memenuhi keperluan konsumen, serta demi mendapatkan profit bagi sebuah perusahaan.

Dalam pemasaran (marketing), terdapat kesibukan dan pengerjaan dari marketing yang harus diketahui dan dipelajari terutama dulu. Hal ini menjadi benar-benar penting, agar dalam memasarkan produk, sebuah perusahaan dapat meminimalisir kemungkinan mendapatkan kerugian dari produk barang dan jasa yang dijual.

Kesibukan dan Pelaksanaan Pemasaran (Marketing)

Menjalankan survei pasar

Hal mendasar yang harus dilaksanakan dalam pengerjaan pemasaran merupakan menjalankan survei. Survei dilaksanakan untuk membaca kondisi serta kemungkinan apa saja yang dapat dilaksanakan untuk dapat mengembangkan produk. Survei dapat dilaksanakan dengan memberikan kuisioner atau dengan mengambil data statistik.

Mempromosikan iklan

Jikalau produk yang dihasilkan dirasa sudah memenuhi standar dan dapat membuat konsumen berminat untuk membeli, maka selanjutnya merupakan menjalankan promosi iklan. Hal ini bertujuan untuk kian menarik atensi konsumen untuk dapat menggunakan produk yang sebuah perusahaan tawarkan. Promosi iklan produk dapat dilaksanakan via radio, koran, televisi maupun media yang lainnya.

Memastikan hasil yang dapat didapatkan

Langkah terakhir yang dilaksanakan sebelum memasarkan produk merupakan memastikan semua kesibukan marketing dapat ambil kontribusi untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.  Ada baiknya untuk dapat menghitung laba rugi dari kesibukan pemasaran (marketing) yang dilaksanakan.

Sesudah diketahui langkah awal yang perlu dilaksanakan sebelum menjalankan pemasaran, langkah berikutnya merupakan menentukan teknik pemasaran (marketing). Teknik dalam menjalankan pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi sebagian kelompok berikut ini.

Teknik-Teknik dalam Pemasaran

Content Marketing

Teknik ini merupakan teknik marketing yang dilaksanakan dengan metode mendistribusikan tulisan atau video terhadap konsumen, agar konsumen melihat dan beratensi dengan keunggulan produk barang dan jasa yang ditawarkan pembeli.

Influencer Marketing

Teknik pemasaran ini merupakan teknik pemasaran via orang yang memiliki dampak besar terhadap orang lain. Umumnya teknik ini dilaksanakan dengan metode memberikan sebuah pernyataan atau testimoni, bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang benar-benar bagus.

Marketing Automation

Teknik ini merupakan teknik yang memungkinkan pemasar atau marketers untuk mempersingkat dan mengefesiensikan pekerjaan mereka yang dilaksanakan dengan bantuan media atau alat yang lebih mudah diterapkan seperti software marketing.

Omni Channel

Teknik ini dilaksanakan dengan metode pendekatan terhadap konsumen atau pelanggan via saluran penjualan, yang memungkinkan pembelinya agar dapat lebih mudah membeli barang pilihannya. Umumnya, metode ini dilaksanakan dengan metode mengaitkan ke saluran televisi, radio, brosur atau katalog dan pesan via internet.

Kecuali teknik pemasaran, diperlukan juga strategi pemasaran. Ini merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan pemasaran (marketing). Taktik pemasaran sendiri diartikan sebagai usaha yang dilaksanakan sebuah perusahaan dalam tujuan perusahaan untuk memasarkan produk dalam batas dan jumlah yang tertentu.

Dalam strategi pemasaran, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran dan dapat dibedakan menjadi tiga merupakan; produksi, kemasan, dan konsumsi.

Supaya pemasaran kian maju dan berkembang, diperlukan sebuah strategi atau yang dikenal dengan strategi pemasaran. Taktik pemasaran dapat diartikan sebagai logika pemasaran yang benar-benar disarankan untuk menempuh target pemasarannya.

Taktik pemasaran yakni alat yang benar-benar fundamental, yang dirancang untuk menempuh tujuan dari perusahaan dengan mengembangkan sebuah produk barang dan jasa, dan menguasai pasar tersebut.

Roda pemasaran tentu tak akan berjalan tanpa adanya seorang pemasar atau marketeers. Supaya produk yang dihasilkan dapat dipasarkan, diperlukan energi pemasar dengan kemampuan yang bagus dan cocok untuk dapat memasarkan produk barang atau jasa dari suatu perusahaan.

Tugas Seorang Pemasar

Berikut ini merupakan tugas-tugas seorang pemasar yang perlu diketahui diantaranya merupakan sebagai berikut ini.

Aktif mencari target

Seorang energi pemasar harus selalu aktif mencari peluang yang diperlukan, mengunjungi lokasi-lokasi yang dirasa sesuai untuk dapat memasarkan produk.

Merekap data hasil penjualan

Hasil penjualan harus tersusun rapi, dan juga detail. hal ini agar dapat memudahkan pihak lain, baik itu pihak perusahaan maupun pihak konsumen untuk mengenal ragam serta harga dari produk yang dijual.

Menjamin kepuasan pelanggan

Kepuasan dari pelanggan akan terwujud sekiranya, produk yang dibeli sesuai dengan produk yang ditawarkan seorang energi pemasar.

Mencari mitra kerja

Membangun kerjasama dengan pihak lain, menjadi tugas seorang energi pemasar. Degan membangun sebuah kerja sama, maka dapat dipastikan bahwa produk yang dijual dapat lebih mudah untuk ditawarkan terhadap konsumen.

Menyusun strategi lanjutan

Taktik lanjutan diperlukan sekiranya strategi yang diberikan dari perusahaan kurang membuahkan hasil. Taktik lanjutan merupakan hasil perkembangan atau modifikasi dari strategi sebelumnya.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan pemasaran, secara biasa dan menurut ahli serta strategi apa saja yang diperlukan dalam pemasaran. Hal yang terpenting merupakan bagaimana metode energi pemasar menjalankan penjualan agar produk yang dihasilkan dapat berguna bagi konsumen.