Pengertian Marketing Mix, Tujuan, dan Konsep Bauran Pemasaran

Sejauh ini mungkin belum banyak yang mengenal bahwa marketing memiliki sebagian variasi, salah satunya yakni marketing mix atau bauran pemasaran. Apa itu? Apakah Anda masih merasa asing dengan bauran pemasaran. Sebagaimana dengan namanya, bauran pemasaran yakni suatu strategi pemasaran yang dibuat dengan sistem menggabungkan sebagian faktor untuk mengerjakan pemasaran yang lebih terpadu.

Umumnya, marketing variasi ini memang sering kali dijalankan oleh para perusahaan besar, terlebih perusahaan yang memiliki target penjualan dengan jumlah yang besar. Pasalnya, untuk menempuh kecakapan bisnis yang berhasil, memiliki produk yang unggul dan berkualitas belumlah cukup untuk melampaui target penjualan.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi khusus, seperti mengerjakan marketing mix ini. Penggunaan strategi pemasaran yang ini bukan cuma dapat dijalankan oleh perusahaan besar Anda, karena sebagai pebisnis pemula, Anda pun juga dapat menerapkannya untuk mengerjakan usaha Anda dikala ini.

Pengertian Marketing Mix

marketing mix

Sebelumnya sudah sedikit disinggung bahwa Mix Marketing atau bauran pemasaran yakni sebuah kombinasi pemasaran yang terdiri dari variabel kesibukan yang menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit yang sudah ditargetkan dan profit yang sudah tersusun dari strategi produk, harga, kesibukan promosi hingga tempat berlangsung dan berjalannya cara kerja pemasaran.

Via penerapan strategi pemasaran yang matang, tentu akan memberikan imbas baik terhadap hasil akhir dan kesuksesan bisnis Anda. Pasalnya, setinggi apapun kualitas produk dan jasa yang ditawarkan, akan sia-sia jika Anda gagal dalam menentukan serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Konsep Marketing Mix

marketing

Sekiranya membahas perihal ranah marketing, maka Anda perlu mengenal bahwa terdapat konsep lazim yang seharusnya diketahui oleh setiap pebisnis. Konsep tersebut, yakni marketing 4P. Ialah, konsep marketing yang berpusat dalam empat hal, diantaranya: Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Empat hal tersebut seharusnya menjadikan konsentrasi sekalian sebagai bahan pertimbangan utama dalam menyusun bagaimana Anda dalam menyusun strategi pemasaran.

Akan tetapi, dengan adanya perkembangan pasar yang sungguh-sungguh dinamis dikala ini, menyebabkan pemakaian konsep 4P tersebut menjadi kurang efektif, sehingga perlu rasanya untuk menambahkan poin lain dalam membuat strategi pemasaran, yaitu dengan menggunakan marketing mix atau yang paling sering kali disebut dengan marketing 7P. Konsep marketing 7P tersusun dengan menambahkan 3 poin lagi pada konsep 4P yang sudah ada sebelumnya, yaitu dengan menambahkan Process (cara kerja), People (orang) dan Physical Evidence (bukti fisik). Agar menjadi lebih jelas, berikut ini akan dibahas mengenai penerapan marketing 7P secara lebih detail.

Aspek Produk (Product)

Yang dimaksudkan dengan aspek produk, tentu yakni hal yang Anda jual, yaitu meliputi barang ataupun jasa. Aspek produk inilah yang akan dipakai untuk memenuhi setiap keperluan dan keinginan konsumen, sehingga Anda seharusnya mengoptimalkan kualitasnya, agar para pelanggan merasa puas dengan apa yang Anda jual.

Aspek Harga (Price)

Harga yakni uang yang seharusnya diberikan / dibayarkan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang Anda jual. Harga juga salah satu aspek yang sungguh-sungguh penting, karena pada lazimnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengingat sifatnya yang sungguh-sungguh fleksibel, sebaiknya Anda seharusnya selalu mengikuti dinamika pasar agar cakap menetapkan harga pada level yang tepat.

Aspek Tempat (Place)

Tempat usaha yakni lokasi dimana Anda akan melakukan cara kerja jual-beli. Bagi para pelaku usaha konvensional aspek ini memang sungguh-sungguh penting. Sebab, Anda seharusnya mengamati apakah lokasi tersebut cukup strategis ataupun tak.

Pemilihan tempat yang strategis tentunya dapat memudahkan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja. Melainkan, dengan kian maraknya bisnis online seperti sekarang ini, membuat pengertian aspek tempat (place) dapat disesuaikan dengan media online yang dipakai.

Aspek Promosi (Promotion)

Promosi yakni kesibukan bisnis dengan memiliki tujuan agar konsumen dapat lebih mengenal dan beratensi dengan produk yang Anda tawarkan. Dalam kesibukan ini, Anda seharusnya cakap mengubah persepsi konsumen menjadi positif terhadap bisnis yang Anda jalankan.Untuk melakukannya ada banyak sekali teknik promosi yang dapat dipilih, baik secara manual (face to face) hingga melakukan promosi secara online.

Aspek Cara kerja (Process)

Dalam berbisnis, cara kerja dapat diartikan sebagai langkah-langkah atau tindakan yang dijalankan antara penjual dan konsumen. Di dalamnya meliputi pelayanan dan cara kerja transaksi. Berikan pengalaman pelayanan yang memuaskan, aman dan nyaman bagi para konsumen melewati pelbagai teknik agar mereka pun merasa puas secara maksimal.

Aspek Orang (People)

Yang termasuk dalam aspek ini bukan cuma konsumen, tetapi juga untuk segala SDM yang terlibat termasuk pekerja atau tim bisnis Anda. Hal ini sungguh-sungguh penting diperhatikan, mengingat bahwa segala orang memiliki kecenderungan yang berbeda dalam dunia bisnis. Memberikan perhatian yang baik pada orang yang terlibat dalam bisnis atau usaha Anda, yakni langkah awal yang sungguh-sungguh baik untuk meminta mereka dalam bergabung dan berprofesi sama dengan sepenuh hati.

Aspek Bukti Fisik (Physical Evidence)

Physical evidence yakni segala yang berbentuk peralatan atau perangkat yang dipakai sebagai pendukung berjalannya bisnis Anda. Terutamanya untuk bisnis dalam skala besar, karena kian besar bisnis Anda, tentunya akan memerlukan kian banyak peralatan dengan kemampuan yang kian rumit.

Seluruh aspek dalam konsep Marketing 7P sangatlah penting dan saling berkaitan satu sama lainnya. Untuk itu, Anda seharusnya menjalankannya secara beriringan dan seharusnya dijalankan secara proporsional.

Fungsi Marketing Mix

marketing

Berikut ini sebagian fungsi mix marketing (bauran marketing) pada perusahaan yang seharusnya diketahui. Adapun diantaranya sebagai berikut ini.

Fungsi pertukaran

Dengan marketing, para konsumen dapat membeli produk atau jasa yang berasal dari pihak produsen, baik itu dengan melakukan pertukaran uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi.

Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik pada produk umumnya dijalankan dengan sistem mengangkut dan menyimpan produk dalam kurun waktu tertentu. Produk-produk yang yakni berasal dari produsen akan memenuhi keperluan para konsumen lalu akan disalurkan melewati pengiriman dari jalur darat, air maupun udara.

Kemudian, cara kerja penyimpanan produk tersebut dijalankan dengan mengendapkan dan menjaga pasokan atau stok produk. Tujuannya agar tak terjadi kekurangan pada dikala diperlukan, sehingga dapat selalu memenuhi permintaan pasar.

Fungsi perantara

Marketing ini yakni media perantara yang juga dapat dipakai untuk memberi tahu produk dari produsen terhadap setiap konsumen. Dimana mereka dihubungkan melewati kesibukan pertukaran dengan distribusi fisik. Dimana pada kesibukan fungsi perantara ini seperti cara kerja pembiayaan, cara kerja pencarian kabar, cara kerja pengelompokan produk, dan lain sebagainya.

Contoh Marketing Mix

marketing

Dari penjabaran perihal bauran pemasaran ini, apakah Anda sudah dapat memahami seperti apa sistem penerapannya? Kalau belum, maka saya akan memberikan contoh sederhana, agar Anda mudah dalam memahaminya.

Contoh penerapan bauran pemasaran yakni sebagai berikut.

Semisalnya, sekiranya dikala ini Anda memasarkan produk skincare berskala besar, maka untuk dapat meningkatkan omset penghasilan Anda dapat menerapkan konsep marketing 7 P seperti yang diterangkan di atas. Ialah, selain memasarkan /memasarkan skincare secara offline, Anda pun dapat memasarkannya secara offline. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda dapat menggunakan produk skincare tersebut sebagai bukti testimoni secara nyata. Kemudian, sesekali lakukan promosi melalui event, diskon potongan harga, diskon gratis produk dan yang lainnya untuk menarik atensi pembeli.

Intinya, pengerjaan marketing mix yakni menerapkan sebagian strategi marketing untuk dikombinasikan dan dijalankan menjadi satu. Sebab, dari sebagian kombinasi strategi marketing tersebut, tentu berpeluang untuk meningkatkan penjualan dengan skala yang lebih besar.