Pengertian Kualitas Produk, Manfaat, dan Pengaruhnya

Kualitas produk yaitu salah satu unsur penting dalam mengerjakan sebuah bisnis. Di mana kualitas produk menentukan tingkat kepuasan pelanggan dan masa depan usaha Anda.

Perkembangan bisnis yang bergerak secara dinamis menuntut tiap perusahaan untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang ditawarkan serta memperbaharui teknologi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas produk tersebut. Dalam tulisan ini akan membahas terkait pengertian kualitas produk, manfaat, dan akibat seperti apa yang akan didapatkan pada bisnis Anda.

Pengertian Kualitas Produk

pengertian-kualitas-produk

Kualitas Produk yaitu suatu situasi secara fisik, fungsi dan sifat dari sebuah produk entah itu ialah barang ataupun layanan yang didasarkan pada tingkat mutu cocok dengan durabilitas, reliabilitas, mudahnya pengoperasian, kesesuaian, reparasi dan atribut lainnya dengan tujuan memenuhi kepuasan serta keperluan pelanggan.

Menurut Prawirosentono (2002) diterangkan bahwa kualitas produk yaitu situasi suatu produk yang baik dengan tujuan untuk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan.

Ikhtisar yang dapat diambil mengenai penjelasan kualitas produk yaitu karakteristik suatu produk yang berkemampuan untuk memenuhi harapan serta ekspektasi dari pelanggan.

Dimensi Kualitas Produk

dimensi-kualitas-produk

Performance (Performa)

Karakteristik kesibukan utama dari produk inti dan dapat diartikan sebagai tampilan sebuah produk yang sesungguhnya. Performance ialah gambaran bagaimana produk tersebut disajikan dan ditampilkan terhadap pelanggan. Tingkat pengukuran performance mengacu pada karakteristik dasar produk tersebut. Contoh dimensi performance dari makanan yaitu rasa.

Reliability (Keandalan)

Tingkat keandalan suatu produk maupun konsistensi produk tersebut dalam cara kerja operasional di mata pelanggan. Reliability terkait dengan kemampuan produk untuk menarik minat pelanggan dan mendapat kepercayaan pelanggan.

Features (Keistimewaan)

Karakter sekunder yang hadir sebagai pelengkap dan dapat dimaknai sebagai kelengkapan atribut-atribut yang ada pada sebuah produk. Pada waktu tertentu kemungkinan performance sebuah produk akan sama dengan pesaingnya namun yang membedakan yaitu fitur yang ada di dalamnya.

Conformance (Kesesuaian)

Karakteristik yang berkaitan dengan desain suatu produk dimana hasil yang didapat cocok dengan standar yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

Durability (Kekuatan Tahan)

Suatu karakteristik yang berhubungan dengan berapa lama ketahanan sebuah produk. Untuk produk jenis makanan dan minuman biasanya didefinisikan ke dalam tanggal kadarluasa sebuah produk.

Kemampuan Melayani

Kecepatan, kompetensi, serta kenyamanan yang mampu diberikan sebuah perusahaan terhadap pelanggan terkait penanganan bila ada keluhan terhadap produk yang dimiliki suatu perusahaan

Estetika

Keindahan sebuah produk yang berkaitan dengan panca indera di mana produk tersebut dapat mempresentasikan suatu keindahan yang terkait dengan rasa, warna, desain, aroma dan lain sebagainya.

Persepsi Kualitas

Persepsi atau pendapat dari pelanggan terkait dengan keunggulan yang dimiliki keseluruhan produk.

Manfaat Kualitas Produk

manfaat-kualitas-produk

Manfaat yang didapatkan dengan membuat kualitas produk yang baik merupakan :

Meningkatkan Pangsa Pasar

Sasaran dari pemasaran akan meningkat seiring dengan banyaknya pelanggan yang percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

Meminimalisir Tarif

Dalam pembuatan produk yang berupa layanan ataupun barang akan lebih mengurangi biaya dengan adanya customer satisfaction adalah kemampuan perusahaan untuk berorientasi pada jenis, ragam, waktu, dan jumlah produk yang cocok dengan keinginan pelanggan.

Memberikan Akibat Internasional

Kian banyaknya pelanggan yang Anda dapatkan, produk yang Anda miliki tentu saja akan kian familiar tak cuma di pasar lokal saja namun produk Anda akan dilirik di pasar internasional

Meningkatkan Reputasi Perusahaan Anda

Perusahaan yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas baik tentunya akan mendapat predikat perusahaan yang mengutamakan kualitas di mata konsumen dan hal ini tentu saja akan menaikan citra perusahaan.

Indikator Yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Ada sebagian unsur yang mempengaruhi suatu kualitas produk, di antaranya :

Human

SDM (Sumber Kekuatan Manusia) ialah faktor terpenting yang memungkinkan berlangsungnya cara kerja penambahan nilai, hal ini didapatkan tentunya dari hasil pemikiran dan ide serta kekuatan dari manusia.

Sistem

Prosedur kerja atau SOP di mana tiap orang diwajibkan untuk menjalankan cocok dengan aturan yang sudah disepakati.

Mesin

Peralatan yang diterapkan dalam cara kerja produksi yang menyokong penambahan nilai suatu produk.

Bahan Baku

Bahan utama yang akan diproses sehingga menghasilkan suatu produk yang sudah ditentukan.

Lingkungan

Tempat atau lokasi di mana cara kerja produksi dikerjakan sehingga sangat mempengaruhi hasil dan energi kerja cara kerja produksi.

Imbas Kualitas Produk

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan atau satisfaction berasal dari bahasa latin adalah “satin” yang bermakna cukup baik, memadai dan “facio” yang berarti melaksanakan. Kepuasan dapat didefinisikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu hal.

Kepuasan yaitu tingkat perasaan seseorang terkhusus pelanggan setelah mendapat hasil yang dirasakannya dari perbandingan energi kerja dan harapannya. Kepuasan dapat berupa perasaan senang maupun perasaan kecewa yang muncul terhadap produk yang dipikirkan terhadap energi kerja atau hasil yang diharapkan.

Terkait dengan rasa kepuasan atau kekecewaan yang didapatkan pelanggan ialah suatu respon yang dinikmati setelah cara kerja pembelian.

Indikator kepuasan pelanggan antara lain:

  1. Pilihan untuk suatu penyedia layanan yaitu satu hal yang baik
  2. Mengerjakan hal yang iya dengan berlangganan pada perusahaan penyedia produk
  3. Layanan yang diberikan memuaskan

Pengukuran kepuasan pelanggan perlu dijalankan perusahaan untuk memperoleh kabar terkait energi kerja perusahaan menurut sudut pandang konsumen, berikut metodenya :

  1. Cara keluhan dan saran
  2. Ghost shopper
  3. Lost costumer analys
  4. Survey kepuasan pelanggan

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan yaitu sebuah komitmen pelanggan terhadap suatu merk, berdasarkan sikap positif yang tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten.

Loyalitas pelanggan terkait dengan respon yang diberikan pelanggan untuk terus berkomitmen melaksanakan pembelian berkelanjutan.

Loyalitas berkembang berdasarkan tahap berikut ini :

Loyalitas Kognitif

Pelanggan yang memiliki loyalitas ini didasarkan pada basis kabar yang memaksa menunjuk pada satu merk. Loyalitas ini didasarkan pada aspek kesadaran

Loyalitas Afektif

Sikap yang didasarkan pada pengharapan di periode awal pembelian dan ialah fungsi dari sikap kepuasan di periode setelah penggunaan.

Loyalitas Tindakan

Komitmen pembelian ulang yang dijalankan secara teratur bukan karena keterpaksaan untuk membeli produk tersebut dikarenakan sebagai produk pengganti.

Dengan kualitas produk yang baik tentunya keinginan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan akan terpenuhi. Kalau mutu produk yang diterima lebih tinggi dari yang diharapkan maka kualitas produk tersebut akan dianggap memuaskan. Dengan adanya kepuasan pelanggan maka pelanggan akan selalu menggunakan produk Anda.