Pengertian Jaringan Komputer, Topologi, Fungsi, dan Jenisnya

Pernakah Anda memandang sebuah gedung perkantoran dimana di dalamnya terdapat banyak sekali perangkat komputer, printer, scanner, ataupun perangkat-perangkat lainnya yang terhubung satu sama lain? Tentunya untuk membuat perangkat-perangkat ini dapat berprofesi bersama-sama, maka diperlukan koneksi atau hubungan antara satu perangkat dengan perangkat yang lainnya, baik dengan menggunakan kabel atau bahkan tanpa kabel sekalipun.

Atau pernahkah Anda memandang sebuah Wi-Fi yang terpasang di suatu rumah atau gedung perkantoran? Mesin Wi-Fi memberikan akses ke internet secara bebas dengan menggunakan jaringan wireless sehingga dapat membuat seisi rumah dapat menikmati berjenis-jenis perangkat sekalian mengakses banyak hal menarik dan berguna lainnya.

Segala perangkat-perangkat ini terhubung satu sama lain, mempertukarkan data atau berita dengan menggunakan sistem-sistem tertentu hingga dapat menciptakan sebuah jaringan yang acap kali disebut dengan jaringan komputer.

Lalu, apakah arti sesungguhnya dari jaringan komputer? Simak berita berikut ini yang dimulai dengan pengertian dari jaringan komputer dan selanjutnya akan diikuti dengan topologi dan ragam dari jaringan komputer.

Jaringan Komputer Yaitu?

Jaringan Komputer Adalah?

Jaringan komputer ialah hubungan antara dua perangkat atau lebih, yang terhubung secara fisik dan logika sehingga dapat saling bertukar data atau berita serta berbagi resource yang dimiliki oleh masing-masing perangkat. Atau secara sederhana jaringan komputer ialah sebagian komputer yang terhubung satu sama lain melewati suatu media sehingga dapat langsung berkomunikasi melewati data atau berita yang dipertukarkan.

Sejarah jaringan komputer ialah suatu hal yang sungguh-sungguh kompleks, dimulai dari konsepnya yang digagas oleh proyek pengembangan sebuah komputer yang dinamakan MODEL I sekalian grup riset dari Harvard University. Dipimpin oleh seorang professor bernama Howard Aiken pada tahun 1940. Permulaan mula dari gagasan ini ialah untuk memanfaatkan sebuah komputer dengan tujuan untuk diterapkan bersama, tetapi dapat melakukan sebagian progres dengan memanfaatkan waktu yang cepat agar lebih efisien.

Topologi Jaringan Komputer Yaitu?

Topologi Jaringan Komputer

Adapun terdapat sebagian ragam topologi yang secara umum dapat Anda gunakan. Berikut ini ialah pemaparan untuk masing-masing topologi.

Topologi Bus atau Backbone

Topologi Bus atau topologi Backbone ini dalam jaringan komputer ialah sistem yang diterapkan untuk mengaitkan perangkat komputer dengan menggunakan suatu kabel pusat atau kabel coaxial dimana semua workstation dan server dihubungkan dengan kabel tersebut.

Kelebihannya ialah untuk tiap-tiap penambahan workstation dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa patut mengganggu workstation yang lain. Tapi, kelemahannya ialah kalau terjadi gangguan pada kabel pusat maka semua jaringan pun juga akan mengalami gangguan.

Topologi Ring

Sesuai dengan nama dari topologi ini, Anda pasti dapat langsung menerka bahwa semua workstation sekalian server dalam metode topologi ini dihubungkan satu sama lain dengan membentuk pola lingkaran atau cincin. Isu-informasi yang dipertukarkan dalam jaringan komputer ini akan diterima atau dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain.

Keunggulan dari metode topologi ini ialah tak mudah terjadi tabrakan dalam hal pengiriman data seperti yang umum terjadi dalam topologi Bus. Sementara kelemahannya ialah tiap-tiap berita yang berputar dalam jaringan ini akan terus dikelola oleh tiap-tiap node, sehingga kalau Anda menemukan gangguan dalam suatu node tentunya semua jaringan pun akan mengalami hal yang sama.

Topologi Star

Pada topologi ini, tiap-tiap workstation dikoneksikan secara langsung ke sebuah server atau hub. Keunggulan dari ragam topologi ini ialah tiap-tiap workstation memiliki kabel tersendiri yang dihubungkan ke sebuah server, hal ini membuat bandwith dalam kabel ini akan kian besar sehingga dapat menambah kinerja jaringan secara keseluruhan.

Kalau terdapat gangguan di suatu kabel jaringan, tak akan mempengaruhi kinerja jaringan secara keseluruhan, melainkan cuma pada workstation yang terhubung dengan jalur kabel yang mengalami gangguan. Kelemahannya ialah keperluan kabel untuk ragam topologi ini lebih besar kalau dibandingkan dengan ragam topologi lainnya.

Topologi Tree

Yang patut Anda kuasai terkait topologi ini ialah topologi ini ialah gabungan dari topologi star dengan topologi bus.

Topologi Mesh

Bisa dikatakan topologi ini ialah ragam topologi yang menggambarkan jaringan internet yang memiliki multi-path ke berjenis-jenis lokasi sekalian. Keadaan yang diterapkan untuk topologi ini ialah dikala tak ada hubungan komunikasi yang terputus secara absolut di antara workstation suatu jaringan.

Kesimpulannya, metode topologi ialah metode yang sungguh-sungguh penting yang patut Anda kuasai untuk dapat menciptakan sebuah jaringan komputer. Berikutnya, apa Anda siap untuk memahami apa saja macam-macam jaringan komputer?

Variasi-Variasi Jaringan Komputer Yaitu?

imagenew

Anda pasti pernah mendengar istilah seperti Local Area Network (LAN). LAN termasuk dalam salah satu ragam jaringan komputer. Tapi tentu saja ada ragam jaringan komputer lain yang sepatutnya untuk Anda kuasai juga. Berikut ini akan dibahas macam-macam jaringan komputer yang tentunya akan sungguh-sungguh menarik untuk disimak.

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) diterapkan untuk mengaitkan sebagian perangkat jaringan dalam jarak yang relative berdekatan satu sama lain atau pendek. Sebagai contoh, sebuah area gedung perkantoran, sekolah, rumah, pada lazimnya menggunakan satu LAN.

Tapi terkadang dalam suatu area gedung perkantoran dapat terdiri dari sebagian LAN berukuran kecil, bahkan dapat menjangkau sebagian gedung di dekatnya. Tapi juga ada LAN yang menggunakan jaringan wireless melewati sebuah Wi-Fi sehingga dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).

Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan komputer ragam ini mengaitkan dua atau sebagian jaringan LAN dan masih dalam kota yang sama. Kalau dua buah LAN tak dapat diterapkan untuk menciptakan sebuah jaringan, maka sudah pasti Anda patut menggunakan jaringan MAN. Jaringan ini menggunakan perangkat khusus dan juga kabel-kabel yang berfungsi untuk mengaitkan dua LAN atau sebagian LAN sekalian.

Wide Area Network (WAN)

Kumpulan LAN yang tersebar secara geografis dapat disebut sebagai Wide Area Network (WAN). Terdapat perangkat jaringan atau router yang mengaitkan LAN ke WAN. Mayoritas WAN tak berada di bawah sebuah organisasi, tetapi berada di bawah sebuah kepemilikan dan dikelola secara kolektif atau terdistribusi. Sebab itulah LAN disebarkan secara geografis.

Teknologi yang pantas untuk ragam jaringan komputer ini ialah teknologi khusus untuk ATM yang sudah pasti Anda kuasai terdistribusi dimana pun di sekitar Anda atau lokasi lain.

Pearson Area Network (PAN)

Jaringan komputer ini diterapkan untuk area yang lebih kecil seperti jaringan rumah atau perkantoran. Diterapkan cuma untuk dapat berbagi resources seperti untuk penggunaan printer atau internet.

Campus Area Network (CAN)

Variasi jaringan komputer ini mirip dengan Metropolitan Area Network (MAN), namun terbatas untuk area akademi atau universitas. Umumnya diterapkan untuk persiapan dalam hal kesibukan pengajaran seperti praktik lab, ujian, pemberitahuan dan sebagainya.

Manfaat Jaringan Komputer Yaitu?

Manfaat Jaringan Komputer

Pengembangan dari jaringan komputer ini hingga dikala ini memberikan manfaat yang sungguh-sungguh bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja manfaat dari adanya penemuan kreatif dan pengembangan jaringan komputer? Berikut ini manfaat dari jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari.

Resource Sharing

Jaringan komputer ialah sesuatu yang berguna untuk Anda sebagai pengguna komputer dan perangkat-perangkat lainnya, sebab dengan menggunakan jaringan komputer Anda dapat melakukan kesibukan berguna tanpa terkendala jarak dan waktu. Atau dapat disebut juga dengan resource sharing atau berbagi resource. Lalu apa saja kategori dari berjenis-jenis resource ini?

Salah satunya ialah internet access sharing. Dengan menggunakan jaringan komputer, sebagian komputer sekalian dapat langsung menggunakan koneksi internet yang sama. Dalam hal ini diperlukan sebuah router yang dapat membagikan bandwith dengan mudah untuk tiap-tiap Anda sebagai pengguna komputer tersebut.

Koneksi dan Komunikasi

Anda pasti paham apa itu teknologi e-mail. Teknologi e-mail ialah contoh dari jaringan komputer yang dikenal dengan nama jaringan LAN. Dengan menggunakan jaringan LAN ini, Anda sebagai individu yang tergabung dalam suatu workgroup dapat melakukan komunikasi antar user.

Keamanan dan Pengelolaan Data

Jaringan komputer ialah hal yang sungguh-sungguh berguna dalam kehidupan bisnis, salah satunya ialah dalam hal manajemen data. Terdapat suatu istilah yang disebut shared server¸ merupakan tempat penyimpanan data-data penting milik perusahana secara terpusat. Sehingga dengan melakukan penyimpanan data secara terpusat, akan memberikan keamanan sekalian kemudahan.

Kemudahan yang dimaksud ini ialah kemudahan dalam mencari data, back-up data sekalian penerapan teknologi sekuritas atau keamanan untuk memastikan orang yang berwenang yang dapat menulis dan mengakses data-data penting milik perusahaan.

Peningkatan Kinerja Kerja

Dengan menggunakan jaringan komputer Anda dapat meningkatkan kinerja untuk sebagian aplikasi sekalian dengan sistem mengalokasikan tugas-tugas komputasi untuk sebagian komputer.

Entertainment

Di jaman yang serba canggih ini, tentunya Anda tak asing lagi dengan permainan game online atau menonton video melewati sebagian web sekalian. Dan jaringan komputer ialah hal yang menjadikan semua kesibukan menyenangkan ini menjadi mungkin dan tentunya akan kian berkembang pesat.

Disamping itu, dikarenakan jaringan komputer ialah koneksi antara satu perangkat komputer dengan komputer lainnya untuk mempertukarkan data atau berita, tentunya ada sistem yang diterapkan untuk mengaitkan komputer-komputer ini. Inilah yang disebut dengan topologi jaringan.

Semacam hal-hal menarik yang semestinya Anda kuasai terkait jaringan komputer, termasuk apa saja manfaat dari jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk konferensi video, berbelanja secara online atau bahkan cuma sekedar mendengarkan musik atau menonton video di Youtube.