Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Siapa sih yang tak kenal dengan internet? Pasalnya, memang hampir semua orang dari berjenis-ragam kalangan sudah mengenal dan dapat menggunakan internet dengan benar-benar baik. Padahal demikian, tak semua pengguna internet mengenal bagaimana seluk-beluk hingga sejarahnya. Sebelum dikenal dan banyak diterapkan seperti saat ini, perkembangan internet sudah lewat sejarah panjang.

Melainkan sebelum memulai untuk membahasnya, apakah Anda sudah memahami seputar pengertian internet?

Internet yakni singkatan dari “interconnection-network”, merupakan sebuah semua jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan TCP/IP untuk menjalankan pertukaran paket data dalam bentuk sinyal jaringan penghubung pada jangkauan yang lebih luas. Rasanya benar-benar ganjil, seandainya kita cuma mengenal penggunaan internet, tanpa mengenal seluk-beluk yang berhubungan dengan teknologi dan jaringan internet. Maka dari itu, di sini saya akan sampaikan ulasan mengenai teknologi internet secara lebih terperinci.

Pengertian Internet Yaitu

IMGAES333

Itu yang sudah diterangkan di awal, internet yakni jaringan komunikasi yang dihubungkan lewat suatu media elektronik dengan media lainnya. Standar teknologinya sudah didukung dan diaplikasikan secara global, merupakan lewat TCP/IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite). TCP/IP sendiri yaitu protokol pertukaran paket atau Switching Communication Protocol yang dapat diterapkan dan diakses oleh lebih miliaran pengguna di dunia.

Sejarah dan Perkembangan

IMAGES1

Sebelum dinikmati dan diakses oleh banyak orang seperti saat ini, perkembangan internet sudah lewat sejarah yang panjang. Supaya memahami seputar sejarah dan perkembangan internet, berikut saya sudah saya rangkum berita seputar sejarah dan perkembangannya.

Pada sekitar 1960-an, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency yang (ARPA) merintis suatu cara jaringan yang kala itu diberi nama ARPANET. ARPANET yaitu asal mula terbentuknya teknologi internet. Kemudian, pada tahun 1980-an, barulah internet (ARPANET) mulai diaplikasikan oleh kalangan tertentu, merupakan untuk mengaitkan berjenis-ragam kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai resmi dipublikasikan ke publik pada tahun 1982. Adanya pemakaian nama domain juga sudah mulai diterapkan pada empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984. Setelahnya, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dan fungsi dari ARPANET. Sebab kala itu kehadiran dari ARPANET dijadikan sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Lalu, sebagian jaringan internasional di banyak negara, pada alhasil mulai dihubungkan lewat jaringan NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian resmi diturunkan pada tahun 1990, karena penggunaannya dianggap kurang maksimal. Melainkan setelah itu hasil pengembangan internet saat itu mulai mengalami kemajuan terus-menerus hingga sekarang ini. Dahulu, berita yang dapat diakses lewat internet hanyalah berupa berita berbasis teks.

Melainkan pada tahun 1990 layanan yang diakses lewat internet mulai berkembang menjadi tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Laman). Kemudian dikembangkan lagi oleh CERN untuk menghasilkan layanan yang jauh lebih baik. Sekitar tahun 1993 mulai dibuat adanya InterNI dimana kehadirannya diterapkan untuk melayani pendaftaran nama domain dari publik. Dan sekitar tahun 1994, internet masuk ke negara kita Indonesia.

Manfaat Pemakaian Internet

IMages999

Keberadaan internet tentunya memiliki manfaat penggunaan tersendiri, merupakan selain dapat diterapkan untuk mengaitkan komunikasi global, internet juga dapat dijadikan sebagai media berita dan juga hiburan. Adapun manfaat lengkap dari penggunaan internet yakni sebagai berikut:

Sebagai Media Isu

Internet yakni sebuah teknologi digital yang juga dapat diterapkan sebagai media penyimpanan berjenis-ragam berita yang dapat ditelusuri oleh banyak pengguna dari semua dunia. Sebab, di internet sudah disediakan mesin pencarian yang memudahkan penggunanya dalam mencari dan menelusuri berjenis-ragam berita yang mereka butuhkan.

Sebagai Media Hiburan

Bukan cuma berperan sebagai media penyimpanan berita saja, karena internet juga dapat diterapkan sebagai media hiburan. Hal ini terbukti dengan kemunculan berjenis-ragam platform media sosial dengan kreasi yang inovatif, sehingga dapat menghibur para pengguna internet di dunia.

Sebagai Media Penunjang Pengajaran

Kecuali memiliki manfaat secara awam, internet yakni media yang baik sebagai sarana penunjang kesibukan pengajaran. Itu yang sudah di kenal bersama, bahwa internet yaitu tempat termudah untuk mendapatkan berjenis-ragam berita, baik berita dalam bentuk materi pengajaran, materi pembelajaran, materi pengetahuan awam dan lain sebagainya. Seluruh itu dapat diakses dengan mudah, karena internet juga dapat dijadikan sebagai media atau sarana belajar secara online.

Sebagai Sarana Pendukung Kesibukan Ekonomis

Manfaat berikutnya, internet dapat dijadikan sebagai sarana pendukung kesibukan ekonomis. Sebab, penggunaan internet dapat dijadikan sebagai media untuk menghasilkan uang, seperti dengan memasang iklan secara online, menjadi YouTuber, menjadi selebgram, menjadi pengelola web komersial, menjadi pengelola laman e-commerce dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi dengan adanya internet, memiliki manfaat dan pengaruh yang positif, khususnya untuk membantu dalam hal menghasilkan pendapatan. Tak cuma itu saja, kehadiran internet juga mendukung pengguna agar selalu berpikir kreatif, kritis dan inovatif, sehingga dapat membuat kemajuan teknologi menjadi kian berkembang pesat.

Fungsi Pemakaian Internet

imagenew

Sesudah mengenal manfaat internet, maka selanjutnya akan dibahas seputar fungsi internet. Salah satu fungsi internet yakni untuk membantu manusia agar menjadi lebih efektif dalam berprofesi. Adapun fungsi internet secara lebih lengkap, yakni sebagai berikut:

Memberikan Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Dengan kemudahan dalam berkomunikasi, dapat membuat manusia dapat menjalani kehidupan sosial yang lebih baik. Pasalnya, dengan adanya internet kita tak lagi merasa kesulitan saat hendak menghubungi teman, keluarga maupun kerabat yang berada di tempat yang jauh, sehingga komunikasi dapat selalu terjalin dengan baik.

Meningkatkan Relasi Kerjasama

Dengan terjalinnya komunikasi jarak jauh yang stabil, maka bukan menjadi suatu hal yang mustahil untuk meningkatkan relasi kerjasama dengan klien maupun mitra bisnis Anda. Sebab, internet dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh yang mampu meningkatkan hubungan kerja sama bisnis tanpa terkendala dengan jarak yang jauh.

Menyediakan Bermacam Fasilitas Terbaik

Kecuali difungsikan sebagai media sekalian sarana komunikasi dan berita, kehadiran internet juga difungsikan sebagai penyedia fasilitas terbaik. Hal ini diterangkan dengan adanya platform media sosial hingga platform sarana hiburan lainnya yang dapat diterapkan sebagai fasilitas terbaik yang dapat kita gunakan saat ini.

Tidak dipungkiri bahwa keberadaan internet yakni sebuah teknologi yang dapat memanjakan kita. Pasalnya dalam penggunanya, kita merasa dimudahkan dari berjenis-ragam aspek yang ada, mulai dari kemudahan dalam berkomunikasi, kemudahan dalam mengakses berjenis-ragam komunikasi, kemudahan dalam mendapatkan akses dan sarana hiburan.

Padahal demikian, internet juga masih memiliki sebagian kekurangan. Sebab, di internet berjenis-ragam konten berita disediakan secara bebas, dimana terdapat berita maupun media yang memiliki sarana positif maupun negatif. Dimana semua itu dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Untuk itu, kita konsisten harus menggunakan dan memanfaatkannya dengan bijaksana, khususnya seandainya hendak memberi tahu internet terhadap anak-anak di bawah umur.