Pengertian Distributor, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Sewaktu pelajaran ekonomi di bangku sekolah, Anda mungkin diajarkan mengenai tiga ragam aspek pemasaran. Tiga aspek tersebut terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Aspek produksi dikerjakan oleh produsen; distribusi dikerjakan oleh distributor; dan terakhir, aspek konsumsi dilakoni oleh konsumen. Mungkin Anda sudah terkenal dengan istilah produsen dan konsumen, akan tetapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan distributor?

Tulisan kali ini akan mengupas tuntas tentang seluk beluk dari distributor, mulai dari apa yang dimaksud dengan distributor, tugas distributor, ragam distributor, hingga kunci menjadi seorang distributor yang berhasil. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Distributor

distributor-1

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan distributor? Pengertian distributor dapat ditarik dari aktivitas distribusi itu sendiri. Aktivitas distribusi adalah memasarkan hasil produksi. Oleh karena itu, arti distributor adalah pelaku yang memasarkan hasil produksi tersebut. Distributor adalah perseorangan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran hasil produksi.

Distributor adalah jembatan utama antara produsen dan konsumen. Otomatis tanpa distributor, Anda selaku konsumen tak akan dapat membeli serta menggunakan hasil produksi untuk memenuhi keperluan. Semisal, produsen tepung tak akan dapat mengedarkan tepung yang ia buat ke konsumen tanpa bantuan distributor. Maka, arti distributor sangat penting bagi mata rantai pemasaran dan perekonomian.

Ada begitu banyak distributor di sekitar Anda yang mungkin belum Anda sadari selama ini. Distributor adalah para pedagang grosir, toko-toko, warung, kios, dan tempat perbelanjaan lainnya di mana Anda umum membeli beraneka barang keperluan. Dikarenakan tugasnya yang vital sebagai penyalur barang keperluan, pekerjaan distributor adalah peluang bagi Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Siapa pun dapat menjadi distributor, termasuk Anda sendiri. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan peluang berbisnis dengan menjadi distributor barang keperluan.

Tugas Seorang Distributor

kantor-distributor

Layak dengan arti distributor, maka tugas utama distributor adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Seorang distributor dapat membeli produk ke produsen untuk kemudian menjualnya kembali ke konsumen langsung atau ke pedagang lainnya seperti pengecer atau warung dan kios.

Terlebih ringkas, tugas seorang distributor adalah sebagai berikut:

  1. Membeli barang dari produsen.
  2. Menyimpan produk yang sudah dibeli sebelum menyalurkannya terhadap konsumen.
  3. Membuat klasifikasi produk berdasarkan ukuran, kualitas dan jenisnya sebelum dipasarkan.
  4. Memberikan kabar sekalian melakukan promosi produk ke konsumen.
  5. Memasarkan sekalian otomatis menjadi pengangkut barang yang sudah dibeli dari produsen ke konsumen atau pedagang eceran lain.

Tiga Macam Utama Distributor

Pada biasanya, distributor dapat diklasifikasikan ke dalam sebagian ragam. Pengelompokan distributor dikerjakan berdasarkan progres distribusi yang dikerjakan. Variasi distributor apa yang ingin Anda lakoni? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang variasi-variasi distributor di bawah ini.

1. Distributor Barang

Layak dengan namanya, distributor ini melakukan progres distribusi barang hasil produksi ke konsumen atau pihak lain seperti pengecer. Barang-barang yang disalurkan oleh distributor ini adalah barang nyata seperti hasil tani, pakaian, hasil ternak, dan masih banyak lainya. Wujud distributor barang biasanya berupa perusahaan.

2. Distributor Jasa

Berbeda dengan distributor barang, distributor jasa menyalurkan jasa terhadap konsumen. Pelaksanaan distribusi yang dikerjakan distributor jasa biasanya langsung ke konsumen, alias tanpa ikut campur pihak ketiga lainnya. Contoh dari distributor jasa adalah metode distribusi jasa keuangan pada perusahaan multi finance ke nasabah. Wujud distributor jasa juga biasanya berupa perusahaan.

3. Distributor Perorangan

Kecuali perusahaan, ragam lain distributor adalah distributor perorangan. Istilah distributor perorangan lebih familier dengan sebutan bisnis MLM atau multi-level marketing. Pada dasarnya, distributor perorangan juga bergerak di bidang jasa. Gambaran singkat distributor jenis perorangan adalah sebagai berikut:

  1. Produsen menyalurkan barang terhadap distributor.
  2. Distributor perorangan menyalurkan barang terhadap konsumen akhir.
  3. Konsumen mendapatkan barang yang dibeli dari distributor perorangan.

Kunci Menjadi Seorang Distributor Berhasil

distributor-terpercaya

Distributor adalah peluang bagi Anda yang kreatif dalam mencari pundi-pundi rupiah. Untuk dapat menjadi seorang distributor yang berhasil, Anda akan memerlukan tips dan trik yang tepat. Berikut ini saya sajikan sejumlah kunci yang dapat membukakan pintu kesuksesan sebagai distributor.

Mempunyai Harga dan Kualitas Terbaik di Pasar

Sistem terampuh untuk menarik minat konsumen adalah dengan menawarkan harga murah dan kualitas produk yang terbaik. Telah menjadi pengetahuan semua orang bahwa pasar menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah. Bila Anda menjadi seorang distributor, maka Anda semestinya memerhatikan kunci pertama ini dengan baik, sebab ada begitu banyak distributor pesaing lainnya.

Sistem terbaik agar bisnis Anda konsisten berjalan adalah dengan memiliki harga dan kualitas paling baik ketimbang yang lain. Usahakan untuk menyeimbangkan ketiga elemen tadi, sebab produk terbaik sekalipun tak akan laris manis jikalau harga produk Anda kalah dari harga yang ditawarkan pesaing Anda. Seperti pun sebaliknya. Percuma menawarkan produk dengan harga murah tetapi kualitasnya buruk.

Membangun Jaringan untuk Distributor Lain

Kelebihan sebagai seorang distributor adalah kemampuan Anda untuk membuka jaringan distribusi baru. Selaku distributor, Anda dapat menjualkan produk langsung terhadap konsumen atau terhadap daya penyalur lainnya. Profit yang Anda dapatkan pun dapat datang dari mana saja berkat fleksibilitas ini. Anda dapat mempromosikan toko Anda sebagai distributor yang siap menyediakan bahan baku keperluan masyarakat. Iklan tersebut dapat menarik minat pedagang eceran atau distributor lainnya agar membeli stok dagangan mereka di tempat Anda.

Menyediakan Pelayanan Terbaik

Salah satu tips yang ampuh membuat konsumen atau pembeli setia berbelanja di toko Anda adalah pelayanan yang baik. Sebagai seorang distributor, Anda semestinya senantiasa menyediakan manajemen logistik yang baik. Manajemen logistik itu sendiri terdiri dari tata metode pengemasan produk, penyimpanan, hingga pengiriman produk secara tepat waktu ke konsumen. Anda semestinya selalu memastikan perusahaan distribusi Anda mampu mengirimkan produk pesanan ke alamat konsumen secara tepat waktu. Jika Anda tak jarang terlambat mengirimkan barang, besar kemungkinan konsumen akan merasa tak puas dan memilih berbelanja di tempat lain.

Taktik Pemasaran Tepat Sasaran

Pemasaran atau promosi ialah kunci terbaik agar toko Anda cepat diketahui masyarakat dan didatangi pembeli. Tapi agar pemasaran berjalan dengan efektif, Anda memerlukan pengetahuan terkait metode promosi yang baik dan iya. Amati dan tentukan target konsumen Anda, kemudian pelajari metode terbaik untuk memasarkan produk terhadap konsumen. Metode promosi sekarang pun sudah tergolong sangat mudah berkat bantuan teknologi digital. Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti sosial media untuk memasarkan produk-produk yang tersedia di toko distribusi Anda.

Itulah ulasan ringkas bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang pengertian distributor, dilengkapi dengan tugas, ragam serta trik jitu untuk menjadi distributor berhasil. Semoga berguna!