Pengertian dan Struktur Artikel yang Bagus dan Benar

Kata “tulisan” sering timbul dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ialah salah satu sumber terbaik untuk kita mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait suatu hal. Namun sudahkah kamu memahami pengertian tulisan? Apa pula perbedaan antara tulisan bahasa Indonesia dengan tulisan bahasa Inggris? Berikut ini, kami akan mengupas tuntas perihal penulisan tulisan!

Pengertian Artikel

arti-tulisan

Pada dasarnya, pengertian tulisan ialah sebuah tulisan berbasis fakta, informasi, dan wawasan yang dipublikasikan diberagam media sosial. Artikel bisa dengan gampang kamu temukan diberbagai media cetak seperti koran, buku dan majalah.

Terlebih lagi berkat perkembangan teknologi dikala ini, kamu bisa dengan gampang menemukan dan membaca tulisan yang dipublikasikan secara online disitus, blog, media sosial menggunakan gadget dan koneksi internet.

Ada pula yang mendefinisikan tulisan ialah suatu buah pikir yang dituangkan oleh seseorang kedalam wujud tulisan. Artikel bisa ditulis menggunakan bahasa apapun. Pemilihan bahasa yang digunakan dikala menulis tulisan didasarkan kembali pada bahasa yang dikuasai oleh target pembaca yang dituju.

Semisal, sasaran pembaca tulisan kamu ialah warga negara Indonesia, maka otomatis kamu akan membuat tulisan bahasa Indonesia supaya isinya bisa dipahami oleh pembaca. Sementara tulisan bahasa Inggris akan jauh lebih gampang dicerna isinya oleh pembaca diluar Indonesia.

kamu jelas tidak bisa mempublikasikan tulisan bahasa Indonesia pada masyarakat luar negeri, seperti Amerika. Fungsi dari tiap tulisan umumnya sama yakni mengedukasi para pembaca dengan informasi baru sekaligus menghibur mereka dengan informasi unik.

Oleh sebab itu, menulis tulisan tidak bisa dilaksanakan dengan sembarangan. Diperlukan riset, penelitian, hingga interpretasi informasi yang berbasis fakta supaya tulisan yang kamu tulis bisa menambah pengetahuan para pembaca.

Kelekatan tulisan pada fakta menjadi ciri utama yang membedakan tulisan ini dengan tulisan lain yang juga populer dimasyarakat, seperti karya sastra atau fiksi. Terdapat pula kaidah dan aturan tertentu dikala menulis suatu tulisan, yang mana akan kita bahas lebih lanjut dibagian selanjutnya. Keep scrolling!

5 Ciri-Ciri Artikel, Yuk Pahami Sebelum Menulis!

Sebuah tulisan mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dari tulisan variasi lain. Ada 5 ciri khusus yang dimiliki oleh suatu tulisan fakta. Penjelasan kelima ciri tulisan ialah sebagai berikut.

Original

Ciri pertama dari tulisan ialah original. Suatu tulisan yang baik mesti bersifat original dari ide, gagasan dan wawasan sang penulisnya. Janganlah sampai memplagiat atau meniru ide milik tulisan orang lain dikala menulis tulisan.

Bersifat Faktual

Sebuah tulisan haruslah bersifat faktual, alias ditulis berdasarkan data fakta dan ilmu pengetahuan dari sumber yang kredibel seperti berita dan buku pengetahuan. Jadi, kamu tidak bisa asal atau sembarangan mengarang suatu tulisan berdasarkan imajinasi yang tak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. kamu bisa mendapatkan data pendukung tulisan dari hasil riset, survei, atau wawancara dengan narasumber yang memahami dibidangnya.

Singkat dan Jelas

Ciri tulisan yang baik selanjutnya ialah ditulis dengan singkat, jelas, lugas dan padat. Artikel yang singkat dan jelas lebih menarik dan gampang untuk dipahami isinya oleh pembaca. Jadi hindari penulisan tulisan yang terlalu bertele-tele dan tidak jelas arahnya.

Tepat Target

Ciri khas selanjutnya dari suatu tulisan ialah tepat sasaran, yakni menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Semisal pembaca ingin tahu seputar dunia investasi saham, maka kamu mesti menulis tulisan yang membahas perihal saham. Kesesuaian isi tulisan dengan kebutuhan masyarakat akan otomatis meningkatkan jumlah orang yang datang dan membaca tulisan kamu.

Memuat Topik Seputar Fakta

Ciri tulisan yang terakhir ialah memuat topik seputar fakta. kamu bisa membuat tulisan perihal hasil survey atau penelitian, biografi tokoh berpengaruh atau bersejarah, atau analisis teoritis mendalam terkait suatu peristiwa. Topik ini menjadi bahasan biasa suatu tulisan sebab membutuhkan sejumlah analisis data dan dukungan teori faktual didalamnya.

Struktur Artikel: Pedoman untuk Penulis Pemula

struktur-tulisan

Menyusun tulisan sesungguhnya tidak sulit. Untuk pemula, kamu bisa menyusun tulisan dengan mengikuti struktur tulisan yang tepat. Seperti apakah struktur tulisan yang baik? Mari simak jawabannya berikut ini!

Kepala atau Judul

Bagian pertama yang mesti kamu tulis dikala membuat tulisan ialah judul. Ibarat anggota tubuh, judul merupakan “kepala” dari tulisan hal yang demikian. Bagian ini juga berfungsi untuk menarik atensi pembaca pertama kali dikala mereka memandang tulisan kamu. Jadi, usahakan supaya judul tulisan kamu tampak menarik, unik, sekaligus cakap menggambarkan inti utama dari tulisan.

Lead

Setelah menulis judul, selanjutnya kamu mesti menulis lead atau kalimat pengantar yang bertugas “membuka” isi tulisan kamu. Lead tulisan lazimnya memaparkan permasalahan utama yang disoroti oleh tulisan kamu atau alasan yang mendasari tulisan hal yang demikian ditulis. Sebagai catatan penting, jangan menulis lead tulisan yang terlalu panjang. Sebuah paragraf pengantar yang baik lazimnya hanya berkisar 2 sampai 3 kalimat saja.

Ada beragam cara yang bisa kamu terapkan untuk menulis sebuah lead, seperti dengan cara induktif (menulis pembukaan yang menjurus kepada hal spesifik) dan deduktif (menulis pembukaan yang masih bersifat general atau biasa). Selain dengan dua cara hal yang demikian, kamu juga bisa menyisipkan kutipan menarik perihal pokok bahasan tulisan. Setelah bagian ini selesai, barulah kamu melanjutkan pada bagian isi tulisan.

Isi (Bridge dan Body)

Bagian isi tulisan bisa dibedakan menjadi dua yakni bridge dan body. Bridge merupakan bagian permulaan dari isi tulisan yang berfungsi menghubungkan lead dengan body. Layak dengan fungsinya, bridge tulisan terletak persis dibawah lead. Bridge lazimnya berisikan pemaparan pernyataan yang nantinya akan dijawab lebih mendalam pada body.

Body tulisan ialah bahasan utama dalam tulisan. Disini kamu mesti merinci jawaban, wawasan dan informasi yang menjawab rasa penasaran pembaca terkait permasalahan yang telah dipaparkan pada bagian pembuka. Selain itu, body juga bisa memuat argumentasi penulis perihal pro dan kontra isu atau permasalahan yang sedang didiskusikan. Bagian body tulisan juga kerap memuat seluruh data dan teori pendukung untuk membangun argumentasi penulis yang valid dan kredibel.

Saat menulis body tulisan, usahakan supaya kamu memaparkan bahasan secara singkat, padat dan jelas. Hindari penjelasan yang bertele-tele, tidak relevan dengan permasalahan dan wujud penjelasan lainnya yang berpotensi membingungkan pembaca. Karena pada bagian inilah pembaca akan mendapatkan penjelasan komplit terkait permasalahan, informasi serta pengetahuan baru.

Ending

Bagian terakhir dari tulisan ialah penutup, atau dikenal juga sebagai ending. Terdapat serangkaian julukan lain untuk bagian penutup ini seperti “kaki tulisan”, rangkuman, antiklimaks, dan bagian akhir. Apapun istilah yang kamu pilih untuk digunakan nantinya, pada dasarnya, tulisan yang baik selalu diakhiri dengan kesimpulan atas pemaparan yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian body.

Kesalahan dari banyak penulis tulisan pemula ialah menyepelekan bagian ending. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa bagian ini tidak penting sebab terletak diakhir. Padahal, tak jarang pula pembaca memilih melompati pembahasan dan langsung menyimak bagian kesimpulan sebab bagian ini memuat inti dari pembahasan yang lebih ringkas.

Jadi, selaku penulis tulisan penting untuk kamu bisa senantiasa membuat ending yang menjelaskan isi tulisan secara ringkas sekaligus gampang dipahami. Selain itu, kamu bisa menutup tulisan dengan menunjukkan keberpihakan kamu selaku penulis kepada permasalahan yang ada dalam tulisan apakah penulis bersikap pro atau kontra dengan isu yang dibahas. Pembaca bisa menilainya sendiri dari isi kesimpulan tulisan.

Contoh Artikel Sederhana

contoh-tulisan

kamu kini telah mempelajari ilmu dasar seputar penulisan tulisan. Guna memperdalam pemahaman kamu, berikut ini kami sajikan contoh tulisan sederhana seputar isu terkini, yakni pandemi virus covid-19 dimasyarakat. Contoh tulisan berikut ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait tata cara menjaga kesehatan selama masa pandemi.

Menjaga Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Tahun 2020 menjadi masa penuh percobaan bagi banyak didunia akibat penyebaran virus covid-19. Virus yang satu ini dikenal menyerang sistem pernafasan manusia dan tergolong mematikan sekaligus berbahaya. Oleh sebab itu, WHO menyarankan kita untuk senantiasa menjaga diri dan kesehatan. Bagaimana caranya?

Mulailah menjaga kebersihan dari diri sendiri dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan hand-sanitizer, hindari menyentuh wajah dan mengerjakan social distancing. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan segera memeriksakan diri kedokter seandainya merasa sakit. Stay safe and healthy!

Demikianlah pembahasan kali ini seputar pembuatan tulisan. Semoga bermanfaat menolong kamu dalam menulis tulisan!