Pengertian, Ciri, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Terbatas (PT)

perusahaan

Sebagian dari kita pasti pernah mengetahui dan mendengar seputar PT. Namun, kebanyakan tidak tahu apa kepanjangan dari PT itu. PT sendiri yakni kependekan dari Perseroan Terbatas, atau juga bisa disebut sebagai perusahaan terbatas. Dan apabila kamu ingin tahu lebih jauh, berikut ini kami akan membahas seputar ciri-ciri perusahaan terbatas komplit dengan kekurangan dan kelebihannya. Simak informasi selengkapnya!

Apa itu Perusahaan Terbatas? Ciri-ciri Perusahaan Terbatas

perusahaan

Perusahaan terbatas yakni format biasa penggabungan yang membatasi jumlah kewajiban yang dijalankan oleh pemegang saham perusahaan. Ini mengacu pada struktur hukum yang memastikan bahwa tanggung jawab anggota perusahaan atau pelanggan terbatas pada saham mereka di perusahaan melalui investasi atau komitmen.

Bagaimana Perusahaan Terbatas Bekerja

Sebagaimana dicatat, dalam perusahaan terbatas, aset dan hutang perusahaan terpisah dari para pemegang saham. Akibatnya, apabila perusahaan mengalami kesulitan keuangan karena kesibukan bisnis normal, aset pribadi pemegang saham tidak akan berisiko disita oleh kreditor. Kepemilikan di perusahaan terbatas bisa dengan gampang ditransfer. Dan banyak dari perusahaan ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Tidak seperti perusahaan publik di mana siapa pun bisa membeli saham, keanggotaan dalam perusahaan terbatas diatur oleh peraturan dan hukum perusahaan.

Perusahaan terbatas bisa dibatasi oleh saham atau dibatasi oleh jaminan. Ketika dibatasi oleh saham, sebuah perusahaan dimiliki oleh satu atau lebih pemegang saham dan dikelola oleh setidaknya satu direktur. Dalam pengaturan penjaminan terbatas, perusahaan dimiliki oleh satu atau lebih penjamin dan dikelola oleh setidaknya satu direktur.

Manfaat Perusahaan Terbatas

Ciri-ciri perusahaan terbatas mempunyai manfaat utama yaitu pemisahan aset dan pendapatan dari perusahaan dan pemilik dan investor melalui kewajiban terbatas. Ini berarti bahwa apabila sebuah perusahaan bangkrut, pemegang saham hanya bisa kehilangan sebanyak investasi asli mereka dan tidak lebih. Kreditor atau pemangku kepentingan lainnya tidak bisa mengklaim aset atau pendapatan pribadi pemilik. Karena kewajiban terbatas, investor lebih bersemangat untuk mengambil risiko modal karena kerugian mereka terbatas dalam pengertian itu.

Pengarsipan sebagai perusahaan terbatas hadir dengan sejumlah manfaat. Mereka termasuk:

  1. Perusahaan terbatas dan orang-orang yang menjalankannya berbeda secara hukum
  2. Struktur perusahaan terbatas menyediakan firewall antara keuangan perusahaan dan pemiliknya
  3. Perusahaan terbatas diizinkan untuk mempunyai aset dan mempertahankan laba apa pun yang dihasilkan setelah pajak
  4. Perusahaan terbatas bisa membuat kontrak sendiri.

Untuk hak istimewa, perusahaan terbatas patut membayar berjenis-variasi pajak, seperti pajak pertambahan nilai (PPN).

Sebagai perbandingan, bisnis tidak berbadan hukum, seperti pedagang tunggal dan kemitraan tradisional, tidak memberikan batasan penuh pada tanggung jawab untuk pemilik. Karena tidak ada perbedaan hukum antara bisnis dan pemiliknya. Apabila bisnis seperti itu menjadi bangkrut, pemiliknya akan bertanggung jawab atas utangnya.

Tujuan Perseroan Terbatas

Ciri-ciri perusahaan terbatas selanjutnya yaitu mempunyai tujuan untuk bisa menjalankan perusahaan dengan pembagian saham. Pemegang saham disini juga bisa ikut ambil bagian dalam satu saham atau lebih. Juga, mereka tidak bertanggung jawab sendiri-sendiri dalam sebuah persetujuan, melainkan dibuat atas nama bersama.

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

perusahaan

Perseroan terbatas yakni struktur bisnis di mana pemilik atau anggota mempunyai tanggung jawab terbatas sehubungan dengan tindakan perusahaan. Sebuah perusahaan terbatas menawarkan kepada para anggota manfaat perlindungan tanggung jawab pribadi, yang berarti bahwa kewajiban bisnis tidak bisa dipulihkan dari aset pribadi pemilik. Ini disusun dan dioperasikan berdasarkan hukum negara. Karakteristiknya mirip dengan korporasi dan bisnis kemitraan. Pembubarannya juga diatur oleh hukum negara. Berikut kelebihan dan kekurangan dari variasi usaha ini.

Kelebihan dari Perseroan Terbatas

Perusahaan terbatas lazimnya menawarkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

  1. kamu bisa membentuk sebuah perseroan terbatas dengan hanya satu anggota.
  2. kamu bisa mempunyai seluruh perusahaan sebagai anggota PT.
  3. Pemilik perusahaan dilindungi kepada kewajiban bisnis perusahaan.
  4. Operasi perusahaan dikelola oleh anggota pengelola. Karena tidak ada dewan direksi, tidak ada persyaratan untuk mengadakan pertemuan dewan secara teratur.
  5. Ini membutuhkan benar-benar sedikit pembukuan. Persyaratan keuangan dan administrasi juga sederhana.
  6. Memberi kemudahan untuk memindahkan milik. Penjualan saham bisa menjadi satu alternatif.
  7. Tambahan modal gampang untuk didapat.

Kekurangan dari Perseroan Terbatas

Namun, dibalik kelebihannya, tentu juga ada kekurangannya. Berikut kelemahan yang dimiliki perseroan terbatas:

  1. kamu patut membayar pajak pekerjaan atas penghasilan perusahaan.
  2. Ini seperti bisnis kemitraan. kamu tidak bisa mendapat untung dari saham insentif.
  3. Biaya untuk membentuknya lazimnya relatif tinggi.
  4. Semua kesibukan yang menyangkut perusahaan patut dilaporkan kepada para pemegang saham. Termasuk keuntungan perusahaan. Untuk beberapa orang, ini dianggap kurang rahasia.

Karena perusahaan terbatas diatur oleh hukum negara bagian, aturan yang berbeda berlaku di negara bagian yang berbeda. Perlakuan pajak juga bervariasi dengan negara. kamu mungkin patut membayar pajak di beberapa negara bagian sementara tidak ada pajak yang berlaku di negara lain.

Ciri-ciri Perusahaan Terbatas

Pemilik saham bertanggung jawab layak dengan besar kepemilikan saham mereka. Berikut ciri-ciri perusahaan terbatas:

  1. Profit oriented. Perusahaan terbatas mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
  2. Fungsi ekonomi dan komersial. Ciri-ciri perseroan terbatas selanjutnya yakni sebagai perusahaan yang mempunyai fungsi ekonomi serta fungsi komersial.
  3. Modal dari saham dan obligasi. Perseroan terbatas mendapatkan modal dari penjualan saham serta obligasi.
  4. Tidak ada fasilitas negara. Karena disusun dari para pemilik saham, perusahaan terbatas tentu saja tidak mendapatkan fasilitas negara.
  5. Rapat biasa pemegang saham. Semua penentuan untuk perusahaan terbatas ada pada RUPS, atau rapat biasa pemegang saham. Ini merupakan kekuasaan tertinggi dari sebuah perusahaan terbatas.
  6. Tanggungjawab pemilik saham. Selanjutnya, ciri-ciri perseroan terbatas yakni tanggungjawab yang dimiliki pleh pemilik saham, tergantung dari besarnya modal yang dikeluarkan.
  7. Pembagian hasil. Semua keuntungan yang didapat dari penjualan oleh para pemilik saham, akan diberikan sebagai format yang dividen. Ini berarti ada pembagian hasil dari keuntungan yang didapat.
  8. Dipimpin oleh direksi. Ciri-ciri perseroan terbatas berikutnya yakni pimpinan untuk perusahaan yakni seorang direksi.

Jenis Perseroan Terbatas

contoh-perusahaan

Berdasarkan ciri-ciri perusahaan terbatas yang telah dijelaskan, berikut variasi PT yang ada di Indonesia:

PT Terbuka

Perusahaan terbatas terbuka lazimnya sahamnya bisa dimiliki atau bisa dibeli oleh khalayak biasa. Tidak sulit untuk menjual dan membeli variasi saham ini, karena kepemilikan bukan atas nama pribadi.

PT Tertutup

Saham dari perusahaan terbatas tertutup ini dimiliki oleh kalangan tertentu, seperti keluarga. Dan ini tidak dijual kepada masyarakat biasa.

PT Domestik

Perusahaan terbatas ini disusun dan dijalankan di dalam negeri. Semua kegiatan patut mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

PT Perseorangan

Sebuah perusahaan terbatas dengan kekuasaan tunggal. Sahamnya hanya dimiliki oleh satu orang saja, dan berperan sebagai direktur. Juga, memeiliki wewenang dalam rapat biasa pemegang saham.

PT Asing

Perusahaan terbatas ini didirikan di luar negeri, namun dijalankan di dalam negeri. Bisa juga orang asing yang mendirikan perseroan terbatas. Semua kegiatan patut mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

PT Umum atau PT Publik

Kepemilikan saham dari variasi PT ini bisa dimiliki oleh siapapun. Biasanya terdaftar di bursa efek.

Demikianlah informasi seputar ciri-ciri perusahaan terbatas, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu.