Pemakaian Material UI dalam Design Web dan Aplikasi, Layakkah untuk Dicoba?

Pembuatan web maupun aplikasi tak pernah lepas dari adanya desain yang menarik ketertarikan pengguna sehingga pengguna merasa nyaman untuk mengakses web maupun aplikasi hal yang demikian.

Oleh karena itu belakangan mulai timbul material UI (user interface) desain yang bertujuan untuk mempermudah para developer dalam membuat desain web maupun aplikasi mereka.

Material UI icon bisa dikelompokkan sebagai bahasa visual yang bisa beroperasi dalam web maupun aplikasi. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai material UI dalam desain web dan aplikasi.

Apa Itu Material UI

UI-Material

Material UI yaitu bahasa desain berorientasi pada web maupun aplikasi yang dibuat guna mensupport pengalaman pengguna pada layar melalui fitur kaya isyarat dan gerakan alami yang meniru objek dunia nyata.Desainer mengoptimalkan pengalaman pengguna dengan efek 3D, pencahayaan realistis dan fitur animasi dalam GUI yang mendalam dan tetap.

Tujuan Dibuatnya Material UI

Untuk Membuat

Material UI dibuat melalui bahasa visual yang menggabungkan beberapa prinsip desain yang layak sehingga menghasilkan penemuan kreatif.

Untuk Menyatukan

Membuat pengembangan sistem yang bermaksud untuk menyatukan user experience (UX) yang ada diseluruh platform maupun perangkat.

Untuk Menyesuaikan

Tidak hanya berorientasi pada satu bahasa visual material UI digunakan untuk memperluas bahasa visual dan memberikan kefleksibelan dalam mengoptimalkan penemuan kreatif dan ekspresi.

Material User Interface Mengapa Perlunya Mempercayai User Interface Secara Nyata

Material UI icon timbul karena adanya gagasan google pada pertengahan 2014, dengan nama kode “quantum paper” dan mewakili pendekatan “tinta dan pena” yang baru. Dengan material desain material UI icon, tujuannya yaitu untuk memberikan output berkualitas tinggi secara tetap diseluruh platform, memberi pengguna kontrol atas bagian yang terlihat jelas dan menyenangkan yang berperilaku seperti objek dunia nyata.

Berbeda dengan penggambaran item yang relevan dengan budaya misalnya, keranjang sampah dalam skeuomorfisme, dengan desainer material user interface menerapkan hukum dasar dan alami dari dunia fisik, terlebih menyangkut pencahayaan dan gerak. Idenya yaitu bahwa dengan meniru dunia secara nyata, tentunya mengurangi beban kognitif pengguna melalui perhatian yang cermat kepada tata letak, bahasa visual dan pustaka pola, memaksimalkan prediktabilitas, dan menghilangkan ambiguitas.

Konsep “kartu” pada material user interface berfungsi sebagai sistem untuk faktor pelapis dan animasi itu juga memungkinkan pengalaman yang lebih pribadi (misalnya, menunjukkan pengikut pada twitter).

Sangat penting bagi material user interface untuk memenuhi harapan pengguna perihal bagaimana bagian semestinya berperilaku. Misalnya, objek pada layar lebih kredibel jikalau mereka mengikuti hukum gravitasi.

Magical dan Predictable Paradox yang Sangatlah Diperlukan

User-Interface

Untuk menerapkan material user interface secara tepat sasaran, kamu perlu memahami prinsip ini:

Material Metafora

kamu mengambil konsep pada taktik realitas dan layak user experience.

  • Desain menawarkan atribut kepada pengguna yang mereka ketahui sebagai harga. Fitur real world yang langsung bisa dikenali seperti tombol semestinya secara instan membiarkan pengguna memandang apa yang semestinya dikerjakan.
  • Permukaan dan lapisan semestinya melengkapi ini dengan menawarkan petunjuk. Gunakan cahaya realistis / bayangan untuk membagi ruang desain dan mengungkapkan bagian yang bergerak.
  • Gunakan desain adaptif memastikan hierarki, warna, ikon, dan proporsi spasial tetap disemua perangkat melalui pemilihan versi adaptif.

Elemen yang Berani, Grafis, dan Dipilih Dengan Bagus Menambah Makna dan Menyenangkan Mata

  • Buat desain dengan berani sehingga pengguna bisa memandang hierarki secara instan dan bisa fokus serta menggambar makna yang layak.
  • Penggunaan warna dan ruang putih yang luar biasa, citra yang kuat dan tipografi besar di layar menolong pengguna menjadi tenggelam dalam pengalaman.
  • Desain untuk mendorong pengguna untuk bertindak, dan menunjukkan fungsionalitas dengan menekankan ikon dan permukaan sebagai isyarat.

Buat Pesan Dengan Gerakan

  • Taruh pengguna pada kontrol dengan menunjukkan perubahan yang dihasilkan langsung dari tindakan mereka.
  • Buat animasi dimainkan dalam satu lingkungan atau panggung, dalam gerakan yang mengalir terus menerus.
  • Pastikan responsnya jelas, tetapi halus tidak ada gerakan yang tersentak atau tidak terduga.

Sangat penting untuk menggabungkan pilihan desain yang berani dan disengaja dengan kehalusan mengenai reaksi alami mereka kepada input pengguna. Misalnya, jikalau pengguna menjatuhkan item yang dipilih kedalam sekelompok objek, yang terakhir semestinya bergerak kesamping, menampungnya.

Dalam material user interface mencoba untuk tidak membiarkan benda mengerjakan hal ajaib, seperti menghilang atau bergerak sendiri. Sebagai gantinya, diterjemahkan dalam keakraban dunia fisik terbatas kepada layar yang mempunyai potensi tak terbatas. Pengguliran tak terbatas youtube mencontohkan ini.

Framework Material User Interface Pada Desain Web dan Aplikasi

Framework

Sejak google mengumumkan bahasa desain baru mereka, ada banyak kesenangan disekitar faktor animasi, warna dan prinsip tata letak. Banyak situs web dan aplikasi telah menganut pedoman material desain untuk web interface mereka dengan menggunakan framework material desain dan trennya terus meningkat.

Dengan material desain UI, google telah membawa keseragaman pada UI (user interface design) pada seluruh platform yang mencakup situs web, aplikasi, dan platform android itu sendiri. Google memulai dengan  proyek polimer yang mencakup material desain UI diseluruh bagian webnya. Project polymer memainkan peran penting dalam pengembangan material desain dan dalam memamerkan konsep itu untuk web.

Dalam upaya untuk membawa material desain kepada user interface web, banyak framework web UI pihak ketiga (bukan dari google) juga timbul dan mendapatkan popularitas. Beberapa framework ini yaitu tema berdasarkan framework web yang populer dan terkenal seperti bootstrap  dan foundation. Banyak lainnya dibangun untuk mensupport dan membawa tampilan materi kepada kerangka javascript populer seperti react , angular , dan vuejs .

MD Bootsrap

MD Bootstrap  (MDB) yaitu kit UI desain material yang luas yang tersedia untuk banyak versi JavaScript seperti React, VueJS, Angular, dan JQuery. Versi gratis dari kit UI ini menawarkan 400+ faktor UI material, 600+ ikon materi, 70+ animasi CSS beserta templat gratis untuk membangun situs web material.

Setelah memutakhirkan kepada versi premium, kamu mendapatkan jalan masuk ke 2000+ bagian UI, templat premium serta dukungan premium dari pengembang.

Kit Material

Material kit yaitu Kit UI bootstrap gratis yang dibuat oleh creative tim dengan desain yang terinspirasi oleh material desain google. Ini mempunyai implementasi konsep material yang benar-benar baik dan menyediakan bagian desain material yang gampang digunakan dan indah.

Bersamaan dengan penataan kembali faktor bootstrap dengan prinsip desain bahan, kamu akan menemukan tiga halaman contoh yang sepenuhnya dikodekan yang menolong dalam merancang proyek web kamu sendiri. 

Material Design Light

Material design light (MDL) yaitu kerangka kerja CSS yang dikembangkan dan dikelola oleh google. Ini memungkinkan kamu menambahkan tampilan dan nuansa desain material kepada situs web kamu tanpa bergantung pada framework JavaScript eksternal.

Ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan lintas perangkat dan dengan gampang menurunkan jikalau browser lambat. MDL menawarkan banyak bagian dan template yang siap pakai  untuk menolong kamu memulai dengan cepat.

kamu juga bisa menggunakan utilitas penyesuai untuk memilih warna desain material pilihan kamu. kamu bisa menemukan MDL pada github juga.

Material Components For The Web

Material components for the web (MDC-Web) dikembangkan oleh tim inti engineer dan perancang UX pada google. Komponen ini memungkinkan developer untuk mengeksekusi material user interface desain dan membangun proyek web yang baik dan fungsional.

Material components for the web yaitu penerus material design lite (MDL) yang disebutkan diatas dan menawarkan bagian siap produksi, performa terbaik dikelasnya dan kepatuhan kepada pedoman desain material bersama dengan integrasi tanpa batas dengan kerangka kerja JS dan perpustakaan lainnya.

Materialize

Materialize yaitu kerangka front-end responsif modern yang didasarkan pada material user interface desain. Untuk digunakan dalam proyek web kamu, ini menyediakan opsi untuk CSS dan juga sumber file SCSS. Bersama dengan JavaScript, ikon desain Material dan font Roboto. Komponen yang disertakan yaitu bagian dasar seperti kisi, formulir, tombol, navbar, dan card.

Material UI

Material UI yaitu kerangka CSS dan satu set bagian bereaksi yang mengimplementasikan material desain google. Ini memberikan dukungan untuk bagian seperti tombol, dialog, menu dropwdown, tombol ikon, input, Switch, Toolbar dan banyak lagi.

BMD Desain Bootstrap + Material

BMD yaitu skin material design premium untuk bootstrap bersama dengan banyak bagian tambahan. Ia menawarkan palet warna dan bagian material desain seperti pemintal, floating action button (FAB), tab nav, material desain card layout, toast message dan menu sidebar. Ini juga mempunyai material animasi dan integrasi dengan ikon material original. Ini juga termasuk template untuk pemula.

Material Foundation

Material Foundation yaitu versi material desain UI foundation untuk situs oleh zurb. Ini yaitu proyek berlisensi MIT yang tersedia pada github dan menawarkan seluruh bagian foundation dalam material desain UI bersama dengan bagian material tambahan seperti FAB.

Material Angular

Material angular menawarkan bagian material desain UI untuk aplikasi angular, yang berfungsi pada web, mobile, dan desktop. Itu telah dibangun oleh tim angular untuk berintegrasi mulus dengan angular.

Vuetify.js

Vuetify.js yaitu framework bagian material yang dibangun atas Vue.js 2, memanfaatkan pola material desain google untuk bagian UI-nya. Itu datang dengan 5 vue-cli templates pra-konfigurasi dengan vuetify untuk menolong kamu memulai dengan proyek web berbasis Vue.js.

Vuetify menawarkan lebih dari 80 bagian desain bahan seperti breadcrumbs, cards, drop-down, navbar, sidebar, tab dan lainnya.

Keen UI

Keen UI yaitu kumpulan bagian UI material desain penting yang ditulis dengan Vue. Dibuat oleh Josephus Paye II, fokus Keen UI yaitu menciptakan bagian yang bisa digunakan kembali yang mempunyai interaktivitas.

kamu akan menemukan banyak bagian seperti untuk alert, autocomplete, FAB, popover, snackbar, tab dan banyak lagi lainnya. Proyek ini tersedia dalam GitHub dan berlisensi MIT.

Framework CSS MUI

MUI yaitu framework HTML, CSS dan JS yang ringan untuk membangun situs mengikuti pedoman material desain UI google. MUI dirancang dari bawah keatas supaya cepat, dan ramah bagi pengembang.

Dengan desain itu hanya mencakup bagian dasar yang kamu butuhkan untuk membangun situs yang mengikuti pedoman desain bahan google. MUI CSS atau JS tidak mempunyai dependensi eksternal. MUI juga tersedia diGitHub.

LumX

LumX yaitu framework front end yang didasarkan pada material desain google. LumX didasarkan pada prepro Sass dan AngularJS. Ini yaitu proyek berlisensi MIT yang tersedia di GitHub.

Proyek Polimer

Proyek polimer google yaitu framework web dan perwujudan material desain mereka untuk web. Polimer bertujuan untuk mensupport seluruh browser modern besar seperti IE (10+), chrome, safari, dan firefox. Kumpulan dokumentasi dan panduan persiapan yang luas tersedia dalam proyek polimer.

kamu bisa menggunakan perpustakaan polymer untuk membuat bagian web, fitur platform baru yang kuat untuk memperluas HTML dan membuat bagian aplikasi kamu.

Masa Depan Material UI Desain

Sementara material UI desain yaitu tren panas ketika ini dan sepenuhnya dianut oleh google pada seluruh aplikasi, situs web dan interface android, microsoft dan apple mempunyai seperangkat bahasa desain sendiri. Cocok tren google, “material UI” memandang kenaikan mendadak setelah pengumumannya dan dengan cepat melampaui tren “desain datar”.

Tren Material Desain UI

Sementara tren material desain UI stabil seperti yang ditunjukkan pada grafik diatas, kita pasti memandang beberapa momentum besar dengan banyak kerangka kerja dan sumber daya desain bahan CSS kini tersedia untuk desainer web dan pengembang dan peningkatan adopsi prinsip material dalam desain web.

Jadi bisa disimpulkan material UI sangatlah layak digunakan pada desain web maupun aplikasi. Terpenting benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan user experience (UX) dan ketertarikan pengguna.