OS yakni? Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi

Handphone, komputer, tablet, dan sebagainya merupakan alat yang sering ditemui sehari-harinya. Kehadiran alat-alat komputerisasi ini tidak bisa dipungkiri mempermudah beberapa pekerjaan manusia. Hal ini dikarenakan alat komputerisasi ini memang dirancang dengan sistem operasi yang mumpuni. Sistem operasi itu sendiri atau os yakni otak dalam istilah alat digitalnya.

Meskipun terlihat sederhana tapi sebetulnya struktur dari os ini sungguh-sungguh kompleks. Pun strukturnya ini dibagi menjadi beberapa bagian. Namun tidak segala struktur ini ada di dalam tiap-tiap os yang terletak dalam alat komputerisasi. Selain membahas seputar struktur dan pengertian os itu sendiri, tulisan kali ini juga akan membahas macam-macam os yang ada dan pernah beredar di masyarakat.

Pengertian OS

sistem operasi

Skor pertama pembahasan yakni terkait pengertian sederhana os yakni otak dari suatu sistem. Untuk bentuknya sendiri os ini merupakan perangkat lunak atau software. Software ini merupakan sistem yang mengatur segala pekerjaan dari perangkat lunak maupun perangkat keras lainnya yang ada di dalam alat komputerisasi hal yang demikian.

Struktur OS

struktur os

Setelah mengetahui pengertian terkait apa itu os, maka kini saatnya untuk mengetahui struktur dari sistem utama ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa os ini mempunyai sistem yang kompleks. Beberapa sistem kompleks dalam os yakni sebagai berikut.

Struktur Sederhana

Struktur pertama dari os yakni struktur sederhana yang pantas dengan namanya mempunyai arus yang lebih sederhana seandainya dibandingkan dengan yang lain. Memiliki kelebihan dalam hal pelayanannya yang bersifat cepat karena hanya untuk satu ruangan. Namun struktur ini mempunyai banyak kelemahan diantaranya, apabila terjadi kesalahan akan sulit dihilangkan, pengujian sulit dijalankan, dan sebagainya.

Sistem Berlapis

Selanjutnya struktur dengan wujud layaknya hirarki dengan lapisan-lapisan yang ada di bawahnya. Kelebihan dari struktur yang satu ini yakni tiap-tiap layernya bersifat independen sehingga tidak gampang terpengaruh apabila terjadi kesalahan. Selain itu rancangan dan sistematik dari os lebih sederhana. Kelemahannya hanya terletak di fungsi yang diberikan ke tiap-tiap lapisan terlalu hati-hati sehingga memperlambat.

Kernel Mikro

Lain halnya dengan struktur ini yang lebih difokuskan untuk menghilangkan bagian atau unsur yang tidak dibutuhkan dari kernel. Kelebihan utamanya terletak pada kemudahan dalam memperluas os. Lalu sungguh-sungguh gampang untuk diganti ke wujud arsitektur yang baru, dan kode keamanannya sungguh-sungguh kecil dan aman. Namun apabila terlalu banyak fungsi yang digunakan, maka akan memperlambat struktur ini.

Modular

Lalu struktur selanjutnya dari os yakni modular. Mengedepankan pemanggilan modul secara dinamis merupakan teknik dari struktur kunci dari modular. Semua proses yang terjadi dalam struktur yang satu ini akan terhubung pada penambahan layanan. Struktur yang satu ini menggunakan sistem berlapis tapi salah satu lapisannya menggunakan mach mikronel.

Mesin Maya

Pada daftar kelima dari struktur os yakni mesin maya yang mengusung keunggulan timesharing dalam proses multiprogrammingnya. Selain itu struktur yang satu ini proyeksinya sungguh-sungguh komplit sehingga menjamin keamanan penggunanya. Struktur yang satu ini juga sungguh-sungguh cocok untuk dijadikan riset dan pengembangan os. Kelemahannya sungguh-sungguh sulit untuk menerapkan kebutuhan penggunanya.

Client – Server Model

Model struktur yang satu ini menerapkan hampir beberapa besar fungsi sistem operasi kepada mode pengguna. Sehingga menyebabkan apabila terjadi kerusakan pada satu titik sub sistem operasi tidak akan merusak yang lainnya. Selain itu juga struktur yang satu ini bisa dikembangkan dengan modular, dan gampang diubahsuaikan. Kelemahannya agak lambat dikala proses pertukaran pesan.

Sistem Berorientasi Projek

Ketika sistem operasi memberikan pelayanan dalam wujud kumpulan informasi maka bisa disebut itu yakni struktur dari sistem berorientasi projek. Memiliki kelebihan berupa kemudahan dikala dipakai. Tidak hanya itu saja adanya pemisahan dalam hal layanan menjadikan sistem ini sungguh-sungguh rapih dan terstruktur. Namun sayangnya struktur ini telah tidak bisa dipergunakan dengan bebas.

Fungsi OS

Setelah tadi membahas seputar struktur apa saja yang ada di dalam os, maka kini saatnya membahas fungsi os. Untuk yang pertama fungsi os yakni menjalankan operasi basic atau dasar pada komputer. Seperti memori yang digunakan, data yang diproses dan lain sebagainya. Lalu fungsi os selanjutnya yakni sebagai pengatur untuk perangkat lunak.

Karena merupakan sistem utama maka pengaturan aplikasi juga termasuk ke dalam fungsi dari sistem operasi ini. Selanjutnya sistem operasi juga bermanfaat untuk menyediakan sebuah tampilan seperti user interface. Tidak hanya itu saja sistem operasi juga berfungsi untuk menjalankan koordinasi kepada perangkat komputer. Terakhir yakni sebagai optimalisasi penggunaan komputer.

Jenis-Jenis OS

operation system

Pembahasan terakhir seputar os kali ini terkait dengan macam os yang pernah ada di masyarakat. Semua ini merupakan sistem operasi yang pernah digunakan dari dahulu bahkan sampai kini. Penasaran dengan macam os hal yang demikian apa saja? Bisa disimak di bawah ini.

Symbian OS

Pertama ada sistem operasi khusus mobile yang paling tua yang dikembangkan sejak tahun 1998 lalu. Sistem operasi ini dikembangkan oleh merk yang sebelumnya pernah sungguh-sungguh berjaya di Indonesia, yah nokia. Kelebihan dari os yang satu ini yakni tidak membutuhkan penggunaan memori atau ram yang besar.

Android

android

Kedua yang merupakan macam paling terkenal dari os yakni android. Pengembangnya yakni google. Versi lain dari android terdapat pada penggunaan desktop yakni linux. Memiliki berjuta pengguna, sistem yang satu ini mempunyai kelebihan sifatnya yang open source, dan bisa menjalankan banyak hal sekaligus. Kekurangannya yakni sungguh-sungguh rentan kepada virus.

IOS

Kali ini ada macam sistem operasi yang menjadi perseteruan abadi android yakni ios. Seperti android, ios ini untuk versi mobilnya sementara untuk peralatan komputer ada mac os. Pengembang dari sistem operasi yang satu ini yakni apple. Kelebihan dari sistem ini yakni tidak boros dalam penggunaan memori dan keamanannya sungguh-sungguh terjamin.

Microsoft Windows

Lalu ada microsoft windows yang merupakan sistem operasi besutan perusahaan microsoft. Untuk versi mobilnya sistem operasi yang satu ini mempunyai windows phone. Ciri utama dari sistem operasi ini yakni penggunaan grafis pada antar mukanya atau gui. Sehingga penggunaan dari sistem operasi yang satu ini sungguh-sungguh gampang.

Blackberry OS

Kelima ada blackberry os yang dulunya pernah menjadi raja serta pelopor smartphone di Indonesia. Meskipun boomingnya baru sekitar tahun 2010an, tapi siapa sangka seandainya sistem operasi ini telah ada sejak tahun 1999. Dikembangkan oleh perusahaan blackberry limited dan dipakai hampir disetiap perangkat yang dimilikinya.

Unix

Sekilas membaca namanya mungkin banyak yang berfikiran seandainya Unix masih satu perusahaan dengan Linux. Namun ternyata Unix ini berdiri sendiri dan dikembangkan telah sungguh-sungguh lama yakni dari tahun 1965. Fakatnya Linux menggunakan Unix sebagai dasar sistem operasinya.

Ternyata selama ini segala perangkat komputerisasi yang digunakan oleh manusia dijalankan hanya dengan sebuah software dengan nama sistem operasi. Karena os yakni software yang bersifat sungguh-sungguh vital tidak heran seandainya banyak sekali macam os yang ada dan semuanya menawarkan kelebihan masing-masing.