MySQL Adalah? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

MySQL merupakan salah satu teknologi yang paling dikenal dalam ekosistem big data modern. Sering disebut sebagai basis data paling populer ketika ini. Dengan MySQL, bahkan mereka yang baru mengetahui sistem relasional bisa segera membangun sistem penyimpanan data yang cepat, kuat, dan aman.

MySQL merupakan sebuah Database Management System (DBMS) yang bersifat multialur dan multipengguna, implementasi dari sistem manajemen basis data relasional (RDBMS). MySQL dikembangkan oleh Oracle yang didasarkan pada bahasa query terstruktur (SQL). Database merupakan kumpulan data yang terstruktur. Ini bisa berupa apa saja dari daftar belanja sederhana hingga galeri gambar atau tempat untuk menyimpan informasi dalam jumlah amat besar dalam jaringan perusahaan.

Secara khusus, basis data relasional merupakan toko komputerisasi yang mengumpulkan data dan mengaturnya layak dengan model relasional. Dalam model ini, tabel terdiri dari baris dan kolom, dan hubungan antara unsur data semuanya mengikuti struktur logis yang ketat. RDBMS hanyalah seperangkat alat perangkat lunak yang digunakan untuk benar-benar mengimplementasikan, mengelola, dan meminta basis data semacam itu.

MySQL merupakan bagian integral dari banyak tumpukan perangkat lunak paling populer untuk membangun dan memelihara semuanya, mulai dari aplikasi web yang menghadap pelanggan hingga layanan B2B yang kuat dan digerakkan oleh data. Sifat sumber terbuka, stabilitas, dan rangkaian fitur yang kaya, dipasangkan dengan pengembangan yang berkelanjutan dan dukungan dari Oracle, berarti bahwa organisasi yang kritis kepada internet seperti Facebook, Flickr, Twitter, Wikipedia, dan YouTube semuanya menggunakan backend MySQL.

Keunggulan MySQL

mysql-7

Karena MySQL penggunaannya paling banyak di industri, pengguna bisnis dari webmaster baru hingga manajer berpengalaman semestinya berusaha memahami karakteristik utamanya. Memutuskan apakah akan menggunakan teknologi ini, dan mengkomunikasikannya secara tepat sasaran. Semua dimulai dengan review seputar ketersediaan, struktur, filosofi, dan kegunaan dasar MySQL. Berikut keunggulan dari penggunaan MySQL.

MySQL Sangat Kompatibel

Meskipun sering dikaitkan dengan aplikasi internet atau layanan web, MySQL dirancang supaya kompatibel secara luas dengan teknologi dan arsitektur lainnya. RDBMS berjalan pada segala platform komputasi utama, termasuk sistem operasi berbasis Unix, seperti berjenis-ragam distribusi Linux atau Mac OS, dan Windows.

Arsitektur client-server MySQL berarti bisa mensupport berjenis-ragam backend, serta antarmuka pemrograman yang berbeda. Data bisa langsung dimigrasikan dari MySQL ke fork-nya (mis. MariaDB), serta beberapa besar RDBMS lainnya. Oracle dan alat migrasi pihak ketiga yang lebih jauh memungkinkan MySQL untuk memindahkan data dan dari sejumlah besar sistem penyimpanan biasa, apakah ini dirancang untuk di tempat atau berbasis cloud.

MySQL bisa digunakan dalam lingkungan tervirtualisasi, didistribusikan atau dipusatkan, dan bahkan ada sebagai perpustakaan mandiri portabel untuk tujuan pembelajaran, pengujian, atau aplikasi kecil. Kompatibilitas MySQL yang luas dengan segala sistem dan perangkat lunak lain ini menjadikannya pilihan praktis RDBMS dalam kebanyakan situasi.

Database Mysql Adalah Bersifat Relasional

Faktor utama yang membedakan basis data relasional dari penyimpanan komputerisasi lainnya terletak pada bagaimana data diorganisasikan pada tingkat tinggi. Database seperti MySQL berisi catatan dalam beberapa tabel terpisah dan amat dikodifikasikan, sebagai lawan dari repositori tunggal yang mencakup segala, atau koleksi dokumen semi atau tidak terstruktur.

Ini memungkinkan RDBMS untuk mengoptimalkan tindakan seperti pengambilan data, memperbarui informasi, atau tindakan yang lebih kompleks seperti agregasi. Model logis didefinisikan atas segala isi basis data, yang menggambarkan misalnya nilai yang diizinkan dalam kolom individual, karakteristik tabel dan tampilan, atau bagaimana indeks dari dua tabel terkait. Model relasional tetap populer karena beberapa alasan.

Mereka memberdayakan pengguna dengan bahasa pemrograman deklaratif yang intuitif. Pada dasarnya memberi tahu basis data hasil yang diinginkan dalam bahasa yang serupa atau setidaknya dipahami dalam bahasa Inggris, alih-alih dengan cermat mengkodekan tiap langkah prosedur yang mengarah ke hasil hal yang demikian. Hal ini memindahkan banyak pekerjaan ke RDBMS dan mesin SQL, lebih baik menegakkan aturan logis dan menghemat sumber daya dan tenaga yang berharga.

Mysql Adalah Open-Source

Setiap individu atau perusahaan bisa secara bebas menggunakan, memodifikasi, menerbitkan, dan memperluas basis kode sumber terbuka dari Oracle. Perangkat lunak ini dirilis di bawah GNU General Public License (GPL). Untuk kode MySQL yang perlu diintegrasikan atau dimasukkan dalam aplikasi komersial, perusahaan bisa membeli versi berlisensi komersial dari Oracle.

Opsi ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi organisasi sekiranya memutuskan untuk bekerja dengan MySQL. Rilis open-source berbasis publik dan berbasis komunitas memperkaya dokumentasi MySQL dan budaya dukungan online, sementara juga memastikan bahwa kemampuan yang berkelanjutan atau yang baru dikembangkan tidak pernah menyimpang terlalu jauh dari kebutuhan pengguna ketika ini.

Mysql Mudah Digunakan

Meskipun sifat relasional MySQL dan struktur penyimpanan mungkin tampak terbatas, paradigma tabular mungkin yang paling intuitif, dan akhirnya memungkinkan kegunaan yang lebih besar. Malah, MySQL membuat banyak konsesi untuk mensupport berjenis-ragam kemungkinan struktur data, dari tipe standar tetapi kaya logika, numerik, alfanumerik, tanggal, dan waktu, hingga JSON atau data geospatial yang lebih maju.

Selain tipe data belaka dan rangkaian fitur bawaan yang luas, ekosistem MySQL juga mencakup berjenis-ragam alat, mempermudah segalanya, mulai dari manajemen server hingga pelaporan dan analisis data. Terlepas dari arsitektur RDBMS yang menyeluruh, pengguna selalu bisa menemukan fitur MySQL yang memungkinkan mereka untuk memodelkan dan menyusun data layak keinginan mereka. MySQL merupakan salah satu teknologi database paling gampang untuk dipelajari dan digunakan.

MySQL Adalah? Perbedaan Antara SQL vs MySQL

mysql-4

Model relasional pertama kali ditunjukkan dalam makalah tahun 1970 oleh Edgar F. Codd. Salah satu bahasa pemrograman komersial pertama yang terkait dengan model, SQL, dikembangkan tidak lama setelah itu di IBM. Untuk beberapa waktu, SQL merupakan bahasa basis data yang paling banyak digunakan, diadopsi sebagai standar ANSI pada tahun 1986 dan dalam ISO setahun kemudian. SQL terdiri dari empat subtitle, masing-masing dengan cakupan yang berbeda.

  1. DQL: Data query language merupakan yang paling akrab dan digunakan untuk menjalankan kueri pada basis data dan mengekstrak informasi dari data yang disimpan. Misalnya, memilih dan mengembalikan nilai maksimum dalam kolom.
  2. DDL: Data definition language digunakan untuk menyusun struktur dan skema khusus basis data. Membuat tabel atau mendefinisikan tipe data merupakan contohnya.
  3. DCL: Data control language mendefinisikan jalan masuk, otorisasi, dan izin untuk pengguna dan proses mengakses database, termasuk memberikan hak administrator, atau membatasi pengguna hanya untuk read-only.
  4. DML: Data manipulation language digunakan untuk membuat modifikasi pada bagian database yang ada, seperti menyisipkan catatan, memperbarui nilai dalam sel, atau menghapus data.

Perusahaan Swedia MySQL AB pertama kali merilis MySQL pada tahun 1995. Seperti banyak perangkat lunak database yang mengikuti kebangkitan permulaan sistem relasional, MySQL hanyalah perpanjangan dari standar SQL asli, menambahkan lebih banyak fitur, dukungan, pemrograman prosedural, mekanisme aliran kontrol, dan lainnya.

Mysql Adalah? Cloud Dan Masa Depan Mysql

mysql-3

MySQL pada awalnya difungsikan untuk mengelola database besar, lebih cepat dari perangkat lunak database yang ada. Digunakan dalam tuntutan lingkungan operasional, transaksional, dan produksi selama beberapa dekade, MySQL berevolusi bersamaan dengan perpindahan komputasi dan penyimpanan ke cloud. Meskipun umumnya diinstal pada mesin individual, MySQL kini menyertakan dukungan mendalam untuk aplikasi terdistribusi dan inklusi di beberapa besar platform data cloud.

MySQL Adalah? MySQL Front, MySQL Yog dan MySQL Connector

mysql-1

MySQL Front secara resmi disebut SQL Front, merupakan antarmuka front-end untuk database MySQL yang populer. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola basis data dari antarmuka Windows yang gampang digunakan, bukan melalui baris perintah. Karena MySQL Front merupakan aplikasi nyata, ia bisa menawarkan antarmuka pengguna yang lebih halus daripada yang mungkin dengan sistem yang dibangun pada PHP dan HTML (misalnya phpMyAdmin).

Respons langsung, karena tidak ada penundaan memuat ulang laman HTML. Seandainya penyedia mengizinkannya, MySQL Front bisa melaksanakan kontak langsung dengan database. Karena antarmuka yang intuitif, struktur basis data bisa dibuat dengan mengklik dengan mouse. Namun, alat ini masih memungkinkan untuk menjalankan kueri secara manual dan semacamnya.

MySQL Yog merupakan manajemen MySQL, solusi GUI paling komplit untuk DBA & Devops dengan powertools seperti backup terjadwal, SSH dan tunneling HTTP. MySQL Yog merupakan alat dalam kategori Database Tools. Berjalan di segala versi Windows dari Vista/2008 dan lebih tinggi serta sistem Windows Server dari generasi yang sama (Windows Server 2008 dan lebih tinggi). Bekerja dengan server MySQL versi  4.1 dan lebih tinggi dan segala server MariaDB.

MySQL Connector biasa disebut sebagai MySQL ODBC atau MyODBC. MySQL Connector merupakan driver untuk menghubungkan ke server database MySQL melalui antarmuka program aplikasi Open Database Connectivity (ODBC), yang merupakan sarana standar untuk menghubungkan ke database apa pun.

Pengguna bisa terhubung dari dalam aplikasi biasa dan lingkungan pemrograman, seperti Microsoft Access atau Excel atau Borland Delphi. MySQL Connector tersedia untuk beberapa besar sistem operasi utama, termasuk Windows, Unix, Linux, Solaris, AIX, dan OS X baik di bawah perangkat lunak bebassumber terbuka GNU General Public License (GPL) atau di bawah lisensi komersial. MySQL Connector juga merupakan software komputer dari Oracle Corporation.