Mengenal User Interface: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya

Kian berkembangnya zaman, alat digital pun kian jauh perkembangannya. Tidak cuma desainnya saja yang diperbagus, tapi juga interfacenya sudah dibuat semumpuni mungkin. Sebab interface merupakan garda terdepan bagi suatu alat digital jadi sudah selayaknya desain yang dibuat mesti semenarik mungkin. Kecuali itu, interface juga mesti dibuat secompatible dan sesederhana mungkin.

Hal ini dikarenakan interface juga disesuaikan dengan spesifikasi alat yang digunakannya. Sehingga dalam mendesain interface ini tak boleh sembarangan. Walaupun terlihat sepele, tapi siapa sangka kalau untuk mendesain UI saja seseorang akan dibayar dengan harga yang lumayan. Jadi penasaran hakekatnya interface merupakan apa, dan seperti apa saja contoh interface yang sudah berkembang saat ini?

Pengertian Interface Yaitu

interface

Interface atau dalam bahasa Indonesianya merupakan antarmuka ialah garda terdepan bagi suatu alat digital. Hal ini dikarenakan interface ialah suatu layanan ataupun mekanisme yang diberikan terhadap tiap pengguna alat digitalnya. Lazimnya layanan ini berbentuk komunikasi antara pengguna (user) terhadap cara operasi yang terdapat dalam alat digitalnya.
Dalam hal ini antarmuka akan memberikan layanan berupa info terhadap penggunanya sesuai yang diperlukan. Nantinya antarmuka ini akan memberikan layanan serta pemecahan permasalahan sampai permasalahan tersebut tuntas. Dengan menggunakan antarmuka ini memungkinkan cara operasi untuk bersentuhan langsung dengan para penggunanya. Tanpa memerlukan hal yang kompleks.

Interface sendiri memiliki fungsi untuk memasukkan pengetahuan baru ke dalam ES yang ialah basis pengetahuan cara pakar. Jadi saat sebuah software ataupun hardware baru ditambahkan ke dalam alat digital, interface ini yang pertama kali memberikan info. Ini terkait juga dengan cara interface merupakan input dan output yang keduanya sama-sama seputar memberikan efek manipulasi.

Interface ini biasanya didesain seindah mungkin, tapi konsisten bersifat compact. Contoh sederhananya merupakan pada alat digital ponsel. Dalam interface ini juga biasanya ditampilkan penjelasan seputar cara dan bagaimana metode menggunakan cara tersebut. Maka syarat utama desain interface merupakan kemudahan.

Contoh-Contoh Interface

interface

Demikian yang disinggung sebelumnya bahwa contoh sederhana dari user interface terletak pada sebuah ponsel. Halaman utama yang biasanya berisikan menu itulah yang ialah user interface. Tetapi selain itu ternyata masih banyak sekali contoh interface yang sangat jarang untuk diketahui. Sedangkan kerap kali dipakai dalam kesibukan sehari-hari. Untuk contoh interface merupakan sebagai berikut:

Command Line Interface

Pertama ada command line yang instruksi dari penggunanya menggunakan cara text terminal. Lazimnya pengguna akan mengetikkan baris-baris tertentu yang berisikan instruksi untuk mengerjakan program dan instruksi pada cara operasi. CLI atau command line interface merupakan antarmuka yang paling banyak dipakai dalam alat digital. Tetapi biasanya menggunakan kode yang berbeda-beda.

Graphical User Interface

Berbeda dengan sebelumnya interface kali ini bersifat lebih sederhana dengan mengandalkan gambar sebagai petunjuk yang dipakai. Lazimnya gambar-gambar ini akan dipilih sebagai format instruksi dari pengguna terhadap cara operasi. Dalam memilih gambar ini dapat menggunakan pointer seperti mouse, ataupun dipencet langsung layaknya touch screen. Konsep seperti ini disingkat dengan nama WIMP.

Interface Artikel

Berikutnya ada interface yang berbentuk instruksi menggunakan artikel. Lazimnya interface ini dipakai dalam alat yang memiliki fungsi dan sederhana. Lazimnya dengan artikel ini sangat mungkin bagi pengguna untuk membuat sebuah pilihan yang ada dalam cara operasinya. Walaupun begitu, sering kali interface seperti ini dipakai pada alat komunikasi yang lebih kompleks.

Dalam Format Pemilihan Menu

Contoh yang keempat ini sudah disinggung sebelumnya ialah contoh interface paling mudah serta paling mudah ditemukan. Dalam hal ini biasanya pengguna akan memilih menu yang diinginkannya untuk mengerjakan suatu pengerjaan. Cara input output interface juga dapat dilihat dalam pengerjaan ini. Di mana pengerjaan menginstal dan uninstal sebuah aplikasi merupakan salah satu contohnya.

Tempat Interaksi Lantas

Daftar kelima dalam contoh interface merupakan tempat berlangsungnya sebuah interaksi yang bersifat real time. Sebagai contoh saat seseorang memilih menu memutar lagu maka itu akan menjadi instruksi untuk cara operasi. Nantinya cara operasi akan memutar lagu tersebut sebagai format penyelesaian dari sesuatu yang diperintahkan. Demikian itulah contoh sederhananya.

Instruksi Suara

Ini ialah interface yang paling viral tak cuma karena kemudahannya saja, tapi juga karena terkadang terjadi kesalah pahaman. Lazimnya seseorang akan menyebutkan hal yang ingin untuk dijalankan, dan cara operasi yang mendengarkannya menangkap itu sebagai sebuah instruksi. Nantinya cara operasi akan mengeluarkan sesuatu terhadap penggunanya sesuai keinginan dari pengguna tersebut.

Pengisian Form

Ternyata pengisian suatu formulir juga menjadi salah satu contoh interface. Lazimnya formulir yang dipakai sebagai contoh merupakan sebagian formulir yang ada di dalam laman ataupun blog. Dapat juga formulir yang disediakan oleh cara operasi tersebut untuk penggunanya isi. Jadi tak ada yang menyangka bahwa hal seperti ini ialah contoh interface.

Menggunakan Instruksi Tertulis

Berikutnya juga ada interface yang kelihatannya hampir mirip dengan interface sebelumnya namun ternyata berbeda. Lazimnya interface ini mengharuskan penggunanya untuk menuliskan sesuatu sebagai komponen dari penyelesaian permasalahan. Salah satu contohnya yang paling kerap kali ditemukan sehari-hari merupakan menulis menggunakan email. Sebab email ini mengharuskan penggunanya untuk menulis.

Speech Recognition

Ini hampir sama dengan instruksi suara sebelumnya tapi kali ini lebih mengkonversi suara yang ada menjadi sebuah artikel. Sebab sifat suara manusia yang unik dan khas untuk tiap individu, maka cara operasi akan merekamnya. Nantinya suara rekaman tersebut akan dipakai sebagai tanda pengenal pengguna dari cara operasi tersebut.

Tangible UI

INTERFACE

Untuk contoh yang satu ini tak terlalu banyak ditemui karena memang menggunakan piranti dan protokol yang agak kompleks. Dengan pengertian sederhana dari tangible user interface merupakan lingkungan fisik yang melakukan interaksi dengan info digital. Lazimnya dalam penggunaannya menggunakan representatif dalam format fisik dan nantinya akan digabungkan dan dicampur dengan info digital.

Computer Vision

Berikutnya ada computer vision yang biasanya dipakai dalam format interface suatu robot. Dalam hak ini interface akan mengerjakan instruksi berdasarkan gambar yang diberikan. Gambar-gambar tersebut nantinya akan dibentuk sesuai dengan urutan yang diharapkan dan dikumpulkan dalam format video. Video inilah yang nantinya menjadi instruksi bagi cara info dari penggunanya.

Speech Synthesis

Terakhir ada interface dalam format pergantian sebuah pidato atau kata-kata menjadi format synthesizer. Khusus sederhananya synthesizer ini ialah gelombang suara yang dihasilkan melewati sebuah alat biasanya alat musik. Nantinya dari pengerjaan synthesis ini cara komputer akan menangkap sinyal yang diberikan sebagai instruksi untuk melakukan sesuatu atau komponen dari suatu penyelesaian permasalahan.

Bagaimana? Ternyata interface merupakan suatu hal yang memang sudah lekat dan ada dalam kehidupan manusia sehari-harinya. Via penjelasan di atas pengguna diharapkan sudah tak usah kebingungan lagi dalam memahami apa itu interface. Kecuali itu pengguna juga sudah mengenal contoh-contoh apa saja yang ada dari interface ini.

    Write a comment