Mengenal, Membentuk dan mengembangkan Potensi Diri, Karir dan Passion

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda memiliki segudang aktivitas yang mesti dilaksanakan atau kegiatan-kegiatan lain demi mewujudkan cita-cita Anda. Kerap kali, dikarenakan hal tersebut, Anda mesti mengalami kebosanan atau mungkin rasa lelah dan penat dalam pikiran Anda. Melainkan, bagaimana jikalau Anda memiliki passion?

Apakah Anda akan konsisten mengalami kebosanan, rasa lelah atau penat? Tentu saja tak. Oleh karena itu setiap orang sebaiknya diwajibkan untuk memiliki passion di dalam dirinya, agar terhindar dari hal-hal merugikan yang membuat ia tak dapat menempuh cita-citanya.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan passion? Berikut ini akan dibahas hal-hal perihal passion yang diawali dengan pengertian dari passion, kemudian dilanjutkan dengan sistem mengembangkan passion. Tentunya berita ini akan sangat berguna untuk Anda.

Definisi Passion

Definisi-Passion

Terpenting sederhana, passion yaitu suatu perasaan yang kuat yang terbentuk dalam diri seseorang. Dalam kehidupan seseorang, terdapat fase-fase yang mesti dihadapi dan seringkali seseorang memerlukan passion dalam menjalani fase-fase tersebut. Oleh karena itu, passion yaitu hal yang sangat sederhana tetapi juga sangat penting. Akan tetapi, passion berbeda sekali dengan hobi, meskipun seringkali passion yaitu hal yang berakar dari hobi.

Dengan adanya passion, Anda akan berani menginvestasikan waktu, daya, pikiran, bahkan secara finansial untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Passion yaitu sesuatu yang terjadi secara perlahan, tak secara tiba-tiba. Via bermacam-macam tahap yang tentunya kompleks dan berliku. Jalan-jalan berliku yang Anda hadapi itulah yang membentuk passion Anda.

Seseorang tak dapat mengandalkan passion untuk tumbuh dengan sendirinya. Supaya lebih aktif, Anda sebaiknya menemukan passion yang sesuai untuk diri Anda sekalian menumbuhkannya sesuai dengan perkembangan diri Anda. Oleh karena itu, passion yaitu sesuatu yang ditumbuhkan, bukan tumbuh dengan sendirinya.

Tipe-Tipe Passion

Passion-for-Knowledge

Terpenting umum, terdapat empat variasi passion, yakni passion for knowledge, passion for business, passion for service dan yang terakhir yaitu passion for people. Berikut ini akan dibahas empat variasi passion tersebut!

Passion for Knowledge

Passion variasi ini yaitu variasi passion yang perlu dimiliki seseorang agar memiliki keinginan untuk mempelajari suatu keahlian atau pengetahuan. Begitu yang sudah dipahami, knowledge atau pengetahuan yaitu pilar pertama yang perlu dipegang seseorang sebelum memulai untuk melakukan sesuatu. Anda baru dapat mengembangkan diri secara optimal atau membantu orang lain jikalau sudah memiliki kapabilitas yang cukup.

Passion for Business

Begitu yang sudah dibahas sebelumnya, passion yaitu kunci utama yang mesti dimiliki seseorang untuk membentuk kapabilitas. Lalu untuk passion variasi ini, difokuskan terhadap seseorang dengan tujuan orang tersebut dapat menjadi mandiri dan tak menjadi beban bagi orang lain secara finansial.

Bahkan, seseorang dapat terdorong lagi untuk memberikan kontribusi secara langsung atau pun tak langsung. Seandainya Anda menjadi pemilik sebuah usaha, Anda dapat memberikan lapangan pekerjaan. Melainkan jikalau Anda memutuskan untuk menjadi pekerja saja, Anda juga konsisten dapat berkontribusi, yakni dengan memberikan manfaat terhadap rekan sesama pekerja.

Passion for Service

Untuk kategori ini, passion yaitu dorongan untuk konsisten terhubung satu sama lain dan hal ini terjadi secara naluriah. Oleh karena itu, manusia disebut makhluk sosial. Terkait dengan hal ini, contoh passion yaitu memberikan pelayanan terhadap orang lain, sesama umat manusia. Begitu terdapat dorongan untuk saling memberikan perhatian terhadap kondisi yang sedang dihadapkan terhadap masing-masing rekannya.

Passion for People

Berikutnya, untuk kategori ini, passion yaitu sesuatu yang berhubungan dengan karakter alami manusia yakni sebagai makhluk sosial. Untuk kategori ini, contoh passion yaitu akibat yang diberikan atau diterima untuk membentuk, menjaga, dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. Kian besar passion ini, kian terdorong seseorang untuk menjadi komponen dari suatu komunitas, bukan cuma sekedar hadir sebagai komponen dari komunitas. Tentunya orang tersebut akan memberikan kontribusi yang berharga.

Berdasarkan pemaparan diatas, pengertian passion yaitu sesuatu yang dapat berbeda satu sama lain, tetapi pada kesudahannya passion artinya suatu dorongan yang membuat orang dapat lebih berkembang. Dalam kaitannya dengan bisnis, passion entrepreneur yaitu seseorang yang sangat dapat merasakan passion untuk bermacam-macam hal. Entrepreneur dapat merasa sangat bergairah atau bersemangat untuk menciptakan produknya atau servis demi bisnisnya, oleh karena itu disebut dengan passion entrepreneur.

Lalu, bagaimana sistem mengembangkan passion di dalam diri Anda? Berikut ini akan dibahas sebelas sistem untuk mengembangkan passion di dalam diri Anda!

Sebelas Sistem Memaksimalkan Passion di Dalam Diri

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, passion yaitu suatu dorongan, yang meskipun terlihat sepele tetapi memiliki pengaruh yang besar bagi semua orang. Terdapat sebagian sistem untuk mengembangkan passion di dalam diri Anda dan tentunya ini akan sangat bermanfaat. Berikut langkah-langkahnya.

1. Temukan Motivasi yang Mendasari Keputusan Anda

Sebagian orang di dunia ini membuat keputusan karena didasarkan oleh sebagian hal, misalnya keperluan untuk menyesuaikan diri yang erat kaitannya dengan tuntutan dalam bersosialisasi, keinginan untuk diukur baik oleh orang lain atau dianggap tahu dengan aturan. Anda akan kehilangan tujuan hidup, bahkan passion hidup, jikalau selalu membuat keputusan cuma berdasarkan apa yang baik menurut Anda tetapi berdasarkan tuntutan orang lain. Oleh karena itu, menemukan motivasi yang baik yang mendasari keputusan Anda tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan passion di dalam diri.

2. Temukan Poin-Poin Keutamaan Anda

Yang dimaksud dengan nilai keutamaan Anda yaitu keyakinan dasar Anda dalam menjalani hidup. Keyakinan ini dapat dilakukan baik dalam kehidupan religious atau spiritual, ataupun lewat cerminan kepribadian Anda. Banyak hasil riset membuktikan bahwa Anda tak akan dapat mengerjakan kehidupan Anda jikalau Anda tak menjalankannya sesuai dengan nilai-nilai keutamaan yang Anda yakini.

3. Lakukan Refleksi Diri

Bagaimana sistem melakukan refleksi diri? Yakni dengan mengajukan sebagian pertanyaan terhadap diri Anda sendiri. Anda mesti menyediakan waktu untuk bertanya terhadap diri sendiri mengenai apa yang Anda anggap iya dan apa yang tak sesuai dengan keinginan Anda. Sedangkan hal ini yaitu hal yang iya, kebanyakan orang tak punya waktu untuk mencari tahu apa saja nilai-nilai keutamaannya.

4. Temukan Pola Sekalian Tema dari Jawaban Anda

Sesudah menemukan pola dari jawaban-jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan, mulailah untuk melihat pola dari jawaban Anda. Misalnya, temukan pola dan tema dari pertanyaan, apa yang membuat Anda bahagia dan berguna bagi kehidupan Anda? Apa yang membuat Anda puas? Pola dan tema yang menjadi jawaban dari pertanyaan Anda ini tentunya sangatlah penting demi menemukan pertanyaan dari “pengertian passion ialah”.

5. Coba Pikirkan Apa yang Ingin Anda Lakukan

Terutamanya langkah yang satu ini, ajukan pertanyaan terhadap diri Anda sendiri, apakah selama Anda hidup ini Anda melakukan apa yang Anda sukai tetapi tak terlalu kerap kali? Cobalah untuk menggali dengan sangat dalam untuk mencari tahu aktivitas apa saja yang sangat Anda lakukan sekalian menyalurkannya secara produktif sehingga Anda dapat merasa bersemangat dalam menjalani hidup.

6. Coba Pikirkan Aktivitas Apa yang Selalu ingin Anda Lakukan

Cobalah untuk menuliskan semua hal yang selalu Anda impikan, tetapi belum pernah terlaksana dikarenakan bermacam-macam kendala, seperti tak sempat, keterbatasan dana, tak dapat, atau bahkan dikarenakan terlalu menakutkan. Selama menulis tersebut, cobalah ajukan sebagian pertanyaan terhadap diri Anda sendiri, misalnya apa yang selama ini paling Anda impikan tetapi tak pernah dapat terlaksana? Apa yang ingin Anda lakukan sewaktu masih kecil? Dan bermacam-macam pertanyaan lainnya.

7. Tentukan Tujuan

Tujuan dapat jadi sangat besar, misalnya mencari bisnis baru, atau dalam versi lebih kecil, mengikuti kursus kecil-kecilan demi memenuhi tujuan mencari bisnis Anda. Anda dapat menentukan tujuan yang mungkin tercapai.

8. Buatlah Komitmen untuk Menghindari Perilaku “Siap-Tetapi”

Frasa “Siap-Tetapi” ini yaitu variasi frasa yang menggambarkan ketakutan yang menghambat seseorang ketika ingin berlatih hal-hal baru. “Siap” artinya ada keinginan atau terinspirasi sehingga membuat Anda menjadi terdorong agar dapat menggapai keinginan tersebut. Melainkan, kata “Tetapi” yaitu munculnya ketakutan yang mencegah Anda sehingga tak mau lagi berusaha mengejarnya.

9. Lakukan Latihan Menenangkan Pikiran

Hambatan terbesar seseorang yang dapat memadamkan semangat kehidupan Anda yaitu ketakutan. Dikala ketakutan mengendalikan Anda dalam membuat keputusan, Anda akan selalu menghindari resiko atau tak mau mengalami kerentanan. Mengalami kerentanan dan kesediaan untuk membuka diri yaitu sistem Anda menjalin hubungan, baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Rasa takut pada biasanya muncul ketika Anda terlalu berfokus pada apa yang mungkin terjadi, sehingga tak dapat menerima apa yang sedang terjadi sekarang ini. Anda dapat menyelesaikan hal ini dengan sistem melatih diri untuk menenangkan pikiran.

10. Bersabarlah Menghadapi Diri Sendiri

Menemukan sumber semangat berarti melakukan eskperimen yang tentunya memerlukan waktu. Mungkin Anda memerlukan waktu untuk berlatih bermacam-macam ide sebelum menemukan apa yang paling Anda sukai. Banyak orang gagal lewat fase ini sebab langsung menyerah ketika situasi terasa sulit.

11. Ambil Ringkasan

Berkaitan dengan hal terakhir, terdapat sebagian fase yang dapat Anda lakukan. Misalnya cobalah untuk meliburkan diri selama sebagian hari tanpa melakukan apapun. Cobalah untuk membebaskan diri melihat pikiran Anda dan bila terdapat hobi yang tak dapat Anda lakukan, cobalah untuk merelakannya. Buatlah buku harian dan tulislah pikiran atau keinginan yang muncul. Kemudian kejar salah satu yang paling mungkin untuk Anda kejar.

Semacam berita mengenai passion yang tentunya dapat menjawab pertanyaan sekalian memperdalam pengetahuan Anda mengenai passion. Semoga berita yang terkandung di dalamnya dapat berguna untuk Anda maupun rekan-rekan Anda yang terkasih.