Mengenal Malware Trojan Horse dan Bahaya dan Pencegahannya

Trojan horse adalah program komputer berbahaya yang menghadirkan dirinya sebagai perangkat lunak yang sah. Disebut juga sebagai Trojan, ia menyembunyikan malware dalam file yang tampak normal. Trojan horse adalah salah satu aplikasi berbahaya yang dirancang untuk mengerjakan serangan menggunakan sebagian cara, seperti penyelipan aplikasi lewat email, atau sebuah file tertentu yang sudah diisi dengan trojan horse yang dikemas dalam bentuk sesuatu yang menarik.

Istilah Trojan horse didasarkan pada kuda kayu yang menyebabkan kejatuhan kota Troy dalam mitologi Yunani Kuno. Kota Troy yakni kota yang memiliki pertahanan sungguh-sungguh kuat yang tak dapat ditembus oleh para musuh. Musuh-musuh itu kemudian memiliki rencana untuk membangun sebuah kuda kayu besar.

Di dalamnya, berisi para prajurit dan dikirim ke Troy. Gerbang Troy dibuka, dan kuda itu dibawa ke kota dan gerbang ditutup. Malam harinya, saat penduduk Troy sudah tertidur, para prajurit di dalam kuda keluar. Mereka membuka gerbang dari dalam dan memungkinkan pasukan lain mereka yang berada di luar untuk masuk dan menghancurkan Troy. Nah, sistem tipuan dari malware ini yang membuatnya didefinisikan sebagai Trojan horse.

Trojan Horse Yaitu | Metode Penyebarannya dan Apa Yang Dilakukannya?

trojan-horse-1

Sebab Trojan horse adalah malware yang dapat menyebar, penjahat dunia maya merekayasa berjenis-tipe sistem untuk menyebarkan Trojan horse. Metode menarik pengguna komputer atau laptop dari Trojan horse adalah dengan membuat pengguna mengklik lampiran email yang terlihat tak berbahaya, namun sebenarnya berbahaya.

Dikala diklik, Trojan kemudian mengeksekusi dirinya sendiri. Unduhan drive-by adalah sistem populer lain untuk menyebarkan Trojan. Dalam cara ini, program Trojan secara otomatis diunduh ke perangkat komputer tanpa pemberitahuan. Di banyak kasus yang terjadi, pengguna komputer tak pernah menyadari keberadaan Trojan. Trojan sendiri dapat menyebar ke perangkat/komputer lain yang berada dalam satu jaringan komputer yang sama.

Trojan horse adalah malware yang membawa muatan berbahaya, yang mungkin saja terdapat backdoor atau ransomware di dalamnya. Trojan membantu pengontrol untuk mengambil berita pribadi pengguna seperti kata sandi, kredensial perbankan, dan alamat IP. Trojan horse adalah program yang dapat menghapus, memblokir, menyalin, dan memodifikasi data, dan memengaruhi tenaga kerja perangkat/komputer. Berikut sebagian contoh malware Trojan horse yang familiar saat ini.

Bitfrost

Ini adalah ragam Trojan akses jarak jauh, yang dibuat oleh peretas dengan niat untuk menginfeksi Windows pengguna dengan memodifikasi komponen.

Tiny Banker

Dikembangkan oleh pencuri dunia maya untuk mengekstrak data perbankan/keuangan rahasia pengguna. Sasaran utama mereka adalah bank dan lembaga keuangan.

Magic Lantern

Trojan ini dibuat oleh agen federal Amerika, FBI, untuk mencatat dan melacak Keystrokes untuk membantu pengawasan kriminal.

Zeus

Hingga saat ini, Zeus yakni Trojan paling mematikan yang ditemukan. Ini adalah toolkit kejahatan yang membangun kuda Troya sendiri yang mencakup versi polimorfik Trojans, unduhan drive-by, dan form grabbing untuk mengekstraksi berita sensitif dari pengguna.

Trojan Horse Yaitu? | Ragam-tipe Trojan

trojan-horse-2

Trojan horse adalah malware yang memiliki banyak ragam. Sebagian dapat mengirim SMS premium, mencuri kredensial perpesanan instan Anda, memata-matai aktivitas cara untuk menangkap data keystroke, mencuri alamat email, dan kredensial game. Ragam-tipe dan sistem untuk dapat mempengaruhi cara komputer para pengguna Trojan horse adalah sebagai berikut.

Trojan-Backdoor

Trojan-Backdoor memberi para peretas akses jahat untuk mengambil kendali jarak jauh atas komputer yang terinfeksi. Mereka memberi sistem untuk para peretas jahat berprofesi di komputer yang terinfeksi. Mereka dapat mengirim, menerima, menghapus dan meluncurkan file, menampakkan data, dan menyalakan ulang komputer.

Trojan-Exploit

Yaitu ragam Trojan yang berisi kode berbahaya atau data untuk menyerang perangkat lunak atau aplikasi yang rentan berjalan di komputer yang terinfeksi.

Trojan-Rootkit

Dikembangkan oleh pembuat malware untuk mendapatkan akses ke cara korban. Sementara mereka menyembunyikan keberadaan mereka atau aktivitas jahatnya agar tak terdeteksi untuk memperluas keberadaan mereka agar dapat dikerjakan dan dikerjakan di komputer yang terinfeksi.

Trojan-Banker

Ini adalah ragam trojan yang dikembangkan untuk mengekstrak data akun pengguna, data debit atau kartu kredit lewat cara perbankan online, gateway pembayaran elektronik.

Trojan-DdoS

Program-program ini dikembangkan untuk mengerjakan serangan Denial of Service (DOS) sehingga dapat menginfeksi alamat situs korban. Program malware mengirim berlipat-lipat dari komputer pengguna yang terinfeksi dan membentuk jaringan dengan sebagian komputer lain yang terinfeksi. Lebih-lebih kuat menegakkan serangan terhadap alamat target yang menyebabkan penolakan layanan.

Trojan-Downloaders

Begitu namanya, trojan ini dikembangkan oleh peretas untuk mengunduh dan menginstal versi baru dari program jahat ke komputer target korban.

Trojan-Dropper

Yaitu program lengkap yang diterapkan oleh penjahat dunia maya untuk menginstal malware. Beberapa besar program antivirus tak mendeteksi ragam Trojan ini sebagai malware berbahaya, dan karenanya diterapkan untuk menginstal virus.

Trojan-FakeAV

Program Trojan-FakeAV berpura-pura beroperasi seperti perangkat lunak antivirus. Mereka dikembangkan untuk mendapatkan uang dari pengguna sebagai imbalannya. Untuk mendeteksi dan menghapus ancaman, meskipun ancaman yang mereka laporkan tak ada secara waktu nyata.

Trojan-GameThief

Sasaran utama Pencuri Trojan-Game adalah gamer onlilne dan motif utamanya adalah mencuri berita akun pengguna.

Trojan-IM

Program Trojan-IM terlebih mengekstrak login dan kata sandi pengguna Skype, Facebook Messenger, ICQ, MSN Messenger, Yahoo Pager, AOL, dan banyak lagi.

Trojan-Ramson

Adalah ragam Trojan yang dapat mengenskripsi data di komputer/perangkat Anda. WannaCry dan Petya adalah serangan ransomware yang mungkin dikenal. Pakar keamanan dunia maya merekomendasikan pengguna untuk mengikuti kebijakan pencadangan dan pemulihan yang kuat dan sistematis.

Trojan-SMS

Program Trojan-SMS mengirim pesan teks dari perangkat seluler korban ke nomor telepon lain.

Trojan-Spy

Begitu namanya, dapat memata-matai bagaimana korban menggunakan komputer. Misalnya, melacak data, mengambil tangkapan layar atau mengekstraksi daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Trojan-Mailfinder

Program-program ini dikembangkan oleh peretas untuk mengekstrak alamat email dari komputer korban.

Langkah Gampang untuk Melindungi Serangan Trojan Horse adalah Sebagai Berikut

trojan-horse-5

Penjahat cyber mengirim email dengan tautan atau lampiran yang berbahaya. Pengguna diperdaya oleh iklan dan penawaran menarik. Saat mereka membuka lampiran atau mengklik tautannya, perangkat mereka terinfeksi dengan Trojan. Melainkan, sistem ini dapat diatasi dengan menginstall perangkat lunak untuk perlindungan.

Anda dapat mengerjakan install untuk program anti-virus yang tepat. Hal ini akan membantu pengguna untuk konsisten di depan serangan Trojan. Anda dapat mencari anti-virus yang tak tertandingi, firewall yang kuat, anti-spyware, serta kontrol aplikasi yang menampakkan teknik pencegahan. Dikala ini, berjenis-tipe anti-virus dapat Anda dapatkan secara online. Baik yang gratis, maupun berbayar.