Membuat Aplikasi WEB Sederhana

Selain mencari cara untuk membuat aplikasi mobile, pengguna internet juga mencari informasi mengenai cara membuat aplikasi situs. Hal hal yang demikian disebabkan karena untuk membuat situs, seseorang setidaknya seharusnya mengetahui seluk beluk platform yang dipergunakan dan bahasa pemrograman.

Karena itu, akan sulit bagi pemula yang tertarik dengan aplikasi situs untuk membuat situs hal yang demikian. Namun, dengan adanya banyak informasi di internet, kamu bisa mencari caranya dengan gampang dan kemudian mengaplikasikannya. Butuh ketekunan dan niat yang kuat untuk belajar membuat aplikasi situs. Hal hal yang demikian bukan karena susah namun bisa dibilang agak kompleks terlebih untuk orang yang baru pertama kali belajar bahasa pemrograman.

Berikut ini cara untuk membuat aplikasi situs yang sederhana bahkan diantaranya bisa kamu lakukan tanpa seharusnya menggunakan coding yang bisa langsung kamu praktekkan supaya kamu bisa membuat aplikasi yang kamu inginkan. Simak selengkapnya!

Cara Membuat Aplikasi Website

Semakin berkembangnya aplikasi situs, semakin banyak pula yang menggunakan aplikasi hal yang demikian. Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu peroleh ketika kamu mempunyai aplikasi situs. Beberapa diantaranya yaitu:

Mudah untuk Dikembangkan

Kalau dibandingkan dengan software, maka aplikasi situs ketika ini lebih terkenal. Hal ini tidak lain tidak bukan yaitu karena aplikasi situs gampang untuk dikembangkan. kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman yang kamu pahami misalnya dengan menggunakan HTML.

Mudah untuk Diakses

Orang yang mempunyai aplikasi situs lebih gampang untuk mengakses informasi yang ada diperusahaan. Misalnya untuk mencari nama dari pegawai yang ada di kantor hal yang demikian dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan perusahaan tempat bekerja.

Pengaturan Server Yang Murah

Sistem yang dipergunakan pada aplikasi situs yaitu sistem terpusat. Sistem hal yang demikian mempunyai inti untuk memperbarui program dengan menggunakan atau melewati 1 server saja. Sehingga kalau pun kamu menambahkan data yang terlalu banyak sehingga menyebabkan server tidak kuat, maka kamu hanya perlu menambah kapasitasnya saja.

Menyajikan Informasi yang Mudah untuk Dibagikan

Dengan menggunakan sistem server yang terpusat hal yang demikian juga mempermudah kamu untuk bisa membagi suatu informasi ke siapa saja yang menggunakan sistem hal yang demikian. Sehingga untuk membagi suatu informasi, kamu bisa menjalankan pembaharuan di bagian server.

Fleksibel

Kalau lazimnya aplikasi seperti Android atau iOS hanya bisa dipergunakan di platform tertentu, maka dengan menggunakan aplikasi situs kamu tidak perlu khawatir perihal itu. kamu tetap bisa menggunakan atau mengakses aplikasi situs di platform atau sistem operasi yang berbeda. Misalnya dari linux.

Selain itu, tampilan dari situs juga akan menyesuaikan lebar tidaknya suatu ukuran dari device. Misalnya tampilan untuk komputer jinjing dan netbook tidak mempunyai perbedaan walaupun ukuran layarnya berbeda. Dengan begitu, akan lebih membuat nyaman orang yang membuka situs hal yang demikian.

Dasar dan Cara Membuat Aplikasi Website

Sebelum membuat aplikasi web, maka setidaknya kamu seharusnya tahu cara membuat aplikasi situs dengan menggunakan coding (bahasa pemrograman). Minimal tahu alurnya terlebih dahulu supaya nanti ketika kamu membuat aplikasi situs hal yang demikian, kamu tidak kebingungan apa yang seharusnya dikerjakan dan mengakibatkan aplikasi situs menjadi sulit untuk dipahami.

kamu bisa mencoba untuk membuat suatu aplikasi yang mempunyai fitur CRUD atau create reset update delete. Dengan adanya fitur hal yang demikian, maka kamu akan bisa menjalankan resep, menciptakan, memperbarui dan menghapus data hanya dengan menggunakan aplikasi hal yang demikian. Sebelum melakukannya, maka kamu seharusnya mempersiapkan software atau perangkat lunak dan bahasa pemrograman. Diantaranya yaitu:

HTML

Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat halaman situs. Selain itu, HTML juga lazimnya digunakan untuk menampilkan informasi di situs dan menghasilkan tampilan yang bisa terintegrasi.

JavaScript

Bahasa pemrograman ini lazimnya ada di bagian web browser yang memungkinkan kamu untuk bisa menampilkan halaman dari HTML supaya terlihat lebih menarik dan dinamis.

CSS

Rules yang dipergunakan untuk memberikan sentuhan atau style untuk aplikasi yang akan dikembangkan.

Jquery

Fungsinya yaitu mempermudah penggunaan JavaScript.

Twitter Bootstrap

Untuk menolong kamu supaya mendapatkan tampilan situs yang lebih responsif.

Web Browser

Sebagai media untuk membuka aplikasi situs yang dibuat. kamu bisa memilih untuk menggunakan safari, Chrome atau mozilla.

Text Editor

Fungsinya yaitu untuk menuliskan coding yang akan dibuat menjadi suatu aplikasi situs yang sederhana. Ada beberapa pilihan text editor misalnya dengan menggunakan notepad++. Setelah persiapan hal yang demikian, maka kamu siap untuk membuat kerangkanya. Proses selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu:

Membangun Kerangka

Dalam tahapan ini, kamu bisa membuat folder untuk membedakan file yang satu dengan yang lainnya misalnya file secara keseluruhan dan file index yang berisi file HTML. Setelah membuat ini dari aplikasi maka kamu kemudian bisa memasang aplikasinya seperti Jquery dan Bootstrap. File jquery dan twitter bootstrap ini seharusnya berada di lokasi yang sama atau 1 folder yang sama karena keduanya akan berhubungan secara langsung.

Membuat Form dan Navigasi

Setelah itu, kamu seharusnya membuat form yang dibutuhkan misalnya judul menu, tambah data, edit data, daftar data ataupun ganti menu. Kalau telah maka selanjutnya kamu seharusnya memasang coding supaya form yang telah dibuat hal yang demikian bisa dipergunakan.

Testing

Kalau kamu telah memasukkan dan menuliskan coding dengan benar, maka aplikasi telah bisa dicoba. Agar tahu apakah aplikasi hal yang demikian berjalan dengan baik atau tidak, maka kamu seharusnya mencoba satu per satu fitur yang dibuat dalam aplikasi hal yang demikian.

Cara Membuat Aplikasi Website Multi OS

Umumnya, aplikasi bisa diakses dari seluruh tempat termasuk dari beragam macam sistem operasi. Seperti Windows, Linux, MacOS. Karena hal hal yang demikian dalam pembuatan aplikasi hal yang demikian dibutuhkan electron. Electron hal yang demikian merupakan framework yang mempunyai fungsi untuk membuat supaya aplikasi situs hal yang demikian bisa digunakan dengan platform manapun.

Untuk menggunakan cara membuat aplikasi situs sederhana ini maka kamu seharusnya tahu apa itu Node.js dan Chromium. Kedua bahasa pemrograman yang mempunyai ‘kekuatan’ native hal yang demikian akan menolong situs kamu untuk bisa langsung berinteraksi dengan sistem operasi yang digunakan untuk mengakses situs hal yang demikian.

Akan tetapi kamu tidak bisa langsung menggunakan software ini karena sebelumnya seharusnya menginstal npm dan Node.js. Kalau tidak dan kamu tetap tidak menginstal kedua atau salah satu diantaranya, kamu tidak bisa mengcompile atau membuat aplikasi menjadi error.

Cara Membuat Aplikasi Website Tanpa Coding

Kalau cara diatas cukup kompleks untuk kamu, kamu bisa mencoba cara membuat aplikasi situs tanpa seharusnya menggunakan coding. Caranya yaitu dengan menggunakan ‘pihak ketiga’. Entah itu dengan menggunakan aplikasi, situs ataupun dengan menggunakan penyedia layanan jasa pembuatan aplikasi. Salah satu cara untuk membuat situs sederhana tanpa seharusnya menggunakan coding yaitu dengan menggunakan Hermit – Lite Apps Browser. Aplikasi ini bisa menolong kamu untuk membuat aplikasi situs dengan menggunakan aplikasi. kamu hanya perlu untuk mengunduhnya terlebih dahulu di app store yang ada, kemudian masuk dan kamu bisa mencoba untuk membuat suatu situs.

Cara membuat aplikasi situs dengan menggunakan Hermis setelah menjalankan instalasi yaitu:

  • Masuk dan buka di bagian feature tour. Nantinya kamu akan mendapati 6 halaman yang isinya informasi mengenai kelebihan dari hermit.
  • Klik tanda merah yang ada di bagian kanan bawah. Selanjutnya maka kamu seharusnya memasukkan URL situs di bagian dalam bar yang ada di layar. Alamat situs hal yang demikian terserah kamu, jadi kamu tidak perlu kebingungan kalau dengan aplikasi ini seharusnya punya situs dahulu.
  • Kalau telah maka kamu bisa mengganti nama aplikasi hal yang demikian menggunakan alamat layak dengan kesayangan kamu. Cara ini hanya bisa dijalankan kalau situs yang telah kamu pasang sebelumnya dengan nama domain hal yang demikian, telah terbuka.
  • Karenanya setelah kamu menjalankan klik pada tombol merah, kamu akan mendapatkan pop up konfirmasi timbul. Untuk melanjutkannya maka kamu bisa menjalankan klik pada create.

Mengatur Interface dan Fitur

Setelah masuk di homescreen, maka kamu akan bisa menjalankan pengaturan ltem layak dengan kebutuhan kamu. Beberapa konten yang bisa kamu pergunakan diantaranya yaitu frameless, full screen, scroll to top, pull to refresh, block ads, open link in lite app, load image, do not tract, data saver mode dan desktop size.

Fitur yang lainnya yaitu integration. Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa mengatur mengenai fungsi pencarian ataupun notifikasi atau pemberitahuan. Tidak hanya bagian fitur yang bisa diatur namun juga di bagian temanya. kamu memilih tema yang kamu sukai misalnya warna apa yang kamu suka untuk digunakan di bagian status bar. Setelah situs jadi, maka kamu bisa mengetes dan menggunakannya. Malahan kalau perlu, kamu bisa menyebarluaskanya misalnya ke teman dekat.

Cara Membuat Aplikasi Website dengan Jasa Pembuatan Aplikasi

web002

Jikapun kamu kesusahan untuk membuat aplikasi situs baik dengan menggunakan kode atau pun tanpa menggunakan kode, ada cara membuat aplikasi situs yang lebih gampang lagi. Caranya yaitu dengan menggunakan bantuan dari pengembang.Perusahaan pengembang lazimnya menyediakan pelayanan jasa untuk pembuatan aplikasi, situs, dan maintenance.

Termasuk menolong kamu kalau kamu kesusahan untuk membuat konten atau pengoptimalan SEO. Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan jasa pihak ketiga yaitu sebagai berikut:

Developer Memahami Teknologi Pengembangan Yang Sedang Tren

Sehingga, aplikasi termasuk aplikasi situs yang kamu minta untuk dibuatkan, akan menggunakan bahasa pemrograman yang terbaru atau layak dengan kebutuhan dari klien dan kompatibilitas dari aplikasi yang dibuat.

Bahasa pemrograman yang digunakan, beberapa diantaranya yaitu:

  • CSS
  • HTML5
  • PHP yang memungkinkan programmer untuk memaksimalkan sistem seperti pembuatan program dengan menggunakan framework.
  • Memiliki bagian yang dinamis dan seimbang antara program yang dibuat dan desain yang user friendly.
  • Programming dengan menggunakan htaccess yang memungkinkan untuk menjalankan perubahan URL dan perubahan yang lainnya sehingga hasil dari SEO akan bisa memberikan keuntungan bagi pemilik web Misalnya pengunjung situs menjadi semakin banyak.

Layanan Jasa Pembuatan Website

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi suatu masalah termasuk dalam cara membuat aplikasi situs dan kelengkapannya. Hal yang dimaksud dengan kelengkapannya ini seperti penyelesaian masalah yang terjadi. Bisa jadi, aplikasi situs yang kamu miliki telah bagus namun karena masalah SEO aplikasi hal yang demikian menjadi kurang bagus dan pengunjungnya sedikit. Yang lazimnya termasuk dalam layanan pembuatan aplikasi situs yaitu beberapa hal berikut ini:

Analisa Masalah

Menganalisa masalah yang kamu hadapi untuk bisa memberikan solusi yang tepat sehubungan dengan pengembangan aplikasi  situs.

Perencanaan

Perencanaan yaitu element yang paling penting dalam proses pengembangan suatu produk IT karena ini akan menjadi rujukan dari programmer dalam proses pemrograman supaya tetap terarah.

SEO/SEM

Sering dianggap sepele, namun adanya SEO/SEM ini akan amat menolong kamu yang mempunyai aplikasi situs, terlebih yang berkaitan dengan penjualan. Kalau pengoptimalan SEO di situs hal yang demikian bisa berjalan dengan baik, maka kamu bisa mendapati situs kamu ada di halaman pertama di mesin pencari.

Rekonstruksi Informasi

Fasilitas ini amat berkaitan dengan adanya analisa masalah. Bisa jadi masalah yang timbul diakibatkan karena banyaknya bagian yang ada di dalam situs hal yang demikian yang rusak atau terlalu acak-acakan. Karena hal hal yang demikian maka dibutuhkan penataan data kembali.

Tujuannya yaitu ketika data hal yang demikian dibutuhkan, data yang tersimpan akan tertampil dengan baik. Terutamanya untuk situs besar, akan amat memakan waktu untuk merapikan dan menata kembali data dari aplikasi hal yang demikian.

Laporan Google Analytics

Layanan ini akan berkaitan dengan SEO/SEM. Dari hasil laporan yang diperoleh melewati google analytics hal yang demikian kamu akan mendapatkan data yang bisa dipergunakan untuk iklan ataupun untuk peningkatan layanan.

Pembuatan System

Sistem yang dimaksud yaitu sistem situs atau aplikasi yang dibuat layak dengan rancangan yang telah kamu buat sebelumnya.

Jenis Website Yang Dapat Dibuat

web003

Ada beberapa macam situs yang dapay dibuat dengan menggunakan jasa pihak ketiga diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pembangunan Site E-commerce

Aplikasi situs yang dibuat yaitu aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk menjual ataupun membeli. Dalam aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur seperti pembelian produk, pengaturan template dan fitur multibahasa.

Site CMS dan Blog

Seperti blog pribadi ataupun blog professional yang gampang untuk dikelola bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Komunitas dan Membership

Dalam aplikasi situs ini kamu bisa menjalankan pendaftaran anggota, login, ataupun forum yang diselenggarakan khusus hanya untuk anggota.

Site/Sistem Pesanan

Hampir sama seperti e-commerce namun aplikasi situs ini, tidak serumit situs e-commerce sehingga kamu tetap bisa membuat orderan misalnya pemesanan hotel.