Manfaat Industri Kreatif Terhadap Perekonomian Indonesia

Industri kreatif yakni suatu bahasan yang tidak akan pernah habis untuk dibahas, khususnya di Indonesia yang ketika ini memang tengah menggencarkan industri. Tidak bisa dipungkiri, sektor satu ini memberikan peranan yang amat penting untuk perkembangan perekonomian Indonesia.

Menurut data yang dikeluarkan oleh BEKRAF pada 2017 lalu sektor ini telah memberikan kontribusi sebesar 7,28% kepada produk domestic bruto Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan oleh John Howkins pada 2001 silam, industri ini membawa gagasan baru dalam sistem perekonomian dunia.

Industri kreatif menempatkan informasi dan kreativitas manusia sebagai faktor produksi utamanya. Sekilas, industri kreatif yang dikenal juga dengan ekonomi kreatif menjadi suatu hal yang amat penting dalam perekonomian Indonesia.

Namun, apa hakekatnya industri kreatif? Apa saja yang termasuk didalamnya? Bagaimana kemudian peranan industri ini bagi perekomian Indonesia? Ingin tahun jawabannya? Untuk kamu yang telah tidak sabar, yuk simak informasi dibawah ini!

Apa itu Industri Kreatif?

Industri-pengertian

Industri kreatif yakni aktifitas ekonomi yang memanfaatkan keterampilan, bakat, dan kreativitas yang dimiliki oleh tiap individu. Dapat membuka lapangan pekerjaan baru serta bisa menciptakan kesejahteraan didaerah tinggal mereka.

Dalam pengertian lain, menurut departemen perdagangan republik Indonesia tahun 2009, industri kreatif yakni sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan, dan bakat yang dimiliki oleh tiap Individu dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan.

Konsep yang diusung ekonomi kreatif ini semakin menarik perhatian tiap negara seiring berjalannya waktu. Di Indonesia sendiri, industri ekonomi kreatif ini amat ramai dan digemari, apalagi dengan fakta bahwa sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi yang didapat dari sektor ekonomi amat besar, mulai dari seni, music, fashion, dan lainnya.

Dalam industri kreatif, tiap orang bisa turut ambil andil didalamnya, hal ini karena memang industri ini berpusat pada ide, bakat, dan kreatifitas yang dimiliki oleh tiap individu. Hal ini kemudian didukung dengan pemerintah yang telah memberikan dukungan berupa usaha yang dikerjakan pemerintah mencari cara meningkatkan daya saing produk nasional dalam persaingan pasar global.

Melalui kolaborasi antara departemen perdagangan, departemen perindustrian, kementerian koperasi serta usaha kecil menengah, pemerintah juga didukung KADIN membentuk tim Indonesia designer power 2006-2010.

Tim yang disusun ini bertujuan untuk menempatkan produk buatan Indonesia supaya bisa diterima dipasar global dengan tetap mempertahankan karakter nasionalnya. Setiap tahun pemerintah selalu berusaha untuk melaksanakan perbaikan melalui studi intensif serta meluncurkan cetak biru pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Dengan berlakunya pasar bebas ASEAN atau MEA, Indonesia tentunya sepatutnya mengambil kesempatan ini untuk memperoleh keuntungan. Indonesia sepatutnya bisa menemukan cara supaya kekayaan alam yang dimiliki menjadi peluang supaya Indonesia bisa menjadi pemasok kekuatan dan bahan baku untuk negara anggota ASEAN lainnya.

Selain itu, target lain yang ingin dituju yaitu melaksanakan perluasan pasar hingga taraf internasional dan menarik investor. Salah satu cara yang dikerjakan pemerintah untuk menghadapi MEA sekaligus mencapai target hal yang demikian ialah mendorong tumbuhnya industri ekonomi kreatif guna menghasilkan temuan yang bisa memenuhi tuntutan dan kebutuhan pasar. Tujuan akhir ialah menjadikan Indonesia sebagai market leader ASEAN.

Karakteristik Industri Kreatif

Setelah mengetahui pengertian industri kreatif, tentu sama penting dengan memahami bagaimana karakteristiknya. Apa saja kah itu?

  • Diperlukan adanya kerjasama antar bermacam aktor yang berperan dalam ekonomi kreatif ini. Aktor yang dimaksud yaitu mulai dari orang berada dalam dunia usaha, kaum intelektual atau cendekiawan, dan terakhir ialah pemerintah yang merupakan prasyarat paling dasar yang sepatutnya dipenuhi.
  • Industri satu ini berbasis pada gagasan.
  • Pengembangan ekonomi kreatif tidak dibatasi dalam bermacam bidang usaha.
  • Konsep yang dibangun dalam ekonomi kreatif bersifat relative.

Manfaat Industri Kreatif bagi Perekonomian Indonesia

Manfaat-Industri

Adanya sektor satu ini tentunya menggeser produk hasil industri konvensional sekaligus membawa solusi baru yang tepat untuk kebutuhan pasar. Adanya industri ini tentunya membawa manfaat yang amat besar bagi perekonomian. Manfaat industri kreatif yakni sebagai berikut:

Bermunculnya Bisnis Startup

Berbagai trend dan gaya hidup yang ketika ini kita jalani yakni akibat dari perkembangan teknologi yang semakin maju dari waktu ke waktu. Tidak bisa dipungkiri, teknologi mempunyai peranan penting bagi kehidupan sosial masyarakat, karena munculnya teknologi yang mempermudah seseorang dalam mengakses informasi jauh lebih cepat.

Hal ini menjadikan seseorang bisa mengetahui bermacam informasi dari belahan dunia dengan semakin gampang dan cepat, bahkan secara real time. Dengan adanya jalan masuk informasi yang amat cepat ini, menjadikan manusia lebih gampang belajar dan mengetahui ilmu pengetahuan.

Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki akan menciptakan dan membentuk pemikiran baru yang lebih kreatif dalam memandang dan menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Tokopedia, Gojek, dan Ruang Guru yakni contoh dari startup yang lahir dari buah pemikiran, ide,  kreatif dan inovatif manusia yang sanggup memperhatikan suatu permasalahan dari sudut pandang berbeda.

Ide ini kemudian ditunjang dengan adanya teknologi yang mempermudah dalam penyelesaian masalah sehingga terciptalah suatu produk yang amat bermanfaat bagi manusia. Hadirnya bermacam startup ini membawa angin perubahan baru dalam hal menawarkan produk dan hal lain yang sebelumnya tidak ditemukan ketika industri ini belum ada.

Percepatan Inovasi

Jikalau kamu punya waktu, coba bandingkan dan lihat perkembangan industri bisnis kini dengan bisnis pada era 90-an. Sangat berbeda jauh perbedaan yang akan kamu temukan.

Lebih-lebih semenjak tahun 2005 internet mulai dikenal seluruh dunia dan merambah seluruh lapisan masyarakat. Teknologi internet ini menjadi pemicu lahirnya bermacam temuan dan teknologi baru yang lebih cepat dalam kategori yang amat beragam.

Saat ini kamu telah bisa menikmati bermacam layanan online, seperti transportasi dan pemesanan tiket yang berbasi online, juga e-commerce yang jumlahnya mencapai ribuan. Tanpa adanya teknologi, siapa yang akan bisa merasakan temuan sebesar ini? Ditambah dengan kenyataan bahwa teknologi menjadi sesuatu yang bisa dimiliki tiap orang.

Sayangnya, fenomena percepatan temuan ini tidak bisa dipungkiri membawa akibat negative bagi beberapa kalangan, seperti mereka yang berada dibisnis berita dan televisi. Dengan adanya smartphone, orang tidak lagi membaca berita dari koran secara fisik, karena telah bisa dirasakan melalui smartphone mereka.

Bagi dunia televisi mengalami kerugian karena telah semakin sedikit pihak yang mengiklankan produk pada televisi. Saat ini orang lebih suka memasang iklan pada situs online yang memang lebih menguntungkan dalam bermacam aspek. Oleh karena itu, industri konvensional hal yang demikian sepatutnya mulai berpikir bagaimana supaya usaha mereka tetap eksis ditengah teknologi yang semakin pesat.

Pelaku Bisnis Lebih Kompetitif

Saat ini internet dan bermacam teknologi lainnya bisa diakses oleh segala orang untuk bermacam kepentingan, entah untuk kepentingan komunikasi hingga kepentingan bisnis. Hal ini menyebabkan pemilik bisnis dan pasar mempunyai media yang sama untuk menjangkau konsumennya.

Ini tentu akan menjadi sebuah magnet bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis untuk melaksanakan pemasaran produk. Akan memberikan banyak pilihan produk bagi masyarakat dan menjadikan mereka konsumen yang cerdas.

Sehingga mau tidak mau para pemilik bisnis akan bersaing ketat dalam kompetisi mendapatkan konsumen. Para pebisnis ini akan berlomba menjadi market leader dengan melaksanakan pemasaran yang menawarkan produk mereka dengan menggencarkan kelebihan atau keunggulan produk.

Untuk mencapai posisi market leader, pelaku bisnis tentunya sepatutnya memahami betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Termasuk penyebaran masyarakat dengan kebutuhan yang berbeda disetiap wilayahnya, memperhatikan level persaingan, dan menemukan bermacam informasi yang dibutuhkan.

Semua yang dibutuhkan hal yang demikian bisa dicapai dengan memanfaatkan teknologi internet. Adanya teknologi internet menjadi kunci ketatnya persaingan antar pelaku bisnis.

Menghasilkan Individu Kreatif

individu-kreatif

Lahirnya industri kreatif berasal dari buah pemikiran manusia kreatif. Hal ini tentu saja akan menghasilkan manusia kreatif lainnya yang mau tidak mau akan ada karena tuntutan dari industri itu sendiri.

Terlebih karena masyarakat telah mendapat fasilitas untuk mewujudkan hal hal yang demikian. Contohnya hasil karya seni kreatif dalam industri musik Korea Selatan yang tengah berada pada masa kejayaan. Secara awam, musik yang berasal dari Korea Selatan selalu mendatangkan antusiasme dan mendapat apresiasi yang tinggi dari dunia internasional.

Ini merupakan sebuah indikasi bahwa pelaku ekonomi kreatif Korea Selatan telah sanggup memberikan hiburan yang menarik, unik, dan mempunyai karakteristik yang disukai orang hampir seluruh dunia. Jikalau kita beralih topik dan menengok industri ekonomi kreatif dalam perfilman, tidak kalah suksesnya.

Contohnya ialah perfilman Hollywood yang telah dikenal seluruh dunia. Hasilnya tidak perlu dipertanyakan lagi memperhatikan film Hollywood selalu menembus pasar dunia. Keuntungannya yaitu pendapatan yang diterima dari satu film Hollywood bisa menyentuh angka USD 2 Millyar.

Angka hampir sama dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan otomotif besar dalam rentang satu tahun. Bayangkan, bagaimana orang kreatif ini sanggup menghasilkan karya yang membawa keuntungan yang amat besar. Hal ini pada akhirnya akan menarik individu lainnya untuk menciptakan karya kreatif lainnya.

Meningkatkan Kualitas Produk

Semakin mudahnya jalan masuk untuk bisa menjangkau masyarakat telah dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk bisa menghasilkan produk dengan kuantitas besar. Peluang ini kemudian menyebabkan persaingan bisnis untuk menciptakan produk dengan kuliatas terbaik demi mendapatkan konsumen.

Semakin besar persaingan maka semakin kompetitif persaingan antar pelaku bisnis. Pada akhirnya ini akan menyebabkan pelaku bisnis terus melaksanakan temuan dan memperbaiki kualitas produk. Dengan begitu maka produk akan selalu mengalami peningkatan kualitas seiring waktu.

Persaingan ini tidak hanya berdampak positif bagi kualitas produk yang terus mengalami peningkatan. Akan tetapi juga berdampak positif bagi konsumen, karena konsumen merupakan objek yang paling diuntungkan dari persaingan hal yang demikian. Konsumen akan mendapat banyak pilihan dan menjadi lebih selektif memilih produk.

Membuka Lapangan Kerja Baru

Semakin luasnya industri ekonomi kreatif akan menciptakan banyak pasar baru yang bermunculan. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan lapangan kerja baru bagi masyarakat awam.

Lebih-lebih apabila pemerintah sanggup mendorong bermacam sektor dalam industri ini untuk turut mengambil andil dalam proses menciptakan sebuah karya dengan kualitas baik. Dengan begitu maka akan memperluas pasar, maka dengan dikeluarkannya bermacam kebijakan ini, kebutuhan akan tenaga kerja dengan sendirinya akan meningkat.

Meningkatnya lapangan kerja telah pasti akan berdampak pada semakin rendah tingkat kemiskinan. Karena dengan mendapat pekerjaan mereka akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan kesejahteraan. Industri ekonomi kreatif semakin siap menghasilkan bermacam produk dengan kualitas terbaik dan terus berinovasi seiring perkembangan zaman.

Pertumbuhan Ekonomi

Sampai pada tahun 2016, total pendapatan yang diterima Indonesia dari sektor industri mencapai hingga Rp642 triliun. Dari sekian banyak bidang dalam ekonomi kreatif yang ada di Indonesia, hanya ada tiga sektor yang memberikan sumbangan cukup besar.

Tiga sektor industri kreatif Indonesia yang paling besar dalam menyumbangkan pendapatan ialah di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan. Bagaimana apabila seandainya pemerintah sanggup menemukan cara untuk menggerakkan seluruh potensi industri ekonomi kreatif yang ada? Tentunya ini akan semakin mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dengan siginifikan.

Saat ini, ada bermacam kendala yang dihadapi Indonesia dalam upaya menggerakkan seluruh potensi hal yang demikian. Salah satu kendalanya yaitu kurangnya sumber daya manusia yang potensial.

Sehingga salah satu upaya untuk mendorong pergerakan industri ini supaya bisa mempunyai peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara ialah dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dan pendidikan untuk SDM potensial.

Itulah tadi bahasan terkait industri kreatif, yang merupakan sektor yang amat potensial dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara, termasuk negara berkembang seperti Indonesia.

Setiap orang termasuk kamu sanggup terjun dalam industri ini. Karena tuntutan yang sepatutnya kamu penuhi ialah tuntutan temuan dan kreatifitas serta kemampuan menemukan solusi terbaik kepada permasalahan yang ada didalam masyarakat. Terima kasih telah mengikuti tulisan ini hingga akhir, sampai berjumpa diartikel berikutnya. Semoga menolong!