Investasi Emas? | Yuk Intip Tips Berikut Ini

Melakukan investasi memang menjadi saran dan hal yang dikerjakan banyak orang. Selain bisa menjadi cara supaya pengalokasian keuangan menjadi lebih baik, juga bisa mendatangkan keuntungan. Berbeda halnya dengan hanya menabung biasa, kesempatan mendapatkan keuntungan menjadi lebih kecil. Investasi emas, ialah macam investasi yang diklaim cukup menjanjikan dan sungguh-sungguh kecil resikonya. Apalagi, mengingat nilai return investasi ini lebih tinggi dibandingkan dengan investasi macam lainnya seperti saham dan deposito.

Selain itu, investasi emas juga relatif tidak terpengaruh inflasi, sehingga ada banyak orang yang mencoba untuk menginvestasikan penghasilannya di sektor logam mulia emas. Saat ini, ada dua macam emas yang dibeli oleh masyarakat untuk investasi, yaitu emas batangan dan emas perhiasaan. Ada juga investasi online dan investasi fisik. Untuk mendapatkan informasi lebih komplit, simak tulisan berikut ini dengan seksama ya.

Jenis-Jenis Investasi Emas

macam-investasi-emas

1. Investasi Fisik

Untuk macam investasi fisik, artinya kamu membeli emas secara langsung baik berupa emas perhiasan maupun emas batang. Emas ini kemudian disimpan atau digunakan untuk nanti dijual ketika dibutuhkan atau ketika harga emas sedang tinggi. Lalu, mana yang lebih menguntungkan antara emas perhiasan atau emas batang? Menurut Indef Bhima Yudhistira yang merupakan seorang Ekonom, berinvestasi emas perhiasan tidak terlalu menguntungkan untuk investasi. Hal ini karena imbal hasilnya akan dikenakan potongan dengan biaya pembuatannya. Mulai dari biaya pembuatan, jumlah karat, model, nilai seni, serta depresiasi (penurunan harga). Oleh karena itu, emas batangan lebih disarankan apabila tujuan kamu membeli emas ialah investasi, karena emas logam mulia nilainya lebih stabil dalam jangka waktu lama. Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan bila memilih macam investasi fisik ini:

a. Melindungi Kekayaan

Emas akan melestarikan nilai kekayaan yang kamu miliki. Kenaikan nilai emas lebih tinggi tiap tahunnya bila dibandingkan dengan rupiah, karena tidak terpengaruh oleh inflasi.

b. Resiko Lebih Rendah

Emas merupakan format investasi dengan resiko menengah yang cenderung rendah. Meski demikian, return yang akan kamu dapatkan mempunyai kenaikan nilai yang cukup tinggi dalam rentang waktu tertentu.

c. Aset Nyata

Emas yang kamu beli dalam format fisik merupakan investasi yang “nyata”, karena benar-benar memilii nilai secara intrinsik, tidak berupa selembar kertas yang dideklarasi mempunyai nilai dengan jaminan sebuah harapan.

d. Hak Kepemilikan

Emas yang kamu miliki merupakan hak milik pribadi kamu sepenuhnya. Bentuk emas yang nyata menjadikannya independent dan tidak bergantung dengan instansi manapun. kamu bisa mengerjakan apapun yang kamu kehendaki terkait emas yang kamu miliki.

e. Mudah Dicairkan

Emas merupakan aset yang paling gampang diperjualkanbelikan kapanpun dan dimanapun, tidak bergantung pada instansi tertentu. kamu juga bisa menjadikan emas sebagai jaminan utang dengan menggadaikannya. Sangat jarang macam investasi lain bisa diperlakukan demikian.

f. Bebas Pajak

Di negara kita, Indonesia, emas batangan diklasifikasikan sebagai komoditi produksi yang tidak dikenakan pajak. Sehingga bila kamu berinvestasi emas ini, kamu tidak akan mempunyai tanggung jawab untuk membayar pajak.

2. Investasi Emas Online

investasi-emas-online

Sekiranya macam sebelumnya mengharuskan kamu untuk membeli sendiri emas secara langsung dan menyimpannya sendiri, maka investasi emas online bisa kamu lakukan dengan cara yang lebih fleksibel. Hal ini karena investasi secara online bisa kamu lakukan hanya dari smartphone kamu saja, termasuk dalam mengerjakan pemantauannya. Ada banyak situs terpercaya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengerjakan pegadaian. Mulai dari investasi online di Pegadaian, Antam, sampai marketplace seperti Tokopedia. Apa saja keuntungan mengerjakan investasi emas online?

a. Mudah dan Praktis

kamu tidak perlu lagi pergi ke toko emas atau kantor cabang tempat pembelian emas terpercaya karena kamu bisa melakukannya secara online. kamu bisa mengerjakan transaksi jual beli emas secara online kapanpun dan di manapun, dengan catatan kamu terhubung ke internet.

b. Bisa Ditransfer

kamu juga bisa mengerjakan pengiriman atau transfer emas selayaknya ketika kamu mentransfer uang ke rekening. kamu bisa mengerjakan pengirimian emas ke pemilik akun lain dengan catatan pengirim dan penerima menggunakan aplikasi atau platform sejenis.

c. Modal Kecil

JIka memilih investasi fisik, maka kamu semestinya menyiapkan uang setidaknya ratusan ribu untuk mengerjakan investasi emas. Namun dengan investasi secara online, kamu tidak semestinya menyiapkan modal ratusan ribu. Karena ketika ini banyak sekali marketplace atau e-commerce yang menawarkan investasi dengan modal sungguh-sungguh kecil, dari Rp5.000 saja, kamu telah bisa berinvestasi.

d. Mudah Dipantau

Sebagai investor kamu mengerjakan pemantauan perkembangan harga emas secara real time tiap ketika. Termasuk bila kamu ingin mengerjakan transaksi jual beli emas langsung ketika itu juga.

e. Tersedia Fisik Emas

Nah, meski investasi ini dikerjakan secara online, namun kamu bisa mengerjakan penarikan emas secara fisik. Jadi tidak dalam format virtual saja. Emas yang kamu cairkan dalam format fisik ini akan diantarkan ke rumah kamu komplit dengan sertifikat maupun asuransi pengiriman.

f. Tidak Ada Biaya Admin

Tidak bisa dipungkiri, sistem yang serba online ini membuat segala hal lebih murah, juga berlaku untuk investasi secara online. Berbagai biaya yang lazimnya dikenakan kepada investor ketika mengerjakan investasi fisik, akan menjadi gratis ketika berinvestasi online.

g. Keamanan Emas Terjamin

Sekiranya berinvestasi emas fisik kamu semestinya cermat dan berhati-hati ketika menyimpan emas, tidak demikian dengan investasi emas online. kamu tidak perlu lagi memikirkan tempat yang aman untuk menyimpan emas kamu karena umumnya perusahaan tempat kamu mengerjakan investasi telah mempunyai brankas khusus.

Tips Investasi Emas

tips-investasi-emas

1. Selalu Pantau Harga Emas

Tips yang pertama ialah memantau harga emas. Sebelum mengerjakan pembelian emas, kamu semestinya mengerjakan pengecekan harga emas terlebih dahulu. Ada banyak situs resmi yang bisa kamu kunjungi untuk mengerjakan pengecekan harga emas. Mulai dari Emas Antam, Pegadaian, marketplace, atau kamu bisa juga langsung mengeceknya di toko emas terpercaya. Di tempat-tempat itu lazimnya telah terdapat informasi harga emas mulai dari pergram bahkan setengah gram, dua gram, hingga 100 gram.

Lalu bandingkan harga emas hal yang demikian dan cek lah berita ekonomi atau keadaan pasar terkini, perlu diketahui bahwa harga emas dalam negeri dipengaruhi oleh harga emas dunia. Jangan lupa untuk selalu memantau tren kenaikan atau penurunan harga, termasuk faktor apa saja yang mempengaruhinya. Ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan kapan waktu terbaik membeli emas.

2. Perhatikan Waktu Investasi

Tips yang kedua ialah perihal timing. kamu semestinya mengetahui bahwa tidak tiap waktu bisa kamu pilih untuk mengerjakan investasi. Ada waktu tertentu yang semestinya kamu perhitungkan ketika mengerjakan investasi, seperti investasi valuta asing, waktu yang paling tepat untuk membeli emas ialah ketika harganya sedang turun. Untuk kemudian bisa kamu jual ketika harganya sedang naik di pasaran. Jangan lupa untuk memastikan emas yang kamu beli mempunyai sertifikat resmi yang dikeluarkan Antam atau Pegadaian.

3. Pilih Cara Investasi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ada dua cara investasi emas yang bisa kamu pilih, yaitu online dan fisik. kamu bisa memilih berinvestasi dengan cara langsung membeli emas di butik atau toko emas terpercaya atau melalui bermacam-macam marketplace yang ketika ini memang telah banyak yang menyediakan investasi emas, seperti Tokopedia. Setiap pilihan yang kamu ambil tentunya mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing yang telah kamu pahami berdasarkan uraian sebelumnya. Apapun cara yang kamu pilih, investasi ialah cara mengelola keuangan supaya masa depan kamu lebih terjamin.

4. Tentukan Jenis Emas

Emas mempunyai bermacam-macam macam macam, mulai dari logam mulia, perhiasan, hingga emas kuno. Tiap macam emas ini mempunyai nilai tersendiri pula. Untuk kamu yang masih pemula dalam berinvestasi, kami sarankan berinvestasi dalam format logam mulia. Investasi dalam format logam mulia ini lebih menguntungkan dibandingkan macam lainnya. Karena emas logam mulai mempunyai harga jual yang cenderung lebih tinggi.

5. Pilih Cara Penyimpanan

Khusus bagi kamu yang memilih untuk berinvestasi dengan cara membeli emas fisik, kamu semestinya cermat dan berhati-hati ketika menyimpan emas kamu. kamu bisa memilih menyimpan emas menggunakan safety box bila ingin menyimpan emas di rumah. Atau bila kamu igin menyimpan di bank, kamu bisa menggunakan safe deposit box. Ada juga pilihan lain seperti pegadaian atau memanfaatkan layanan dari Emas Antam, yaitu Brankas LM.

6. Waktu Mencairkan Emas

Kapan waktu yang tepat untuk mencairkan emas merupakan hal yang tidak kalah penting. Tips yang terakhir ini bergantung pada tujuan investasi kamu. Sekiranya tujuan yang kamu tetapkan di permulaan telah tercapai, maka kamu tentu saja bisa mengerjakan pencairan. Namun bila kamu menginginkan keuntungan yang lebih besar, maka simpanlah emas kamu sekurang-kurangnya selama lima tahun. Untuk diketahui, akan lebih baik bila kamu membeli emas dalam pecahan satu gram, karena akan lebih gampang dicairkan dibandingkan pecahan besar seperti 50 gram.

Nah, sampai sini penjelasan terkait investasi emas. Tentunya tiap investasi mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Namun aturan “semakin besar pengorbanan maka semakin besar peluang mendapatkan keuntungan” selalu berlaku. Seperti halnya juga investasi ini, meski resiko kerugiannya kecil namun keuntungannya menjanjikan, tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mendapatkan keuntungan itu membutuhkan waktu beberapa tahun. Sehingga, investasi ini memang sungguh-sungguh cocok bagi mereka yang memang menginginkan investasi jangka panjang. Seperti untuk biaya pendidikan anak dan tunjangan hari tua. Jangan lupa untuk memilih toko atau platform terpercaya sebagai tempat berinvestasi. Semoga menolong!