Informatika Adalah | Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika yaitu program pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun program studi kampus dengan gelar sarjana komputer menjadi semakin diminati oleh para kaum muda khususnya yang ingin terjun kedalam dunia pemrograman.

Semakin canggih teknologi smartphone ditambah banyaknya aplikasi berbasis mobile maupun web yang bermunculan membuat profesi programmer banyak dicari oleh para perusahaan IT. Informatika yaitu disiplin ilmu komputer yang berkaitan dengan pemrograman dan pemahaman logika. Dalam tulisan ini kita akan membahas mengenai informatika.

Informatika dan Teknik Informatika

Teknik-Informatika

Informatika yaitu ilmu yang berkaitan dengan data, informasi, dan pengetahuan yang bertujuan untuk menolong dan mempermudah pekerjaan manusia. Dalam peninjauan lazim informatika yaitu bidang ilmu yang mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan sejumlah data, menjalankan proses data hal yang demikian dan menyimpan hasil dari proses data, kemudian menampilkannya kedalam format informasi.

Teknik Informatika yaitu bidang ilmu yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi komputer sebagai solusi dalam menangani masalah yang dihadapi oleh manusia, masalah ini bisa dikatakan sebagai transformasi maupun pengolahan data yang menggunakan proses logika. Dalam dunia perkuliahan akan banyak mempelajari dan mengkaji terkait dengan pemrograman dan komputasi.

Sejarah Informatika

sejarah-informatika

Salah satu pengguna paling permulaan dari informatika yaitu selama tahun 1950-an dengan dimulainya penggunaan komputer dalam perawatan kesehatan (Nelson & Staggers hal.4). Praktisi permulaan yang tertarik dengan bidang ini segera mengetahui bahwa tidak ada program pendidikan formal, dan tidak ada yang timbul sampai akhir 1960-an.

Pengembangan profesional karena itu memainkan peran penting dalam pengembangan informatika kesehatan (Nelson & Staggers p.7). Menurut Imhoff et al., 2001, informatika kesehatan tidak hanya aplikasi teknologi komputer untuk masalah perawatan kesehatan, tetapi mencakup seluruh aspek pembangkitan, penanganan, komunikasi, penyimpanan, pengambilan, manajemen, analisis, penemuan, dan sintesis informasi data dan pengetahuan diseluruh ruang lingkup perawatan kesehatan.

Mereka menyatakan bahwa tujuan utama informatika kesehatan bisa dibedakan sebagai berikut: Istilah baru ini diadopsi diseluruh Eropa Barat, dan dalam bahasa Inggris, memaksimalkan makna yang secara kasar diterjemahkan oleh ‘ilmu komputer’ Inggris, atau ‘ilmu komputasi’.  Mikhailov menganjurkan istilah Rusia informatika (1966), dan bahasa Inggris informatika (1967), sebagai nama untuk teori informasi ilmiah, dan berpendapat untuk makna yang lebih luas, termasuk studi seputar penggunaan teknologi informasi diberbagai komunitas dan interaksi teknologi serta struktur organisasi manusia.

Penggunaan sejak ketika itu mengubah definisi ini dalam tiga cara. Pertama, pembatasan kepada informasi ilmiah dihapus, seperti dalam informatika bisnis atau informatika hukum. Kedua, karena beberapa besar informasi kini disimpan secara komputerisasi, perhitungan kini menjadi pusat bagi informatika.  Ketiga representasi, pemrosesan, dan komunikasi informasi ditambahkan sebagai objek investigasi, karena telah diakui sebagai hal mendasar bagi tiap-tiap akun informasi ilmiah. Mengambil ilmu komputer sebagai fokus utama yang membedakan informatika dari ilmu komputer.

Informatika mencakup studi seputar mekanisme biologis dan sosial dari pemrosesan informasi sedangkan ilmu komputer berkonsentrasi pada perhitungan komputerisasi. Demikian pula, dalam studi representasi dan komunikasi, informatika tidak peduli dengan substrat yang membawa informasi.  Sebagai contoh, itu mencakup studi komunikasi menggunakan gerakan, bicara dan bahasa, serta komunikasi komputerisasi dan jaringan. Dalam dunia bahasa Inggris, istilah informatika pertama kali banyak digunakan dalam informatika medis majemuk, diambil untuk memasukkan “tugas kognitif, pemrosesan informasi, dan komunikasi praktik medis, pendidikan, dan penelitian, termasuk ilmu informasi dan teknologi untuk mendorong tugas ini “.

Banyak senyawa seperti kini digunakan mereka bisa dilihat sebagai area berbeda dari “informatika terapan”. Memang Amerika Serikat, terkait dengan komputasi terapan, atau komputasi dalam konteks domain lain. Informatika mencakup studi seputar sistem yang mewakili, memproses, dan mengkomunikasikan informasi. Namun, teori perhitungan dalam disiplin spesifik ilmu komputer teoretis, yang berevolusi dari Alan Turing, mempelajari gagasan seputar sistem yang kompleks terlepas dari apakah informasi benar ada atau tidak.

Karena kedua bidang memproses informasi, ada beberapa ketidaksepakatan diantara para ilmuwan mengenai hierarki bidang misalnya, Arizona State University berusaha untuk mengadopsi definisi yang lebih luas dari informatika bahkan mencakup ilmu kognitif pada peluncuran School of Computing and Informatics pada september 2006.

Interpretasi luas informatika sebagai “studi seputar struktur, algoritma, perilaku, dan interaksi sistem komputasi alami dan buatan” diperkenalkan oleh Universitas Edinburgh pada tahun 1994 ketika membentuk pengelompokan yang kini menjadi sekolah informatika. Makna ini kini (2006) semakin banyak digunakan di Inggris.

Bidang Ilmu Yang Berkaitan Dengan Informatika

Berikut cakupan beberapa bidang informatika yaitu sebagai berikut:

Sistem Informasi

sistem informasi

Sistem informasi yaitu kombinasi manusia, teknologi informasi, dan proses bisnis untuk mencapai tujuan bisnis. Setiap sistem informasi (SI) berkaitan dengan manusia, proses, dan teknologi informasi. Malah, banyak profesional IS menambahkan beberapa besar nilai mereka bekerja dengan orang dan proses.

Mereka mengelola programmer tetapi lazimnya menghindari pemrograman sendiri. Kita bisa merepresentasikan sistem informasi sebagai segitiga dengan orang, proses, dan teknologi informasi (komputer) pada tiga simpul. Tiga bagian dari suatu sistem informasi sering disebut sebagai segitiga.

Tiga bagian dari segitiga sistem informasi sepatutnya berinteraksi secara bersamaan untuk mewujudkan tujuan bisnis. Tugas profesional SI yaitu memastikan bahwa keseimbangan dipertahankan dan ditingkatkan demi kebaikan seluruh pelaku dan bisnis secara keseluruhan.

Ilmu Komputer

Ilmu komputer yaitu studi seputar komputer, termasuk teori komputasi, desain perangkat keras dan perangkat lunak, algoritma, dan cara manusia berinteraksi dengan teknologi. Ilmuwan ini yaitu pemecah masalah.  Ketika seorang ilmuwan komputer menerima masalah, mereka mengumpulkan informasi dan berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa dan logika pemrograman (misalnya skrip). Mereka membuat seperangkat aturan atau perintah untuk komputer untuk mengeksekusi dan memecahkan masalah.

Sebagian besar perusahaan yaitu perusahaan teknologi dalam beberapa kapasitas, apakah itu pengecer bata dan mortir yang bergerak keruang e-commerce, atau menggunakan aplikasi untuk mendapatkan makanan favorit kamu dikirimkan kerumah, teknologi ilmu komputer telah meningkatkan jalan masuk kami sehingga hampir seluruh yang kami inginkan yaitu diujung jari kita.

Menurut biro statistik tenaga kerja (BLS), ada 1.365.500 pekerjaan untuk pengembang perangkat lunak pada tahun 2018, yang mencakup aplikasi dan pengembang perangkat lunak sistem, dengan pertumbuhan yang diinginkan sebesar 21% antara 2018-2028, yang empat kali lebih cepat dari rata-rata. Gaji mungkin tergantung pada pengalaman dan industri, tetapi BLS melaporkan gaji rata-rata $ 105.590 pertahun atau setara $ 50,77 per jam.

Teknik Komputer

Saat ini, para insinyur dan ilmuwan menggunakan cara komputasi canggih untuk memecahkan tantangan besar dijaman kita. Ini termasuk pengembangan obat baru dan teknologi perawatan kesehatan, pengiriman udara dan air bersih kepada masyarakat diseluruh dunia, dan peramalan cuaca dan perubahan iklim yang akurat.

Teknik komputer yaitu penerapan prinsip matematika dan komputasi ilmiah untuk memecahkan masalah praktis dari kepentingan industri. Perbedaan antara komputasi teknis dan komputasi ilmiah mirip dengan perbedaan antara komputasi performa tinggi dan komputasi teknis performa tinggi.

Komputasi teknis mungkin melibatkan penggunaan superkomputer berkinerja tinggi skala besar, tetapi dalam kebanyakan kasus, masalah teknis bisa dipecahkan menggunakan notebook modern atau server kecil.

Masyarakat Informatika

Masyarakat informatika yaitu sebuah kelompok yang menjadi bagian struktur dunia yang telah timbul dan mempunyai peran dibeberapa tingkat fundamental dalam masyarakat yang ketika ini tengah berkembang. Masyarakat informatika kemudian dideskripsikan sebagai komunitas yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan tiap-tiap hari seperti penyampaian layanan masyarakat dan tindakan masyarakat.

Dari informatika kita bisa mempelajari bagaimana mendapatkan sebuah data, memproses lalu menghasilkannya sebagai informasi. Informatika berperan penting dalam perkembangan dunia pemrograman dan memajukan sistem teknologi.