Hukum Penawaran | Pengertian dan Contohnya

Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam menciptakan kemakmuran bagi kehidupan. Terdapat konsep yang paling populer yaitu mengenai hukum penawaran dan permintaan.

Hukum penawaran dan permintaan merupakan konsep mendasar ilmu ekonomi. Penawaran yakni banyak barang atau jasa yang ditawarkan oleh para penjual dengan tingkat harga dan periode tertentu. Walaupun permintaan yakni banyak barang atau jasa yang diminta oleh para konsumen dengan tingkat harga, tingkat pendapatan dan periode tertentu.

Hukum penawaran dan permintaan mempunyai model yang digunakan untuk menentukan harga dan jumlah kuantitas yang nantinya terjual dipasar. Model ini memberikan perkiraan bahwa pasar hal yang demikian kompetitif atau tidak, harga mempunyai fungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang ditawarkan produsen dengan kuantitas yang diinginkan konsumen, ini tentunya mempengaruhi keseimbangan ekonomi.

Hukum Penawaran

hukum-penawaran

Penawaran yakni jumlah kuantitas barang maupun jasa yang ada disuatu pasar yang ditawarkan oleh produsen. Barang atau jasa hal yang demikian bisa dijual pada waktu serta harga tertentu. Barang maupun jasa ini merupakan produk yang telah siap untuk dipasarkan.

Hukum penawaran yaitu apabila harga suatu produk mengalami kenaikan, maka jumlah produk yang ditawarkan akan mengalami kenaikan tiap-tiap waktu. Sebaliknya apabila harga suatu produk menurun maka jumlah produk yang ditawarkan akan mengalami penurunan. Hukum penawaran terkait erat dengan tingkatan harga tertentu dengan produk yang dijual atau ditawarkan. Ketika harga produk mahal, barang yang dijual akan semakin banyak, sebaliknya ketika harga produk menjadi murah maka produk yang dijual akan semakin langka.

Faktor yang Mempengaruhi Hukum Penawaran

Harga Barang Tersebut

Syarat penting munculnya hukum penawaran tentunya dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri. Terjadinya penawaran terkait erat dengan prospek jumlah barang serta harga barang hal yang demikian.

Teknologi Untuk Produksi

Teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi suatu produk tentunya semestinya memberikan keefisiensian dan juga menjamin kualitas produk yang dihasilkan. Dengan teknologi yang ada tentunya akan menghemat biaya produksi dan tidak membuang waktu.

Adanya Produsen Baru

Jumlah kuantitas suatu produk juga dipengaruhi oleh adanya produsen baru yang bisa memandang potensi pasar sehingga produsen inilah yang akan memenuhi stok pasar.

Beberapa Jenis Hukum Penawaran

hukum-penawaran-2

Penawaran yang Marginal

Penawaran ini dilaksanakan oleh produsen yang ingin menjual produk dengan harga cocok standar pasar. Dapat diartikan produsen ini mencari keuntungan standar.

Penawaran dengan Sub Marginal

Penawaran ini dilaksanakan oleh produsen dengan berani menjual produk miliknya dibawah harga pasar. Biasanya produsen ini hanya akan mendapat untung minimal, namun bisa juga dimanfaatkan untuk menarik para pelanggan.

Penawaran Super Marginal

Penawaran yang dilaksanakan oleh produsen untuk menjual produknya dengan harga lebih tinggi dari standar pasar. Biasanya produsen ini bermaksud mencari keuntungan sebanyak mungkin dan memanfaatkan situasi barang yang langka serta musim pasar.

Hukum Permintaan

Permintaan yakni sejumlah produk yang dibeli oleh konsumen dengan harga tertentu. Dengan menyesuaikan pendapatan dan arah musim suatu produk. Permintaan mewakili kebutuhan dari manusia yang semestinya dipenuhi.

Hukum permintaan yaitu apabila harga suatu produk mengalami kenaikan maka jumlah produk yang diminta oleh konsumen akan menurun tiap-tiap waktu. Sebaliknya apabila suatu harga mengalami penurunan maka jumlah produk yang diminta oleh konsumen akan mengalami kenaikan.

Hukum permintaan mempunyai keterkaitan dengan harga dan produk yang diinginkan oleh konsumen. Apabila produk yang diinginkan konsumen mempunyai harga mahal tentunya permintaan konsumen akan menurun, sebaliknya apabila harga produk yang diinginkan konsumen murah maka permintaan akan meningkat.

Faktor Hukum Permintaan

Harga Barang yang Dibutuhkan Konsumen

Sama dengan penawaran, faktor yang paling mempengaruhi permintaan yakni harga suatu produk yang dibutuhkan konsumen. Biasanya masyarakat akan mempunyai kemampuan untuk menawar harga diimbangi hasrat untuk mempunyai produk hal yang demikian.

Harga Barang Pengganti yang Diinginkan Konsumen

Subtitusi atau barang pengganti dari suatu produk yang diinginkan konsumen juga dipengaruhi oleh harga. Apabila harga barang pokok yang dibutuhkan konsumen mahal maka konsumen akan beralih kebarang subtitusi dan begitupun sebaliknya apabila harga barang subtitusi naik maka masyarakat pasti mengutamakan barang pokok.

Tingkat Pendapatan Para Konsumen

Konsumen yang hendak membeli pasti akan menyesuaikan harga barang dengan pendapatan yang dimiliki dikala ini. Semakin tinggi pendapatan yang dimiliki maka permintaan akan semakin besar, semakin rendah pendapatan yang dimiliki permintaan akan menurun.

Jenis – Jenis Permintaan

Permintaan yang Didasarkan pada Kemampuan Beli Konsumen

Permintaan ini dipengaruhi oleh daya beli dari konsumen ketika membeli suatu produk. Terdapat permintaan tepat sasaran yaitu permintaan yang mempunyai daya beli maksimal. Ada pula permintaan absolut yaitu permintaan konsumen yang bertujuan memenuhi kebutuhan namun dengan daya beli rendah dan permintaan potensial yaitu konsumen mempunyai daya beli yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan namun ada kebimbangan.

Permintaan Dengan Jumlah Pelaku

Permintaan ini dibagi menjadi dua, permintaan yang hanya mempunyai 1 konsumen bisa dikatakan sebagai permintaan individu, sedangkan permintaan yang dilaksanakan secara masal dan banyak orang disebut permintaan kelompok.

Contoh Hukum Penawaran

gambar-1

Perhatikan gambar 3, maka terlihat kurva yang terbentuk yakni garis lurus (linear) yang bergerak dari bawah kiri ke kanan atas (naik). Hal hal yang demikian cocok dengan hukum penawaran. Karena kurva hal yang demikian membentuk garis lurus, maka persamaan garis lurus bisa diperoleh dengan cara yang sama seperti pada persamaan permintaan.  Persamaan penawaran dari data tabel 2 bisa ditentukan dengan persaman (3) atau (4) dan menghasilkan persamaan penawaran,

Berdasarkan hukum penawaran dan karena gradien persamaan linear dua variabel bertanda positif, maka persamaan permintaan secara matematis bisa dinyatakan sebagai

Selanjutnya, untuk memperoleh fungsi penawaran dengan pendekatan konsep himpunan bisa dilaksanakan dengan cara yang sama seperti fungsi permintaan. Fungsi penawaran dilambangkan dengan

Berdasarkan Gambar 3, jikalau pasangan hasil kali cartesius dihubungkan maka terbentuk kurva linear sehingga bisa menghasilkan fungsi linear. Misalkan fungsi hal yang demikian yakni

Nilai a dan b, bisa ditentukan dengan konsep sistem persamaan linear dua variabel dari nilai-nilai fungsi. Misal dipilih f(40000)=450 dan jikalau f(20000)=350, ditulis

Untuk mengatasi sistem persamaan di atas bisa digunakan salah satu cara yaitu grafik, eliminasi, substitusi, campuran (eliminasi-substitusi), atau matriks sehingga diperoleh,

Berdasarkan hukum penawaran, nilai b akan selalu menghasilkan nilai positif, sehingga secara biasa, fungsi penawaran dinyatakan dengan,

Qs = f(P) = a + Bp

    Write a comment