HTML Code : Belajar Konsep Dasar HTML

HTML merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk memungkinkan pembuatan situs web. Situs web ini kemudian bisa dilihat oleh orang lain yang terhubung ke Internet.  Bahasa pemrograman ini relatif gampang dipelajari, dengan dasar-dasar yang bisa diakses oleh kebanyakan orang. HTML ini terus mengalami revisi dan evolusi untuk memenuhi tuntutan dan persyaratan yang terus tumbuh.

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language. HTML sendiri awalnya dibuat oleh Sir Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1991, tetapi tidak dirilis secara resmi. Kemudian diterbitkan pada tahun 1995 sebagai HTML 2.0. HTML 4.01 diterbitkan pada akhir 1999 dan merupakan versi utama HTML.

Untuk bisa menulis HTML code, kamu bisa menggunakan beberapa software code editor seperti Notepad, Sublime Text, Atom dan banyak lagi yang lainnya. Menggunakan code editor yang tepat bisa mempermudah proses pembelajaran. Namun sebelumnya, mari kita bahas perihal apa itu HTML code dan HTML editor.

HTML Code: Sejarah HTML

html-5

HTML yaitu bahasa markup yang amat berkembang dan telah berkembang dengan beragam versi yang diperbarui. Jauh sebelum standar dan spesifikasinya yang direvisi dimasukkan, tiap versi telah memungkinkan penggunanya untuk membuat halaman web dengan cara yang jauh lebih gampang. Dan tentu saja membuat situs menjadi lebih cantik dan amat efisien.

HTML 1.0 dirilis pada tahun 1993 dengan tujuan berbagi informasi yang bisa dibaca dan diakses melalui browser web. Tetapi tidak banyak pengembang yang terlibat dalam pembuatan situs web. Jadi bahasanya juga tidak bertambah. HTML code yang digunakan juga masih amat sederhana.

Kemudian timbul HTML 2.0, yang diterbitkan pada 1995. Versi ini berisi seluruh fitur HTML 1.0 bersama dengan beberapa fitur tambahan, termasuk HTML code yang lebih baik. Versi ini juga tetap sebagai bahasa markup standar untuk merancang dan membuat situs web hingga Januari 1997 dan menyempurnakan beragam fitur inti HTML.

Setelahnya timbul HTML 3.0, lalu Dave Raggett yang memberi tahu makalah atau konsep baru perihal HTML. Termasuk peningkatan fitur baru HTML code. Memberikan karakteristik yang lebih kuat untuk webmaster dalam mendesain halaman web.

Tetapi fitur-fitur hebat dari HTML baru ini memperlambat browser dalam menerapkan perbaikan lebih lanjut. Kemudian timbul HTML 4.01 yang banyak digunakan. Dan merupakan versi HTML yang sukses sebelum HTML 5.0, yang ketika ini dirilis dan digunakan di seluruh dunia. HTML 5 bisa dikatakan sebagai versi perpanjangan dari HTML 4.01 yang diterbitkan pada tahun 2012.

Penggunaan HTML Code dalam Sebuah Web

html-4

HTML terdiri dari serangkaian kode pendek yang diketik ke dalam file teks oleh penulis situs. Ini disebut dengan tag. Teks kemudian disimpan sebagai file html, dan dilihat melalui peramban. Peramban ini membaca file dan menerjemahkan teks ke dalam wujud yang terlihat.

Menulis HTML code kamu sendiri membutuhkan penggunaan tag dengan benar. kamu bisa menggunakan bantuan dari HTML editor yang belum sempurna hingga HTML editor grafis yang kuat untuk membuat halaman HTML.

Tag yaitu sesuatu yang memisahkan teks normal dari HTML code. kamu mungkin mengetahui hal ini sebagai kata-kata di antara simbol <ini>. Mereka memungkinkan seluruh hal seperti gambar dan tabel dan lainnya, hanya dengan memberi tahu peramban kamu apa yang mesti di-render di halaman hal yang demikian.

Tag yang berbeda akan mengerjakan fungsi yang berbeda. Tag itu sendiri tidak timbul ketika kamu memperhatikan halaman kamu melalui peramban, tetapi efeknya tetap. Tag paling sederhana tidak lebih dari menerapkan pemformatan ke beberapa teks, seperti: <b> Kata-kata ini dicetak tebal </b>, dan ini tidak dicetak tebal.

Pada contoh di atas, tag <b> dibungkus pada beberapa teks. Dan efeknya yaitu bahwa teks yang terkandung akan dicetak tebal ketika dilihat melalui peramban web biasa. Waktu yang dibutuhkan juga tergantung pada apa yang kamu inginkan.

Untuk mengetahui perihal HTML hanya membutuhkan beberapa hari membaca dan mempelajari HTML code untuk apa yang kamu inginkan. kamu bisa mempunyai dasar-dasarnya dalam satu jam. Setelah kamu tahu tag, kamu bisa membuat halaman HTML.

Desain Situs Web dengan HTML Code

html-1

Menggunakan HTML dan mendesain situs web yang baik yaitu cerita yang berbeda. Desain situs web yang baik dan bagus yaitu gabungan dari keterampilan dan bakat. Teknik pembelajaran HTML code dan penggunaan yang benar dari pengetahuan tag kamu akan amat meningkatkan pekerjaan kamu.

Serta pemahaman yang baik perihal desain biasa dan target pembaca yang kamu coba jangkau, akan sanggup meningkatkan peluang keberhasilan situs web kamu. Untungnya, hal-hal ini bisa diteliti dan dipahami, selama kamu bersedia bekerja di dalamnya sehingga kamu bisa menampilkan situs web yang lebih baik.

Berbagai keterampilan yang akan kamu pelajari sebagai hasil dari menjalankan situs web kamu sendiri, akan amat bergantung. kamu akan belajar perihal aspek desain grafis, tipografi, dan pemrograman komputer. Efisiensi kamu dengan komputer secara biasa meningkat. kamu juga akan belajar perihal promosi dan tulisan. Karena kamu mesti beradaptasi menulis untuk pembaca yang telah ditargetkan.

Yang terpenting yaitu, kamu tidak perlu mesti online tiap ketika. Cukup mengerjakan HTML code seluruh situs web secara offline, kemudian menyimpan semuanya di komputer kamu sendiri. Setelahnya, kamu hanya perlu mentransfer seluruh file ke web. Lalu kapan pun kamu mempunyai konten baru, kamu tinggal menambahkannya ke versi online situs kamu yang ada. Sederhana, bukan?

Membuat HTML Code dengan HTML Editor

html-2

HTML editor merupakan program untuk mengerjakan pembuatan  HTML code. Meskipun HTML di halaman web bisa dibatasi dengan editor teks apa pun, HTML editor khusus bisa menawarkan kenyamanan dan fungsionalitas tambahan. Sebagai contoh, banyak HTML editor menangani tidak hanya HTML, tetapi juga teknologi terkait seperti CSS (Cascading Style Sheets), XML dan JavaScript atau ECMAScript.

HTML editor juga mengelola komunikasi dengan server web jarak jauh melalui FTP dan WebDAV, dan sistem kontrol versi seperti Subversion atau Git. Banyak program pengolah kata, desain grafis, dan tata letak halaman yang tidak didedikasikan untuk desain web, seperti Microsoft Word atau Quark XPress, juga mempunyai kemampuan untuk berfungsi sebagai HTML editor.

Kita juga mungkin sering bertanya-tanya perihal software code editor terbaik untuk memodifikasi file ke web. Sebenarnya, kamu bisa menggunakan editor teks biasa seperti NotePad. Namun ada editor yang lebih baik di luar sana dengan fitur-fitur seperti penyorotan sintaksis, pencarian dan penggantian lanjutan, integrasi FTP, dan lain sebagainya. Berikut beberapa software code editor terbaik yang tersedia untuk pengguna Mac dan Windows.

Notepad ++

Notepad ++ yaitu code editor gratis dan terbuka untuk Windows. Mudah digunakan untuk pemula dan amat baik untuk pengguna tingkat lanjut. Juga mempunyai penyorotan sintaks untuk banyak bahasa termasuk PHP, JavaScript, HTML, dan CSS. Dilengkapi dengan plugin FTP built-in yang memungkinkan kamu untuk terhubung ke server kamu dan mengedit file secara langsung tanpa meninggalkan editor.

TextWrangler

Teks editor yang kaya fitur dan kuat ini merupakan software gratis. Muncul dengan antarmuka pengguna yang amat intuitif, yang membuatnya amat gampang untuk menelusuri file. Memiliki alat pencarian dan penggantian yang canggih, dan bisa secara langsung mengedit dan menyimpan file ke server FTP, SFTP.

Menawarkan sintaks highlighter untuk banyak bahasa pemrograman, dan sepenuhnya menunjang utf-8, dan bahkan memungkinkan kamu untuk mengubah enkoding karakter dokumen teks.

Coda

Coda mungkin salah satu editor pengembangan dan pemrograman web yang paling disukai untuk Mac. Terkenal dengan antarmuka yang tampak elegan, dan fitur pintar yang kuat. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengedit file lokal atau jarak jauh, mengelola rancangan, mengerjakan beberapa file sekaligus dengan gampang beralih antar tab.

Memiliki built-in terminal, debugger, pratinjau kit web dan pemeriksa, serta begitu banyak fitur luar biasa. Coda merupakan software berbayar. Namun lisensi yang diperoleh benar-benar sepadan.

Sublime Text

Sublime Text yaitu software code editor lintas platform untuk Mac, Windows, dan Linux. Muncul dengan seluruh fitur yang kamu harapkan dari code editor yang kuat dan lebih banyak lagi. Tampak cantik dan kamu bisa mengubah penampilan supaya lebih nyaman bagi kamu. Sublime Text hadir dengan fitur code editor canggih yang memungkinkan kamu untuk autofill, autocompletion, fungsi referensi dalam file, multiple selection, split editing, dan banyak lagi. Ada versi uji coba dan berbayar.

Atom

Atom yaitu code editor lintas platform yang dibuat oleh pengembang untuk pengembang. Atom merupakan software open source, dan seperti WordPress, pengguna Atom bisa menggunakan paket dan tema. Tampak cantik dan kamu bisa mengubah tampilan dengan memasang tema. Memiliki built-in package manager untuk extend, smart autocompletion, file system browser, multiple panes, hingga find and replace.

Selain software yang telah dijelaskan, masih ada beberapa software yang bagus untuk digunakan sebagai HTML editor. Software seperti TextMate, BBEdit, UltraEdit, Vim, Brackets, CoffeeCup HTML Editor, dan juga Espresso, bisa kamu gunakan.