Firewall Adalah? | Mengenal Firewall, Fungsi & Cara Kerjanya

Mungkin, kamu pernah mendengar perihal firewall. Hanya saja, kamu memang belum mengetahui maksud dan juga definisinya dengan baik. Lantas, apa itu firewall?

Firewall merupakan suatu program perangkat lunak atau software yang digunakan sebagai sistem keamanan dalam mengelola serat memantau jalannya trafik yang masuk dan keluar berdasarkan security rules yang telah ditentukan sebelumnya.

Nah, yang menjadi pertanyaannya merupakan, apakah perangkat komputer yang kamu miliki telah dilengkapi dengan sistem firewall? Apabila kamu menggunakan perangkat komputer yang telah dilengkapi dengan teknologi modern, maka kemungkinan besar sistem firewall telah terpasang di dalamnya.

Namun, untuk memastikannya. Tentu kamu wajib mengetahui banyak hal perihal firewall. Mulai dari pengertian, fungsi hingga cara kerjanya. Dengan demikian, kamu bisa memastikan apakah perangkat komputer yang dimiliki telah dilengkapi dengan sistem firewall atau tidak.

Pengertian Firewall Adalah?

firewall-4

Secara sederhana, seperti yang telah disinggung di permulaan, bahwa pengertian firewall merupakan suatu sistem keamanan jaringan komputer yang difungsikan untuk melindungi komputer dari beragam macam serangan dari luar yang bersifat mengancam keamanan.

Yang mana, firewall berperan untuk mengontrol seluruh lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan tata aturan keamanan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan kata lain, keberadaan firewall merupakan sebuah program perangkat lunak yang sanggup mencegah terjadinya jalan masuk tidak sah atau dari jaringan pribadi.

Secara teknis juga bisa diartikan bahwa firewall merupakan sebuah alat yang bisa digunakan dalam meningkatkan sistem keamanan komputer yang terhubung pada jaringan, seperti internet maupun LAN.

Di sisi lain, firewall juga merupakan salah satu bagian integral dari kerangka keamanan kerja yang bersifat komprehensif untuk jaringan. Karena, firewall memang sanggup menjamin sistem keamanan jaringan komputer melalui kegiatan kontrol granular atas macam dan fungsinya. Selain itu, firewall juga berperan dalam melangsungkan proses sistem yang mempunyai jalan masuk penghubung ke sumber daya jaringan.

Banyak orang yang mengira, bahwa firewall merupakan sebuah perangkat yang diinstal pada jaringan dan bermanfaat untuk mengontrol lalu lintas melalui segmen jaringan. Padahal, kamu juga bisa mempunyai firewall berbasis host, yakni yang sanggup dijalankan dalam sebuah sistem itu sendiri, seperti ICF (Internet Connection Firewall).

Fungsi Penggunaan Firewall Adalah?

firewall-2

Firewall merupakan media penghalang yang bisa digunakan untuk melindungi PC, tablet, atau smartphone kamu dari beragam bahaya malware berbasis data yang ada di internet. Adapun penggunaan firewall, mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut ini.

Melindungi Data-Data Penting

Dapat dikatakan bahwa firewall difungsikan sebagai sekat antara data internet dengan jalan masuk dunia luar. Pasalnya, dengan adanya firewall, maka akan menyulitkan hacker dan pengguna asing dalam mengakses data-data penting yang kamu miliki. Dapat dipastikan bahwa, perangkat komputer yang dilindungi oleh adanya sistem firewall ini akan lebih aman dari jangkauan para hacker dan para pengguna asing.

Untuk Memblok Pesan yang Tidak Diinginkan

Apakah sebelumnya kamu pernah mendapati pesan misterius yang menyatakan bahwa komputer yang dimiliki dalam keadaan bahaya? Jikalau telah menerima pesan hal yang demikian, namun apabila tidak menginstal program tertentu, maka komputer kamu akan mati dalam hitungan detik.

Nah, apabila kamu pernah mengalaminya, maka kemungkinan besar sistem firewall pada perangkat komputer kamu belum diaktifkan atau memang belum terinstall dengan baik. Pasalnya, macam spam seperti itu memang sering dijumpai pada komputer dengan sistem operasi XP.

Namun, dengan menggunakan sistem firewall ini, kamu bukan hanya sanggup meningkatkan sistem keamanan komputer, tetapi kamu juga bisa memblok pesan-pesan yang memang tidak diinginkan.

Memblok Konten yang Tidak Dikehendaki

Selain bisa digunakan memblokir pesan spam yang mengandung virus atau malware berbahaya, firewall juga bisa digunakan untuk memblok atau memblokir situs maupun konten dari alamat yang spesifik. Yang mana, kamu bisa mengaturnya secara manual, yakni dengan mengatur konten-konten macam apa saja yang tidak diperbolehkan diakses melalui komputer kamu.

Menjadikan Aktivitas Gaming Menjadi Lebih Aman dan Nyaman

Game online mempunyai resiko tinggi kepada celah keamanannya. Hal ini disebabkan akibat adanya proses pertukaran data secara cepat yang biasa terjadi antara jaringan, sehingga memungkinkan hacker dalam menyisipkan virus maupun malware pada perangkat komputer kamu.

Walaupun pada umumnya, server game online telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih dan mumpuni. Namun, ada baiknya sekiranya kamu turut menambahkan sistem keamanan firewall yang bisa di set-up pantas kebutuhan.

Sebagai Monitor Bandwidth

Firewall merupakan sistem keamanan yang bisa difungsikan untuk memastikan supaya keamanan pada jaringan komputer selalu terjaga dengan baik. Di samping mempunyai fungsi utama, firewall juga bisa digunakan untuk memonitori dan membatasi kapasitas bandwith yang digunakan.

Untuk Mengakses Layanan VPN

Kehadiran firewall juga bisa digunakan untuk memfasilitasi koneksi Virtual Private Network atau VPN. Melalui layanan hal yang demikian, pengguna bisa mengakses jaringan internal kamu. Dengan penggunaan layanan yang sama, kamu sanggup mengakses konten atau situs yang ketersediaannya diblokir oleh pihak tertentu, sehingga hal ini bisa digunakan meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan data sharing pantas dengan kebutuhan kamu.

Cara Kerja Firewall Adalah?

firewall-5

Setelah mengetahui banyak perihal firewall, mulai dari definisi hingga fungsinya. Untuk selanjutnya, kamu pasti merasa penasaran dengan cara kerja firewall. Lantas, bagaimana Cara Kerja Firewall? Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Seperti yang telah dijelaskan di permulaan, bahwa firewall merupakan sistem yang bekerja untuk menyaring data (packet) antara jaringan di internet. Yang mana, keberadaannya sanggup memberikan izin untuk membolehkan maupun menolak suatu data atau paket yang diakses oleh sebuah komputer.

Pada umumnya, terdapat tiga cara yang bisa digunakan oleh firewall dalam mengamankan jaringan. Dimana, firewall bisa menggunakan satu atau dua cara, bahkan bisa pula mengkombinasikan ketiga cara hal yang demikian dalam menjalankan sistem keamanan jaringan. Adapun, cara kerja yang dimaksudkan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Packet Filtering atau Stateless

Yang pertama merupakan, packet filtering atau stateless. Artinya, dalam hal ini firewall menggunakan aturan tertentu untuk memperhatikan boleh atau tidaknya suatu data yang masuk ke jaringan.

Dalam pelaksanaannya, nantinya tiap packet akan diperiksa secara sendiri-sendiri atau dalam isolasi. Apabila paket dikirim dalam grup, maka masing-masing packet hal yang demikian akan diperiksa secara satu per satu. Jikalau ditemukan adanya sebuah packet dianggap berbahaya, maka packet hal yang demikian tidak diijinkan masuk.

Proxy Service

Yang kedua merupakan, proxy service. Ini merupakan tahapan dimana aplikasi yang bekerja sebagai pihak penghubung antara sistem jaringan. Pada umumnya Aplikasi proxy berada di dalam sistem firewall dan bertugas untuk memeriksa jalannya proses pertukaran packet dalam jaringan.

Tahapan dalam sistem kedua ini bisa dikatakan lebih selektif. Pasalnya, seluruh informasi akan diperiksa secara tersentralisasi. Cara kerja seperti ini memang lebih canggih, karena proxy service selalu berusaha alam menciptakan hubungan antarjaringan yang mirip. Dalam hal ini, Proxy seolah bekerja untuk menghubungkan jaringan secara langsung, padahal proxy hanya berusaha dalam meng-copy mekanisme yang mirip.

Stateful Inspection

Tahapan yang ketiga merupakan, stateful inspection. Sistem ini berperan untuk menelusuri paket data yang diterima dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya. Yang mana, tiap paket yang telah diterima akan diperiksa ke dalam database packet. Jikalau packet terdeteksi mempunyai konotasi positif atau tidak menunjukkan risiko yang bahaya, maka packet hal yang demikian akan diteruskan ke sistem yang meminta.

Firewall merupakan sebuah faktor penting yang tak boleh sampai dilewatkan sebelum kamu memulai mengakses internet. Karena, keberadaan faktor ini selalu bisa memastikan kamu untuk berselancar di internet dengan aman, sehingga kamu tak perlu merasa khawatir terpapar virus atau mengalami kecurian data.

    Write a comment