Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis kamu

Hampir segala orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018 mencapai lebih dari 130 juta akun. Untuk itulah timbul layanan iklan yaitu Facebook Ads yaitu layanan untuk mempromosikan bisnis.

Bagaimana kamu membuat mereka tertarik dengan iklan kamu? Lebih penting lagi, bagaimana kamu membuat mereka membeli produk kamu? Banyak pemasar yang telah mencoba Facebook Ads, khususnya di masa-masa permulaan mereka mulai berbisnis, memutuskan Facebook Ads yaitu layanan yang bisa diperhitungkan.

Memahami bagaimana cara memanfaatkan Facebook Ads yaitu bagian utama dari hampir tiap taktik media sosial. Dan seandainya kamu ingin postingan kamu ditayangkan pada laman Facebook, tentunya besar kemungkinan kamu wajib membayar lebih untuk bisa menayangkan iklan di Facebook Ads.

Iklan di Facebook tampaknya menjadi salah satu cara paling cepat untuk memengaruhi jangkauan konten kamu. Meskipun ini bukan tanpa pertanyaan. Seberapa baik kerjanya? hasil seperti apa yang kamu dapatkan? Dan apa yang bisa kamu harapkan dari uang hasil jerih payah kamu?

Dalam tulisan ini, kamu akan belajar Facebook Ads lebih dalam lagi serta tips dan trik sukses dalam menjual iklan produk kamu melalui Facebook Ads. Di sini akan dibahas pula kesalahan paling lazim yang dijalankan para pemasar.

Apa Itu Facebook Ads

facebook-ads-2

Facebook Ads yaitu fitur yang dimiliki oleh Facebook yang berfungsi untuk pemasar atau pemilik bisnis mempromosikan atau mengiklankan Fanpage yang telah dibuat oleh pemasar hal yang demikian. Biasanya berisi iklan produk bisnis mereka. Dan Facebook Ads ini bisa mempunyai jangkauan yang berbeda yang bisa diatur oleh pemasang iklan.

Cara Kerja Facebook Ads

facebook-ads-1

Facebook Ads kini hadir dalam beberapa variasi. kamu bisa mempromosikan Halaman kamu, posting di Halaman kamu, tindakan yang diambil pengguna, atau situs web kamu sendiri. Meskipun Facebook semakin meningkatkan fokus pada iklan asli dan menjaga lalu lintas di situsnya, kamu masih bisa sukses mengirim pengguna ke situs web kamu.

Target Facebook Ads yaitu pengguna yang didasarkan pada lokasi, demografis, dan informasi profil mereka. Banyak dari opsi ini hanya tersedia di Facebook. Setelah membuat iklan, kamu menetapkan anggaran dan tawaran untuk tiap klik atau seribu tayangan yang akan diterima iklan kamu. Pengguna kemudian memperhatikan iklan kamu di bilah sisi Facebook.com.

Opsi iklan Facebook lainnya bagus untuk mendorong keterlibatan dan kesadaran mereka, tetapi iklan yang mendorong pengguna ke situs laman pemasang iklan masih merupakan pilihan terbaik bagi pemasang iklan yang ingin mendapat respon langsung berupa transaksi penjualan.

Siapa yang wajib menggunakan Facebook Ads

Banyak bisnis gagal dalam periklanan Facebook karena mereka tidak cocok. kamu wajib selalu menguji saluran pemasaran baru,khususnya sebelum permintaan menaikkan harga, tetapi pastikan untuk mempertimbangkan model bisnis kamu yang pantas dengan jaringan.

Facebook Ads lebih seperti iklan bergambar daripada iklan pencarian. Mereka wajib digunakan untuk menghasilkan permintaan, bukan memenuhinya. Pengguna ada di Facebook untuk terhubung dengan teman-teman mereka, bukan untuk menemukan produk untuk dibeli.

Bisnis yang sukses dengan Facebook Ads meminta pengguna untuk mendaftar, bukan untuk membeli. kamu wajib menggunakan low-friction conversion untuk sukses dalam mengiklankan produk kamu.

Pengunjung ke situs web kamu tidak  mencari  produk kamu. Dia mengklik iklan kamu pada kemauan. Sekiranya kamu mengandalkan dia untuk segera membeli sesuatu untuk membuat ROI (return on investment) iklan kamu positif, kamu akan gagal.

Pengguna Facebook berubah-ubah dan cenderung mengklik kembali ke Facebook seandainya kamu meminta komitmen besar (pembelian) di muka. Alih-alih, mempertahankan konversi sederhana seperti mendaftar untuk layanan kamu, mengisi formulir petunjuk pendek, atau mengirimkan alamat email.

Pun seandainya kamu menjual produk, bukan layanan, kamu wajib mempertimbangkan untuk fokus pada konversi antara pendaftaran dan nawala. Kemudian kamu bisa menjual produk kamu nanti melalui pemasaran email.

Model Bisnis

Pun seandainya kamu hanya meminta alamat email pada awalnya, kamu akhirnya menghasilkan uang dari pengguna ini seandainya iklan kamu ingin menguntungkan.

Model bisnis terbaik yang cocok untuk Facebook Ads yaitu menghasilkan pendapatan dari pengguna mereka dari waktu ke waktu, tidak sekaligus. Seorang pengguna mungkin telah memberi kamu emailnya, tetapi kamu wajib membangun lebih banyak kepercayaan sebelum dia membeli apa pun.

kamu tidak wajib bergantung pada satu pembelian besar darinya. Beberapa pembelian kecil lebih ideal. Transaksi harian dan situs berlangganan melalui Facebook Ads yaitu contoh hebat model bisnis yang bisa berkembang di Facebook. Keduanya mempunyai pelanggan yang nilai masa pakainya tersebar selama enam bulan atau lebih.

Biaya Facebook Ads di tahun 2020

facebook-ads-4

Budget atau biaya Facebook Ads yaitu sejumlah nominal yang timbul sebagai akibat dari adanya iklan yang telah ditayangkan. Harga iklan Facebook Ads yaitu sejumlah $50 untuk satu minggu atau kisaran Rp 750.000, sehingga bisa dikatakan harga iklan Facebook Ads sangatlah fleksibel.

Cara Mengatur Periklanan Pada Facebook Ads

Langkah 1: Tetapkan beberapa tujuan untuk Facebook Ads kamu

Sebelum kamu terjun dan membuat iklan, penting untuk terlebih dahulu memikirkan mengapa kamu beriklan dan apa yang ingin kamu capai. Dengan menetapkan sendiri beberapa sasaran sebelum ditayangkan dengan iklan, kamu juga mempunyai sesuatu untuk mengukur kesuksesan kamu.

Misalnya, seandainya kamu ingin meningkatkan unduhan aplikasi seluler kamu melalui Facebook Ads, kamu bisa menetapkan sasaran 100 unduhan di bulan pertama. Ini juga akan menolong kamu ketika memilih tujuan yang benar untuk mengiklankan produk kamu melalui Facebook Ads. Berikut contoh tujuan yang bisa kamu tetapkan.

  • Meningkatkan lalu lintas ke situs web kamu dari Facebook
  • Meningkatkan kehadiran di event usaha kamu
  • Menghasilkan prospek baru
  • Meningkatkan jangkauan konten kamu di Facebook
  • Meningkatkan keterlibatan pada Halaman Facebook kamu

Langkah 2. Buka Pengelola Iklan Facebook

Semua kampanye Facebook Ads diakses melalui alat pengelola Facebook Ads , yang bisa kamu jalan masuk melalui tautan langsung di facebook.com/ads, atau dengan mengklik “Kelola Iklan” di menu akun Facebook kamu, atau dengan mengklik dari CTA di Halaman Facebook kamu .

Setelah masuk ke pengelola Iklan, kamu bisa bernavigasi dengan menu di sisi kiri halaman. Untuk memulai dengan iklan pertama kamu, klik tombol biru di sudut kanan atas halaman.

Setelah masuk ke pengelola Iklan, kamu bisa bernavigasi dengan menu di sisi kiri halaman. Untuk memulai dengan iklan pertama kamu, klik tombol hijau di sudut kanan atas halaman.

Langkah 3. Pilih tujuan kamu

Ketika kamu mengklik untuk membuat Facebook Ads, kamu akan pergi ke halaman tempat kamu memilih tujuan untuk iklan kamu. Ada 15 opsi di sini untuk apa yang mungkin ingin kamu capai:

Kesadaran

Tujuan yang menghasilkan ketertarikan pada produk atau layanan kamu:

  • Tingkatkan postingan kamu
  • Promosikan halaman kamu
  • Jangkau orang-orang di dekat bisnis kamu
  • Tingkatkan kesadaran merek
  • Tingkatkan jangkauan kamu

Pertimbangan

Tujuan yang membuat orang mulai memikirkan bisnis kamu dan mencari informasi lebih lanjut tentangnya:

  • Kirim orang ke tujuan di atau dari Facebook
  • Dapatkan pemasangan aplikasi kamu
  • Tingkatkan kehadiran di acara kamu
  • Dapatkan penayangan video
  • Kumpulkan prospek untuk bisnis kamu

Konversi

Tujuan yang mendorong orang yang tertarik pada bisnis kamu untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan kamu:

  • Tingkatkan konversi di situs web kamu
  • Tingkatkan keterlibatan dalam aplikasi kamu
  • Dapatkan orang untuk mengklaim penawaran kamu
  • Promosikan produk atau katalog
  • Dapatkan orang untuk mengunjungi toko kamu

Setelah memilih tujuan pemasaran, kamu akan diminta untuk memberi nama pada iklan kamu seperti gambar berikut

Langkah 4: Tentukan audiens dan anggaran kamu

Menyesuaikan Target Audiens kamu

Langkah ini benar-benar penting untuk keberhasilan kampanye Iklan Facebook kamu. Audiens untuk iklan kamu bisa disesuaikan berdasarkan segala demografi berikut:

  • Lokasi, dimulai dengan negara, negara bagian, kota, kode pos, atau alamat, dan pemurnian lebih jauh dengan radius mil
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Bahasa
  • Minat- Facebook memperhatikan ketertarikan seseorang, kegiatan, halaman yang mereka sukai, dan topik yang berkaitan erat
  • Perilaku- Hal-hal seperti perilaku pembelian dan niat, serta penggunaan perangkat
  • Koneksi- Pilih untuk menampilkan iklan kepada segala orang, hanya mereka yang terhubung ke Buffer, atau mereka yang tidak terhubung ke Buffer

Selain itu, dengan pengaturan Koneksi, kamu bisa memilih penargetan lanjutan, yang memungkinkan kamu memasukkan atau mengecualikan orang yang terhubung ke halaman, aplikasi, atau acara tertentu.

kamu juga bisa lebih lanjut menyesuaikan penargetan kamu menggunakan audiens khusus untuk menargetkan kembali orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis kamu.

Contoh: Memilih audiens untuk iklan Buffer

Facebook merekomendasikan untuk mempersempit jangkauan kamu dengan cara yang ditargetkan untuk memaksimalkan pengaruh iklan kamu. Berikut contoh yang membuat target benar-benar sempit dengan eksperimen ini, memilih demografi audiens berikut:

  • Lokasi: Indonesia
  • Minat: Media sosial
  • Dikecualikan: Orang yang telah menyukai Buffer
  • Umur: 18-65 +
  • Bahasa: Indonesia dan English (AS)

Ini memberi kamu perkiraan jangkauan hingga 3.200 orang dari 14 juta. 3.200 orang yaitu berapa banyak yang bisa menjadi harapan untuk online tiap hari dan berpotensi memperhatikan iklan kamu.

Menetapkan anggaran untuk Facebook Ads kamu

Setelah memilih audiens target kamu, selanjutnya kamu wajib memilih berapa banyak yang ingin kamu belanjakan untuk iklan kamu. Ketika kamu menetapkan anggaran, penting untuk diingat bahwa angka ini mewakili jumlah maksimum uang yang ingin kamu belanjakan. kamu juga bisa menetapkan anggaran ke Harian atau Seumur Hidup:

  • Harian: Anggaran harian yaitu rata-rata yang akan kamu belanjakan tiap hari.
  • Seumur Hidup: Anggaran seumur hidup yaitu jumlah maksimum yang akan kamu belanjakan selama masa iklan kamu.

Langkah 5: Buat iklan kamu

Di sinilah ia menjadi benar-benar menyenangkan! Sekarang saatnya memilih gambar (atau video), judul, teks isi, dan di mana iklan kamu akan ditampilkan di Facebook. Untuk teks, kamu mendapatkan 90 karakter untuk membagikan pesan cepat yang akan timbul di atas gambar atau video kamu.

Ada dua cara untuk membuat iklan: Menggunakan postingan yang ada atau membuat iklan baru. Berikut ini sekilas pada kedua opsi hal yang demikian.

Menggunakan postingan yang ada

Untuk variasi iklan tertentu, seperti meningkatkan postingan, kamu bisa membuat iklan menggunakan postingan yang telah ada yang telah dibagikan di Halaman Facebook kamu.

Untuk menjalankan ini, pilih opsi ‘Gunakan Posting yang Ada’ dari dashboard Pengelola Facebook Ads. Dari sini, kamu bisa memilih Halaman dari mana kamu ingin memilih posting dan memilih satu posting dari Halaman hal yang demikian untuk digunakan sebagai iklan kamu

Membuat iklan baru

Sekiranya kamu ingin membuat iklan dari kanvas kosong, tugas pertama yaitu memilih format yang ingin kamu gunakan untuk iklan kamu. Iklan Facebook terlihat sedikit berbeda tergantung pada hasil yang kamu inginkan. Facebook ketika ini menawarkan 5 format untuk iklan:

  • Carousel: Buat iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang bisa digulir
  • Gambar tunggal: Buat hingga 6 variasi iklan kamu menggunakan 1 gambar
  • Video tunggal: Buat iklan dengan satu video
  • Rangkai salindia: Buat iklan video perulangan dengan hingga 10 gambar
  • Canvas: Ceritakan kisah yang lebih mendalam dengan menggabungkan gambar dan video

Catatan: Format yang tersedia untuk kamu akan bervariasi berdasarkan pada tujuan yang kamu tetapkan untuk iklan kamu selama Langkah 3 sedikit lebih permulaan dalam postingan ini.

Setelah format dipilih, kamu perlu menambahkan konten ke iklan kamu (gambar atau video dan salinannya). Bagian ini benar-benar penting untuk membuat iklan kamu menonjol di dalam umpan Facebook atau Instagram. Sekiranya ingin iklan kamu sukses, wajib dilengkapi dengan gambar dan salinan yang cukup menarik untuk membuat orang ingin mengklik.

Spesifikasi gambar atau video yang direkomendasikan umumnya ditempatkan di sebelah area pada layar tempat mengunggah konten kamu, tetapi sebagai aturan praktis:

Spesifikasi gambar:

  • Ukuran gambar yang disarankan: 1200 x 628 piksel
  • Rasio gambar: 1.91: 1
  • Untuk memaksimalkan pengiriman iklan, gunakan gambar yang mengandung sedikit atau tidak ada teks overlay.

Spesifikasi video:

  • Format: file .MOV atau .MP4
  • Resolusi: setidaknya 720p
  • Ukuran file: maks 2,3 GB.
  • Rasio aspek yang disarankan: layar lebar (16: 9)
  • Facebook: Maks 60 menit.
  • Instagram: Maks 60 detik.

Langkah 6: Pilih penempatan iklan kamu

Iklan penempatan menentukan di mana iklan kamu ditampilkan dan dengan Facebook Ads, kamu bisa memilih lokasi di mana iklan kamu akan timbul. Iklan bisa timbul di Umpan Berita seluler, Umpan Berita desktop, dan kolom kanan. kamu juga bisa membuat iklan untuk ditampilkan di Instagram.

Facebook merekomendasikan penggunaan penempatan default untuk tujuan yang kamu pilih, yang memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan penempatan untuk kamu guna mendapatkan hasil terbaik dengan biaya rata-rata keseluruhan termurah.

Namun, seandainya kamu ingin memilih penempatan kamu sendiri, Facebook merekomendasikan pilihan berikut, dikelompokkan berdasarkan tujuan pengiklanan kamu:

  • Tingkatkan kesadaran merek (termasuk pembelian Jangkauan& Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan postingan kamu (termasuk Jangkauan& Pembelian Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan penayangan video (termasuk Pembelian Jangkauan& Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan pemasangan aplikasi kamu: Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan keterlibatan dalam aplikasi kamu: Facebook
  • Promosikan katalog produk: Facebook
  • Tingkatkan konversi di situs web kamu: Facebook
  • Kirim orang ke situs web kamu: Facebook

Langkah 7: Tempatkan orderan kamu

Sekarang iklan kamu siap digunakan. Untuk mengirimkan iklan kamu klik tombol ‘Pesan’ di sudut kanan bawah halaman. Setelah iklan kamu dikirimkan, iklan hal yang demikian akan ditinjau oleh Facebook sebelum iklan ditayangkan (kamu akan menerima email konfirmasi dari Facebook setelah iklan ditayangkan).

Penawaran di Facebook Ads

Seperti pada jaringan iklan mana pun, penawaran strategis bisa berarti perbedaan antara laba dan pengujian yang gagal. Setelah kamu membuat iklan, Facebook akan memberikan rentang penawaran yang disarankan. Saat kamu baru memulai, tetapkan tawaran di dekat bagian bawah kisaran ini.

RKPT kamu akan segera mulai menentukan harga yang wajib kamu bayar untuk lalu lintas. Sekiranya RKT kamu tinggi, tawaran yang kamu sarankan akan berkurang. Sekiranya RKPT kamu rendah, kamu wajib menawar lebih banyak untuk tiap klik.

Selain volume klik, tawaran kamu juga akan menentukan seberapa banyak target audiens yang bisa kamu jangkau. Facebook menyediakan bagan yang bagus untuk tiap kampanye yang menunjukkan ukuran audiens target kamu dan seberapa banyak audiens yang telah kamu capai.

Meningkatkan tawaran kamu akan menolong iklan kamu menjangkau lebih banyak audiens target kamu. Sekiranya iklan kamu berkinerja baik tetapi kamu mencapai kurang dari 75% dari target audiens kamu, kamu bisa meningkatkan tawaran kamu untuk mendapatkan lebih banyak klik.

Sekiranya reaksi audiens kamu tinggi, frekuensi iklan kamu akan meningkat sehingga anggaran kamu pun akan meningkat, berapa kali seorang pengguna yang ditargetkan akan melihatnya.

Laman Landas

Mendapatkan klik hanyalah permulaan. kamu masih perlu pengunjung untuk mengonversi. Pastikan untuk mengirimnya ke halaman arahan yang ditargetkan. kamu tahu usia, variasi kelamin, dan minatnya, jadi tunjukkan padanya halaman yang akan mengatasi masalahnya.

Laman landas juga wajib berisi formulir pendaftaran atau kotak kirim email yang akan kamu lacak sebagai konversi. Fokuskan halaman arahan pada   tindakan ini , bukan penjualan nanti. Sekiranya kamu ingin pengunjung mendaftar ke buletin kamu, tunjukkan manfaatnya atau tawarkan hadiah gratis tiap mendaftarkan email mereka.

Cara Melacak Kinerja

Facebook tidak lagi menawarkan pelacakan konversi. Wawasan Facebook benar-benar bagus untuk data dalam Facebook tetapi tidak bisa memberikan informasi seputar pengguna yang telah meninggalkan situs.

Untuk melacak dengan benar performa Facebook Ads kamu yaitu wajib dengan menggunakan program analitik seperti Google Analytics, atau sistem back end kamu sendiri. Beri tag pada tautan kamu menggunakan pembuat URL Google atau tag pelacakan kamu sendiri.

Pelacakan Konversi

Seperti disebutkan di atas, pastikan untuk memisahkan kampanye dengan kelompok-kelompok kepentingan sehingga kamu bisa memperhatikan performa masing-masing.

kamu bisa melacak menggunakan parameter utm_campaign. Gunakan parameter utm_content untuk membedakan antara iklan. Pelacakan tingkat iklan bermanfaat ketika menguji gambar yang menarik dan sebelum kamu menetapkan RKT dasar dan tingkat konversi.

Pelacakan Kinerja

kamu juga perlu memantau performa kamu dalam antarmuka Facebook. Metrik paling penting untuk dilacak yaitu rasio klik-tayang. RKPT kamu memengaruhi jumlah klik yang akan kamu terima dan jumlah yang akan kamu bayarkan per klik.

Iklan dengan RKPT rendah akan berhenti ditayangkan atau menjadi lebih mahalIklan dengan RKPT tinggi akan menghasilkan klik sebanyak pantas dengan anggaran kamu. Mereka juga akan lebih murah. Perhatikan CTR berdasarkan ketertarikan dan iklan untuk mempelajari audiens mana yang paling sukses dan iklan mana yang cocok dengannya.

Pun performa iklan terbaik pun akan menurun seiring waktuSemakin kecil target audiens kamu, semakin cepat ini akan terjadi. Biasanya kamu akan memperhatikan lalu lintas kamu mulai turun dalam 3-10 hari.

Ketika itu terjadi, segarkan iklan dengan gambar baru dan salin. Gandakan iklan kamu yang ada kemudian ubah gambar dan teks iklan. Jangan edit iklan yang ada. Hapus iklan yang tidak mendapat klik. Pada hari berikutnya, kamu akan memperhatikan iklan baru yang menghasilkan tayangan dan klik.

Pantau performa gambar dari waktu ke waktu untuk memperhatikan mana yang menghasilkan RKPT terbaik dan menjaga lalu lintas mereka paling lama. kamu bisa memutar gambar berkinerja tinggi kembali tiap beberapa minggu sampai mereka berhenti diklik sama sekali.

Itulah pembahasan mengenai Facebook Ads dengan tips dan trik untuk sukses mengiklankan produk kamu melalui Facebook Ads