Definisi Bandwidth, Fungsi, Manfaat, Cara Kerjanya

Bagi sudah lama berkecimpung dalam dunia IT, pasti sudah betul-betul terkenal sekali dengan penggunaan dan fungsi bandwidth. Apakah nama Bandwith masih asing bagi Anda? Penting untuk diketahui bahwa bandwidth ialah kapasitas maksimal besaran transfer yang dikerjakan pada satu waktu dalam cara kerja pertukaran data.

Kata atau istilah bandwidth mungkin acap kali Anda dengar dikala membahas tentang topik Virtual Private Server (VPS). Melainkan yang menjadi pertanyaannya ialah, apakah Anda sudah memahami penjelasan detail tentang bandwidth? Sehubungan dengan itu, maka perkenankan saya untuk membahas kabar tentang bandwidth secara lebih detail dan lebih lengkap.

Pasalnya, pengertian hingga fungsi atau peranan bandwidth perlu untuk dipelajari dengan baik, terlebih bagi Anda yang ingin banyak belajar tentang IT di dunia digital seperti sekarang ini.

Arti Bandwidth Yaitu

bandwith-1

Bandwidth ialah kapasitas yang dapat diaplikasikan dalam kabel ethernet agar sanggup dilewati oleh trafik paket data dengan pencapaian maksimal tertentu. Sementara, untuk pengertian lain dari bandwidth internet ialah, jumlah konsumsi kapasitas transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second atau yang umum disebut dengan bps.

Jadi dapat dikatakan, bahwa bandwidth internet ialah kapasitas maksimal dari jalur komunikasi, yang diaplikasikan untuk menjalankan cara kerja pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik saja. Kecuali itu, terdapat juga istilah bandwidth analog, ialah jenis bandwidth yang memiliki perbedaan antara frekuensi paling rendah hingga frekuensi paling tinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang dapat diukur menggunakan Hertz (Hz).

Satuan tersebut, difungsikan untuk mengenal data atau kabar yang dapat ditransmisikan di dalam suatu waktu tertentu. Kehadiran bandwidth acap kali dianalogikan sebagai jalan raya. Padahal data yang masuk via bandwidth diibaratkan sebagai kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut.

Jadi, kian sedikit jumlah kendaraan yang via, maka lalu lintas akan berjalan kian lancar. Sebaliknya, jikalau jumlah kendaraan yang melintas kian banyak, maka lalu lintas di jalan tersebut menjadi kian padat dan tersendat, sehingga dapat berpengaruh terhadap aktivitas kendaraan lainnya.

Akan tetapi, kian lebar atau kian besar jalan (bandwidth), maka akan kian banyak pula kendaraan yang dapat melaluinya dengan lancar. Oleh karena itu, tak salah jikalau bandwidth selalu menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para pengguna jaringan internet. Pasalnya, kian besar kapasitas bandwidth yang diaplikasikan, maka kian cepat pula cara kerja pertukaran data yang terjadi dan akan kian banyak juga jumlah data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.

Fungsi Bandwidth Yaitu

bandwith-3

Berdasarkan perannya dalam jaringan internet. Berikut ini ialah sebagian fungsi bandwidth yang terbagi berdasarkan penggunaannya masing-masing. Adapun diantaranya, meliputi :

Pengukur Media Pengiriman Data

Salah satu fungsi bandwidth ialah diaplikasikan sebagai pengukur media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau suatu jaringan tertentu. Fungsi ini hampir berlaku pada segala tempat yang memiliki jaringan komputer.

Keberadaan Bandwidth sangatlah bermanfaat, terutama lagi pada hal-hal yang berhubungan dengan distribusi jaringan. Ukuran bandwidth pada lazimnya diaplikasikan sebagai patokan para pengguna dalam memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi internet yang diaplikasikan. Bisa dikatakan bahwa, kian besar kapasitas bandwidth yang ditawarkan, maka terlihat kian baik pula layanan yang sanggup diberikan.

Pembagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi lain dari bandwidth, ialah diaplikasikan sebagai pembagi kecepatan transfer data. Dengan demikian, kecepatan yang dimiliki dapat didistribusikan secara adil dan merata ke segala pengguna. Pembagian ini juga dikerjakan untuk memberikan pembatas, agar para pengguna tak saling berebut kapasitas bandwidth yang sudah disediakan.

Sebab, jikalau tak dibagikan secara adil dan merata, maka segala kapasitas bandwidth yang dialokasikan cenderung cuma diaplikasikan oleh satu pengguna saja, sementara pengguna lain tak dapat memperoleh hal yang sama.

Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Pihak Administrator jaringan terkadang menjalankan pembatasan besar data yang dapat diakses atau diunduh melewati jaringan internet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi trafik penggunaan yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Sebab, trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, dapat mengganggu stabilitas jaringan karena akan mempengaruhi kapasitas bandwidth yang sudah dialokasikan

Dari sebagian fungsi bandwidth tersebut sedikit banyaknya dapat memberikan gambaran biasa bagi Anda, sehingga Anda dapat lebih memahami bandwidth dengan baik. Padahal dalam kebenarannya, bandwidth ialah sebuah istilah yang umum diaplikasikan untuk mendefinisikan suatu kapasitas besaran kabel ethernet atau besarnya jaringan internet yang diaplikasikan.

Contoh Bandwidth Pada Komputer

bandwith-2

Yang dimaksud bandwidth pada jaringan komputer ialah kecepatan dalam suatu jaringan saat menjalankan transfer data yang dihitung per detik, ialah pada pengukuran kecepatan dalam bits per second.Bandwidth ialah kapasitas yang dapat diaplikasikan dalam banyak jangkauan jaringan. Salah satunya, pada jaringan komputer.

Sebagai contoh jikalau Anda menggunakan layanan koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer data yang dapat dihasilkan menempuh 100 mbps. Sebab, kian besar bandwidth sebuah jaringan, maka kian cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis, diantaranya yakni.

Bandwidth Komputerisasi

Bandwidth digital ialah satuan dari data yang ditransfer dalam hitungan bit per second, ialah dalam sebuah jaringan dikirimkan melewati sebuah saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth jenis ini, melakukan fungsinya dengan mengirimkan kabar secara digital baik melewati saluran kabel maupun tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

Bandwidth Analog

Fungsinya tak jauh berbeda bandwidth digital. Melainkan, yang membedakan diantara keduanya, ialah satuan hitungnya menggunakan Hertz.

Contoh Bandwidth Pada Hosting

bandwith-4

Saat Anda membuka halaman penyedia layanan hosting, pasti Anda akan menemukan kata bandwidth di sana. Bandwidth yang tersedia pada layanan penyedia hosting tersebut umumnya difungsikan untuk menentukan berapa banyak besar jumlah pertukaran data yang terjadi pada akun hosting yang diaplikasikan.

Pemakaian akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang sudah ditentukan, maka secara otomatis akan tersuspend. Dengan kata lain, laman tersebut tak dapat diakses dalam waktu tertentu. Melainkan itu dulu. Pasalnya, saat ini layanan hosting sudah tak menerapkan peraturan seperti itu lagi.

Pada lazimnya penyedia layanan hosting sudah memberikan pemakaian hosting murah, lengkap dengan kapasitas bandwidth untuk penggunanya yang juga ditawarkan dengan harga terjangkau. Selaku pengguna internet tentunya betul-betul penting untuk memahami tentang Bandwidth.

Terpenting bagi orang-orang yang memang ditugaskan sebagai administrator jaringan dimana dia ialah pihak yang bertanggung jawab untuk membagi tiap-tiap jaringan dalam jangkauan yang adil dan merata.

Contoh singkatnya seperti ini, jikalau Anda memiliki layanan jaringan Wi-Fi yang disediakan sebagai fasilitas biasa untuk meramaikan kunjungan cafe Anda, pastinya Anda akan mengatur kapasitas jaringan internet yang dapat diakses para pengunjung dalam satu waktu.

Nah, untuk mengaturnya, Anda dapat memanfaatkan bandwidth. bandwidth ialah kapasitas yang dapat dikendalikan layak dengan keperluan dan keinginan Anda sebagai pihak administrator. Sebab, jikalau tak dikendalikan dengan baik, maka akan ada sebagian pengguna yang dapat memanfaat kapasitas jaringan yang berlebihan. Sementara, pengguna lain bahkan tak dapat mengaksesnya sama sekali, walau dalam waktu yang sama.