Dasar Dasar Pemrograman dan Aturan Penulisan Syntax

Dasar-dasar pemrograman dan aturan penulisan syntax merupakan sebuah aturan dan konsep utama yang wajib kamu pahami dengan baik sebelum membuat sebuah program. Dalam pemrograman terdapat beberapa bahasa yang berbeda-beda. Untuk bisa memahami bahasa pemrograman dengan baik, kamu perlu mempelajari algoritmanya terlebih dahulu secara mendalam.

Dengan memahami algoritmanya, kamu bisa memahami sistem kerja sebuah komputer. Hal inilah yang membuat kamu bisa berkomunikasi dengan komputer melalui syntax. Ini merupakan salah satu bagian yang penting untuk dipelajari supaya kamu bisa membuat program. Setelah memahami dasar dasar pemrograman, kamu perlu memilih salah satu bahasa pemrograman yang ingin dikuasai.

Dalam bahasa pemrograman terdapat aturan penulisan syntax yang mana strukturnya telah baku dan wajib dipatuhi dengan baik. Kalau kamu tidak mengikuti aturan syntax dengan baik, maka program tidak bisa terbaca oleh komputer. Ini merupakan hal yang penting untuk dipelajari apabila kamu ingin menjadi sebuah programmer. Sebelum memahami hal hal yang demikian, kamu wajib paham terlebih dahulu mengenai dasar-dasar pemrograman.

Dasar-dasar pemrograman meliputi : konsep dasarnya, apa saja tipe data yang digunakan, apa saja struktur dan aturan yang berlaku pada pemrograman. Melalui pemahaman hal yang demikian, nantinya kamu tidak akan kebingungan dan bisa membuat program dengan baik. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menguasai semuanya, namun kamu bisa menjalankan secara perlahan.

Konsep Dasar Dasar Pemrograman

programming

Konsep dasar-dasar pemrograman ini bisa dikatakan sebagai keseluruhan alur yang wajib dikerjakan satu persatu untuk bisa menjalankan sebuah program. Alur ini wajib tersusun dengan rapi, karena apabila salah satu tidak ada maka program tidak bisa dijalankan dengan baik. Bisa dikatakan ini merupakan bagian yang wajib ada pada tiap program. Untuk bisa menguasai bahasa pemrograman, simaklah penjelasan seputar konsep dasarnya di bawah ini.

Origination

Pada ketika data pertama kali diolah oleh sebuah komputer, maka hal pertama yang dikerjakan merupakan tahap pengumpulan data. Hal ini dikerjakan oleh komputer untuk bisa membangun hubungan dan memahami perintah yang diberikan oleh sebuah program. Dalam tahap ini, lazimnya akan terjadi proses recording artinya komputer mencatat seluruh data yang diberikan kemudian menyimpannya. Melalui hal tersebutlah komputer bisa membaca perintah yang diberikan.

Input

Ini merupakan tahapan dimana user menjalankan input ke dalam komputer melalui alat input sebuah device. Tahapan ini wajib dikerjakan oleh user supaya komputer bisa menerima masukannya. Untuk bisa memasukkan inputan, user bisa menggunakan beberapa bagian seperti keyboard, mouse dan lain sebagainya. Inputan bisa diibaratkan sebagai data masukkan yang akan diproses oleh komputer.

Proses

Setelah user menjalankan inputan, maka data yang diterima akan langsung diproses oleh komputer. Dalam proses ini terdapat bermacam hal yang bisa dikerjakan oleh komputer seperti menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengendalikan, mengelompokkan dan lain sebagainya. Proses yang dikerjakan oleh komputer akan disesuaikan dengan tipe perintah yang telah dituliskan pada syntax. Melalui perintah hal yang demikian, komputer jadi mempunyai alur yang jelas untuk memproses data yang dimasukkan hal yang demikian.

Output

Pada tahap ini komputer akan menampilkan hasil dari pemecahan masalah yang dikerjakan oleh komputer. Setelah menjalankan pengolahan data, komputer akan menampilkan hasilkan ke alat output yang ada pada device dalam wujud sebuah informasi. Beberapa perangkat output yang biasa digunakan merupakan monitor, speaker dalam lain sebagainya.

Distribution

Layak dengan namanya, tahapan ini akan membuka jalur pengiriman, informasi yang telah didapat akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait pantas dengan perintah user. Tahapan ini bisa dibilang cukup penting karena apabila tidak ada, maka user lain akan kesulitan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Dalam proses ini bisa ditentukan siapa saja yang yang akan menerima informasi hal yang demikian.

Storage

Tahapan yang tak kalah pentingnya merupakan tahapan penyimpanan. Seluruh hasil informasi seputar pengolahan data yang dikerjakan akan disimpan pada sebuah media tertentu untuk nantinya digunakan pada pemrosesan berikutnya. Rekaman hasil pengolahan ini bisa digunakan sebagai proses input pada pengolahan data selanjutnya yang lebih kompleks. Tempat penyimpanan wajib terjaga dengan aman supaya tidak gampang terserang virus.

Beberapa Hal Yang Bisa kamu Lakukan Untuk Mempelajari Dasar Dasar Pemrograman Dengan Bagus

programming

Proses belajar memang membutuhkan waktu yang lama sehingga membutuhkan semangat dan kegigihan yang kuat. Beberapa pemahaman dasar ini akan terus digunakan ketika kamu mempelajari bahasa apapun. Untuk itu lakukanlah dengan baik supaya kamu tidak kesulitan kedepannya. Agar lebih gampang mempelajari seputar dasar-dasar pemrograman, kamu wajib memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Pahami Terlebih Dahulu Tentang Programming

Untuk bisa mempelajari pemrograman dengan baik, maka kamu perlu memahami dasarnya dan bermacam bagian yang terkait. Melalui pembelajaran yang mendasar seperti itu, kamu bisa dengan lebih gampang untuk membuat program nantinya.  kamu bisa mencari beberapa referensi melalui buku ataupun internet untuk bisa memperdalam pengetahuan seputar programming. Kalau terdapat beberapa hal yang belum dipahami dengan baik, kamu bisa mencari jawabannya dengan mencarinya di beberapa referensi lain.

Pilih Bahasa Pemrograman Yang Tepat

Banyak sekali bahasa pemrograman yang terdapat di zaman kini ini. Malah beberapa program akan terlihat lebih baik apabila dibangun oleh sebuah bahasa pemrograman tertentu. Untuk itu kamu perlu memilih salah satu tipe bahasa yang paling dikuasai.

kamu bisa memilih bahasa pemrograman dari tipe program yang ingin dibuat, misalnya aplikasi mobile, game dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu bisa dengan gampang menentukan tipe bahasa pemrograman mana yang ingin dikuasai lebih dalam.

Terus Melakukan Latihan Secara Teratur

Dalam proses belajar membutuhkan semangat dan kerutinan. Untuk bisa menguasai dengan baik, maka kamu perlu menjalankan latihan secara rutin. Ketika mempelajari sebuah bagian, cobalah untuk menerapkannya. Melalui hal hal yang demikian kamu bisa lebih gampang untuk memahami materi yang dipelajari. Latihan secara rutin akan membuat kamu lebih memahaminya dengan baik. Proses belajar akan lebih tepat sasaran apabila kamu terus menjalankan latihan secara teratur.

Mencoba Untuk Membuat Program Sederhana

Kalau sekiranya kamu telah memahami bermacam hal seputar dasar pemrograman, cobalah untuk membuat program sederhana terlebih dahulu. kamu bisa menguji kemampuan diri supaya mengetahui telah sejauh mana perkembangan proses belajar yang kamu lakukan. Buatlah program yang kamu anggap gampang saja sebagai percobaan. Kalau telah sukses dengan program yang gampang, kamu bisa menaikkan levelnya untuk menguji diri. Itu seterusnya hingga kamu bisa membuat sebuah program yang bermanfaat.

Update Pengetahuan Dengan Informasi Terbaru

Seiring perkembangan zaman, kamu juga perlu menjalankan update pada pengetahuan yang telah dimiliki. Hal ini dikerjakan supaya diri kamu juga bisa berkembang seiring waktu. Perkembangan teknologi di zaman modern tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang semakin kompleks. Hal inilah yang membuat kamu juga wajib meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

kamu bisa mencari apa saja perkembangan terbaru dari bahasa pemrograman yang kamu dalami. Pelajari beberapa hal baru hal yang demikian, dengan begitu maka kamu bisa semakin menguasai dan lebih baik lagi dalam hal membuat sebuah program.

Bergabung Dengan Komunitas

Kalau kamu kesulitan untuk belajar sendiri, bergabung dalam sebuah komunitas juga tidak ada salahnya. Melalui komunitas hal yang demikian, kamu bisa bertemu dengan banyak teman baru yang juga mempunyai tujuan serta hobi yang sama dengan kamu. Hal ini tentu akan membuat proses belajar semakin terasa seru. kamu bisa saling bertukar pikiran dengan teman di komunitas apabila mengalami masalah. Kalau ada materi yang kurang kamu mengerti, kamu bisa menanyakannya pada teman yang lebih memahaminya.

Macam Macam Tipe Data Yang Harus Dipahami Pada Dasar Dasar Pemrograman

programming1

Jenis tipe data merupakan bagian dari dasar-dasar pemrograman yang wajib dipahami dengan baik. Tipe data ini nantinya digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Di dalam sebuah variabel yang akan dideklarasikan dalam program, wajib ditentukan terlebih dahulu tipe data yang ingin digunakan untuk variabel hal yang demikian. Hal ini perlu dideklarasikan secara tepat supaya komputer bisa memahami syntax yang kamu buat dengan baik.

Kalau tidak dideklarasikan dengan baik, maka bisa menimbulkan error dan membuat sistem salah membaca perintah kamu. Untuk itu simaklah beberapa tipe data yang digunakan dalam bahasa pemrograman di bawah ini.

Tipe Data Terstruktur

Tipe data ini merupakan campuran dari beberapa tipe tipe data yang dasar. Artinya beberapa tipe data yang dideklarasikan sebagai tipe dasar akan digabungkan sehingga membentuk sebuah tipe data terstruktur. Tipe data ini cukup kompleks sehingga hanya digunakan dalam bahasa pemrograman tertentu saja.

Tipe Data Pointer

Tipe data yang satu ini menyimpan variabel khusus yang akan berisikan sebuah alamat yang menuju pada sebuah lokasi lain yang terdapat pada memori. Dengan kata lain, tipe data pointer ini mendeklarasikan sebuah alamat. kamu perlu memahaminya dengan baik untuk bisa mengetahui lokasi sebuah variabel. Terdapat dua macam tipe data yang termasuk dalam tipe data pointer, berikut penjabarannya.

Generic

Pointer ini tidak menunjukkan tipe tipe data yang ada pada variabel. Sehingga program wajib membaca sendiri dan mencari solusi untuk bisa mengetahui tipe tipe data yang digunakan.

Typed

Jenis pointer yang satu ini mempunyai fungsi untuk menunjukkan tipe tipe data tertentu yang terdapat pada sebuah variabel. Jenis ini mendeskripsikan lokasi dengan jelas.

Tipe Data Primitive

Tipe data primitive merupakan tipe data yang menyimpan sebuah nilai dari suatu variabel. Tipe data yang satu ini dianggap sebagai tipe data tipe dasar karena beberapa tipe data yang termasuk dalam kategori ini merupakan tipe data yang banyak digunakan pada tiap program. Berikut beberapa tipe data yang termasuk dalam tipe data primitive.

Boolean

Tipe data ini akan mempresentasikan sebuah hasil True atau False. Untuk tipe data ini, variabel tidak menyimpan nilai sebuah angka atau huruf. Melainkan merupakan sebuah hasil situasi yaitu True atau False.

Numerik

Ini merupakan tipe data yang lazimnya digunakan untuk menyimpan nilai variabel berupa wujud numerik misalnya 1,5,8 dan lain sebagainya.

Character

Adalah tipe data yang menyimpan sekumpulan karakter huruf. Variabel yang dideklarasikan menggunakan tipe data character, akan membaca rangkaian kata yang ada di dalamnya.

Enumerasi

Tipe data yang satu ini memang nampak berbeda dari yang lainnya, karena tipe data ini menyimpan sebuah urutan list. Dimana di dalam list hal yang demikian bisa mengandung nilai yang berbeda-beda.

Struktur Dasar Dasar Pemrograman Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemula

dasar pemrograman

Struktur ini merupakan wujud sebuah situasi yang terdapat pada sebuah program. Kondisi ini memungkinkan program untuk sanggup menjalankan proses seleksi pada tipe inputan yang dikerjakan oleh pengguna. Kondisi ini juga merupakan cara untuk mencari solusi dari permasalahan yang alami pengguna. Dengan adanya struktur ini, maka program bisa memberikan hasil yang pantas. Berikut beberapa macam struktur yang ada pada bahasa pemrograman.

Struktur Perulangan

Terkadang dalam sebuah program, kamu membutuhkan situasi dimana kamu bisa menjalankan perintah secara berulang. Kalau ingin menjalankan hal hal yang demikian, maka kamu perlu memahami struktur perulangan dengan baik. Dengan struktur ini, kamu bisa mengulang baris perintah yang diinginkan secara berulang kali. Perulangan akan berhenti apabila syarat yang ditentukan telah tidak lagi terpenuhi.

Dalam struktur perulangan ini, terdapat beberapa perintah yang lazimnya digunakan seperti While, For, While-do dan lain sebagainya. kamu perlu menentukan syaratnya terlebih dahulu untuk bisa menjalankan perintah secara berulang pantas dengan keinginan.

Struktur Runtutan

Struktur ini bisa dikatakan sebagai struktur dasar yang perlu dipahami dengan baik. Struktur ini berisikan rangkaian perintah yang akan dikerjakan satu persatu pantas urutannya. Dimana perintah yang dikerjakan terlebih dahulu merupakan yang pertama, begitu seterusnya sampai mencapai akhir.

Sebuah perintah dalam struktur ini bisa saja ditulis dalam satu baris maupun banyak baris. Namun tiap perintah akan dipisahkan dengan tanda (;) titik koma. Kalau telah terdapat tanda hal yang demikian artinya perintah akan berpindah ke yang berikutnya, begitu seterusnya.

Struktur Percabangan

Membuat sebuah program tentu tidak akan bisa terlepas dengan yang namanya pilihan. Beberapa pilihan ini dideklarasikan untuk bisa menjalankan program pantas dengan masalah yang dialami oleh pengguna. Alur kerja pilihan ini bisa digunakan dalam sebuah program dengan struktur percabangan. Dimana ketika menjalankan sebuah perintah, maka terdapat syarat tertentu yang wajib dipenuhi.

Kalau misalnya pada pilihan pertama tidak terpenuhi, maka akan loncat ke pilihan kedua. Itu terus hingga sebuah pilihan terpenuhi. Setelah syaratnya terpenuhi, barulah perintah program bisa dijalankan. Dalam struktur percabangan ini terdapat beberapa perintah yang lazimnya digunakan misalnya If-Else atau Switch Case.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui ketika mempelajari dasar-dasar pemrograman. Beberapa hal yang telah dijabarkan diatas akan menolong kamu untuk bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan konsep dasar pemrograman. Setiap bahasa mempunyai struktur syntax yang mungkin berbeda, namun mempunyai konsep yang sama. Tipe data yang digunakan juga sama, hanya perbedaannya terletak pada cara mendeklarasikannya saja.

Kalau kamu telah menguasai konsep dasarnya, hal selanjutnya yang wajib dikerjakan merupakan melatih logika supaya kamu sanggup membangun alur yang jelas pada program yang ingin dibuat. Alur hal yang demikian wajib pantas dengan tujuan dari aplikasi hal yang demikian dibuat. Alur inilah yang nantinya akan memecahkan masalah yang terjadi. Beberapa program dibuat guna memenuhi bermacam kebutuhan ataupun masalah yang dimiliki oleh pengguna.