Coreldraw yaitu? | Definisi, Fungsi, Manfaat dan Versi Corel Draw

Saat ini, kebutuhan desain visual semakin meningkat di masyarakat, baik untuk mempromosikan usaha atau kebutuhan pribadi seperti mendesain undangan pernikahan. Oleh sebab itu, tak heran jikalau dikala ini ada beragam software yang bisa digunakan untuk membuat beragam produk desain, seperti Adobe Illustrator, Photoshop, PicsArt, dan Corel Draw. Di tulisan kali ini, kita akan berkenalan dengan Corel Draw, aplikasi editing foto yang terkenal karena kualitasnya yang bagus.

Mengenal Corel Draw, Aplikasi Editing Serbaguna

corel-draw-1

Corel Draw yaitu software editing vektor dan grafis. Kegunaannya telah mencakup cukup banyak hal seperi membuat desain, layout situs, hingga tipografi. Corel bisa digunakan untuk mengedit gambar, animasi, dan vektor guna menghasilkan berjenis-tipe tipe produk visual. kamu bisa membeli Corel Draw secara resmi dan versi full-pack di situs resminya: coreldraw.com.

Sekilas sejarah soal Corel, aplikasi ini diciptakan oleh Michael Cowpland dibantu programmer bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne. Pengerjaan software Corel Draw ini membutuhkan waktu selama 2 tahun dan baru pertama kali dirilis di tahun 1989. Nama Corel sendiri diambil dari perusahaan rintisan Cowpland yakni Cowpland Research Laboratory.

Fungsi dan Manfaat Corel Draw, Desainer Wajib Tahu!

corel-draw-3

Corel Draw menjadi “senjata” dari para grafis desainer bukan tanpa sebab. Ada banyak fungsi serta manfaat aplikasi editing dan animasi satu ini. Sejumlah fungsi dan manfaat dari Corel Draw yaitu sebagai berikut.

Membuat Vektor Berkualitas Bagus

Salah satu fungsi dan manfaat Corel Draw yaitu membuat vektor berkualitas baik. Tidak banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vektor. Namun kamu beruntung, sebab Corel Draw yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vektor berkualitas baik. Vektor sendiri merupakan gambar yang tidak akan “pecah” dikala kamu memperbesar ukurannya.

Membuat Tipografi Baru dengan Basic Font

Corel Draw yaitu software yang juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat tipografi baru dan menarik dengan basic font yang telah ada. Nantinya, font baru ini bisa kamu gunakan untuk mempercantik desain yang tengah kamu buat.

Membuat Produk-Produk Desain (Logo, Brosur, Poster, Undangan, dll)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan beragam produk-produk desain untuk mempercantik branding perusahaan, mempromosikan produk, hingga mengerjakan presentasi di hadapan orang lain. Kini kamu tidak perlu kebingungan lagi soal mendapatkan produk desain untuk kebutuhan. kamu bisa membuatnya dengan Corel Draw!

Sebagai aplikasi editing, telah tentu manfaat utama dari Corel Draw yaitu untuk membuat beragam produk desain. Mulai dari logo perusahaan, poster, brosur, undangan, hingga sampul buku bisa kamu buat sendiri sesuatu daya kreativitas masing-masing. Corel Draw yaitu solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan desain sebab aplikasi ini menyediakan beragam fitur editing, warna dan font yang bisa kamu manfaatkan dikala membuat desain.

Mendesain Website dan Membuat Ilustrasi

Manfaat terakhir dari Corel Draw yaitu untuk mendesain situs sekaligus membuat beragam ilustrasi yang bisa mendongkrak penampilan situs perusahaan ataupun pribadi milik kamu.

Salah satu cara untuk bisa menaikkan jumlah pengunjung situs kamu yaitu dengan mendesainnya sedemikian rupa sehingga mempunyai tampilan yang cantik. Saat ini, mempunyai situs dengan beragam ilustrasi visual yang menarik bukanlah sesuatu yang sulit! Karena, Corel Draw yaitu solusinya.

Dengan Corel, kamu bisa membuat beragam ilustrasi yang bisa digunakan pada halaman iklan dari situs kamu. Corel Draw yaitu pilihan banyak orang untuk membuat beragam ilustrasi karena hasilnya yang dikenal mempunyai kualitas tinggi. Selain itu, Corel juga bisa digunakan untuk mendesain user interface situs supaya terlihat lebih baik, praktis dan menarik dikala digunakan pengunjung.

Versi-Versi Corel Draw: Dari Dulu Hingga Terbaru

corel-draw-2

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Corel Draw dirilis pertama kali di tahun 1989. Sejak dikala itu hingga hari ini, ada begitu banyak versi Corel Draw yang pernah dirilis. Setiap versi mempunyai kemampuan, perkembangan dan perbaikannya.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Corel Draw menjadi semakin baik dan mempunyai fitur serta kegunaan yang semakin komplit. Penasaran seperti apa perkembangan Corel Draw dari tahun ke tahun? Yuk lanjut membaca!

Corel Versi 1.0

Versi pertama dari aplikasi editing gambar ini yaitu Corel Draw 1.0 yang dirilis pada 1989. Aplikasi ini telah kapabel digunakan untuk membuat sejumlah desain seperti brosur, kartu undangan hingga kop surat. Hanya saja, versi ini hanya bisa dipakai di Windows versi 3.0 dan 3.1.

Corel Versi 2.0 dan 2.5

Beberapa tahun berikutnya, tepatnya di 1990, dikerjakan pembaharuan Corel Draw versi 2.0. Pada versi ini, pengguna telah bisa memanfaatkan fitur perspective serta envelope tool. Namun setahun kemudian, Corel kembali di update menjadi versi 2.5.

Corel Versi 3.0 dan 4.0

Versi 3.0 mengalami peningkatan di mana kamu bisa menggunakan aplikasi dengan memori yang lebih sedikit dan efisien. Selain itu, Corel 3.0 dilengkapi dengan fitur preview hasil desain. Sementara versi 4.0 telah bisa digunakan sebagai aplikasi desktop publishing dan mempunyai fitur multi-page. Kedua fitur ini masing-masing dirilis pada tahun 1992 dan 1993.

Corel Versi 5.0 hingga 10.0

Seiring perjalanan waktu, Corel Draw mulai “rajin” mengalami peningkatan di tiap tahunnya. Pembaharuan dikerjakan di tiap tahunnya mulai dari 1994 hingga 2000 untuk Corel Draw versi 5.0 hingga 10.0. Mulai dari versi 5.0, aplikasi ini mulai terkenal dikalangan grafis desainer sebab kelengkapan fiturnya seperti bitmap effect, display calibration, pengaturan warna dan efek lensa. Selanjutnya di versi 6.0, Corel Draw telah bisa digunakan untuk sistem operasi arsitek 32-bit dan Windows 95.

Fitur-fitur baru pun ditambahkan lagi seperti review printing, transparency tool, spell checker, dan blend tool pada Corel versi 7.0. Corel pun semakin enggan untuk berkembang di tahun selanjutnya. Saat merilis versi 8.0, aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan lain seperti distorsi dan drop shadows.

Gebrakan paling hebat dari Corel terjadi di versi 9.0, di mana penggunanya telah bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat animasi vektor. Terjadi peningkatan yang cukup drastis dari yang sebelumnya Corel hanya digunakan untuk mengedit gambar, kini Corel telah bisa digunakan untuk membuat animasi. Selain itu, Corel 9.0 bisa juga digunakan untuk membuat unsur situs. HIngga akhirnya di tahun 2000, pengguna telah bisa menyimpan file grafis dengan format SVG di Corel versi 10.0.

Corel Versi 11.0 dan 12.0

Corel 11.0 dan 12.0 merupakan 2 versi terakhir sebelum Corel memasuki era atau series “X”. Pada versi 11.0, pembaharan difokuskan pada fitur-fitur desain situs. Sementara versi 12.0 memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar yang lebih presisi. Masing-masing versi dirilis pada tahun 2002-2003.

Corel X Series

Move on dari seluruh versi sebelumnya, mulai dari tahun 2005, Corel Draw berevolusi menjadi versi “X series”. Dari 2005 hingga 2016, Corel merilis versi X3 sampai X8, yang mana fitur-fiturnya telah jauh lebih canggih dibanding sebelumnya. Berikut ini akan kita bahas tiap versi Corel X satu demi satu.

Corel Draw X3 menjadi pelopor perubahan super drastis dari Corel Draw, di mana terjadi perubahan signifikan terkait fitur sekaligus user interface. Kemudian dilanjutkan dengan versi X4 yang diperbaharui sehingga bisa digunakan pada Windows Vista. Nama Corel X4 melejit drastis pada masanya sebab telah bisa mensupport format RAW.

Tak berhenti sampai di sana, Corel melahirkan versi X5 yang telah stabil untuk sistem Windows 7 dan processor Multi-Core ke atas. Versi ini juga dilengkapi dengan update berupa beragam format file, mesh tool transparansi, dan pixel view. Kekurangan dari versi X5 lalu diperbaiki oleh versi X6 dalam format 32-bit dan 64-bit di tahun 2012.

Versi X7 lahir 2 tahun sebelumnya dan masih banyak dipakai hingga hari ini, lho! Corel X7 masih menjadi unggulan sebab terdapat banyak fitur editing foto yang menarik dan interface flat yang dimilikinya. Perbaikan dari X7 dirilis ke dalam format Corel X8, yang telah bisa digunakan oleh Windows 10. Semakin canggih, ya!

Corel Versi 2017 dan 2018

Akhirnya, tibalah kita di versi terakhir Corel yakni versi 2017 dan 2018. Kedua versi ini dirilis mengingat tingginya kebutuhan akan desain grafis pada era modern. Agar bisa tetap up to date dan memenuhi kebutuhan masyarakat, Corel akhirnya merilis versi termutakhir. Kedua versi Corel ini telah disupport dengan fitur modern pengedit foto dan support touch-screen sehingga bisa digunakan juga pada gadget seperti tablet.

Menarik sekali bukan pembahasan perihal Corel Draw? Bagaimana, apakah kamu ingin mencoba belajar editing foto dengan Corel Draw? Semoga tulisan ini bermanfaat menambah wawasan kamu, ya! Sampai bertemu di tulisan lainnya dari kami.