Contoh Email Promosi atau Penawaran Produk yang Bagus

Di zaman kini ini, dimana teknologi berkembang pesat, tentunya dunia telekomunikasi juga telah berkembang pesat, sehingga banyak cara bagi orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Mulai dari chat di media khusus telekomunikasi seperti WhatsApp, LINE, Telegram, atau pun media lainnya seperti sosial media Facebook, Instagram, dan Twitter.

Meskipun begitu, mengirim pesan atau informasi melalui email masih tetap digandrungi, apalagi di kalangan pebisnis atau lingkungan perkantoran. Di kalangan pebisnis atau perkantoran, tentunya ada beraneka macam email, namun yang paling awam kita temui yaitu email yang berkaitan dengan promosi atau penawaran produk dari perusahaan atau bisnis hal yang demikian.

Namun dibagi lagi menjadi beberapa bagian, cocok dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, email perusahaan, email marketing, email penawaran produk hingga email bisnis. Adapun contoh email yang telah dipaparkan sebelumnya yaitu sebagai berikut!

Contoh Email Perusahaan

contact-us

Sebelum mulai membahas email promosi, ada baiknya kita mulai dengan membahas alamat email perusahaan yang kemudian akan dilanjutkan dengan contoh email perusahaan. Alamat email perusahaan yaitu hal yang paling dasar yang semestinya dimiliki sebelum mulai mengirim email promosi.

kamu semestinya mempunyai alamat email, ditambah memilih domain mana yang cocok untuk kamu, sebagai contoh, Yahoo, Gmail, atau mungkin alamat domain lainnya yang bisa kamu pilih sendiri. Tentunya masing-masing domain memberikan kelebihan sekaligus mempunyai kekurangan tersendiri.

Sebagai contoh, Gmail, memberikan kelebihan berupa pemberitahuan pesan yang bersifat real time, sekaligus bisa menyimpan email atau data penting dengan aman. Terdapat admin IT yang bertugas untuk mengelola account secara terpusat di seluruh organisasi maupun perangkat kamu.

Selain itu, dengan memilih Gmail sebagai domain kamu, kamu bisa mengakses email kapan pun dan dimana pun, tanpa perlu sambungan internet. Malah membaca dan membuat draft pesan bisa dilaksanakan tanpa mempunyai sambungan internet, kemudian pesan siap dikirim ketika kembali online.

Apabila kamu memilih domain Gmail, keuntungannya yaitu kamu bisa membangun kepercayaan pelanggan, dengan cara memberikan alamat email yang bersifat profesional kepada domain milik kamu yang nantinya digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan kamu. Contohnya email perusahaan yaitu susanti@perusahaananda atau joni@perusahaananda. kamu pun juga bisa membangun milis group, seperti sales@perusahaananda.

Contoh Email Marketing

email-marketing-1

Sekalipun kamu yaitu master di bidang marketing yang sungguh-sungguh memahami teknologi yang sedang berkembang, atau bahkan seorang pemula yang baru saja bergerak di bidang marketing, kamu pasti membutuhkan contoh-contoh yang luar biasa. Contoh-contoh ini membuat kamu menjadi lebih kreatif, bisa digunakan sebagai bahan eksperimen, sekaligus meningkatkan marketing itu sendiri.

Di zaman kini dimana internet berkembang pesat, inspirasi gampang sekali untuk diperoleh sebab pada umumnya konten marketing bisa diakses oleh seluruh orang. kamu bisa mencari di internet atau bahkan jejaring sosial, untuk memperhatikan apa yang sedang diperbincangkan oleh orang-orang atau koneksi kamu.

Namun, di tengah hal hal yang demikian, terdapat saluran marketing yang sungguh-sungguh sulit untuk diakses untuk menemukan contoh yang baik, yaitu dalam hal email. Hal ini cukup sulit sebab kamu perlu berlangganan dahulu ke sebuah contact list demi menemukan contoh email yang baik.

Malah sekalipun kamu telah berlangganan pada email yang bagus, pihak provider email hal yang demikian akan terus memborbardir kamu tiap-tiap hari sehingga cukup sulit bagi kamu untuk menemukan yang paling luar biasa di antara contoh-contoh email hal yang demikian. Berikut ini akan dibahas contoh-contoh email yang baik untuk kamu.

Warby Parker

Contoh email marketing yang satu ini mempunyai subject email tersendiri, yaitu “Uh-oh, your prescription is expiring.” Email ini yaitu contoh email pemicu yang cerdas, kamu atau pun pelanggan lain akan sungguh-sungguh senang sebab email marketing yang satu ini mengingatkan kamu atau pelanggan lain resep kacamata yang akan segera kadaluarsa atau perlu diperbaharui.

Selain itu terdapat trik marketing dalam email ini, tepatnya di bagian bawah email. Apabila kamu atau seseorang tidak tahu kemana semestinya pergi untuk meng-upgrade subscription, maka informasi bagi seorang optometris atau pemeriksa mata berada tepat dalam email. Dengan begitu, kamu seolah-olah tidak ada alasan untuk tidak berbelanja kacamata.

Charity: Water

Saat berdialog mengenai email marketing, jangan lupa untuk menyebutkan email transaksional. Apa yang dimaksud dengan email transaksional? Email transaksional yaitu email otomatis yang masuk ke dalam inbox kamu setelah kamu melaksanakan tindakan tertentu kepada sebuah laman.

Konten-konten yang terkandung di dalamnya bisa terdiri dari apa saja, mulai dari mengisi sebuah form bahkan membeli sebuah produk. Email tipe ini identik dengan sumbangan kepada sebuah proyek. Kebanyakan kegiatan amal hal yang demikian tidak menjelaskan rute-rute hal yang demikian.

Sementara Charity: Water, mempergunakan email yang bersifat otomatis untuk menunjukkan kepada para penyumbang bagaimana uang yang mereka berikan berpindah dari waktu ke waktu. Disertai dengan timeline proyek jadwal yang menyertai, sekalipun kamu tidak benar-benar membaca email, kamu bisa langsung mengetahui dimana diri kamu dalam proses secara keseluruhan.

BuzzFeed

Email marketing tipe ini mempunyai banyak keistimewaan. Pertama, BuzzFeed, mempunyai subject email yang ditulis dengan keren dan terdapat teks pra-tampil atau teks berwarna abu-abu disamping subject email. Selain itu, subject email yang digunakan selalu bersifat singkat sekaligus memikat yang tentunya sungguh-sungguh cocok dan sempurna dengan konten BuzzFeed.

Banyak sekali orang yang suka dengan ide teks pra-tampil yang berfungsi untuk melengkapi subject email. Contoh yang bisa dilihat yaitu, apabila terdapat subject email yang bersifat pertanyaan, maka teks pra-tampilnya bersifat jawaban. Atau apabila subject email bersifat perintah, maka teks pra-tampilnya tampak seperti pikiran yang logis setelah teks hal yang demikian.

Saat kamu membuka email, isinya pun luar biasa. Coba perhatikan teks alternatif yang terdapat dimana seharusnya logo BuzzFeed dan gambar pertama seharusnya berada. Email hal yang demikian masih bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan sekaligus terlihat sungguh-sungguh baik, terlepas dari apakah seseorang mengaaktifkan gambar atau tidak. Sudah jelas, ini yaitu sesuatu yang semestinya ada dalam tiap-tiap email marketing.

Contoh Email Penawaran Produk

Adapun contoh email marketing yang juga bisa dipergunakan sebagai email khusus penawaran produk atau promosi yaitu sebagai berikut!

Canva

Hal menarik dari email produk Canva yaitu dalam hal kesederhanannya. Saat email hal yang demikian timbul dengan konsep desain baru atau “new layouts in Canva”, tim dari Canva memungkinkan para subscriber tahu dengan cara mengirimkan sebuah email, dengan konsep tertentu.

Sebagai contoh, kamu diminta untuk memilih dokumen yang disediakan untuk memulai desain baru. kamu diminta untuk memilih tipe desain baru untuk memulai, seperti card, social media, poster dan yang terakhir yaitu presentation.  Email ini, untuk masing-masing memberikan deskripsi singkat, menunjukkan halaman pra-tampil, sekaligus mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri!

Birchbox

“Kami Melupakan Sesuatu di Box Februari kamu!” yaitu subject email yang berasal dari layanan subscription produk kecantikan Birchbox. Dan tentunya tim Birchbox tidak lupa untuk memberikan kode diskon dalam box-nya, tetapi sesungguhnya itu yaitu cara yang cerdas demi mendapatkan perhatian.

Dropbox

Tentunya sulit bagi kamu untuk menyukai sebuah email dari perusahan atau bisnis yang produknya belum pernah kamu gunakan. Namun, Dropbox menemukan sebuah cara untuk membuat email dengan makna “kembali lagi ke kami” miliknya menawan sekaligus lucu.

Tim Dropbox selalu mempertahankan email-nya terlihat singkat dan cantik, demi menekankan pesan bahwa tim Dropbox tidak ingin menganggu. Tim Dropbox hanya ingin mengingatkan penerima bahwa tim Dropbox ada sekaligus mengapa mereka bisa menolong.

kamu bisa menggunakan konsep seperti yang digunakan oleh tim Dropbox, yaitu ketika mengirim tipe-tipe email seperti ini, kamu bisa memasukkan sebuah insentif bagi penerima email untuk datang kembali demi menggunakan layanan kamu. Hal ini seperti sebuah kupon yang ada batas kadaluarsanya.

Ciri-Ciri Email Promosi yang Profesional

email-2

Menggunakan Alamat Email Khusus Bisnis

Ciri-ciri email promosi profesional yang pertama yaitu pengirim email atau email sender-nya menggunakan alamat email dengan nama domain milik sendiri. Khusus alamat bisnis, umumnya mempunyai format, yaitu nama@domainanda.ekestensidomain.

Contoh email bisnis, yaitu, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, dan lain sebagainya. Untuk bisa membuat email bisnis seperti yang dicontohkan ini, tentunya caranya sungguh-sungguh gampang. kamu cukup menyediakan hal-hal seperti domain & hosting dan tentunya terdapat tutorial yang gampang untuk diikuti oleh kamu untuk membuat email dengan domain sendiri.

Sedikit Kesalahan Typo

Email yaitu media komunikasi yang berkonsentrasi pada teks, oleh karena itu penulisan konten dalam email haru benar-benar diperhatikan. Ciri email promosi yang kedua yaitu mempunyai kesalahan typo yang sedikit, atau bahkan tidak mempunyai kesalahan typo sedikit pun.

Untuk melaksanakan pengecekan kepada typo, kamu bisa menggunakan tools berupa Typo Online yang merujuk pada database Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. kamu cukup memasukkan teks, dokumen atau halaman laman yang kamu inginkan untuk dicek ada atau tidaknya kesalahan penulisan.

Memiliki Link yang Aktif

Ciri ketiga dari email promosi yang profesional yaitu mempunyai link yang aktif. Maksud dari hal ini yaitu link yang disertakan pada sebuah email promosi atau semestinya bisa di-click dan ketika halaman yang dituju terbuka, isinya cocok apa yang dipromosikan.

Menyediakan Jalan untuk Unsubcribe

Ciri yang ke-empat dari email promosi yaitu menyediakan jalan untuk melaksanakan unsubscribe. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan pembaca email marketing kamu. Apabila jalan untuk unsubscribe tidak kamu sertakan maka email marketing kamu ditandai sebagai spam atau bahkan bisa diblokir oleh subscriber.

Cara Membuat Email Promosi Produk yang Profesional

Memilih Layanan Email Marketing yang Bagus

Dalam hal memilih layanan email marketing yang bagus, tentunya bagus ini mempunyai beberapa parameter, seperti sistemnya stabil, mempunyai pelayanan kepada pelanggan yang cepat tanggal, sekaligus mempunyai konten edukasi yang komplit.

Mengirimkan Email yang Cocok sekaligus Relevan dengan Subscriber kamu

Hal ini terkait dengan penyesuaian situasi dan situasi. Apabila subscriber kamu yaitu kalangan ibu-ibu yang mempunyai hobi memasak, aka kamu sebaiknya mengirimkan email seputar dunia memasak. Misalnya resep, informasi mengenai alat memasak, tips menjual masakan yang bersifat olahan, dan sebagainya.

Pada intinya, jangan sampai kamu salah dalam hal mengirimkan informasi kepada kalangan masyarakat yang kamu tuju, informasi yang kamu kirimkan semestinya mempunyai keterkaitan dengan kalangan masyarakat hal yang demikian.

Mengukur dan Evaluasi

Cara yang terakhir yaitu mengukur sekaligus mengevaluasi. Lalu, apa yang semestinya dievaluasi sekaligus dievaluasi? Misalnya ada berapa orang yang membuka email kamu, berapa orang yang meng-click link yang kamu kirimkan, dan yang terakhir yaitu berapa banyak email yang tidak terkirim.

Setelah kamu ukur dengan metrik yang telah dipaparkan sebelumnya, kamu bisa mengevaluasi, email yang mana saja yang mempunyai nilai tinggi dan email mana saja yang nilainya rendah.  Email dengan nilai tinggi bisa menjadi referensi kamu untuk membuat email promosi atau penawaran produk berikutnya. Sementara email dengan nilai rendah bisa kamu perbaiki lagi, baik dari segi konten maupun subject email-nya.

Contoh Email Bisnis

Pada dasarnya, email bisnis yaitu sama dengan email perusahaan, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pada pembahasan pertama kalinya. kamu diharuskan memilih alamat email sekaligus memilih domain yang cocok, seperti Yahoo, Gmail, dan satu lagi seperti Flockmail.

Dengan menggunakan Flockmail, nama email bisnis kamu menjadi: nama@napaerusahaan.com. Sebagai contoh, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, seperti yang dipaparkan sebelumnya. Selain itu, mempunyai kapasitas 30 Gb dan dilengkapi dengan aplikasi Android, Ios, Windows, dan MacOS. kamu pun bisa melaksanakan video conference atau e-meeting dan juga mempunyai Kalender, Kontak, dan sebagainya.

Jadi pada intinya, untuk membuat email bisnis seperti yang diberikan pada contoh email bisnis sebelumnya, kamu semestinya menyediakan domain dan hosting, kemudian mengikuti tutorial seperti yang telah dipaparkan sebelumnya untuk mempunyai email bisnis.

Demikian informasi mengenai contoh email promosi sekaligus penawaran produk yang baik. Semoga informasi ini bisa memperdalam wawasan kamu mengenai tipe email yang bermanfaat dalam kehidupan berbisnis.