Coding Programs | Belajar Coding Untuk Pemula

Mungkin seseorang akan mengira coding programs ialah ilmu yang sulit dipelajari. Padahal, kalau ditelaah baik-baik dan diikuti proses belajarnya, ilmu ini bukanlah ilmu yang cukup sulit untuk dipelajari. Memang tidak terlalu gampang juga, hanya saja kalau mempunyai fokus dan niat mempelajari ilmu ini, tentunya ada hasil yang bisa diperoleh dari usaha hal yang demikian.

Sebelum berkembang seperti kini ini, ilmu coding programs sendiri memang terasa kompleks untuk dipelajari. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, para ahli dan ilmuwan telah membuat ilmu ini menjadi lebih sederhana dan bahkan siapapun bisa mempelajarinya.

Seseorang yang ingin belajar ilmu ini tak seharusnya datang ke kursus atau meminta bantuan seseorang. Belajar secara otodidak telah bisa dilaksanakan oleh siapa saja dan kapan saja bahkan oleh pemula. Pada bahasan kali ini kamu akan menemukan beberapa ilmu coding khusus untuk kamu yang masih pemula.

Berikut ialah bahasannya satu per satu. Ketahui terlebih dahulu apa itu coding, baru kemudian mengikuti langkah-langkahnya perlahan supaya kamu bisa mempraktekkannya dengan gampang.

Pengertian Coding Programs

CODING

Pada tulisan ini tidak akan membahas ilmu coding secara keseluruhan, melainkan ilmu dasarnya saja. Mengingat disini kamu mempelajari ilmu coding sebagai pemula. Adapun topik ilmu coding yang akan dibahas antara lain; pengertian ilmu coding, dasar-dasar coding, cara menjalankan coding, dan lain-lain.

Bahasa pemrograman yang dimanfaatkan untuk mengolah kode dan data ialah definisi dari coding. Selain mengolah kode dan data, dengan coding kita juga bisa memelihara kode, memperbaiki, dan juga menulisnya. Lalu, kode apa yang digunakan untuk kegiatan coding ini? Kode dan data yang diolah pada coding tak lain ialah kode dalam sebuah program komputer.

Meski bahasa pemrograman sendiri diartikan sebagai struktur yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer, apapun perintahnya. Perintah untuk komputer bisa terdefinisi oleh program layak dengan macam bahasa dari tiap bahasa pemrograman yang ada. Adapun bagian dari bahasa pemrograman ini ialah semantik dan sintaks. Ada beraneka bahasa pemrograman di dunia ini, namun ada beberapa yang populer digunakan di Indonesia. Bahasa hal yang demikian populer karena kemudahannya ketika dipakai, gampang dicari, atau karena hal lainnya.

Bahasa pemrograman yang populer di Indonesia ialah ActionScript, C, PHP, Java, Python, C++, Visual Basic, JavaScript, Objective-C, dan C#. Apakah kamu telah tak asing dengan salah satu atau salah duanya?

Dasar-Dasar Ilmu Coding Programs

images909

Setiap ilmu mempunyai dasar-dasar sebagai referensi dan penyempurnaan sebuah bidang ilmu. Imu coding programs ini ada berdasarkan adanya macam-macam bahasa pemrograman. Ada beberapa macam bahasa pemrograman yang telah ada dan biasa digunakan. Namun sayangnya, beberapa orang menilai mempelajari satu bahasa pemrograman saja tidak cukup.

Masing-masing bahasa pemrograman mempunyai struktur dan aturan masing-masing. Berbeda dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, masing-masing bahasa pemrograman mempunyai struktur percabangan, struktur perulangan, dan struktur runtutan yang berbeda-beda. Pada tulisan ini tidak membahas struktur-struktur itu lebih lanjut, karena perbedaan struktur dari masing-masing bahasa pemrograman akan dipelajari di tingkat ilmu coding yang lebih tinggi.

Manfaat Belajar Coding Programs

Memang benar bagi pemula ilmu coding programs ini akan terasa sulit dan kompleks. Tidak apa-apa, hal ini wajar adanya karena memang ilmu ini cukup berbeda dengan ilmu lainnya. Dalam mempelajari sebuah ilmu, apakah kamu tipe orang yang juga mempertanyakan apa manfaat dari mempelajari ilmu hal yang demikian? Mari kita jawab apa saja manfaat mengetahui dan bisa menjalankan coding.

Ilmu coding sendiri ialah ilmu yang mengajarkan kita cara mengolah kode dan bahasa, tentunya dengan mempelajari ilmu ini kita akan bisa memecahkan sebuah permasalahan dalam program komputer. Kita juga bisa membuat program komputer layak keinginan setelah menguasai coding. Secara tidak langsung, belajar ilmu coding akan membuat kamu menjadi lebih teliti dan bisa fokus. Alasannya, kode dan data yang akan diolah pada kegiatan coding jumlahnya bisa ratusan atau ribuan.

Masing-masing kode yang akan diolah seharusnya diperhatikan dengan benar supaya tidak keliru hasilnya. Nah, inilah mengapa ilmu ini akan mengajarkan kita lebih teliti. Pun dengan mengetahui ilmu cara mengolah kode dan data dengan bahasa pemrograman yang benar, kamu bisa membuat sebuah penemuan kreatif untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitar kamu. Manfaat dari mempelajari ilmu coding memang luar biasa.

Jadi tidak perlu pusing kalau kamu merasa kesulitan ketika mempelajarinya. Karena pasti hasil dari mempelajari ilmu ini akan setara dengan usaha kamu ketika mempelajarinya.

Bagi kamu yang telah mengetahui ilmu dasar dari coding ini, tetap bisa melanjutkan ke ilmu coding yang lebih tinggi tingkatannya. Wajar saja karena memang hampir seluruh yang mempelajari ilmu dasar coding akan tertarik untuk mempelajari coding lebih dalam. Bila memang hal ini yang kamu butuhkan, kamu bisa mengikuti kursus atau belajar secara otodidak saja.

Belajar coding secara otodidak bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi edukatif yang bisa didapat secara hanya-hanya di Play Store atau App Store. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain Coursera, edX, W3Schools, Khan Academy, Udemy, Codecademy, dan Github.

Cara Melakukan Coding di Web

CODING

Oke, itulah pengertian coding programs, dasar-dasar ilmu, serta manfaatnya, mulailah kita mempelajari salah satu cara menjalankan coding. Ya, sebagai pemula dalam bahasan ini akan dibahas dua cara untuk menjalankan coding. Cara coding melalui web dan cara coding melalui Smartphone. Berikut Adalah Langkah-langkah Melakukan Coding di Website.

HTML

Langkah paling permulaan untuk menjalankan coding ialah dengan mempelajari HTML. Selain paling utama, langkah ini juga dinilai menjadi langkah paling gampang untuk menjalankan coding. Melakukannya juga tidak mengharuskan kamu mengantongi ilmu coding. HTML sendiri ialah tampilan halaman web secara keseluruhan. Seperti halnya ketika kamu browsing di Google Chrome atau Mozilla Firefox. Itulah yang akan kamu lihat, yaitu HTML dari sebuah web.

Mempelajari CSS

Setelah mengetahui HTML dan mengetahui beberapa referensi yang ada. Selanjutnya, kamu akan mempelajari CSS. Bila HTML tadi ialah tampilan web secara biasa saja, maka CSS ini ialah hal yang juga seharusnya kamu ketahui untuk bisa menciptakan web yang terlihat cantik, dinamis, dan apapun tampilannya layak yang kamu inginkan.

Pun selama ini kamu juga telah cukup banyak menjalankan browsing bukan? Tampilannya berbeda-beda, ada yang terlihat dinamis namun ada juga yang terlihat kurang pas. Nah, disinilah CSS berperan.

Mempelajari PHP

Masih ingatkah kamu apa itu PHP? Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, PHP ialah salah satu macam bahasa pemrograman. Untuk pemula, kami sarankan untuk menggunakan PHP saja yang tidak terlalu kompleks dan biasa digunakan. Mempelajari PHP disini memang butuh waktu dan kamu seharusnya fokus.

Sebagai tingkatan belajar coding programs, PHP ialah ilmu yang akan membuat kamu belajar menata kode dan data yang ada yang kemudian menjadi sebuah program. Mengatur logika serta memproses hasil dari form HTML juga akan kamu lakukan di PHP ini.

kamu juga akan berkomunikasi dengan MySQL yang mana merupakan sebuah database. Perlu diingat bahwa setelah mengotak-atik PHP dan lain-lainnya, kamu seharusnya menyimpannya ke database supaya data tidak hilang dan tersimpan.

Mempelajari JavaScript

HTML ialah tampilan web utama, CSS memberikan kamu keleluasaan mengatur desain web, PHP memberikan kamu kesempatan untuk merancang bahasa pemrograman, dan di JavaScript ini kamu diberi kesempatan untuk mengatur sedemikian rupa supaya tampilan web lebih artistik dan tidak monoton.

Visual yang baik akan membuat web lebih enak dibaca dan lebih bagus tentunya. Jenis visual apa saja dan bagaimana saja bisa kamu tambahkan di web dengan mengantongi ilmu JavaScript. Bisa dikatakan juga bahwa JavaScript ialah bahasa pemrograman yang menggunakan basis objek.

Itulah serangkaian cara yang akan kamu lakukan ketika menjalankan coding nantinya. Meskipun secara biasa hanya dibagi menjadi empat cara, tetapi nantinya ada banyak sekali modifikasi yang bisa kamu lakukan di dalamnya. Pun mungkin juga nantinya kamu akan mempelajari coding programs lebih lanjut untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lebih tinggi tingkatannya sehingga menghasilkan cara coding selanjutnya.

Cara Melakukan Coding di Smartphone (Android)

IMAGES34

Teknologi informasi memang selalu berkembang secara pesat tiap ketika. Coding yang tadinya hanya bisa dilaksanakan melalui web di komputer atau komputer jinjing, kini bisa dilaksanakan di smartphone. Bagus smartphone bersistem operasi Android maupun iOS, semuanya bisa digunakan. Kegiatan coding bahkan dinilai lebih dinamis kalau menggunakan smartphone. Benar saja, smartphone tidak mempunyai format sebesar komputer dan bisa dibaca dimana saja. Hal ini akan membuat kamu bisa menjalankan coding dimana saja dan kapan saja.

Lalu apakah cara coding di smartphone dan di komputer atau komputer jinjing sama? Rupanya cukup berbeda. Bila dengan smartphone kamu akan memanfaatkan eksistensi aplikasi khusus untuk menjalankan coding.

Salah satu aplikasi khusus ini ialah AIDE aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit kode. Tak perlu khawatir kebingungan, karena di dalam AIDE telah ada tutorial yang komplit untuk memandu kamu. Tak hanya AIDE saja yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan coding di smartphone. Ada lagi beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu gunakan ketika nanti coding di melalui smartphone.

Deuter IDE ialah aplikasi pertama yang direkomendasikan setelah AIDE. Deuter IDE mempunyai sebanyak 40 bahasa pemrograman yang bisa menolong kamu dalam menjalankan compile secara online. Tentunya aplikasi ini juga telah didesain khusus untuk penggunaan smartphone. Aplikasi selanjutnya ialah Code Peeker. Lain halnya dengan Deuter IDE, Code Peeker hadir dengan kemampuan untuk kapabel menjalankan coding dengan beraneka syntax. Ketika smartphone kamu mengalami error, maka kamu bisa mengandalkan Code Peeker.

Turbo Editor juga direkomendasikan karena aplikasi ini kapabel menyuguhkan beraneka custom coding yang bisa kamu pilih sesuka kamu. Pun ada fitur di Turbo Editor ini yang akan menolong kamu untuk menyimpan data secara otomatis.

Ingat bahasan sebelumnya, kegiatan coding seharusnya diakhiri dengan penyimpanan di database supaya data atau coding yang telah kamu lakukan tidak hilang begitu saja. Aplikasi terakhir yang cukup direkomendasikan dan banyak digunakan bernama DroidEdit Free. Orang yang menggunakan aplikasi ini lazimnya orang yang paling sering menjalankan coding dengan Notepad++.

Cara Melakukan Coding di Smartphone (iOS)

CODING1

Tak ketinggalan pula akan dibahas coding melalui iOS. Sudah banyak orang yang menggunakan iOS namun hanya ada sedikit topik yang membahas coding melalui iOS.

Coding di iOS tak lain ialah untuk membuat aplikasi yang bisa beroperasi di iOS. Langkah paling utama dari kegiatan coding di iOS ini ialah dengan mempunyai aplikasi bernama Xcode. Cara mendapatkannya sama dengan aplikasi lain, cari Xcode di App Store kemudian instal aplikasi ini. Setelah menginstalnya, kamu seharusnya mempunyai akun supaya bisa menggunakannya. Setelah itu, mari pelajari cara membuat iOS app berikut ini.

Untuk membuat iOS app kamu seharusnya terlebih dahulu masuk ke aplikasi Xcode dan memilih opsi “Create a New Xcode Project”, setelah itu pilih opsi Next. Xcode akan menyuguhkan beberapa template untuk aplikasi yang ingin kamu buat. Disini kamu bisa memilih sebebas kamu.

Setelah memilih template, kamu akan disuruh mengisi beraneka informasi dalam format isian. Isian yang seharusnya kamu isikan tak lain berupa nama pengembang, nama aplikasi, organization identifier, dan masih banyak lagi. Sama seperti cara sebelumnya, isikan saja isian-isian ini layak dengan apa yang kamu inginkan.

Langkah utama yang akan kamu temui setelah mengisi informasi ialah memilih bahasa pemrograman. Ada dua pilihan pada langkah ini, yaitu opsi “Include Unit Test” dan “Use Core Data”. Cara memilih bahasa pemrograman ini disesuaikan dengan library yang kamu inginkan.

Bila kamu ingin menggunakan testing pada library maka pilih opsi “Include Unit Test” lalu memilih “Include UI Test”. Namun kalau kamu ingin menggunakan library macam Core Data kamu seharusnya memilih opsi “Use Core Data”. Setelah memilih, pilih saja opsi “Next” dan kemudian layak dengan apa yang ada di layar, pilih ruang untuk menyimpan project iOS app yang telah kamu buat. Lalu pilih saja opsi “Create”. Setelah sukses menyimpannya, kamu akan kembali ke halaman utama Xcode.

Di sana kamu akan menemukan lebih banyak lagi opsi yang membolehkan kamu menjalankan modifikasi. Adapun opsi-opsi yang akan kamu temukan antara lain deployment informasi, signing, bundle identifier, dan lain-lain.

Itulah segala hal yang seharusnya kamu ketahui perihal mempelajari coding programs sebagai pemula. Pengenalan dan pendekatan dasar-dasar ilmu ialah hal yang kamu butuhkan sebelum mempelajari coding lebih lanjut. Coding memang amat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kita. Dari yang bisa melatih ketelitian hingga bisa menolong kita dalam membuat aplikasi baik di komputer maupun di smartphone.

Pahami lebih lanjut masing-masing prosedur dari HTML, CSS, PHP, dan JavaScript supaya nantinya kamu bisa mempraktekkannya. Kerahkan kekreatifan kamu ketika menjalankan coding nanti supaya kamu bisa menciptakan aplikasi yang kreatif. Belajar coding juga lebih gampang secara otodidak dan didukung dengan beberapa aplikasi di atas.

kamu bisa mendapatkannya secara hanya-hanya dan mengikuti ilmu yang disajikan. Kegiatan coding kini telah bisa dilaksanakan di smartphone, baik dari Android maupun di iOS. Hal ini lebih memberi keleluasaan dalam coding dan fleksibel dengan kegiatan yang kamu lakukan. Pun dari coding yang telah kamu lakukan, tak menutup kemungkinan juga kamu bisa membuat aplikasi Android atau iOS app yang bisa dikomersilkan atau untuk kebutuhan bisnis.