Coding Adalah? | Memahami Coding serta Manfaatnya

Apabila berdiskusi seputar laman, aplikasi dan bisnis e-commerce, tentunya tidak akan jauh dari istilah coding dan bahasa pemrograman. Untuk bisa menguasai skill di bidang ini, mengambil kuliah di jurusan Technology Information (IT) tentunya merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Namun mempelajari coding dan bahasa pemrograman di era komputerisasi kini, tidak seharusnya dilaksanakan melalui sebuah institusi formal, tetapi juga bisa melalui laman-laman untuk mempelajari coding secara gratis seperti CodeAcademy, W3Schools, CodeWars, Free Code Camp, Coursera, dan situs-situs laman lainnya.

Hal yang paling dibutuhkan hanyalah jaringan internet yang bagus dan siapapun bisa belajar coding dan bahasa pemgrograman kapan saja dan dimana saja. Berdasarkan pemaparan diatas, pastilah akan timbul pertanyaan, apa itu coding?

Apa itu Coding? Pengertian dan Contoh Bahasa Coding

apa itu coding

Coding yakni suatu proses menulis, merangkai, menguji hingga memperbaiki perintah berbentuk bahasa yang bisa dipahami oleh seorang programmer dan mengikuti syntax atau aturan penulisan dari bahasa pemrograman. Perintah-perintah dalam aturan bahasa pemrograman ini kemudian dikonversikan menjadi kode-kode dan hanya bisa dimengerti oleh mesin, dengan tujuan untuk menciptakan sebuah program.

Dalam konsep lain coding yakni cara yang digunakan untuk berkomunikasi dan memberikan perintah kepada sebuah mesin dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu atau disebut juga computer programming. Dalam proses coding terdapat kode-kode yang dianggap sebagai kalimat untuk digunakan berkomunikasi.

Kode ini akan menolong sebuah mesin atau komputer memahami perintah yang seorang programmer inginkan atau perintahkan. Kumpulan dari perintah ini membentuk sebuah program sehingga dalam menulis kode-kode ini seharusnya berhati-hati dan memperhatikan seluruh detail.

Oleh karena itu dalam proses coding yang dilaksanakan oleh seorang programmer terdapat istilah menulis dan merangkai kode, menguji hingga memperbaiki perintah, sebab sebuah mesin atau komputer hanya menerima saja kode yang dimasukkan. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan kode, maka seharusnya dilaksanakan debugging.

Debugging yakni cara yang digunakan oleh seorang programmer dan software developer untuk mengidentifikasi dan memperkecil bug atau kerusakan di dalam sebuah program komputer.

Bahasa Pemrograman

bahasa pemrograman

Apabila coding yakni suatu proses atau kegiatan, maka bahasa pemrograman yakni media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mesin atau komputer dan berbentuk himpunan aturan dari sintaks dan semantik.

Sekilas untuk orang awam, bahasa ini sulit dimengerti dan tidak diketahui apa artinya. Tetapi itulah yang disebut aturan sintaks dan semantik yang disebut sebagai bahasa untuk berkomunikasi sekaligus memberikan perintah kepada sebuah mesin atau komputer.

Hasil dari bahasa pemrograman hal yang demikian yakni program atau aplikasi, sebagai contoh dikala ini smartphone Android telah banyak digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat, namun tidak segala orang tahu bahwa aplikasi-aplikasi dalam smartphone Android dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Karena hal itulah, dikala ini banyak dibutuhkan programmer yang menguasai bahasa pemrograman Java.

Bahasa pemrograman dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Object Oriented Language, High Level Language, Middle Level Language dan Low Level Language.

Object Oriented Language

Object Oriented Language yakni kelompok bahasa pemrograman yang berpusat pada objek. Konsep dari bahasa pemrograman ini mengambil model dari kehidupan sehari-hari, yaitu suatu objek terdiri dari gabungan objek-objek lain yang ukurannya lebih kecil. Kemudian objek-objek ini saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Bahasa Pemrograman Object Oriented Language bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi karena memang digunakan dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Visual Basic.NET dan PHP. Bahasa pemrograman ini dalam dunia coding yakni bahasa yang spesifik, dikhususkan pada tujuan, tugas atau aplikasi yang betul-betul spesifik.

High Level Language

Bahasa pemrograman ini dalam dunia coding yakni bahasa yang bersifat lebih gampang untuk diadaptasikan dan gampang untuk digunakan, sebab telah mendekati bahasa manusia. Pemrograman komputer yang kompleks menjadi lebih sederhana dikarenakan bahasa tingkat tinggi ini, dikarenakan bagian-bagian yang kompleks dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana, sehingga pada umumnya bahasa ini digunakan untuk mempermudah pemrograman.

Dalam perkembangannya, yang termasuk dalam High Level Language yakni pemrograman berorientasi objek, pemrograman berbasis web, pemrograman berbasis data, dan pemrograman perangkat mobile. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi yakni C++ (Turbo C++), Visual Basic (non-.NET), Pascal (Turbo Pascal).

Middle Level Language

Bahasa pemrograman ini dikatakan level menengah karena bisa digolongkan sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun bahasa pemrograman tingkat rendah, namun berada satu tingkat di atas kode mesin atau bahasa pemrograman tingkat rendah. Secara sederhana, bisa dikatakan kombinasi dari bahasa yang gampang dimengerti oleh manusia tetapi terdapat bagian yang tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi dan rendah.

Sebagai contoh, perintah-perintah dalam bahasa pemrograman ini juga mengandung singkatan-singkatan seperti “MOV” yang berarti “MOVE” atau “STO” yang berarti “STORE”. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahasa ini telah menggunakan bahasa yang digunakan dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dalam bahasa ini perintah atau perintah menggunakan bahasa yang dipahami oleh manusia dan dikombinasikan dengan simbol-simbol seperti koma, titik, dan lainnya.

Low Level Language

Bahasa tingkat ini disebut juga bahasa rakitan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah bahasa Assembly. Kode-kode singkat atau kode mnemonic seperti MOV, SUB, JMP, CMP, dan sebagainya yakni kode-kode yang betul-betul dikenal dalam tingkat bahasa ini. Bahasa dalam tingkat ini masih jauh dari pemahaman manusia.

Bahasa yang tergolong dalam kategori ini yakni bahasa mesin (machine language), programmer menuliskan perintah dengan menggunakan biner atau dikodekan lagi dalam wujud desimal, oktal, atau heksadesimal supaya lebih gampang dibaca. Kode-kode ini diterjemahkan dengan menggunakan program yang disebut loader. Contoh kode dengan menggunakan heksadesimal yakni 8B542408, FA027706, B9010000, dan sebagainya.

Macam-Macam Coding atau Bahasa Pemrograman

ragam-ragam coding

Dalam pemaparan sebelumnya, telah diketahui bahwa coding yakni kegiatan yang membutuhkan kode-kode tertentu sebagai bahasa yang akan diterima oleh sebuah mesin atau komputer atau secara sederhana disebut bahasa pemrograman. Lalu, apa saja contoh dari bahasa pemrograman?

Java

Java yakni bahasa pemprograman yang bisa menggunakan bermacam platform sebagai media, seperti komputer hingga smartphone. Nama Java dipilih oleh James Gosling, salah satu pendiri Java dikarenakan beliau betul-betul menyukai kopi ‘tubruk’, yaitu kopi yang digiling dengan menggunakan mesin giling dan kopi ini berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek The Green Project oleh Sun Microsystem, kemudian diserahkan kepada Oracle.

Bahasa pemrograman ini bisa dikatakan betul-betul populer karena mempunyai kelebihan, seperti bisa dioperasikan ke dalam sistem operasi yang bervariasi dan tergolong dalam pemrograman OOP atau bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Aplikasi dalam smartphone Android diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Bahasa C

Bahasa pemrograman ini dikembangkan tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix milik Bell Telephone Laboratories. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di Indonesia sehingga dipelajari untuk pertama kalinya sebelum bahasa pemrograman yang lain.

Pencipta dari bahasa pemrograman C yakni Dennis Ritchie. Bahasa pemrograman ini dalam dunia coding yakni pelajaran dasar sebelum mulai mempelajari bahasa pemrograman yang lain seperti C#, Java, C++, dan lainnya.

Bahasa C digunakan untuk memprogram sebuah sistem dan jaringan komputer, memaksimalkan software aplikasi untuk bermacam platform seperti arsitektur komputer, OS dan beberapa compiler.

PHP

Pengembang dari bahasa pemrograman ini yakni Rasmuss Lerdorf. Bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan di Indonesia, bukan hanya karena gratis tetapi juga karena termasuk server side scripting atau penggunaan dari sisi server.

Di dalam HTML bahasa pemrograman ini juga disisipkan sehingga banyak digunakan untuk menciptakan situs laman yang bersifat dinamis seperti Facebook, Blogger, WordPress, bahkan Content Management System (CMS) bisa menggunakan bahasa pemrograman ini.

Python

Dikembangkan oleh Guido van Rossum, bahasa pemrograman ini tergolong sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Meskipun tergolong sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, sifatnya gampang dipahami sehingga gampang untuk dipelajari bagi pemula.

Mengapa bahasa pemrograman ini gampang untuk dipahami bagi pemula? Dikarenakan struktur sintak Python yang sederhana dan rapi. Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk menciptakan aplikasi, dengan basis laman atau mobile. Contoh penerapan bahasa pemrograman ini yakni aplikasi hacking, aplikasi mobile dan desktop, Internet of Things (IoT)¸ bahkan juga digunakan oleh Yahoo, Google hingga NASA.

JavaScript

Bahasa pemrograman ini yakni salah satu bahasa yang populer di internet, digunakan di bermacam browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya. Dalam jangka waktu dua puluh tahun JavaScript berkembang menjadi bahasa pemrograman yang populer di dunia, banyak digunakan oleh laman dan blog modern.

Brendan Eich yakni programmer pertama yang memaksimalkan bahasa pemrograman ini. Tujuan penggunaan bahasa pemrograman ini yakni supaya sebuah laman atau blog bisa lebih interaktif juga dinamis.

Manfaat Memiliki Kemampuan Coding

manfaat coding

Dikarenakan perkembangan teknologi dan juga jaringan internet yang semkain pesat, tentunya akan betul-betul menguntungkan seandainya bisa mempunyai kemampuan coding dengan tujuan pengembangan sebuah program atau aplikasi dalam sebuah mesin atau komputer. Lalu apa saja manfaat dari mempunyai kemampuan coding?

Mengasah Ketelitian

Dikarenakan kegiatan coding yakni proses menulis, merangkai, menguji, hingga memperbaiki kesalahan, tentunya seorang programmer akan mengalami kesulitan dikala menjalankan kesalahan dalam penulisan kode-kode hal yang demikian.

Kesalahan penulisan kode-kode ini akan menyebabkan error dikala program dijalankan. Disinilah ketelitian betul-betul dibutuhkan dalam hal penulisan kode hingga proses penyelesaian permasalahan. Mengidentifikasi kesalahan penulisan kode ini bukanlah hal yang gampang, sebab tiap baris kode seharusnya dicek satu per satu.

Mengembangkan Logika

Saat memilih bahasa pemrograman sebelum memulai kegiatan coding, seorang programmer juga perlu pemahaman mengenai struktur algoritma pemrograman yang berlaku dalam bahasa hal yang demikian. Kesalahan dalam algoritma akan mengakibatkan kesalahan fatal, baik itu error atau tidak bisa dijalankan seperti yang diinginkan.

Perlahan namun pasti, penerapan algoritma ini akan mengubah pola pikir seseorang sehingga bisa berpikir lebih logis, khususnya dikala menghadapi permasalahan kehidupan.

Meningkatkan Potensi Diri

Saat menerima sebuah proyek untuk menciptakan sebuah aplikasi atau laman dengan bermacam requirement yang dibutuhkan, seorang programmer terkadang belum mengetahui ragam algoritma apa yang seharusnya digunakan. Karena itu mempelajari teknik proses untuk tiap proyek yang akan dikerjakan, secara tidak langsung akan meningkatkan potensi diri.

Demikian informasi mengenai seluk beluk dunia coding berserta manfaatnya. Kesimpulannya, dunia coding yakni aspek yang bermanfaat untuk menciptakan hal-hal yang bermanfaat seperti penyelesaian suatu masalah, bisnis, dan hal lainnya. Hal menjanjikan lainnya yakni bisa menjadi side job dengan honor yang memuaskan, melalui proyek proses aplikasi, laman, blog dan bisnis e-commerce.