Cloud Computing Adalah? Mengenal Manfaat dan Cara Kerjanya

Apakah kamu tidak asing dengan istilah Cloud Computing? Walaupun istilah Cloud Computing cukup familiar bagi masyarakat kita, namun faktanya hanya ada beberapa orang yang mengetahui seputar pengertian, manfaat serta cara kerjanya.

Padahal, keberadaan dari Cloud Computing ini mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan maupun organisasi. Karena, kegunaan Cloud Computing yakni untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan transaksi dari satu komputer ke komputer lainnya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Dengan adanya Cloud Computing ini, segala pekerjaan bisa berjalan dengan lebih praktis, karena memang tidak perlu menggunakan infrastruktur berkapasitas besar dalam proses pelaksanaannya.

Dalam penerapannya, penggunaan Cloud Computing hanya sekedar membutuhkan jaringan internet yang stabil dan patut mempunyai server yang berpusat. Pasti penasaran kan, seputar Cloud Computing ini? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak sajian tulisan kali ini hingga tuntas.

Cloud Computing Adalah?

Cloud Computing Adalah?

Walaupun istilah dari Cloud Computing masih terdengar samar di telinga masyarakat awam, namun penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahaminya di era komputerisasi seperti kini ini.

Cloud Computing yakni suatu teknologi yang dimanfaatkan untuk menjalankan proses pengelolaan data dan aplikasi melalui jaringan internet server. Penggunaan Public Cloud hampir sama dengan Shared Cloud, dimana dalam satu server bisa digunakan banyak pengguna sekaligus.

Secara biasa, Cloud Computing didefinisikan sebagai sistem komputasi awan, karena fungsinya memang sebagai media gabungan yang memanfaatkan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan teknologi pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan banyak program atau aplikasi melalui perangkat-perangkat komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Walaupun demikian, tidak seluruh perangkat komputer yang terkoneksi melalui jaringan internet menggunakan Cloud Computing yang sama.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini yakni suatu teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server dan sebagai tempat pengelolaan data serta aplikasi pengguna. Teknologi Clound Computing ini selalu sanggup memberikan izin kepada para pengguna dalam menjalankan program-program tanpa perlu menjalankan proses instalasi. Selain itu, prograim ini juga mengizinkan pengguna dalam mengakses data atau informasi pribadi mereka melewati perangkat komputer yang telah terhubung dengan jalan masuk jaringan internet.

Manfaat Cloud Computing

Manfaat Cloud Computing

Setelah mengetahui seputar penjabaran definisi singkat seputar penggunaan teknologi dengan sistem Cloud atau Cloud Computing. Tentunya, kamu bisa memahami bahwa keberadaannya cukup mempermudah para pengguna dari segi efisiensi data hingga penghematan biaya. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh. Adapun beberapa manfaat penggunaan sistem teknologi Cloud Computing yakni sebagai berikut.

Semua Data Tersimpan dalam Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh teknologi Cloud ini yakni, selalu memungkinkan para penggunanya untuk menjalankan proses penyimpanan data secara terpusat pada satu server yang cocok dengan sistem layanan yang telah disediakan oleh penyedia sistem teknologi layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga telah tidak perlu repot-repot lagi dalam menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan / storage dan lainnya, karena seluruh data telah tersedia di dalam Cloud Computing secara virtual.

Keamanan Data

Mengenai keamanan data, penyedia layanan Cloud Computing menyediakan keamanan untuk data pengguna melalui pusat server. Jaminan keamanan yang diberikan antara lain seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, jaminan mengenai data dan informasi pribadi serta lain sebagainya.

Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas yang memberikan kemudahan data jalan masuk, waktu dan tempat dimana kita berada, yakni dengan catatan bahwa pengguna (user) selalu terkoneksi dengan internet.

Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa dengan gampang dalam menjalankan peningkatan atau penurunan kapasitas penyimpanan data tanpa perlu repot membeli dan menggunakan peralatan tambahan seperti hardisk.

Pun, salah satu praktisi IT terkenal kenamaan dunia, yakni mendiang Steve Jobs telah mengungkapkan bahwa membeli memori fisik untuk menjalankan digunakan sebagai penyimpanan data seperti, membeli hardisk merupakan hal yang sia-sia, karena dengan adanya teknologi Cloud kita telah bisa melaukan menyimpannya data secara virtual (melalui internet yang lebih aman.

Investasi Jangka Panjang

Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dan lain-lainnya jelas akan lebih berkurang setelah menggunakan sistem teknologi Cloud Computing ini. Karena, pengguna hanya akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan cocok dengan paket layanan yang telah dipilih dan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi, karena seluruh itu telah dijalankan langsung melalui sistem komputasi berbasis Cloud.

Pemakaian teknologi Cloud Computing yakni pilihan terbaik. Dimana penggunaanya telah banyak dipakai oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti Microsoft melalui sistem operasinya yang berbasis Cloud Computing, Google melewati aplikasi Google Drive, Windows Azure, IBM melewati Blue Cord Initiative, dan lain sebagainya.

Di kancah nasional atau di Indonesia sendiri penerapan teknologi Cloud juga bisa dilihat melalui penggunaan sistem Point of Sale/program kasir yang telah dipakai di supermarket, mall maupun toko-toko besar.

Salah satu perusahaan di Indonesia yang mengoptimalkan produknya berbasis dengan sistem Cloud yakni DealPOS. Yang mana, sistem kerja Point of Sale (POS) ini dijalankan dengan cara mendistribusikan data penjualan toko secara retail yang telah diinput / dimasukkan oleh kasir ke pemilik toko secara retail melalui internet dimanapun pihak pemilik toko berada.

Tak hanya itu saja, perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, yakni Telkom juga turut serta dalam mengoptimalkan sistem teknologi komputasi berbasis Cloud ini, lebih tepatnya melalui Telkom Cloud yang memanfaatkan program Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang kemudiandiarahkan untuk digunakan oleh para pelanggan UKM (Usaha Kecil – Menengah).

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem Cloud Computing yakni teknologi pengoperasian dengan penggunaan sistem pengoperasian canggih dan yang telah terstruktur dengan baik. Pasalnya, Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam pelaksanaan pengelolaan data.

Sistem ini memungkinkan para pengguna untuk menjalankan login ke internet yang tersambung langsung pada bagian program, yakni untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa perlu menjalankan proses instalasi ulang.

Selain itu, infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga perintah atau perintah yang berasal dari pengguna disimpan otomatis secara virtual melalui jaringan internet. Kemudian, perintah-perintah hal yang demikian dilanjutkan ke pihak server aplikasi.

Setelah perintah diterima oleh pihak server aplikasi, selanjutnya data-data yang diterima akan diproses. Lalu, pada proses final pengguna akan disajikan dengan tampilan halaman yang telah diperbaharui cocok dengan perintah yang diterima sebelumnya, sehingga konsumen atau para penggunanya bisa merasakan manfaatnya.

Contoh Pemakaian Cloud Computing Secara Sederhana

Contoh Pemakaian Cloud Computing Secara Sederhana

Apakah kamu masih belum bisa memahami mengenai cara kerja Cloud Computing ini? Agar lebih memahaminya, berikut kami sertakan contoh-contoh penerapan teknologi Cloud Computing secara sederhana.

Salah satu contoh Cloud Computing yakni penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Dalam hal ini bisa dilihat bahwa data di beberapa server yang diintegrasikan secara global tanpa patut mengunduh software terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Karena, para pengguna hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Kemudian, seluruh data bisa langsung dikelola oleh Yahoo dan juga Google. Nantinya, keberadaan software dan juga memori yang berisi seputar data pengguna tidak berada di dalam komputer, karena seluruh data telah terintegrasi secara langsung melalui sistem teknologi Cloud melewati perangkat komputer yang telah terhubung ke internet.

Cloud Computing yakni sistem yang telah mendunia. Yang mana, penggunaanya bisa menolong perusahaan atau organisasi dalam hal efisiensi penyimpanan data-data.

Walaupun demikian, ada beberapa faktor penting yang patut dipertimbangkan sebelum kamu beralih menggunakan sistem teknologi Cloud Computing ini. Adapun beberapa faktor yang patut dipertimbangkan yakni sebagai berikut.

  1. Ketersediaan layanan internet yang dibutuhkan sebagai jalur utama dan sebagai layanan dalam distribusi data.
  2. Kualitas vendor akan layanan sistem Cloud maupun masalah keamanan dan privasi seperti serangan peretas/hacker dalam meretas internet.

Tidak dipungkiri bahwa, Cloud Computing yakni sebuah sistem teknologi canggih yang bisa mempermudah pekerjaan sekaligus bisa menghemat biaya pengeluaran dan sanggup meningkatkan pelayanan. Namun, segala sesuatunya tetap patut dipertimbangkan dengan baik, terlebih lagi jikalau dikala ini kamu telah memutuskan untuk menerapkan sistem berbasis Cloud Computing.