Ciptakan Produk Unik dan Menarik Dengan Contoh Desain Produk Berikut Ini!

Ingin supaya produk buatan kamu laku terjual dan laris manis dipasaran? Coba buat desain yang unik untuk produk kamu, yuk! Tak bisa dipungkiri, tampilan produk selalu menjadi penilaian pertama masyarakat kepada suatu produk.

Meskipun dalam promosi kamu menjelaskan beragam manfaat dan kualitas isi produk, nyatanya, konsumen akan lebih cepat tertarik membeli barang yang berpenampilan menarik. Jadi, salah satu cara terbaik untuk bisa menarik ketertarikan pembeli yakni dengan membuat desain menarik untuk produk.

Lalu bagaimana cara membuat produk yang menarik? Yuk simak tulisan satu ini! Kami akan membahas tuntas perihal pengertian, manfaat, tujuan hingga contoh desain yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk produk kamu.

Pengertian Desain Produk dalam Usaha

Product-Design

Sebelum membahas perihal tujuan dan contoh produk, kamu seharusnya memahami pengertian desain produk terlebih dahulu. Apa pengertian desain produk? Layak namanya, desain ini merupakan rancangan atau kerangka dari suatu produk.

Pendesainan produk juga berarti suatu upaya dari perusahaan untuk membuat kerangka dan rancangan supaya produk yang dihasilkan mempunyai nilai estetika dan nilai fungsional bagi konsumen. Aktivitas pendesainan produk juga dikenal sebagai desain industri.

Dalam bahasa Inggris, kegiatan ini dikenal sebagai industrial design. Penamaan ini diberikan lantaran kegiatan pendesainan produk umumnya dibuat dalam skala industri atau massal. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan supaya tiap-tiap produk yang dihasilkan perusahaan mempunyai tampilan yang tetap.

Beberapa Ahli juga Turut Mendefinisikan Arti Desain Sebuah Produk

Hadjadinata

Menurut Hadjadinata, sebuah desain pada produk merupakan wujud yang mempunyai fungsi tersendiri dari produk hal yang demikian. Pembuatan desain lazimnya mencakup serangkaian proses perencanaan tampilan dari produk sekaligus nilai fungsionalnya kepada konsumen.

Margaret dan Brutou

Selanjutnya, menurut Margaret dan Brutou, sebuah desain pada produk yakni wujud pengembangan dari rancangan produk guna memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, desain dari produk turut menjadi salah satu hal penting guna mencapai kepuasan pelanggan.

Prastyowibowo

Terakhir, Prastyowibowo mendefinisikan desain dalam produk merupakan sebuah faktor penting guna kemajuan industri. Sebuah desain yang menarik akan menjadikan banyak produk laku terjual dan diterima dimasyarakat. Alhasil, industri pembuatnya pun akan semakin maju. Lebih jauh lagi, ia menambahkan syarat desain sebuah produk yang baik yakni mempunyai kualitas baik, desain menarik, harga murah dan relatif murah, serta memberikan garansi atau jaminan kepada pengguna.

Seorang desainer mengemban tugas dan tanggung jawab untuk membuat konsep permulaan desain suatu produk, mengerjakan revisi perubahan apabila dibutuhkan, hingga mengatasi desain hal yang demikian. Mendesain tampilan produk merupakan kegiatan yang tidak begitu susah, sebab produk seharusnya terlihat menarik, berbeda, sekaligus relevan dengan konsep terkini.

Alhasil, seorang desainer produk seharusnya mempunyai beragam pengetahuan, ide dan konsep yang segar serta unik. Nantinya dalam proses pembuatan desain, sang desainer akan menggabungkan seluruh pengetahuan, kecanggihan teknologi dan seni menjadi suatu kreasi.

Manfaat Desain Produk untuk Bisnis Laris Manis

Manfaat-Desain

Seperti yang telah kita bahas pada bagian sebelumnya, sebuah desain cakap mendorong konsumen untuk membeli produk. Ternyata, manfaat desain produk tak hanya sebatas membuat bisnis laris manis, lho! Masih ada banyak manfaat desain produk untuk usaha kamu. Berikut penjelasannya.

Memperkenalkan Produk kepada Masyarakat

Manfaat desain sebuah produk yang pertama yakni menjadi identitas tersendiri dari brand. Sebuah karakteristik produk yang khas akan lebih gampang dikenali serta diingat oleh masyarakat. Selain itu, desain kemasan yang menarik akan mempermudah konsumen untuk mencari produk kamu serta tidak tertukar dengan produk perusahaan lain.

Menambah Nilai Jual Produk

Desain juga bermanfaat untuk menambah nilai produk dimata masyarakat. Produk yang tidak diberi kemasan tidak akan terlihat menarik bagi masyarakat serta terkesan meragukan kualitas.

Alhasil, pemberian kemasan dengan desain yang apik dan menarik akan membuat produk mempunyai nilai lebih. Kemasan menjadikan produk terlihat lebih higienis serta lebih terjamin keaslian dan kualitasnya. Konsumen juga bisa memperhatikan sendiri spesifikasi kandungan produk pada bagian kemasannya.

 

Quality Control

Produk haruslah sampai dengan aman dan terlindungi hingga ketangan konsumen. Oleh karena itu, desain kemasan produk juga mempunyai manfaat untuk melindungi produk selama proses distribusi dari pabrik hingga masyarakat.

Desain kemasanlah yang bertugas untuk melindungi produk, bahkan hingga proses pemakaian oleh konsumen.

Menjadi Standarisasi Produk

Desain juga bermanfaat untuk menjadi patokan atau tolak ukur dari kualitas standar produk. Inilah mengapa sebuah produk lazimnya tidak lolos uji pabrik apabila mengalami kemasan yang rusak.

Kemasan yang rusak otomatis mengindikasikan isi produk yang kurang baik dan tidak bisa dijual. Pembeli juga lazimnya enggan untuk membeli produk berkemasan rusak. Alhasil, perusahaan bisa meminimalisir produk rusak serta kerugian dengan selalu menjaga desain kemasannya.

Menghitung Biaya Produk

Manfaat terakhir dari desain yakni untuk menghitung biaya pembuatan produk. kamu bisa memilih cara terbaik untuk merancang produk seekonomis mungkin supaya bisa memproduksi barang berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Semakin efisien desain suatu produk, maka produksi akan semakin maksimal.

5 Tujuan Desain Produk, Pengusaha Wajib Paham

Terdapat 5 tujuan desain produk menurut Ulrich dan Eppinger yang wajib kamu ketahui selaku pengusaha. Dengan memahami kelima tujuan desain produk ini, kamu bisa memproduksi produk dengan kualitas dan kemasan yang baik.

Utility

Tujuan pertama yakni utility atau kegunaan, dimana produk didesain supaya gampang, aman, dan praktis dikala digunakan konsumen. Desain dengan kegunaan yang baik akan meningkatkan nilai produk.

Easy to Maintenance

Produk juga seharusnya didesain supaya gampang dalam proses pemeliharaannya (easy to maintenance). Umumnya, produk yang digunakan dalam jangka panjang seperti peralatan elektronik seharusnya didesain supaya gampang untuk dirawat serta diperbaiki apabila mengalami kerusakan.

Appearance

Selanjutnya yakni appearance atau tampilan. Agar laku dipasaran, produk seharusnya mempunyai tampilan yang menarik, unik dan baik.

Communication

Desain sebuah produk juga digunakan untuk mengomunikasikan kualitas produk, brand dan image perusahaan kepada konsumen. Tujuannya untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual yakni barang asli, halal, dan berkualitas baik.

Low Cost

Untuk mendapatkan untung yang maksimal, produk seharusnya didesain dengan cara seefektif mungkin sekaligus dengan biaya serendah mungkin (low cost). Harga produksi yang terlalu tinggi akan menjadikan produk gagal saing.

Contoh Desain Produk Populer

Contoh-Desain

Umumnya, ada 2 cara membuat desain pada produk. Cara pertama yakni memodifikasi atau memaksimalkan kembali desain sebuah produk yang telah ada sehingga tampil lebih modern serta stylish.

Walaupun cara kedua yakni membuat rancangan yang terbaru dan belum pernah digunakan untuk produk kamu. Bingung mencari inspirasi untuk mendesain produk kamu? Jangan khawatir. Berikut ini yakni contoh desain produk populer yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Desain Kemasan

Desain kemasan yakni contoh desain produk yang sering kita temui dalam kehidupan tiap-tiap hari. Setiap perusahaan menjual produk mereka dalam beragam kemasan menarik, sebab hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum berbelanja tentunya kemasan produk.

Kemasan jugalah yang berperan memberikan ciri khas pada produk. Kemasan produk yang baik otomatis akan memberikan kesan positif dan dipercayai oleh konsumen.

Desain kemasan bisa juga kamu manfaatkan untuk mencantumkan informasi terkait produk, seperti merk, nama perusahaan, nama produk, logo, komposisi, dan lainnya. Kemasan juga bermanfaat menjadi wadah pelindung produk, khususnya apabila produk yang kamu jual berupa makanan.

Produk dalam wujud kemasan juga lebih sering dibeli masyarakat sebab memberi kemudahan, rasa aman dan kenyamanan kala digunakan. Ada banyak contoh kemasan produk, seperti wadah botol, tabung, sachet, bungkus plastik, kotak, pembungkus kertas, dan lain sebagainya.

Desain Industri

Seandainya kamu memproduksi barang industri seperti elektronik dan perlengkapan rumah tangga, maka kamu akan membutuhkan desain yang berbeda. Saat mendesain produk industri, kamu seharusnya membuat desain yang sedemikian rupa supaya produk bisa digunakan dengan baik dalam jangka waktu panjang oleh konsumen.

Selain itu kamu seharusnya mempertimbangkan cara terbaik untuk memelihara produk serta memperbaikinya apabila terjadi kerusakan. Contoh desain barang industri pabrik seperti desain komputer jinjing dan flashdisk yang ramping, atau desain tong sampah plastik yang bisa dibuka dengan cara diinjak.

Kesimpulannya, desain sebuah produk industri yang jauh lebih menekankan pada aspek kegunaan daripada sekadar menjadi wadah kemasan.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait desain sebuah produk. Semoga tulisan ini cakap menolong kamu yang masih kebingungan perihal merancang tampilan produk. Ingatlah bahwa produk berpenampilan menarik otomatis akan lebih cepat terjual. Thank you for reading!