Cara Modifikasi dan Setting File Hosts di Windows

Sebab sebagian alasan, hosts file memang patut di edit atau dimodifikasi pantas dengan keperluan. Beberapa metode memodifikasi file host mengharuskan Anda memiliki aplikasi tertentu, dan sebagian lainnya dapat dikerjakan tanpa aplikasi.

Tapi sayangnya, sedikit orang yang mengenal bahwa modifikasi file host dapat dikerjakan tanpa aplikasi. Kebanyakan pengguna komputer langsung menyebut nama aplikasi saat ditanya bagaimana metode mengedit.

Sebelum melangkah ke metode mengerjakan modifikasi atau settingan pada file host, alangkah lebih baik jikalau khususnya dulu kita mengenal apa itu file host. Berikut tulisan ini akan membahas lebih dalam mengenai apa itu file host dan apa saja yang patut diketahui saat anda ingin mengedit file host.

Pengertian Hosts File

DNS

File host atau hosts file adalah salah satu file atau data komputer yang fungsinya untuk mengerjakan pemetaan antara alamat IP dengan hostname pada sebuah cara operasi.

Hosts file dapat juga dikatakan sebagai sebuah fasilitas dari sebuah cara operasi untuk mengerjakan implementasi pada IP atau internet protocol. Sedangkan hostname fungsinya untuk memudahkan user atau pengguna komputer dalam menemukan file host yang ingin mereka lihat atau yang ingin mereka modifikasi.

DNS dengan file host adalah dua komponen yang berkaitan erat. DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Name System, keterkaitan keduanya tak lain adalah adanya penggunaan DNS dalam mengimplementasi file host yang ada pada komputer. File host dapat diotak-atik atau dikuasai langsung oleh administrator dan pengguna internet.

Sedangkan DNS sebaliknya adalah tak dapat dikuasai langsung oleh kita sebagai pengguna komputer. Lalu apa isi dari file host itu sendiri? Data apa yang disimpan didalamnya? File host menyimpan berbagai huruf dan tanda baca yang peletakkannya tak boleh sembarangan.

File host yang akan Anda lihat selalu diawali dengan dua atau lebih hostname. Di dalam serangkaian huruf dan tanda baca pada file host ada field-field sebagai pembaginya, pembagi dari masing-masing field ini berupa spasi. Ketika memodifikasi atau mensetting file host nanti Anda dapat memberikan komentar.

Komentar pada file host dapat ditambahkan dengan menambahkan tanda baca tagar sebelum komentar.

Hal yang Mesti Diketahui Sebelum Mengerjakan Modifikasi Hosts File

Pada bahasan ini akan menjelasakan tentang hal pertama yang patut anda kenal saat ingin memodifikasi file host atau mengerjakan setting file host, khususnya untuk Anda yang menggunakan cara operasi Windows.

Nantinya Anda akan dipandu untuk mengerjakan manipulasi akses dari laman ke local host komputer kita sendiri. Bagian yang akan diaplikasikan adalah firewall.

Sebab ada manipulasi, server tak dapat dituju oleh web-web yang sudah terpasang pada sebuah software atau aplikasi. Ini adalah gambaran dari file host itu sendiri.

Jadi fungsi utama dari mengotak-atik file host tak lain adalah untuk membatasi akses internet menuju situs-situs tertentu, dan sebaliknya. Dengan mengerjakan modifikasi file host, Anda juga dapat mengakses laman atau laman yang sifatnya terbatas atau bahkan sudah diblok oleh seseorang.

Sistem Memodifikasi Hosts File di Windows

Berikut penjelasan mengenai metode memodifikasi hosts file pada windows secara biasa dan pada salah satu windows adalah windows 7:

Sistem Memodifikasi Hosts File di Windows Terpenting Awam

Sistem memodifikasi file host kali ini akan memanfaatkan Notepad saja dan panduan atau tutorial berikut. Siapkan juga script yang akan Anda tambahkan pada file host. Berikut langkah-langkah untuk mengerjakan modifikasi atau setting file host.

  • Pertama Anda patut menemukan file host pada komputer Anda. Agar lebih mudah Anda dapat mencarinya di Windows Explorer saja, karena Anda cuma perlu mengetikkannya saja. Kata kunci ini yang patut Anda ketikkan. C:WindowsSystem32driversetc.  Kemudian pilih saja “host” original yang mana tanpa ada ekstensinya.
  • Berikutnya Anda patut membuka file ini dengan Notepad, yang mana caranya adalah dengan mengklik kanan lalu memilih aplikasi untuk membukanya. Sesudah Notepad terpilih, klik OK.
  • Kali ini Anda akan menemukan Notepad yang berisi banyak script atau huruf-huruf. Sekiranya itu sudah terlihat di layar komputer, Anda buka saja script yang sudah Anda siapkan sebelumnya untuk ditambahkan di file host komputer. Sesudah membukanya, tambahkan script tersebut pada file host asli. Caranya juga sederhana, Anda cuma perlu block script yang tadi Anda siapkan kemudian di copy, lalu di paste pada file host asli.
  • Sekiranya sudah terpasang di hosts file asli selanjutnya Anda patut menyimpannya. Disarankan untuk mencetak script yang sudah ini ditempat yang mudah dicari. Misalnya saja di desktop komputer. Sesudah tersimpan, Anda patut kembali lagi ke Windows Explorer dan mencari letak file host yang asli tadi. Sekiranya Anda lupa dimana letaknya, Anda dapat kembali mengetikkan kata kunci pada poin nomor satu tadi. Sesudah terbuka letak file host asli, maka hapus file host asli tersebut. Sekiranya saat menghapus ini Anda disuruh untuk masuk ke setting administrator, maka Anda tinggal pilih opsi “Continue” dan ketik password dari administrator komputer Anda.
  • Buka kembali Notepad yang menyimpan script baru hasil editan, dan copy semuanya. Paste script edit ini ke tempat tadi dimana file asli terletak. Jangan lupa untuk mengedit namanya, hapuskan kata .txt lalu klik enter atau save.

Sistem Mengerjakan Modifikasi Hosts File di Windows 7

Diatas adalah metode lebih biasa untuk memodifikasi file host, selanjutnya akan dibahas salah satu contoh modifikasi pada cara operasi yang lebih spesifik, lebih tepatnya di cara operasi Windows 7.

Untuk mengerjakan modifikasi atau perubahan pada file host di cara operasi ini Anda patut masuk ke menu Start dan memilih opsi All Programs. Sesudah masuk ke opsi All Programs selanjutnya pilih saja opsi Accessories.

Anda akan mengamati aplikasi Notepad disana, dan klik kanan ikon Notepad yang ada. Akan ada opsi-opsi lebih banyak setelah mengklik kanan ikon Notepad, kali ini Anda patut memilih opsi Run as Administrator. Sebab kali ini kita akan bertindak sebagai administrator dengan memanfaatkan aplikasi Notepad.

Sesudah Notepad terbuka, pilih opsi File yang ada di komponen atas sebelah kanan lalu pilih opsi Open. Kali ini Anda akan membuka folder yang bernama C:WindowsSystem32driversetc. Jangan lupa untuk mensetting agar dapat membuka All File, bukannya Text Documents saja.

Pilih file yang ada namanya Host setelah memilih file yang ada kata Host nya, Anda patut memasukkan alamat IP perangkat elektronik Anda. Alamat IP ini biasanya memiliki 10 digit dan terpisah dengan tanda baca titik.

Sesudah segala itu selesai, maka jangan lupa untuk mengakhirinya dengan menyimpan perubahan ini. Anda dapat membuktikan berhasil tidaknya modifikasi file host dengan mengcopy lalu paste nama domain kemudian jikalau berhasil browser akan mengarahkan Anda pada alamat IP yang sudah Anda atur sebelumnya.

Potensi Atau Kemungkinan yang Terjadi Sekiranya Hosts File Bermasalah

Masih ingatkah Anda apa fungsi utama dari edit atau modifikasi file host? Ya, fungsi utamanya adalah untuk membuat komputer Anda dapat mengakses web-web yang sifatnya terbatas aksesnya atau membatasi akses komputer Anda pada laman tertentu.

Tapi pada realitanya, terkadang sebagian hal ini konsisten tak dapat dikerjakan setelah Anda mengerjakan metode di atas. Jangan langsung berasumsi bahwa Anda salah melakukannya, dapat jadi kendala lainlah yang membuat komputer Anda konsisten dapat mengakses laman yang dipegang atau tak dapat mengakses laman yang sudah dipegang aksesnya.

Berikut adalah sebagian kemungkinan mengapa hal ini terjadi padahal Anda sudah mengerjakan cara-cara diatas dengan iya.

  • Kemungkinan pertama adalah Anda sendiri tak lengkap dalam mengetikkan alamat websitenya. Hal yang menjadi sebuah kendala ini cukup banyak dikerjakan orang. Mereka cuma mengetikkan nama alamat dan dilanjutkan dengan .com saja tanpa menambahkan http://.

Contohnya adalah saat Anda sedang mengakses Wikipedia tetapi rupanya Anda mendapat tampilan layar yang diblokir dan kemudian tak dapat mendapatkan kabar yang Anda cari di Wikipedia.

Cobalah untuk menambahkan http:// sehingga menjadi http://wikipedia.com dengan mengerjakan hal ini Google Chrome yang Anda gunakan untuk mengakses Wikipedia menjadi tak terbatas.

  • Kecuali dengan menambahkan http:// ada metode lain yang dapat Anda lakukan yang akan menyederhanakan hal-hal yang membuat laman yang Anda buka terblokir. Caranya adalah dengan mengunjungi setting komputer.

Pada setting carilah opsi “Gunakan Layanan Web Untuk Membantu Menyelesaikan Kesalahan Navigasi”, atau bahasa inggrisnya jikalau Anda menggunakan pengaturan bahasa inggris pada komputer Anda.

Sebab metode ini, selanjutnya Anda tak perlu lagi mengetikkan http:// untuk setiap browsing internet, khususnya pada situs-situs yang terblokir atau sifat aksesnya terbatas.

Manfaat Mengedit Host File

Meski fungsi utama mengedit file host sudah jelas di atas, tetapi konsisten saja Anda patut mengenal sebagian manfaat yang dapat didapatkan dari mengedit atau memodifikasi file host. Manfaat pertama adalah untuk Anda yang ingin memberikan anak barang elektronik seperti Ponsel atau laptop.

Di sini Anda dapat mengedit file host pada komputer agar akses laman lebih terbatas dan anak tak akan mengunjungi laman atau laman yang tak biasa. Dengan hal ini pula, Anda juga dapat cuma memberikan akses pada elektronik tersebut untuk dapat mengakses laman positif atau edukatif saja.

Anda tak perlu lagi khawatir jikalau anak Anda menemukan iklan dewasa saat browsing atau mengunjungi situs-situs terlarang untuk anak-anak. Berinternet memang tak selamanya lancar, tanpa ada situasi sulit apapun terkadang kita terblokir dari suatu laman dan tak dapat mengaksesnya.

Sedangkan, saat itu kita betul-betul memerlukan kabar didalamnya. Sulit ini dapat segera tuntas jikalau Anda mengerjakan modifikasi file host. Ketika server bermasalah juga Anda dapat memanfaatkan ilmu metode memodifikasi file host agar Anda konsisten dapat berinternet seperti lazim.

Letak-Letak File Host Dari Masing-Masing Metode Operasi

Semacam halnya pada pengertian file host di atas, setiap cara operasi memiliki metode modifikasi yang berbeda-beda. Sebab caranya berbeda-beda, letak hostname atau file host dari masing-masing cara operasi pun juga berbeda-beda.

Di atas sudah dibahas metode modifikasi hosts file di cara operasi Windows. Kali ini juga akan dibahas letak-letak file host dari masing-masing cara operasi komputer.

Pada cara operasi POSIX, Linux, dan Unix letak file host berada di etc/host. Sedangkan pada Microsoft Windows pada versi 98, 95, dan ME letak file host berada di %Windir%HOSTS.SAM. Lain halnya dengan versi NT, 2000, 2003, dan Windows Vista letak file host berada di %systemRoot%System32driversetc

Windows yang sudah memiliki versi 64 bits memiliki file host di %SystemRoot%system32driversetc (Many sources, including several Microsoft support pages, will incorrectly state that the hosts file is at %SystemRoot%SysWOW64driversetc).

Windows yang berada di Ponsel atau lazim disebut sebagai Windows Mobile dapat Anda temukan file hostnya di Registry key under HKEY_LOCAL_MACHINECommTcpipHosts. Terakhir ada cara operasi Apple Macintosh, adalah berada di System Folder: Preferences or System folder.

Hal Lain yang Berkaitan dengan File Host

Ketika prakteknya mungkin Anda akan menemukan istilah local host. Sama seperti file host, local host yakni istilah untuk  yang aktif berjalan pada cara operasi komputer. Dalam hal ini Anda dapat membayangkan bahwa komputer adalah server yang bersifat virtual.

Dapat berupa fisik, cuma saja server ini akan berprofesi untuk komputer itu sendiri. Dapat dikatakan juga local host adalah hal yang fungsinya untuk memanggil jaringan komputer.

Local host ini ada dengan berbagai tujuan sebuah local host dapat berprofesi untuk mengetes berjalannya sebuah program atau sebuah aplikasi pada laman. Sebab hal ini, para pengembang laman akan betul-betul memerlukan local host dan penting halnya untuk dapat mengatur local host.

Semacam yang sudah dibahas di atas bahwa local host ini berprofesi sebagai suatu server dalam jaringan komputer. Tujuan selanjutnya dari local host adalah untuk mengerjakan pemblokiran pada apapun yang menyebabkan virus. Mirip juga dengan fungsi dari modifikasi file host yang sudah dibahas diatas.

Sebuah local host dapat langsung memblokir laman yang dapat menyebabkan virus. Hal ini akan memberikan keamanan lebih terhadap jaringan komputer. Local  host juga akan membantu server dalam menyempurnakan akses menuju laman laman dengan metode memetakan alamat IP yang ada dengan DNS atau Domain Name System.

Kecepatan juga dapat dites oleh adanya local host. Tes koneksi ini akan berprofesi setelah Anda mengirimkan instruksi pada server. Secara bagi Anda atau komputer yang berprofesi sebagai administrator. Penting untuk memastikan koneksi atau kecepatan koneksi dari jaringan komputer.

Adapun instruksi untuk server yang dimaksud adalah command prompt. Instruksi ini akan memberikan Anda jawaban langsung bagaimana kinerja komputer beserta memperbaiki sekalian jikalau ada situasi sulit. Kedengarannya menarik dan fungsional bukan? Memang itulah tujuan dari local host itu sendiri.

Itulah metode pengertian edit file host, metode memodifikasi file host, serta manfaat dari memodifikasi atau mengedit file host. Mengedit file host adalah solusi yang cukup menjawab berbagai masalah berinternet.

Sehingga mengenal caranya adalah hal yang menguntungkan. Dengan mengenal memodifikasi file host aktivitas berinternet juga akan menjadi lebih aman dan tak terhambat kalau Anda tak jarang mencari kabar apapun di internet.