Cara Jualan di Marketplace Facebook Paling Ampuh Terbaru 2020

Ingin menambah penghasilan selama masa dirumah saja karena pandemi virus covid-19? Coba berjualan di marketplace facebook, yuk! Dijamin gampang, praktis dan untung!

Bagi kamu pengguna aplikasi facebook, mungkin kamu telah mengetahui bahwa media sosial ini mempunyai fitur khusus untuk menjual dan membeli barang secara online. Fitur ini bernama marketplace facebook.

Dalam ruang ini, kamu bisa menjual barang apa saja secara online kepada jutaan pengguna facebook atau membeli barang via online yang ditawarkan oleh pengguna facebook lain.

Tertarik untuk mencoba berjualan dihalaman khusus milik facebook ini? Ingin tahu cara jualan di marketplace facebook yang dijamin laris? Yuk lanjut simak tulisan kali ini perihal cara pasang iklan. Dijamin, dagangan kamu akan diserbu laris manis!

Cara Daftar Marketplace Facebook untuk Seller Pemula

cara-daftar-marketplace

Siapa yang tidak mengetahui facebook? Platform ternama satu ini dikenal sebagai salah satu raja media sosial. Ketenaran facebook telah tak perlu diragukan lagi. Alhasil, tak mengherankan kalau banyak orang mencoba peruntungan dengan membuka lapak jualan difacebook.

Banyaknya pengguna media sosial “raksasa” ini menjadi lahan menguntungkan untuk menebar jaring dagangan. Karena tentu saja, bagi seorang pebisnis, tiap pengguna facebook lain merupakan calon konsumen yang potensial.

Aktivitas jual beli pada facebook memang tergolong tinggi. Kegiatan transaksi dagangan online facebook bermula dari timeline, kemudian merambah kepada komunitas, grup dan forum. Hingga akhirnya, pihak facebook secara resmi membuatkan marketplace.

Marketplace merupakan suatu wadah khusus untuk pedagang atau seller supaya bisa menggelar lapak bisnisnya secara online difacebook. Melalui fitur ini, pihak facebook memfasilitasi kegiatan pemasangan iklan dagangan supaya lebih gampang, cepat dan praktis.

Dimarketplace, kamu bisa menemukan beragam produk yang ditawarkan oleh para seller mulai dari kosmetik, perangkat elektronik, pakaian anak, dan masih banyak lainnya. Selain itu, marketplace menjadi tempat negosiasi antara penjual dan pembeli sebelum proses transaksi resmi berlangsung.

Melalui fitur chat yang disediakan, kamu selaku penjual bisa berdiskusi dengan calon pembeli terkait penawaran harga, mengatur pertemuan untuk transaksi langsung atau COD dan menentukan sistem pembayaran plus pengiriman produk.

Menarik sekali, bukan? Jadi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba mengikuti cara jualan difacebook. Terlebih dengan situasi pandemi virus covid-19 pada tahun 2020 yang mengakibatkan banyak pekerja wajib dirumahkan sementara.

Mengambil peruntungan dengan mencoba cara pasang iklan dimarketplace facebook menjadi salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan. Lalu bagaimana cara pasang iklan? Apa saja syarat dan ketentuan yang akan dibutuhkan untuk memenuhi cara daftar marketplace facebook?

Cara daftar marketplace facebook tak lain merupakan dengan membuat akun pribadi facebook milik kamu sendiri. Syarat yang dibutuhkan pun hanya satu yakni pengguna wajib telah berusia diatas 18 tahun. Seandainya telah memenuhi syarat, maka kamu boleh melanjutkan ketahap pertama pendaftaran!

Pertama, kamu wajib membuka aplikasi atau laman facebook terlebih dahulu. Kemudian, login keakun facebook kamu. Seandainya kamu merupakan pengguna baru facebook, kamu wajib membuat akun atau sign-in dengan menyertakan alamat e-mail yang aktif plus password.

Setelah masuk kehalaman facebook, carilah ikon marketplace. Ikon Marketplace berupa toko kecil yang lazimnya terletak dibagian bawah halaman atau aplikasi facebook. Ketika membuka halaman hal yang demikian nantinya, kamu akan disambut dengan beragam foto barang dagangan dari seller yang berlokasi didekat wilayah kamu.

Sekarang, bagaimana cara supaya kamu bisa mulai berjualan dimarketplace? Mari lanjut simak bagian selanjutnya!

Cara Jualan di Marketplace Facebook

cara-jual-marketplace

Sudah siap berjualan? Sebelum mulai menjual barang dagangan, kamu wajib memahami hal ini terlebih dahulu. Facebook tidak menyediakan jasa pengantaran barang kealamat pembeli.

Marketplace hanya dimanfaatkan untuk menjual barang dan mengerjakan kesepakatan dengan calon pembeli. Jadi tiap seller wajib mengusahakan sendiri pengiriman barang kepada pembeli, baik dengan sistem COD atau pengiriman ekspedisi.

Terdapat empat langkah simpel untuk mulai mengupload produk dan berjualan dimarketplace. Langkah ini pun cukup gampang. Apa sajakah penjelasan untuk tiap langkah? Berikut pembahasannya.

Membuat Foto Produk

Langkah pertama dari menjual barang merupakan membuat foto produk yang hendak dipasarkan. Tanpa adanya foto produk, pembeli tentu tidak akan mengetahui barang apa yang kamu tawarkan sekaligus tidak akan merasa tertarik untuk berbelanja.

Dalam satu kali upload, kamu bisa memasukkan hingga 10 foto. Setelah mempunyai foto produk, kamu bisa mulai membuat postingan dihalaman marketplace. Dengan cara:

  • Membuka laman beranda facebook, lalu cari dan klik ikon marketplace.
  • Klik bagian “+ buat tawaran baru”.
  • Klik “barang dijual”
  • Klik “tambahkan foto”. Pilih foto produk yang telah siap untuk dipublikasikan.

Menulis Deskripsi Produk

Langkah selanjutnya setelah mengunggah foto merupakan menulis deskripsi produk. Di sini, kamu wajib mencantumkan informasi sejelas mungkin seperti nama produk, harga dan deskripsi lainnya.

Khusus untuk produk yang ingin ditawarkan secara gratis, cukup input harga sebesar 0. Itu selesai menulis deskripsi, jangan lupa mengklik ikon “berikutnya” supaya proses bisa dilanjutkan.

Menginput Kategori dan Lokasi Penjual

Data terakhir yang wajib kamu input sebelum meluncurkan iklan dimarketplace merupakan kategori produk dan lokasi dari penjual. Kedua hal ini merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan, sebab pembeli dimarketplace cenderung mencari produk berdasarkan kata kunci atau kategori produk dan lokasi penjual.

Jadi, selalu pastikan untuk menginput kategori dan lokasi dengan benar, supaya pembeli gampang menemukan lapak dagangan kamu!

Posting Iklan kamu

Setelah memastikan segala data yang dibutuhkan telah terinput dengan benar, maka langkah terakhir merupakan memposting iklan kamu. Cukup klik tombol “terbitkan” dan selesai telah! Kini iklan dagangan kamu telah meluncur dikalangan pengguna marketplace.

Tips Jualan di Marketplace Facebook

Tips-Jualan-marketplace

Sebagai forum khusus jual beli, marketplace tentunya mempunyai persaingan yang cukup ketat. Jadi, bagaimana caranya supaya bisnis kamu bisa unggul dalam persaingan hal yang demikian? Kuncinya, kamu wajib menguasai tips jualan di marketplace facebook dengan tepat.

Cara jitu supaya bisnis kamu ramai pembeli dengan sendiri merupakan dengan memasuki daftar “top picks” dari marketplace. Saat ini, tiap pedagang dimarketplace berlomba supaya bisa memasuki daftar hal yang demikian. Andapun tentu bisa mengantarkan bisnis kedaftar urutan top picks dengan mengikuti tips jualan dimarketplace facebook yang satu ini.

Memberikan Harga Kompetitif dan Jujur

Tips sukses berjualan dimarketplace yang pertama yaitu dengan memberikan harga produk yang kompetitif. Memberikan harga yang jujur dan layak dengan kualitas produk merupakan kunci kesuksesan bisnis online, sebab dengan bersikap jujur, kamu akan sukses meraih rasa percaya pelanggan.

Seandainya pelanggan telah mempunyai rasa percaya kepada toko kamu, maka mereka akan datang untuk berbelanja. Selain itu, reputasi toko kamu pun akan ikut terbangun dengan baik dimasyarakat.

Mengunggah Foto Produk yang Menarik

Pastikan foto produk yang kamu unggah menarik, diambil dari beragam sisi, dan merupakan gambar asli tanpa editan. Foto produk yang baik, menarik dan terlihat asli akan memberitahu pelanggan bahwa barang jualan kamu mempunyai kualitas baik.

Selain itu, cara ini akan turut memperkuat rasa percaya pembeli kepada penawaran ditoko kamu. Akhirnya, mereka pun akan merasa tertarik untuk mencoba berbelanja.

Lokasi yang Dekat

Tips berikutnya merupakan menggunakan lokasi penjualan yang dekat dengan lokasi pasar sasaran. Pembeli dimarketplace juga cenderung mengerjakan pencarian produk yang dekat dengan lokasi mereka.

kamu bisa menggunakan rentang jarak ideal sekitar 8 sampai10 mil untuk informasi marketplace. Selain itu, memasang rentang posisi yang terlalu luas atau jauh juga akan menambah jumlah pesaing bisnis kamu.

Menyebarkan Iklan ke Berbagai Grup Facebook

Tips terakhir untuk memperluas pasar marketplace kamu merupakan dengan menyebarkan iklan dagangan kepada group facebook. Marketplace menyediakan fitur sharing postingan kepada banyak group dengan 1 kali pengiriman. Cara ini cukup praktis dan tepat sasaran untuk menyebarkan iklan kamu kepada seluruh pengguna facebook.

Namun tetap pastikan untuk menyebarkan iklan kepada group yang relevan. Seperti misalnya kamu berjualan produk gadget maka, sebarkan informasi dagangan kamu kepada group yang membahas seputar gadget, bukan yang lain. Menyebarkan iklan ketarget pasar yang tepat akan lebih memperbesar peluang dagangan kamu laku terjual.

Menarik bukan pembahasan kali ini? Apakah kini kamu tertarik untuk mencoba berjualan dimarketplace? Jangan lupa untuk mengikuti tips simpel dari kami supaya sukses berjualan. Semoga beruntung.