Cara Buat Website Sendiri (Panduan Lengkap)

Apakah kamu selalu ingin membuat web sendiri tetapi tidak tahu caranya? Atau mungkin kamu selalu berpikir cara buat web sendiri itu terlalu sulit? Perlu tahu pemrograman dan belajar desain?

Karenanya tutorial langkah demi langkah ini cocok untuk kamu. Ini menunjukkan cara buat web sendiri yang cepat dan sederhana tanpa seharusnya belajar pengkodean HTML/CSS, atau membaca tutorial yang panjang dan membosankan.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada kamu bagaimana kebanyakan pengembang web membangun situs mereka dan bagaimana kamu bisa menghindari pengembangan situs web mahal yang seringkali terbatas pada pembuatan web-web besar saja.

Dalam tulisan “cara buat web sendiri” ini kami juga akan menolong kamu menghindari beberapa kesalahan yang kami lakukan ketika baru mulai mengoptimalkan web.

Siap untuk meluncurkan situs kamu hari ini? Mari kita mulai.

Melainkan sebelum itu, tolong perhatikan hal berikut. Ada ratusan platform pembuatan situs web yang berbeda dan pengembangan situs web di pasaran. WordPress, Wix, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi.

kamu juga bisa menggunakan cara buat web sendiri dengan menulis kodenya sendiri dari permulaan, tetapi kami tidak akan merekomendasikannya khususnya karena dua alasan berikut.

  • Ini membutuhkan waktu yang banyak.
  • Hasil akhir yang kamu dapatkan akan tergolong biasa-biasa saja dari yang terbaik.

Platform Apa yang Layak untuk Cara Buat Website Sendiri?

Web

Kalau kami sarankan di sini merupakan cara buat web sendiri dengan menggunakan WordPress yang mana CMS ini juga banyak digunakan oleh orang-orang di luaran sana termasuk para developer web. Dan berikut ini merupakan alasan mengapa banyak orang memilih WordPress sebagai cara untuk membuat web sendiri yang gampang.

Tidak seperti web builder pada umumnya, WordPress itu gratis. WordPress merupakan platform termudah yang pernah kami kerjakan, tetapi cukup fleksibel untuk disesuaikan dengan situs seluruh orang, baik itu situs web untuk bisnis kecil, toko online, organisasi yang lebih besar, dan sebagainya.

Tetapi yang lebih penting merupakan beberapa hal berikut ini.

  • WordPress vs HTML & CSS : Mempelajari HTML dari permulaan bisa memakan waktu 6 bulan bahkan lebih, apalagi CSS dan PHP. Bila kamu ingin membuat web dalam waktu singkat seperti satu atau dua hari, memahami HTML bukan pilihan yang tepat karena dasar HTML bisa menolong kamu memahami hal dengan cepat.
  • WordPress vs web builder : Pembuat situs web mahal dan seringkali amat terbatas. Mereka bagus untuk situs web dengan hanya satu halaman, tetapi tidak untuk situs yang mempunyai halaman lebih dari itu.
  • Bila dibandingkan dengan Joomla / Drupal, WordPress mempunyai keramahan dalam penggunaan interface.

Jadi, jikalau karena alasan tertentu kamu tidak ingin membangun situs kamu dengan WordPress, maka kamu perlu mengamati juga panduan penggunaan CMS Drupal, Joomla, dan bahkan hingga penggunaan HTML5. Semuanya itu bisa kamu gunakan secara GRATIS.

Melainkan untuk pemula, kami amat menyarankan untuk tetap berpegang pada WordPress.

Jangan langsung memilih platform untuk kamu gunakan. Sebagian besar layanan web hosting lazimnya menawarkan one click installation untuk WordPress, Joomla, dan Drupal. Melainkan kamu bisa memutuskan itu nanti dan kamu tidak perlu mengunduh / menginstal apa pun untuk kini ini. Kenapa? Akan kita bahas lebih lanjut nanti.

Langkah Demi Langkah Cara Buat Website Sendiri dengan Mudah

web012

Bila kamu memutuskan untuk mengembangan situs web perusahaan atau pribadi kamu sendiri, dalam artian tidak menyewa developer, coba perhatikan beberapa langkah berikut ini.

LANGKAH 1 : Dapatkan Web Hosting dan Daftarkan Nama Domain

Untuk membuat web dengan WordPress (atau ragam situs web lainnya), kamu akan membutuhkan dua hal.

  • Nama Domain (alamat web seperti YourSiteName.com).
  • Web Hosting (layanan yang menghubungkan situs kamu ke internet).

Untuk menyimpan gambar, konten, dan file situs web kamu, kamu membutuhkan hosting web. Tanpa web hosting, situs web kamu tidak akan terlihat di internet.

Disarankan supaya kamu mempunyai nama domain sendiri supaya Nampak lebih professional. Beberapa penyedia hosting menyediakan domain tidak berbayar selama setahun.

Sudah punya nama domain dan hosting? Silakan dan lanjutkan ke langkah 2, di mana kami akan menjelaskan bagaimana kamu bisa mengatur situs web kamu sendiri dengan gampang.

LANGKAH 2 : Siapkan Situs Web kamu

Setelah kamu membeli nama domain dan menyiapkan hosting kamu, itu artinya kamu telah siap untuk mulai mempraktekkan cara buat web sendiri dengan gampang selanjutnya. Pertama, kamu perlu mengunduh WordPress untuk domain kamu. Ikuti langkah-langkah berikut.

Menginstall WordPress

Ada dua cara yang mungkin untuk menginstal WordPress, satu JAUH lebih gampang daripada yang lain.

Untuk membuat situs web dengan WordPress (atau Joomla dan Drupal), gunakan “one-click installation”.

  1. Hampir tiap-tiap perusahaan hosting yang andal dan mapan telah mengintegrasikan instalasi 1-klik untuk WordPress, yang menjadikannya gampang.
  2. Bila kamu mendaftar dengan Bluehost atau perusahaan hosting serupa lainnya, kamu seharusnya menemukan “one-click installation” di panel kontrol akun kamu.
  3. Berikut merupakan langkah-langkah yang seharusnya kamu ikuti (lazimnya langkah-langkah ini serupa / sama pada seluruh perusahaan hosting web umumnya) :
    1. Masuk ke akun hosting kamu.
    2. Buka panel kontrol kamu.
    3. Cari ikon “WordPress” atau “Situs Web”.
    4. Pilih domain tempat kamu ingin menginstal situs web baru kamu.
    5. Klik tombol “Instal Sekarang” dan kamu akan mendapatkan jalan masuk ke situs web WordPress baru kamu.

Install manual (bagi mereka yang tidak menggunakan host yang tidak menggunakan one click installation). Bila karena alasan yang aneh (beberapa perusahaan hosting tidak menyediakan instalasi satu klik untuk WordPress) kamu tidak mempunyai opsi untuk menginstal WordPress secara otomatis, lihat panduan manual menginstall wordpress pada situs resmi mereka.

Pssst! Bila mereka tidak mempunyai instalasi 1-klik, mungkin kamu berurusan dengan host yang buruk!

Langka 3 : Buat Desain Website kamu Sendiri

Langkah selanjutnya dari cara buat web sendiri merupakan merancang tampilan situs yang akan kita buat. Setelah kamu sukses menginstal WordPress ke domain kamu, kamu akan mengamati situs yang amat mendasar dari wordpress dengan tampilan yang amat minimalis.

Melainkan sebisa mungkin kamu perlu menginprovisasi tampilan hal yang demikian supaya terlihat pasaran. Tetapi kamu tidak ingin terlihat seperti orang lain, bukan? Itulah sebabnya kamu membutuhkan tema / template desain yang memberi tahu WordPress bagaimana seharusnya situs web kamu. Cobalah perhatikan baik-baik bagaimana sampel tema gratis yang kamu pasang. Sebagian besar tema WordPress gratis untuk digunakan dan amat bisa disesuaikan.

Cara Menemukan Tema yang Layak untuk kamu

Masuk ke dashboard WordPress kamu

Bila kamu tidak yakin bagaimana caranya, ketik: https://yoursite.com/wp-admin (ganti “yoursite” dengan domain kamu).

Setelah kamu berada di dasbor, kamu mempunyai jalan masuk ke lebih dari 1500 tema gratis! Cobalah buka pengaturan di samping dan cari “Penampilan”, lalu klik “Tema”. Bila kamu menginginkan sesuatu yang lebih profesional atau elegan daripada yang kamu temukan di sini, kamu bisa mengunjungi ThemeForest.net di mana ada banyak perpustakaan tema untuk dipilih dengan biaya yang bervariasi.

Tetapi sebelum kamu melakukannya, kami benar-benar menyarankan supaya kamu setidaknya mencoba meluangkan waktu untuk menelusuri tema gratis. Banyak dari mereka sesungguhnya amat profesional dan dibuat dengan baik, jadi pantas dijadikan bahan pertimbangan. Memasang tema baru untuk situs tidaklah terlalu sulit.

Carilah kata kunci tertetu dan gunakan filter supaya bisa menemukan tema yang layak dengan kebutuhan kamu. Memang hal ini memakan waktu, namun hal hal yang demikian hasilnya sepadan.

kamu juga seharusnya mencari tema yang “responsif”, karena ini berarti mereka akan terlihat bagus di perangkat seluler apa pun. Cukup masukkan salah satu kata kunci kamu, dan kamu akan menemukan apa yang kamu inginkan.

Memasang Tema Baru

Setelah kamu menemukan tema yang kamu sukai, menginstalnya merupakan semudah mengklik “Instal” yang kemudian diikuti oleh “Aktifkan”.

Penting untuk kamu ketahui, mengubah tema tidak akan menghapus postingan, halaman, dan konten kamu sebelumnya. kamu bisa mengubah tema sesering yang kamu inginkan tanpa seharusnya khawatir kehilangan apa yang telah kamu buat.

Langkah 4 : Tambah Konten ke Website kamu

Dengan tema terpasang, kamu siap untuk mulai membuat konten. Langkah terakhir dari cara buat web sendiri merupakan menambahkan konten ke dalam web yang telah kita buat.

Menambah dan mengedit halaman

Ingin halaman “Layanan”, atau halaman “Tentang Saya” (seperti yang dimiliki oleh beberapa besar situs web di luaran sana)?

  1. Lihat di sepanjang bilah samping di Dasbor WordPress untuk “Halaman” -> “Add New”.
  2. kamu akan menemukan tampilan yang amat mirip dengan apa yang mungkin kamu lihat di Microsoft Word. Masukkan teks atau gambar layak keinginan kamu lalu simpan.

Menambahkan halaman ke menu

Bila kamu ingin halaman baru kamu ditautkan ke bilah navigasi, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Simpan perubahan apa pun yang kamu buat pada halaman dengan mengklik “Update”.
  2. Klik “Appereance” -> “Menu” di bilah sisi Dasbor WordPress.
  3. Cari halaman yang kamu buat dan masukkan ke daftar dengan cara mencentang kotak, kemudian “Add to Menu”.

Menambah dan mengedit post

Bila kamu mempunyai blog di situs web kamu, “Posting” akan menjadi tempat kamu melanjutkan ke langkah berikutnya. kamu bisa menggunakan bermacam kategori untuk mengelompokkan postingan yang serupa.

Gunakanlah bermacam kategori ketika memposting di blog. Katakanlah kamu ingin membuat kategori bernama “Blog”. Tambahkan ke menu lalu kamu bisa membuat postingan kamu.

Inilah yang perlu kamu lakukan. Buat kategori baru dengan membuka “Posting -> Kategori” atau membuat posting blog dengan membuka “Posting -> Tambah Baru”. Setelah kamu selesai menulis posting blog kamu, kamu perlu menambahkan kategori yang tepat untuk itu. Setelah kamu membuat kategori, cukup tambahkan ke menu, dan kamu telah selesai!

Kustomisasi

web003

Di bagian ini, kita akan membahas beberapa hal mendasar yang sering menjadi pertanyaan namun akan bisa menolong kamu mengubah situs web kamu.

Mengubah judul dan tagline kamu

Halaman judul merepresentasikan bagaimana situs kamu ketika pengunjung situs mengunjungi situs kamu. Mereka juga merupakan bagian besar dari bagaimana mesin pencari menentukan peringkat kamu. kamu ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan kata kunci yang ingin kamu targetkan (tetapi dengan cara alami, ditulis untuk orang sungguhan bukan robot).

kamu seharusnya menggunakan judul unik di tiap-tiap halaman situs kamu. Misalnya, judul halam tulisan ini merupakan “Cara Buat Website Sendiri”.

Tidak bisa menemukannya? Pegang mouse kamu di atas tab di bagian atas browser web kamu. Tagline ditambahkan di akhir judul di tiap-tiap halaman. Tagline halaman ini merupakan “Jasa Pembuatan Website”. Untuk mengubah judul dan tagline di situs web kamu, buka “Pengaturan -> Umum” dan isi formulir yang disediakan di sana.

Menonaktifkan komentar untuk posting & halaman

Beberapa situs web (beberapa besar situs bisnis / organisasi) tidak ingin pengunjung mereka bisa mengomentari halaman mereka. Berikut cara mematikan komentar di halaman WordPress:

  1. Untuk menulis halaman baru, kamu bisa klik “Opsi Layar” di sudut kanan atas.
  2. Klik kotak “Diskusi”. Kotak “Izinkan Komentar” akan timbul di bagian bawah.
  3. Hapus centang “Izinkan Komentar”.

Ingin menonaktifkan komentar pada tiap-tiap halaman baru secara default? Caranya merupakan buka “Pengaturan -> Diskusi” dan hapus centang “Izinkan orang untuk mengirim komentar pada tulisan baru”.

Menyiapkan Halaman Depan Statis

Beberapa orang menghubungi kami dengan mengatakan mereka frustasi karena beranda terlihat seperti posting blog. kamu bisa memperbaikinya dengan membuat beranda “statis”.

Halaman statis merupakan halaman yang tidak berubah. Tidak seperti blog, di mana tulisan baru pertama akan timbul di bagian atas tiap-tiap kali, halaman “statis” akan menampilkan konten yang sama tiap-tiap kali seseorang datang ke situs – seperti halaman rumah yang kamu rancang.

Untuk mengatur halaman depan statis :

  1. Buka “Pengaturan -> Membaca”.
  2. Pilih halaman statis yang telah kamu buat. “Halaman Depan” menunjukkan halaman rumah kamu.

WordPress akan mengambil postingan terbaru dan menampilkannya di beranda jikalau kamu tidak memilih halaman statis.

Mengedit sidebar

Sebagian besar tema WordPress mempunyai bilah sisi di sisi kanan (dalam beberapa kasus ada di sebelah kiri). Bila kamu ingin menyingkirkan bilah sisi atau mengedit item yang tidak kamu perlukan seperti “Kategori”, “Meta” dan “Arsip”, yang lazimnya tidak ada gunanya, berikut caranya:

  1. Buka “Appearance -> Widgets” di Dashboard WordPress.
  2. Bila kamu ingin menambahkan ‘kotak’ yang berbeda ke bagian sidebar kamu, atau menghapusnya, gunakan fitur seret dan lepas.

Ada juga “kotak HTML” – kotak teks tempat kamu bisa menggunakan kode HTML. Untuk pemula, jangan khawatir seputar ini – cukup seret dan lepas unsur yang kamu suka di bilah sisi kamu.

Menginstal plugin untuk mendapatkan lebih banyak dari WordPress

Apa itu plugin?

Plugin merupakan eksistensi yang dikembangkan untuk memperluas kemampuan WordPress supaya kamu bisa menambahkan fitur ataupun fungsi ke situs kamu. Selain itu, plugin kadang disebut sebagai jalan pintas untuk memperbaharui situs kamu tanpa membuat fitur dari permulaan.

Galeri foto, formulir pengiriman hingga optimalisasi situs dan membuat toko online bisa dikerjakan dengan menggunkan plugin. Untuk menginstal plugin, kamu perlu mengklik bagian menu “Plugin” lalu pilih “Add New” dan cari plugin yang kamu butuhkan.

Ingatlah bahwa ada lebih dari 25.000 plugin berbeda, jadi kamu punya banyak pilhan untuk itu. Instalasi gampang – setelah kamu menemukan plugin yang kamu sukai, cukup klik “Instal”. Selamat! kamu siap meluncurkan web pertama kamu.