Buku Coding (Programming) Terbaru dan Terlengkap 2020

Coding atau dalam bahasa yang gampang dipahami disebut dengan computer programming. Kegiatan coding ini merupakan sebuah kegiatan untuk menginstrusikan computer supaya bisa melaksanakan apa yang kita inginkan. Ada banyak sekali buku coding yang bisa jadi bahan pembelajaran untuk siapapun yang ketika ini atau ingin menjadi seorang programmer.

Sekarang ini, di mana teknologi telah menjadi kebutuhan bahkan lifestyle segala orang. Hal ini membuat banyak sekali yang kemudian beratensi untuk menjadi seorang programmer atau biasa disebut juga dengan development. Profesi ini amat betul-betul dibutuhkan di masa seperti kini, terlebih lagi dalam dunia IT (informasi teknologi).

Tujuan dari adanya coding ini sebagai format komunikasi yang dijalankan oleh manusia kepada computer supaya sanggup memecahkan suatu masalah ataupun mengatasi satu tugas tertentu. Proses komunikasi ini berupa perintah oleh manusia yang dikonversikan ke dalam sebuah kode yang sanggup dipahami oleh mesin computer.

Semua situs, aplikasi, dan beraneka perangkat teknologi di dalamnya terdapat rangkaian kode yang merupakan output dari kegiatan coding. Adapun manfaat coding dalam dunia IT ialah untuk menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat, coding merupakan syarat utama dalam menciptakan atau memaksimalkan sebuah aplikasi.

Rekomendasi Buku Coding

Dalam mempelajari coding hakekatnya bisa dijalankan otodidak di rumah. Banyak sekali penunjang ataupun media yang bisa menjadi sumber belajar untuk siapapun yang ingin serius belajar coding ini. Salah satu media pembelajaran yang cukup ampuh untuk bisa memberikan insight positif baik bagi pemula maupun yang telah perofesional yakni buku.

Berikut ini beberapa buku coding terbaru dan terlengkap yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa pemograman. Jadi, bagi yang ingin menjadi seorang programmer, betul-betul wajib untuk  mempunyai buku-buku di bawah ini.

Introduction To Alogarithms

Rekomendasi buku pertama yang bisa menjadi media belajar secara otodidak yakni Introduction to Alogarithms, sebuah karya dari Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Clifford Stein, dan Ronald L. Rivest. Buku ini dianggap sebagai solusi tepat untuk pengembangan karir dari para programmer professional. Introduction to alogaristhms ini memuat banyak sekali kunci pemrograman.

Salah satu kunci dasar dalam pemrograman yang betul-betul penting ialah struktur dasar dan juga algoritma. Pembahasan secara mendalam, luas dan juga mendasar pada buku ini akan memberi banyak informasi seputar coding. Bagi yang berlatar belakang sarjana ilmu computer mungkin telah pernah memperhatikan atau bahkan membaca buku ini.

Tak hanya berisi hal-hal mendasar seputar coding saja, pada buku ini juga memberikan solusi perihal bagaimana cara memecahkan masalah dengan studi kasus yang gampang dipahami.

Pun buku ini telah dijadikan sebagai standar para ahli yang digunakan hampir seluruh universitas dunia. Hadir dalam beberapa 3 edisi, pada edisi pertama memuat perihal  struktur dasar algoritma, edisi kedua peran algoritma, analisis probabilistic, serta algoritma acak, dan untuk edisi terakhir berisi struktur van Emde Boas trees dan algoritma multithreaded.

Alogorithms to Live By

Brian Christian and Tom dalam bukunya yang berjudul Algorithms to Live By: The Computer Science of Human Decisions merupakan salah satu buku coding yang betul-betul direkomendasikan. Terlebih lagi bagi mereka yang masih betul-betul awam mengenai dunia pemrograman, khususnya soal algoritma. Para penulis buku coding ini membuat hubungan yang betul-betul cemerlang antara ilmu computer dan psikologi dari manusia.

Sebuah penemuan yang betul-betul cemerlang dalam menghubungkan pemikiran yang ada dalam algoritma dengan masalah yang biasa terjadi dalam keseharian manusia. Inovasi ini akan betul-betul menolong siapapun dalam memecahkan case dan memperhatikan bagaimana cara kerja dari pikiran manusia. Dengan membaca buku ini, seseorang akan bisa memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan algoritma.

Tidak hanya berfungsi dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan coding saja, namun buku ini juga bisa digunakan di dalam konteks luar editor teks. Tentunya buku ini betul-betul menolong bagi siapapun yang hendak memperdalam ilmu perihal coding dan bercita-cita membuat sebuah aplikasi ataupun situs.

The Pragmatic Programmer

The Pragmatic Programmer by Andrew Hunt and Dave Thomas merupakan salah satu buku coding yang juga betul-betul cocok untuk segala programmer, baik yang pemula maupun para expert. Mengapa? Karena, buku ini akan memberikan pandangan baru yang akan membuka pikiranmu mengenai pemrograman. Dengan mempelajari buku ini, banyak sekali pandangan yang akan mengubah seseorang menjadi programmer yang lebih expert lagi.

Banyak sekali dalam buku ini yang membahas hal-hal serius dan diberikan solusi perihal bagaimana menemukan solusi dalam memecahkan sebuah case. Buku ini akan memberikan insight mengenai penelusuran pada pemograman, pengaturan tim, pemilihan alat, dan cara untuk bisa meminimallisir pengulangan diantara banyak topik yang ada di dalamnya.

Hal menarik lain dari buku ini yang tidak ditemukan dalam buku lain yakni, buku ini tidak hanya berpusat pada satu bahasa pemograman saja.  Meskipun demikian, buku ini tetap memberikan informasi yang dibutuhkan dan bahanya gampang dimengerti baik oleh pemula maupun para expert coding atau pemograman.

Cracking the Coding Interview

Salah satu buku coding ini hakekatnya tak terlalu recommended untuk programmer pemula. Hal ini disebabkan pada buku ini dikhususkan untuk para programmer yang ingin memaksimalkan skillnya. Meskipun demikian, buku By Gayle Laakmann McDowell bahasanya masih gampang dimegerti secara universal atau bisa dibaca oleh segala kalangan.

Diciptakan khusus untuk para programmer yang hendak memaksimalkan skill codingnya, di mana dalam buku ini tersedia pertanyaan beserta solusinya dalam memecahkan sebuah case. Tentunya ini akan menambah wawasan mengenai pemahaman dan skill coding. Berfokus pada bahasa coding JAVA, dan dalam buku ini juga terdapat bab yang berisi bahasa C++.

Berisi perihal cara seorang programmer mempersiapkan wawancara yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai development aplikasi atau pengembang aplikasi yang professional.

The Mythical Man-Mouth

Terakhir yakni buku coding karya Frederick P. Brooks Jr yang berjudul The Mytichal Man-Mouth. Mencakup topic-topik perihal manajemen proyek, kesalahan-kesalahan yang mesti dihindari, pengembangan perangkat lunak, dan juga control kualitas. Ini juga betul-betul cocok bagi programmer yang sedang membangun ataupun mengelola sebuah proyek.

Dalam buku ini juga, seseorang akan diperlihatkan persektif-perspektif keberhasilan dan juga kegagalan ketika membuat ataupun mengelola sebuah proyek. The Mythical Man-Mouth ini betul-betul cocok untuk direkomendasikan kepada pimpinan karena betul-betul cocok untuk digunakan pada kerja-kerja tim dalam membangun sebuah aplikasi.

Mengapa buku ini betul-betul cocok digunakan dalam bekerja dengan tim? Karena dalam buku ini akan diajarkan bagaimana dan seperti apa menerapkan disiplin ilmu dalam bekerja dengan tim. Ini akan betul-betul menolong siapapun yang ingin memaksimalkan skillnya dalam coding atau pemograman. Bagi yang ingin menjadi programmer, teruslah memaksimalkan skill tiap-tiap harinya ya.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi buku coding yang bisa kamu gunakan dalam menambah wawasan seputar pemograman. Sekian tulisan kali ini, semoga bisa menjadi insight dan sumber bacaan yang bermanfaat untuk semuanya ya. Semoga bermanfaat.

    Write a comment