Buat Website Sendiri Secara Cepat dan Mudah

Nama WordPress tentunya telah tidak asing lagi di kalangan blogger maupun webmaster. Yang mana, WordPress merupakan CMS atau platform pembuatan situs yang paling terpopuler di dunia. Lebih dari 30% situs di dunia dibuat dengan menggunakan CMS WordPress. Penggunaan WordPress yang begitu populer, disebabkan karena kemudahan dan kelengkapan fitur-fitur yang dimilikinya.

Saat ini, penggunaan WordPress tidak terbatas pada blogger pribadi saja, karena telah banyak perusahaan-perusahaan ternama di dunia yang telah mempercayakan WordPress sebagai platform pembuatan situs situs mereka, contohnya seperti: Mercedes Benz, The Walt Disney, New York Times Company dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi kamu yang masih benar-benar pemula dan berencana ingin buat situs sendiri melalui CMS WordPress, maka kamu bisa melakukannya dengan gampang, karena telah banyak sekali tutorial dan tips optimasi WordPress yang telah tersebar luas di internet. Malahan, telah ada banyak sekali forum-forum WordPress bertebaran di internet. Dengan demikian, akan mempermudah siapapun yang berniat untuk belajar dan mencoba membuat situs situs sendiri dengan menggunakan WordPress.

Apabila kamu berencana untuk mencoba membuat situs situs pertama kamu dengan menggunakan WordPress, kemungkinan besar sajian tulisan ini akan amat menolong kamu, karena disini kami akan menjabarkan mengenai review dan tutorial lengkapnya.

Buat Website Sendiri | WordPress.com VS WordPress.org

Sebelum memulai proses pembuatan situs dengan menggunakan CMS WordPress, kamu wajib mengetahui perbedaan antara WordPress.com dengan WordPress.org. Perbedaan yang paling dasar diantara keduanya, terdapat pada penggunaan host aktualnya.

Apabila memilih untuk menggunakan WordPress.com, maka kamu tak perlu dipusingkan dengan pembayaran domain maupun hosting, karena domain dan hosting hal yang demikian telah disediakan oleh WordPress.com. Hanya saja, fasilitas hal yang demikian sangatlah terbatas, karena kamu hanya bisa menggunakan nama domain, yakni dengan nama belakang “wordpress.com”. Dapat dikatakan bahwa, WordPress.com merupakan versi gratis dari CMS WordPress.

Jelas jauh berbeda dengan versi gratisnya, WordPress.org bisa memberikan banyak keleluasaan dan bermacam fasilitas lain, karena kamu bisa memilih nama domain sendiri, seperti “com, .net, .org, dll”. Selain itu, dengan menggunakan WordPress.org, kamu bisa menentukan menjalankan banyak hal lainnya, seperti memasang plugin, menentukan kapasitas penyimpanan, memasang iklan AdSense hingga menginstall tema apa saja yang cocok dengan kebutuhan kamu.

Setelah mengetahui perbedaan diantara keduanya, manakah yang akan menjadi pilihan kamu?

Buat Website Sendiri Secara Cepat dan Mudah

web

Buat situs sendiri, bagaimana caranya? Untuk bisa membuat situs dengan cepat, kamu bisa menggunakan CMS WordPress. CMS ini mempunyai fitur yang komplit dan bisa kamu gunakan untuk optimasi situs. Berikut ini merupakan tutorial pembuatannya.

Membuka Situs WordPress

Untuk bisa membuat situs sendiri melalui CMS Wordpres, maka kamu wajib membuka situs WordPress.com maupun WordPress.org.

Setelah masuk ke dalam salah satu situs hal yang demikian, kamu bisa membuat akun gmail untuk login. Setelah masuk ke halaman utama, kamu bisa langsung membuat dan mengelola situs situs kamu.

Mengelola Dashboard WordPress

Setelah sukses membuat situs kamu, maka kamu perlu menjalankan pengelolaan dashboard, yakni dengan mengganti tema, menambah halaman, menambah plugin, memposting konten hingga menerbitkan blogspot.

Cara membuka dasbor WordPress tidaklah sulit untuk dijalankan, karena kamu hanya perlu menambahkan ‘wp-admin’ di belakang domain kamu, contohnya www.namawebsiteanda.com/wp-adminanda. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password yang telah kamu buat. Apabila kamu sukses menjalankan login, maka kamu akan dibawa ke menu dasbor.

Dasbor WordPress terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya merupakan, toolbar, menu navigasi dan area kerja. Yang mana tiap bagian mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Toolbar

Dapat digunakan untuk mengelola profil kamu di bagian pojok kanan. Selain itu, melalui Toolbar kamu bisa mendapatkan notifikasi mengenai jumlah komentar yang diperoleh.

Menu Navigasi

Menu Navigasi merupakan bagian yang bisa digunakan untuk mengelola kesibukan WordPress, mulai dari menerbitkan blogspot, menambahkan halaman, mengganti tema, memasang plugin, mengunggah media, mengelola komentar hingga mengganti setting / pengaturan WordPress.

Area Kerja

Sebagaimana dengan namanya, pada bagian ini bisa digunakan untuk menjalankan beberapa pekerjaan, karena memang masih terbagi dalam beberapa bagian lagi, yakni;

  • At a Glance : difungsikan untuk menampilkan jumlah post, komentar, halaman dan juga versi WordPress yang kamu gunakan.
  • Activity : difungsikan sebagai bagian yang menunjukkan informasi singkat perihal post dan komentar terbaru dari situs kamu.
  • Quick Draft : digunakan untuk menuliskan ide tulisan yang hendak diterbitkan melalui menu utama.
  • WordPress News : berperan untuk menampilkan berita terbaru dari pihak WordPress.

Memasang Tema WordPress

Langkah selanjutnya untuk buat situs sendiri, kamu wajib memasang tema WordPress yakni melalui dasbor pada bagian menu navigasi Appearance.

Agar bisa mendapatkan tema yang cocok dengan kebutuhan, kamu bisa mencarinya di kolom search atau bisa juga dengan cara mengunggah sendiri tema yang kamu unduh dari situs lain melalui Upload Theme.

Menginstal Plugin

Setelah memilih dan memasang tema cocok dengan keinginan kamu, maka kamu juga wajib memasang plugin guna demi meningkatkan performa dari WordPress.

Pilihan plugin yang tersedia pada WordPress jumlahnya amat banyak, sehingga kamu wajib teliti dalam memilih, karena memang tiap proses mengunduh plugin membutuhkan waktu lama. Agar tidak salah pilih, di sini kami menyarankan plugin yang wajib dimiliki oleh situs kamu.

Google XML Sitemaps

Plugin ini bermanfaat untuk membuat sitemap pada situs kamu, sehingga lebih mempermudah tugas mesin pencarian dalam menjalankan crawl konten-konten di dalam situs kamu.

Yoast SEO

Dibandingkan dengan variasi plugin SEO lainnya, Yoast SEO mempunyai pengguna yang jauh lebih banyak, yakni lebih dari 7 juta instalasi aktif.

Plugin Yoast SEO ini menawarkan bermacam pilihan fitur yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan optimasi situs dengan gampang. Namun, setelah menjalankan prose instalasi, kamu masih diharuskan untuk menjalankan pengaturan pada Yoast SEO terlebih dahulu.

Contact Form 7

Plugin Contact Form 7 bisa kamu manfaatkan untuk mengelola lebih dari satu form kontak. Dari sini, kamu bisa menjalankan pengaturan tampilan dan menambah fasilitas seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file.

Selain ketiga plugin hal yang demikian, masih ada beberapa plugin lain yang wajib kamu lengkapi, sehingga kamu wajib memilih yang benar-benar cocok dengan kebutuhan situs dan tidak akan berpengaruh pada kualitas performa situs kamu.

Bagaimana cara untuk memasang plugin-plugin hal yang demikian? Pada bagian menu navigasi, kamu bisa klik klik Plugin > Add New. Lanjutkan dengan mengetik nama nama plugin yang ingin kamu pasang di kolom pencarian. Setelah sukses menemukannya, pilih pilih Install dan pilih Activate.

Cara Memposting Konten Artikel

Agar situs kamu bisa berada di halaman pertama mesin pencarian, maka kamu wajib rajin memposting konten tulisan di dalamnya (minimal satu tulisan per hari). Artikel wajib dibuat menggunakan gaya bahasa yang beraturan dan gampang dimengerti oleh para pembaca. Selain itu, konten tulisan hal yang demikian wajib mempunyai keyword atau kata kunci yang relevan.

Untuk membuat postingan tulisan baru di situs kamu, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Add New yang ada di bawah Posts atau pilih New Post yang ada di toolbar bagian atas.
  • Kemudian, akan timbul editor post yang dilengkapi dengan bermacam fitur.
  • Jangan lupa untuk menuliskan judul konten tulisan di bagian Post Judul.
  • Lalu, kamu bisa langsung mengetikkan konten post pada area yang telah digunakan. Apabila ingin memformat teks, maka kamu bisa menggunakan opsi toolbar, karena fungsi toolbar hal yang demikian hampir sama dengan toolbar yang biasa kamu gunakan di MS Word atau text editor populer lainnya.
  • Di sisi sebelah kanan halaman, kamu akan mengamati bagian semacam meta box. Tiap box mempunyai fungsi khusus, sehingga kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Menu Publish. Di sini kamu bisa mengubah dan mengatur status dan visibilitas post. Kemudian, kamu juga bisa membuat jadwalnya, kapan (hari, tanggal, jam) penayangan tulisan yang telah dipublish.
  • Apabila hendak menghapus postingan, kamu bisa klik Move to Trash.
  • Di bagian Categories, kamu bisa menentukan kategori post yang lebih spesifik. Untuk membuat kategori baru dengan mengklik tombol +Add New Category.
  • Di bagian Tags, bisa kamu gunakan untuk menambahkan tag / tanda baru dengan cepat.
  • Featured Image, di sini kamu bisa menentukan gambar untuk diposting. Yang mana, featured image merupakan gambar yang nantinya akan timbul di atas tulisan.

Membuat Halaman

Kegiatan buat situs sendiri, tidak bisa lepas dengan proses pembuatan halaman. Halaman WordPress merupakan konten statis yang tidak terjadwal seperti, Contact Us dan About Us. Halaman ini tidak mempunyai category dan tag. Adapun cara pembuatannya dijalankan dengan memilih pada menu navigasi WordPress, klik Pages > Add New.

Walaupun tidak mempunyai kategori dan tags, namun sebagai penggantinya pages atau halaman ini mempunyai page attributes yang bisa digunakan untuk menjalankan perubahan urutan halaman dan bisa digunakan untuk membuat parent page. Parent page ini nantinya akan bermanfaat untuk menyatukan beberapa halaman yang berada di bawah parent page yang sama.

Buat Website Sendiri : Optimasi WordPress

wordpress

Pekerjaan dalam buat situs sendiri tidak berakhir pada proses instalasi dan penerbitan konten saja, karena kamu juga wajib bisa mengoptimalkan performa dari situs hal yang demikian. Dengan menjalankan optimasi situs, maka konten-konten tulisan yang telah kamu posting akan sering berada pada halaman teratas mesin pencarian.

Kemudian, tidak sulit bagi kamu untuk mendapatkan banyak pengunjung, karena proses optimasi hal yang demikian merupakan usaha yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan penghasilan dari situs situs yang telah dibuat.

Ingin mengetahui, bagaimana langkah-langkah optimasi WordPress? Karenanya, kamu bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini.

Menginstal Caching

Sekali lagi kamu wajib memasang plugin. Namun, plugin yang satu ini bisa digunakan untuk mengoptimasi situs kamu. Apabila sebelumnya, kamu telah memasang Yoast SEO sebagai plugin plugin SEO, maka dikala ini kamu wajib menginstal plugin catching.

Plugin Caching ini berfungsi untuk menciptakan versi statis dari situs kamu dan mengirimkannya, sehingga situs bisa loading lebih lancar serta menjadi lebih cepat.

Mengoptimasi Permalink

Pada dasarnya, WordPress akan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default hal yang demikian, lazimnya berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti: https://markey.id/2019/14/10/ buat-situs-sendiri.

Permalink yang paling disukai oleh Google, merupakan permalink yang mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek, bisa memberikan performa yang lebih baik lagi, karena dianggap gampang terbaca dan dikenali. Pada dikala membuat permalink, sebaiknya gunakanlah post name, supaya keyword yang digunakan bisa ditampilkan di halaman utama pada mesin pencarian.

Apabila ingin mengubah nama permalink, kamu bisa menggantinya melalui dashboard WordPress, yakni dengan pilih menu Settings > Permalinks. Lalu pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat.

Mengoptimasi Gambar

Agar situs kamu lebih cepat loading, maka kamu juga perlu mengoptimasi gambar, yakni dengan membuat ukuran gambar yang diunggah menjadi lebih kecil, tapi masih dengan kualitas yang sama. Karena, gambar yang telah teroptimasi dengan baik akan menolong situs kamu untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil mesin pencarian.

Mengaktifkan CDN

Apa itu CDN? CDN merupakan sebuah sebuah teknologi terbaru sebagai format mirroring konten situs web. Dengan keberadaan CDN, maka konten dalam situs kamu, seperti CSS, Vido, Image dan Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di bermacam negara.

Buat Website Sendiri : Mengamankan WordPress

Mengamankan wordpress

Bagian terakhir yang tak boleh sampai terlewatkan ketika kamu memutuskan untuk buat situs sendiri merupakan mengamankan WordPress.

Hal ini sangatlah penting dijalankan, supaya situs kamu terhindar dari serangan malware, virus hingga h*cker. Adapun cara untuk mengamankan situs kamu, diantaranya merupakan sebagai berikut.

Rajin Update WordPress

Rajin menjalankan update versi WordPress terbaru amat penting untuk mengatasi permasalahan bug system pada versi sebelumnya. Untuk melakukannya, kamu bisa melakukannya melalui halaman dashboard WordPress ketika terdapat versi terbaru. Pastikan bahwa kamu selalu rajin update versi untuk mengurangi resiko keamanan WordPress yang ada.

Rajin Update Plugin

Sebenarnya, para pengembang plugin selalu berusaha untuk menutup bug, karena h*cker selalu mencari celah. Oleh karena itu, kamu pun wajib rajin update plugin kamu ke versi terbaru supaya terhindar dari serangan h*cker.

Rajin Mengupdate Tema

Bukan hanya plugin, banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh para h*cker untuk membobol sistem keamanan situs kamu.

Untuk itu, rajinlah untuk selalu mengecek ketersediaan versi tema terbaru yang kamu gunakan melalui menu Appearance > Theme pada dashboard WordPress kamu. Kemudian, jangan lupa untuk menghapus tema WordPress yang telah tidak digunakan lagi.

Menghapus Plugin yang Tidak Digunakan

Jangan hanya menonaktifkan plugin yang telah tidak digunakan, karena kamu juga wajib menghapusnya, supaya menutup celah para h*cker untuk meretas situs yang telah kamu buat. Bukan hanya itu, menghapus plugin yang telah tidak digunakan juga bermanfaat untuk meringankan kerja WordPress kamu.

Membuat Custom Login

/wp-login.php merupakan link otomatis yang bisa kamu gunakan setelah menjalankan instalasi dan akan login WordPress. Dari sini, para h*cker akan lebih gampang menerobos masuk ke akun kamu, terlebih lagi sekiranya kamu menggunakan password yang sama di bermacam akun layanan lainnya.

Sebagai pencegahan, kamu bisa mengubah link login ke WordPress dan menggunakan plugin Custom Login URL. Nantinya kamu juga bisa mengubah link logout, lost password dan keamanan lainnya.

Melakukan Backup

Ketika hendak buat situs sendiri dengan sistem keamanan tinggi, maka kamu berkewajiban untuk menjalankan backup secara berkala. Pada dikala terdapat fungsi sistem yang tidak berjalan akibat terinfeksi virus, maka akan dibutuhkan waktu yang lama dalam memperbaikinya. Namun pemulihan bisa dijalankan dengan cepat, yakni dengan cara me-restore backup yang telah dibuat.

Backup bisa dijalankan melalui dua cara, yakni melalui proses manual dan otomatis. Proses backup manual bisa kamu lakukan dengan cara menjalankan penyimpanan database MySQL dan file yang terdapat pada situs WordPress. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur backup dari ketersediaan layanan hosting yang bisa dijalankan secara otomatis.

Namun untuk mengantisipasi masalah terburuk, ada baiknya sekiranya kamu bisa memasang plugin WordPress untuk menjalankan backup secara otomatis. Dimana kamu bisa menentukan sendiri jangka waktu backup yang dijalankan secara otomatis, tiap bulan, minggu atau hari. Di sini kami merekomendasikan pilihan plugin backup WordPress terbaik untuk kamu.

Updraftplus

Plugin yang satu ini amat populer karena memang dilengkapi dengan fitur backup dan restore yang cukup komplit. Selain itu, kamu juga bisa memilih memilih file apa saja yang akan terupdate secara berkala.

BackUp WordPress

Tak hanya menawarkan penggunaan restore dan backup yang gampang, karena penggunaan plugin ini hanya membutuhkan memori yang kecil, sehingga tidak memberatkan server pada hosting kamu.

Pekerjaan untuk buat situs sendiri semakin gampang dengan adanya CMS WordPres. Bukan hanya gampang, karena kamu juga bisa memberikan kualitas terbaik, untuk membuat situs profesional. Semoga tiap sajian informasi dalam perjumpaan tulisan kali ini bisa menolong kamu dalam membuat situs berkualitas, mumpuni dan profesional.