BIOS Adalah? Pengertian dan Fungsinya Pada Komputer

Dalam perkembangan alat komputerisasi, komputer merupakan salah satu alat yang menjadi saksi perkembangannya. Dimulai dari komputer sederhana sampai kini menjadi komputer dengan piranti kompleks. Salah satu bagian dari pirantinya ialah bios, dan pasti digunakan di tiap komputer. Tetapi sayangnya tidak banyak yang tahu pengertian bios ialah sebuah software.
Meskipun mempunyai fungsi yang cukup vital dalam menjalankan suatu komputer, tapi tidak banyak yang mengetahui di mana letak bios ini. Malahan artinya sendiri bisa salah menjadi bilingual international operation system. Tentu betul-betul jauh dengan yang sesungguhnya. Karenanya pembahasan kali ini akan membahas seputar bios si piranti komputer ini.

Pengertian Bios Adalah

BIOS

Bios ialah piranti lunak yang ada di dalam suatu komputer. Bios sendiri merupakan akronim dari Basic Input Operation System yang merupakan sebuah piranti lunak yang bertugas sebagai sistem dasar. Sistem dasar ini mempunyai fungsi proses output dan input-nya data yang ada di dalam komputer.
Bisa dibilang bahwa bios ialah tempat terjadinya arus lalu lintas perpindahan file baik yang keluar ataupun masuk. Tidak hanya itu saja, bios juga merupakan program dasar yang juga menjalankan beberapa hal penting. Salah satunya ialah mengatur fungsi hardware (perangkat keras) yang ada pada komputer. Sehingga kehadirannya betul-betul penting.
Meskipun betul-betul penting, tapi lokasi penyimpanan bios ini betul-betul penting. Tidak seperti perangkat lainnya yang ditaruh dalam disk, bios ini hanya disimpan dalam chip berukuran kecil. Biasanya letak dari chip ini ada pada motherboard atau mainboard pada komputer. Karena keberadaannya itulah, bios ini sering diremehkan oleh pengguna.
Biasanya bios ini tidak akan dirasa penting kehadirannya sampai si pengguna komputer mengalami kendala pada komputernya. Selain itu, bios juga betul-betul dibutuhkan kehadirannya apabila komputer ingin dipasangkan sistem operasi baru. Jadi sepenting itulah kehadiran bios yang hanya mempunyai tempat kecil pada suatu mainboard komputer.

Fungsi Bios Adalah

Bios

Kali ini penjabaran seputar fungsi bios hal yang demikian akan lebih terarah dan tentunya lebih terperinci. Hal ini dimaksudkan supaya pembaca lebih memahami apa itu bios dan tidak lagi tertukar dengan os ataupun ios. Untuk fungsi-fungsi bios di antaranya.

Salah Satu Otak Pada Komputer

Meskipun hanya berupa piranti lunak atau software yang hanya disimpan dalam sebuah chip kecil, tapi bios ini merupakan salah satu otak yang ada pada komputer. Layak dengan namanya yakni basic input operation system, maka bios ini mempunyai fungsi pengaturan basis ataupun dasar. Biasanya pengaturan ini terkait dengan input suatu operation system.
Karenanya bios ini merupakan otak yang menjalankan seluruh fungsi penting yang ada di dalam komputer seseorang. Biasanya untuk mengaktifkan atau menginstal sebuah operation system pada komputer juga membutuhkan software yang satu ini. Selain itu bios ini juga bisa berfungsi untuk mengatur traffic yang terjadi di harddisk maupun tempat penyimpanan komputer.

Mengatur Hardware

Bios sendiri juga cakap untuk mengatur hardware yang ada di komputer untuk bekerja sebagaimana mestinya. Ini merupakan fungsi lanjutan dari sebelumnya, yakni bios yang berfungsi sebagai otak pada komputer. Dengan kehadiran bios hardware yang terpasang ataupun yang telah ada pada komputer akan berjalan layak dengan keinginan si pengguna.
Biasanya pengaturan ini akan terjadi ketika komputer telah sepenuhnya hidup. Pada dikala itu lazimnya ada perangkat keras tambahan seperti printer. Saat melaksanakan pengaturan printer inilah patut melalui bios terlebih dahulu. Memang kelihatannya gampang, tapi bios ini yang menjadi perantara antara komputer dengan printer yang ingin digunakan hal yang demikian.

Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)

Untuk fungsi selanjutnya ini berkaitan dengan kesehatan komputer sendiri yakni perintah untuk menjalankan proses post. Bagi yang belum tahu apa itu power on self test, proses ini lazimnya digunakan secara rutin untuk mengecek apakah komputer masih dalam situasi sehat. Biasanya komputer akan dimatikan dan dinyalakan kembali atau istilah lainnya ialah proses boot.
Sebelum bios mulai menjalankan sistem operasi, maka terlebih dahulu perintah post atau booting ini dijalankan. Selain untuk mengecek kesehatan komputer, bios juga ingin memastikan apakah komputer masih compatible untuk menjalankan sistem operasi. Sehingga dikala dinyalakan dan hendak digunakan, komputer telah dalam posisi siap dan tidak akan khawatir adanya lag ditengah jalan.

Memuat dan Menjalankan Sistem Operasi Pada Komputer

COMPUTER

Apabila bios merupakan otak, maka sistem operasi ini merupakan jantung dari suatu alat komputerisasi. Karena bila tidak adanya sistem operasi, maka komputer atau alat komputerisasi tidak akan bisa dijalankan. Hanya ada satu proses yang bisa dijalankan tanpa sistem operasi yakni booting. Untuk bisa memasang, memuat, serta menjalankan sistem operasi ini membutuhkan bios.
Saat pertama kali proses komputer dihidupkan sampai pengguna bisa mulai menggunakannya ada proses yang terlebih dahulu dijalankan. Di mana bios mengecek kesiapan dari sistem operasi hal yang demikian terlebih dahulu sebelum digunakan. Apabila telah dirasa siap untuk digunakan, maka bios akan mengaktifkannya pada komputer dan pengguna telah mulai bisa menggunakannya.

Mengatur Konfigurasi Dasar Sistem Komputer

Selain mengaktifkan dan mengecek kesiapan dari komputer, fungsi lainnya dari bios ialah dikala pengaturan konfigurasi dasar pada sistem komputer yang digunakan. Dalam hal ini bios patut dalam posisi normal dikala pengaturan dasar sistem komputer ini. Beberapa hal sederhana yakni seperti kapan proses booting patut dijalankan, dalam hal ini bios akan menetapkan jadwal hal hal yang demikian.
Selain itu, bios juga mengaktifkan, menginstal, ataupun menonaktifkan beberapa perangkat yang tersedia di komputer. Beberapa perangkat hal yang demikian di antaranya bisa perangkat keras maupun lunak. Biasanya perangkat yang membutuhkan instalasi ialah perangkat masukan. Ada juga perangkat lainnya yang juga bisa diatur oleh bios ini.

Memberikan Informasi Dasar Sistem Komputer

Terakhir yang merupakan fungsi bios ialah menunjukkan keterangan dasar yang ada pada sistem komputer. Beberapa informasi yang diberikan lazimnya seputar perangkat-perangkat yang terpasang pada komputer. Perangkat hal yang demikian lazimnya merupakan perangkat keras, tapi terkadang software juga bisa. Di situ juga akan dijelaskan spesifikasi apa yang ada di dalam hardware, sehingga bisa mempermudah pengguna dikala melaksanakan pemasangan.
Selain itu, bios ini juga berfungsi untuk mengatur lalu lintas yang ada pada hardware. Bios ini juga mempunyai fungsi untuk memberikan informasi mengenai langkah-langkah interaksi hardware yang berjalan pada komputer. Jadi selain menginstal dan mengkonfigurasi, bios juga bisa memberikan beberapa informasi dasar yang penting kepada pengguna komputer.
Ternyata meskipun bios ialah sebuah software yang hanya tersimpan dalam chip kecil, tapi kegunaan dan fungsinya betul-betul vital dalam sebuah komputer. Karenanya pastikan bios telah dalam situasi terpasang dan sehat. Jadi dengan begitu dikala menjalankan komputer dimulai dari proses permulaan bahkan sampai booting bisa dijalankan dengan benar dan tidak akan terjadi kendala.