Bagaimana Cara Membuat Konsep Pemasaran yang Bagus?

Pemasaran merupakan suatu kesibukan yang wajib dalam kehidupan bisnis perusahaan. Tanpa adanya pemasaran, produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak akan kapabel untuk diketahui apalagi sampai ke tangan konsumen. Oleh sebab itu, supaya bisa mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, kamu mesti kapabel melaksanakan pemasaran produk yang baik.

Banyak kegagalan pebisnis terjadi karena mereka tidak memahami konsep dari pemasaran dengan baik. Masih tak jarang pula orang-orang menyepelekan konsep dari pemasaran dan langsung memilih untuk terjun berpraktek. Padahal, pemahaman konsep yaitu dasar dari pelaksanaan praktek pemasaran yang baik dan efisien.

Lalu, apa saja konsep-konsep yang terdapat dalam pemasaran bisnis? Jangan khawatir, berikut ini kamu bisa menyimak lebih dalam perihal definisi, contoh, fungsi dan tujuan dari konsep khususnya dalam bidang pemasaran. Dijamin, setelah membaca tulisan ini, kamu akan bisa merumuskan konsep terbaik untuk menyokong pemasaran produk perusahaan kamu.

Apa Itu Konsep? Pengertian Konsep

apa-itu-konsep

Sebelum membahas lebih lanjut perihal konsep pemasaran, kita mesti memahami kata “konsep” terlebih dahulu. Kita sering mendengar istilah konsep dipergunakan dalam kesibukan sehari-hari, baik itu dalam ranah akademis ataupun tidak.

Namun tak sedikit juga orang menggunakan kata konsep namun belum mengetahui persis apa itu konsep. Dalam benak masyarakat awam, pengertian konsep yaitu sesuatu yang abstrak dan sulit dijelaskan.

Lalu, apa itu konsep? Ada beragam pengertian konsep yang bisa kita pahami. Pertama, konsep yaitu suatu ilmu pengetahuan yang lahir dari aneka macam karakteristik keilmuan. Selanjutnya, ada juga yang mendefinisikan konsep yaitu ide-ide abstrak yang dituangkan dalam format kata-kata, simbol, atau tutur lisan.

Mengenal Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

Setelah memahami definisi konsep, barulah kita mempelajari perihal konsep pemasaran. Apa itu konsep pemasaran? Berikut kami telah menyiapkan penjelasannya khusus untuk kamu.

Banyak ahli ekonomi telah merumuskan konsep di bidang pemasaran. Menurut William J. Stanton (2009), pemasaran dari segi konsep yaitu salah satu syarat ekonomi yang mesti dipenuhi guna melangsungkan kehidupan perusahaan.

Selanjutnya menurut Keller dan Kotler dalam Asosiasi Pemasaran Amerika (2009), pemasaran dari segi konsep yaitu suatu fungsi guna mengomunikasikan suatu nilai kepada konsumen sekaligus mengelola hubungan dengan mereka guna menguntungkan perusahaan.

Armstrong dan Kotler (2012) mendefinisikan pemasaran secara konsep yaitu suatu proses pembangunan nilai di mata pelanggan demi mendapat umpan balik positif dari mereka. Lebih lanjut, proses ini umumnya dikerjakan oleh perusahaan.

Terakhir menurut David (2011), pemasaran menurut konsep yaitu upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat terkait produk dan jasa perusahaan yang meliputi proses penciptaan, pengantisipasian, dan pendefinisian.

Berdasarkan pemaparan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa konsep dalam pemasaran yaitu kunci yang dibutuhkan untuk mencapai target perusahaan. Konsep ini mencakup usaha penentuan atensi dan kebutuhan pelanggan, hingga penyaluran produk dan jasa yang lebih tepat sasaran serta efisien ke tangan konsumen. Dengan menerapkan konsep yang baik, perusahaan bisa menjadi lebih unggul dibandingkan para kompetitor.

Contoh Konsep dalam Pemasaran: 6 Konsep Utama

6-konsep-utama-pemasaran

Dalam dunia bisnis, terdapat 6 contoh konsep yang biasa dipakai untuk pemasaran produk dan jasa. Keenam contoh konsep hal yang demikian yaitu produk, produksi, pemasaran, penjualan, pemasaran global dan pemasaran sosial. Penjelasan dari tiap-tiap contoh konsep yaitu sebagai berikut.

Konsep Produk

Secara konsep, produk yang baik yaitu produk dengan kualitas dan mutu yang baik. Padahal di bidang jasa, suatu jasa yang baik mencakup karakteristik dan performa yang baik. Dengan mengacu pada prinsip ini, perusahaan mesti senantiasa berusaha menciptakan produk dan jasa berkualitas baik untuk masyarakat.

Konsep Produksi

Sementara produksi dari segi konsep yaitu suatu upaya untuk menghasilkan produk dengan efisien sekaligus bisa mencakup proses distribusi yang luas. Hal ini dikarenakan masyarakat selaku konsumen menyukai produk yang bisa ditemukan dengan gampang sekaligus mempunyai harga murah.

Konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan penting lainnya dalam perusahaan. Pemasaran meliputi proses penentuan atensi dan kebutuhan konsumen supaya produk yang dikeluarkan oleh perusahaan menjadi tepat sasaran. Dengan demikian, proses pemasaran produk d apat berlangsung dengan tepat sasaran dan efisien.

Konsep Penjualan

Konsep penjualan yang baik mesti meliputi serangkaian taktik promosi produk yang menarik supaya konsumen merasa tertarik berbelanja. Penjualan tidak akan bergerak kemanapun sekiranya konsumen dibiarkan begitu saja tanpa adanya promosi ke konsumen.

Konsep Pemasaran Global

Pemasaran global dikerjakan mesti dengan sistem yang strategis. Tujuan dari pemasaran global yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segenap upaya terbaik. Oleh sebab itu, sang manajer perusahaan di bidang pemasaran mesti paham betul faktor-faktor yang memengaruhi pemasaran supaya proses kerja bisa berlangsung dengan minim hambatan.

Konsep Pemasaran Sosial

Konsep terakhir yaitu pemasaran sosial. Pemasaran sosial yaitu tugas dari organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan rasa kepuasan pelanggan dengan cara memenuhi kepentingan, keinginan dan kebutuhan mereka.

3 Tujuan Utama Pemasaran

Mengapa tiap-tiap perusahaan mesti melaksanakan pemasaran yang baik? Alasannya tak lain yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran itu sendiri. Tujuan utama pemasaran yaitu mencari tahu atensi, keinginan, dan kebutuhan pelanggan supaya perusahaan bisa menciptakan produk layak dengan apa yang diminta. Jikalau hal hal yang demikian telah tercapai, maka produk bisa terjual dengan sendirinya di kemudian hari alias produk telah mempunyai daya beli sendiri.

Dalam dunia bisnis, terdapat 3 tujuan utama dari pemasaran, yakni tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek. Penjelasan dari masing-masing tujuan yaitu sebagai berikut.

Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang dari pemasaran yakni untuk memelihara loyalitas pengguna produk dan jasa, alias para konsumen. Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan bisa melakukannya dengan cara melaksanakan program loyalitas konsumen, melaksanakan penemuan kreatif sekaligus meningkatkan kualitas produk.

Tujuan Jangka Menengah

Selanjutnya yaitu tujuan jangka menengah dari pemasaran. Tujuan jangka menengah pemasaran yaitu memperbesar cakupan distribusi produk dan mengoptimalkan biaya produksi serta volume penjualan produk.

Tujuan Jangka Pendek

Terakhir yaitu tujuan pemasaran jangka pendek. Untuk tujuan jangka pendek, pemasaran dikerjakan guna mendapatkan keuntungan penjualan secepat mungkin. Dengan melaksanakan penjualan dan pemasaran, biaya produksi bisa tertutupi dan keuntungan bisa diraih.

5 Fungsi Pemasaran

fungsi-pemasaran

Bagian terakhir dari pembahasan kali ini yaitu 5 fungsi pemasaran yang bisa perusahaan kamu rasakan. Kelima fungsi pemasaran hal yang demikian yaitu perencanaan, penetapan harga, penjualan, distribusi dan analisis konsumen.

Perencanaan

Fungsi perencanaan dikerjakan kepada produk dan jasa yang akan diproduksi oleh perusahaan untuk konsumen. Fungsi ini meliputi beragam kesibukan seperti uji pemasaran, penyediaan layanan konsumen, pengemasan produk dan gaya produk.

Untuk melaksanakan fungsi perencanaan ini, kamu bisa melaksanakan teknik uji pasar. Teknik uji pasar telah terkenal tepat sasaran sehingga sering dipergunakan oleh perusahaan.

Penetapan Harga

Selanjutnya yaitu fungsi penetapan harga. Fungsi ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal seperti kompetitor perusahaan, pemasok bahan baku, distibutor, pembeli atau konsumen dan pemerintah negara tempat perusahaan hal yang demikian tumbuh dan berkembang. Kelima pihak ini dikenal juga sebagai para stakeholder dalam dunia pemasaran bisnis.

Penjualan

Fungsi penjualan mencakup produk dan jasa. Meski terlihat sederhana, kesibukan penjualan sendiri mencakup banyak kegiatan di dalamnya seperti promosi, iklan, manajemen distributor, pemeliharaan hubungan konsumen, dan melaksanakan komunikasi antar dealer.

Distribusi

Distribusi mencakup kesibukan penyaluran produk dari perusahaan ke konsumen. Elemen-faktor yang berperan dalam proses distribusi antara lain penjualan grosir, wilayah penjualan produk, lokasi ritel, dan saluran-saluran distribusi.

Analisis Konsumen

Fungsi pemasaran yang terakhir yaitu analisis konsumen. Fungsi analisis diwujudkan dengan meninjau situasi, keadaan dan informasi dari para konsumen, proses penentuan dan pengembangan taktik pemasaran, pengamatan situasi pasar, serta melaksanakan evaluasi lokasi distribusi produi.

Menarik bukan? Demikianlah pembahasan kali ini seputar konsep dalam pemasaran. Semoga tulisan ini bisa menolong menambah wawasan kamu, ya. Sampai bertemu di tulisan lainnya. Have a great day.