Apa Saja yang Bisa Menjadi Indikator Kepuasan Pelanggan

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan membuka usaha agar Anda dapat menjadi pengusaha handal. Salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah kepuasan pelanggan. Hal ini betul-betul penting untuk diperhatikan karena secara tak langsung maupun langsung, betul-betul berdampak pada perkembangan bisnis Anda. Apakah yang dimaksud kepuasan pelanggan? Apa saja indikatornya? Yuk simak pembahasan dibawah ini, ikuti sampai akhir ya!

Apa Demikian Kepuasan Pelanggan?

kepuasan-pelanggan-merupakan

Kepuasan pelanggan atau disebut juga kepuasan konsumen adalah perasaan kecewa atau senang dari seseorang yang dalam hal ini konsumen yang muncul setelah ia menggunakan dan membandingkan hasil atau tenaga kerja produk baik barang maupun jasa dari apa yang mereka harapkan atau inginkan. Sederhananya, kepuasan bagi pelanggan adalah penilain pelanggan atas produk atau jasa yang sudah mereka gunakan. Dari pengertiannya, maka tentunya kalau pelanggan senang atau sudah merasa puas terhadap penggunaan suatu produk, maka kemungkinan besar ia akan kembali membeli terhadap Anda. Sebaliknya, jika ekspektasi pelanggan berbeda jauh dengan realita pada saat menggunakan produk, maka dapat dipastikan ia tak akan kembali membeli produk di tempat yang sama.

Memberikan apa yang diperlukan konsumen dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan adalah apa yang diharapkan oleh tiap-tiap perusahaan. Kecuali betul-betul mempengaruhi eksistensi dan keberlangsungan perusahaan, dengan memuaskan pelanggan akan meningkatkan keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis.

Indikator Kepuasan Pelanggan

indikator-kepuasan-pelanggan

1. Kualitas Produk

Kualitas produk adalah hal yang betul-betul berpengaruh pada indikator kepuasan bagi pelanggan terhadap suatu produk. Tiap-tiap konsumen pastinya mengharapkan kualitas produk yang baik untuk tiap-tiap pembelian. Produk yang memiliki kualitas tinggi akan memberikan nilai yang tinggi juga terhadap kepuasan bagi pelanggan.

Sedangkan harga produk yang Anda tawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan pesaing, produk Anda yang berkualitas akan menutupi besarnya harga yang harus dibayarkan pelanggan. Ini akan menumbuhkan kepuasan bagi pelanggan karena nilai yang dikeluarkan sepadan. Ini menjadi alasan kuat mengapa kualitas produk betul-betul penting untuk mencapainya.

2. Kualitas Layanan

Kualitas produk yang baik tak cukup untuk meningkatkan indikator kepuasan konsumen jika tak dibarengi dengan pemberian layanan yang baik. Saat memasuki dunia bisnis tentunya harus siap menghadapi tingkat persaingan yang tinggi, jadi tentu saja kualitas layanan betul-betul dipertimbangkan. Sebab jika kualitas layanannya kurang baik, sudah pasti pelanggan akan mudah berpaling terhadap perusahaan lain yang memberikan layanan lebih baik. Sehingga untuk mengambil hati pelanggan, berikanlah pelayanan yang lebih baik dari pesaing Anda pada produk sejenis. Apabila pelayanan yang Anda berikan baik, maka tingkat kepuasan bagi pelanggan akan baik juga sehingga bisnis Anda memiliki potensi untuk berkembang pesat.

3. Harga Produk

Harga produk juga termasuk unsur yang mempengaruhi indikator kepuasan bagi pelanggan dalam memberikan penilaian. Harga yang murah tak selalu menjadi patokan konsumen akan senang. Berikanlah harga yang layak dan cocok dengan kualitas produk Anda. Konsumen tak akan keberatan membayar lebih jika kualitas produk dan layanan yang diberikan baik. Baik juga untuk mengerjakan penelitian terkait harga produk dari pesaing. Hitunglah dengan cermat seluruh biaya produksi, dan tentukan harga serta estimasi profit yang wajar lalu berikan harga terbaik Anda terhadap pelanggan.

4. Kemudahan dalam Mendapatkan Produk

Untuk mendapatkan sebuah produk terkadang pelanggan harus menunggu lama untuk mendapatkannya. Kecuali itu, acap kali untuk mendapatkan produk memerlukan progres yang kompleks. Sistem pelanggan mendapatkan produk ini berpengaruh pada penilaian kepuasan pelanggan. Kian mudah produk Anda didapat, maka kian tinggi tingkat kepuasan bagi pelanggan. Berlaku juga sebaliknya, jika produk Anda memerlukan usaha ekstra dari konsumen untuk mendapatkannya, maka penilaian indikator kepuasan pelanggan akan rendah.

Cara Pengukuran Indikator Kepuasan Pelanggan

pengukur-kepuasan-pelanggan

1. Cara Survei

Dengan mengerjakan survei, Anda dapat melakukannya dengan meminta atau memberi fasilitas konsumen untuk menjadi responden dalam survei yang dilakukan. Dari hasil wawancara dengan responden nantinya Anda akan memperoleh hasil apakah konsumen merasa puas atau tak. Media yang dapat Anda gunakan untuk menampung keluhan maupun saran dari konsumen dapat berupa kotak saran yang dapat diletakkan di tempat strategis atau via media online. Bisa juga dilakukan dengan menyediakan saluran telepon bebas pulsa.

Kecuali Anda akan mendapat feedback berupa kritik dan saran, dengan mengerjakan hal ini, Anda juga sudah menyediakan atau memberikan media penanganan komplain yang juga dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan. Pelayanan dan penanganan yang tepat akan membuat konsumen merasa senang dan tak akan berpikir untuk berhenti menggunakan produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk.

2. Ghost Shopping

Cara ini dilakukan dengan sistem menyewa dan mempekerjakan sebagian orang untuk menjadi agen yang akan bertindak sebagai pembeli produk perusahaan Anda maupun perusahaan pesaing. Agen ini nantinya akan memberi laporan dari penemuan yang didapat di lapangan, baik berupa kelebihan maupun kekurangan produk. Misalnya dalam hal pelayanan, apakah sudah baik atau belum. Juga laporan berupa data lapangan lainnya yang akan betul-betul berguna untuk mengenal indikator kepuasan pelanggan.

Kecuali menyewa agen, umumnya seorang manajer perusahaan mengerjakan sendiri pekerjaan ini, adalah menjadi agen. Hal ini dilakukan untuk memantau bagaimana karyawannya mengerjakan pekerjaan, adalah melayani konsumen. Ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki tenaga kerja karyawan perusahaan.

3. Respon Konsumen

Perusahaan dapat mengetahuan tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan respon indkator konsumen yang umumnya dilakukan secara online. Dengan sistem ini, info atau hasil yang diterima akan cukup mendetail. Misalnya, waktu pemberian respon dan tingkat pengabaian respon yang dilakukan konsumen. Dengan mengenal hal-hal tersebut, maka Anda akan mengenal hal-hal apa saja yang perlu Anda perbaiki, terlebih dalam hal komunikasi. Anda dapat mencari tahu apakah konsumen sudah memahami atau belum produk dan layanan perusahaan Anda. Apalagi, komunikasi adalah hal yang betul-betul penting dalam dunia bisnis.

4. Pengukuran Segi Volume

Dengan sistem ini, Anda dapat memperhatikan seberapa besar respon konsumen dari pesan yang Anda berikan lewat sosial media maupun pesan pribadi. Berlaku juga jika pemasaran yang Anda lakukan dengan menggunakan konten di media sosial. Perlu Anda perhatikan dan perhitungkan seberapa kuat konten bisnis Anda. Anda juga dapat mengelompokkan berbagai pertanyaan di komponen komentar media sosial, dari sini Anda dapat mengukur pertanyaan maupun pernyataan apa yang memiliki kuantitas terbesar.

5. Tingkat Sentimen Pasar

Untuk mengukur indikator dengan sistem ini, Anda dapat mengamati feedback dari konsumen terkait produk yang Anda tawarkan. Kedua hal ini merukan referensi utama dalam bersaing di pasar online sekalian untuk mengenal bagaimana sistem yang paling tepat untuk memaksimalkan bisnis Anda.

Nah, itulah pembahasan terkait kepuasan pelanggan untuk Anda. Indkator kepuasan pelanggan akan suatu produk betul-betul mempengaruhi perkembangan bisnis. Kecuali memudahkan Anda mendapat dan mempertahankan pelanggan yang loyal, ini juga akan menjadi sarana info gratis. Ini karena pelanggan yang loyal, tak segan akan merekomendasikan produk Anda terhadap kenalannya. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha atau bisnis, cobalah untuk mengamati indikator kepuasan pelanggan di atas.

Demi mendukung peningkatan kepuasan pelanggan, Anda juga perlu mengerjakan penelitian untuk mengenal tingkat kepuasan pelanggan dengan sistem di atas. Jangan lupa untuk mengerjakan pembenaran produk dan meningkatkan kualitas agar konsumen puas dan selalu menggunakan produk dari perusahaan Anda. Terima kasih sudah mengikuti hingga akhir, semoga berguna!